Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi SCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Frekuensi SCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit - Banyak program pilihan yang ada pada saluran SCTV seperti berita tajam terpercaya serta sinetron berkualitas. Untuk menikmati saluran SCTV DVB-T2 kita harus memakai set top box (STB) atau beralih ke TV digital. Imbas diberlakukannya peraturan pemerintah kini masyarakat dipaksa harus bermigrasi menemukan frekuensi SCTV Digital sendiri.

Transponder SCTV Digital di saluran DVB-T2

Sinyal digital kini dipancarkan oleh berbagai satelit mulai dari telkom 4, satria-1, dan lain sebagainya. Maka dari itu setting parabola harus sesuai koordinat 113⁰E yang sejajar dengan posisi inb pada tracking frekuensi SCTV digital. Meski demikian tak semua tau cara memasukan frekuensi SCTV digital di satelit SATRIA-1 atapun telkom 4. Nah, kalian dapat memasukan kodenya secara manual ke receiver, STB, ataupun tv digital. Alternatif lain kalian juga dapat melakukan blindscan pada saluran DVB-T2.

Singkatnya, meskipun frekuensi SCTV hilang di transponder tapi kalian masih dapat menemukannya kembali. Bahkan sebenarnya kode saluran SCTV DVB-T2 akan terus mengalami perubahan secara berkala di semua satelit. Oleh karenanya, penonton pun harus terus update apabila tak ingin ketinggalan menonton setiap tayangan dari stasiun televisi ini.

Frekuensi SCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit

Stasiun SCTV pertama kali didirikan di Indonesia sebagai salah satu stasiun televisi swasta Nasional. Bahkan sampai sekarang menjadi stasiun televisi kedua kategori swasta Nasional. Selain itu juga menjadi bagian dari media bisnis EMTEK bersamaan dengan O channel dan Indosiar. Kode frekuensi juga mengalami pembaharuan untuk menghadapi arus perkembangan jaman.

Oleh karenanya frekuensi SCTV juga terus berganti ganti menyesuaikan update terabaru. Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengikuti perkembangan saluran SCTV DVB-T2 di semua satelit.

Sebagai perbandingan dan referensi akan saya jabarkan beberapa satelit umum yang menyiarkan frenkuensi SCTV terbaru. Jika kita liat tabel di bawah maka kita bisa mengetahui beberapa informasi seperti transponder SCTV untuk masing-masing satelit lengkap dengan kualitas pancaran sinyalnya. Kita bisa memilih transponder tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

Frekuensi SCTV digital terbaru dapat anda akses dengan kualitas sinyal 40% meskipun mengalami pembaharuan. Seperti halnya frekuensi SCTV di satelit telkom 3s tersebut. Jika channel SCTV di televisi anda tiba-tiba hilang, maka sudah pasti telah mengalami pembaharuan. Pembaharuan frekuensi terbaru tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas gambar dan audio di channel itu.

Satelit Frekuensi Keterangan
Palapa D 3835 H 7000 MPEG2
Palapa D Cband 4131 H 12250 MPEG4
Telkom 3s 12560 H 10000 Transvision
Chinasat 10 Cband 3560 V 30000 MPEG4/
Chinasat 11 12500 V 43200 Ninmedia/MPEG2
Chinasat 11 12560 V 43200 Ninmedia/MPEG4

Namun anda tidak perlu khawatir jika channel hilang mendadak, karena transponder SCTV dapat dicari menggunakan metode manual ataupun blind otomatis. Dalam artikel ini saya akan berikan beberapa rekomendasi frekuensi SCTV digital di saluran DVB-T2 dengan kualitas terbaik.

Frekuensi SCTV HD di Satelit Telkom 4

Siapa yang tidak gemar menonton televisi dengan kualitas gambar serta suara jernih menyerupai resolusi 4K. Kini harapan tersebut bisa terwujud lewat pancaran sinyal sctv di satelit telkom 4 yang notabenya menjadi update terbaru di industri penyiaran Indonesia.

Namun persebaran sinyal yang kurang merata sering menjadi masalah ketika memilih siaran berkualitas tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya keluhan tv digital tak bisa menangkap frekuensi HD di beberapa daerah pedesaan serta terpencil. Tapi kita tetap bisa mengatasinya dengan cara memasang antena maupun parabola tambahan untuk memperkuat receiver.

Jika kebetulan frekuensi SCTV digital HD hilang dari transponder maka kalian masih bisa mengembalikan bahkan melakukan upgrade channel. Untuk memperoleh kualitas lebih baik silahkan masukan data pada tabel di bawah ke pengaturan tv masing-masing.

Satelit Telkom 4Data
ChannelSCTV HD Mpeg4
PolaritasHorizontal
Symbol Rate12250 Msyb
Transponder4121 H 12250 Msyb
Posisi108.0°E
Audio PID1002
Video PID1001
PCR PID1001

Secara garis besar satelit telkom 4 memang menawarkan kualitas tayangan yang lebih baik karena stabil di Mpeg4 dan mampu mencapai HD. Tapi kita juga tak bisa memungkiri munculnya beberapa kendala seperti saya terangkan di atas. Maka dari itu, sebagai penonton kita tetap memerlukan kode frekuensi cadangan dari satelit lain untuk berjaga-jaga jika channel SCTV hilang kembali.

Frekuensi SCTV Digital di Satelit Palapa

Mpeg2 merupakan kualitas pancaran sinyal standar yang banyak digunakan di industri pertelevisian di Indonesia. MPEG2 menggunaka metode pengkodean yang rumit ketika siaran mulai mengudara lewat satelit. Meskipun demikian, masih banyak yang menikmati frekuensi SCTV digital dengan kualitas MPEG2. Hal ini disebabkan karena channel dengan kualitas sangat sering terjadi perubahan frekuensi, jadi bisa dibilang sangat mudah menemukan frekuensi mpeg2.

Baca juga: Frekuensi TRANS TV 2024 Terbaru di Semua Satelit

Nah, jika anda sering mengalami channel tv hilang begitu saja maka cobalah beralih ke MPEG2 sebagai alternatif. Kualitas gambar dan suara tidak terpaut terlalu jauh dengan MPEG4 maupun HD. Frekuensi SCTV terbaru yang akan saya bagikan ditujukan untuk jenis satelit Palapa C2 atau Palapa D dengan format MPEG2. Adapun kode format frekuensi channel SCTV nya yaitu sebagai berikut:

  • Provider : Surya Citra Media
  • Transponder SCTV : 3835 H 7000
  • Frekuensi : 3835 Mhz
  • Polaritas : Horizontal
  • Simbol Rate : 7000
  • Audio PID : 32
  • Video PID : 36
  • SID : 1

Frekuensi SCTV di Satelit Palapa D

MPEG4 adalah pengkodean frekuensi siaran yang populer hingga saat ini. Metode pengkodean yang simpel membuatnya mudah untuk diuraikan ketika diterima oleh transponder ataupun receiver televisi kita. Output yang dihasilkan pun juga sangat memuaskan, buktinya frekuensi SCTV digital di satelit palapa D dengan kualitas MPEG4 menghasilakan suara dan gambar yang lebih jernih.

MPEG4 memang memberikan pengalaman menonton tv yang optimal bagi para penontonnya. Disamping kualitasnya yang mumpuni, channel SCTV MPEG4 mudah untuk dicari sehingga membuat penonton menjadi nyaman. Nah, kode transponder SCTV terbaru selanjutnya ditujukan untuk jenis satelit Palapa C2 atau Palapa D dengan format MPEG4. Frekuensi ini berbeda dengan frekuensi SCTV di satelit Telkom 3s. Adapun kode format frekuensi channel SCTV nya yaitu sebagai berikut:

  • Provider : Emtek
  • Transponder SCTV : 4131 H 12250
  • Frekuensi : 4131 Mhz
  • Polaritas : Horizontal
  • Simbol Rate : 12250
  • Audio PID : 1002
  • Video PID : 1001
  • SID : 1

Frekuensi SCTV Ninmedia MPEG2

Ninmedia merupakan salah satu penyedia jasa frekuensi tv di Indonesia yang berjuang keras memberikan layanan terbaik. Melalui satelit chinasat 11 berbagai frekuensi TV dapat mengudara dengan lancar. Transponser SCTV terbaru selanjutnya ditujukan untuk jenis satelit Chinasat dengan format MPEG2.

Meski kualitas mpeg2 tak begitu digemari di tengah gempuran tv digital. Tapi format ini layak kita pilih sebagia alternatif maupun cadangan. Adapun kode format frekuensi channel SCTV nya yaitu sebagai berikut:

  • Provider : Ninmedia Indonesia
  • Transponder SCTV : 12500 V 43200
  • Frekuensi : 12500 Mhz
  • Polaritas : Vertikal
  • Simbol Rate : 43200
  • Audio PID : 210
  • Video PID : 614
  • SID : 1363

Selain menggunakan format MPEG2 di atas kita juga bisa memilih fomat siaran dengan kualitas yang lebih baik lagi. Berbeda dengan pendahulunya, chinasat 11 menghadirkan pengkodean MPEG4 di setiap salurannya. Maka dari itu kita bisa mencari frekuensi MPEG4 SCTV di satelit tersebut di bawah ini.

Frekuensi SCTV di Satelit Chinasat 11

Sama seperti satelit lainnya (telkom dan palapa D), ninmedia lewat satelit chinasatnya juga menyediakan frekuensi SCTV digital dengan kualitas terbaik. Tentunya hal ini akan menambah pengalaman menonton tv yang lebih baik mengingat kualitas MPEG4 tidak perlu diragukan lagi. Frekuensi terbaru SCTV selanjutnya ditujukan untuk jenis satelit Chinasat 11 dengan format MPEG4.

Secara garis besar transponder serta symbol rate yang akan saya berikan sama seperti sesi sebelumnya. Perbedaan terletak pada SID, video, dan audio PID. Adapun kode frekuensi channel SCTV chinasat yaitu:

  • Provider : Ninmedia Indonesia
  • Transponder SCTV : 12560 V 43200
  • Frekuensi : 12560 Mhz
  • Polaritas : Vertikal
  • Simbol Rate : 43200
  • Audio PID : 310
  • Video PID : 710
  • SID : 2010

Tidak hanya ninmedia saja yang menggunakan satelit chinasat. Namun masih ada beberapa penyedia saluran tv berbayar yang menggunakan satelit ini. Kita ambil saja contoh skyindo yang memakai chinasat 10 sebagai satelit pemancar sinyal. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tentang frekuensi SCTV digital skyindo di bawah ini.

Frekuensi SCTV MPEG4

Pernahkah kalian terpikir untuk mengganti kualitas siaran menjadi lebih baik? Hal ini mungkin saja terjadi. Dengan pancaran sinyal dari satelit telkom 4 dan chinasat kini penonton bisa menikmati frekuensi SCTV HD secara stabil. Sayangnya proses upgrade tersebut terkadang dilewati oleh penonton karena tak mau mengambil resiko.

Frekuensi SCTV digital terbaru selanjutnya ditujukan untuk jenis satelit Chinasat 10 dengan format MPEG4. Frekuensi ini berbeda dengan frekuensi SCTV digital di satelit Telkom 4. Adapun kode format frekuensi channel SCTV nya yaitu sebagai berikut:

  • Provider : Skynindo
  • Transponder SCTV : 3560 V 30000
  • Frekuensi : 3560 Mhz
  • Polaritas : Vertikal
  • Simbol Rate : 30000
  • Audio PID : 3232
  • Video PID : 3231
  • SID : 3230

Munculnya satelit chinasat terbaru yakni versi 10 dan 11 tentu menggeser posisi saudaranya. Meskipun satelit chinasat 9 sekarang sudah jarang digunakan namun satelit ini bisa menjadi alternatif ketika saluran SCTV menghilang. Frekuensi terbaru SCTV selanjutnya ditujukan untuk jenis satelit Chinasat 9 dengan format MPEG4. Adapun kode format frekuensi channel SCTV nya yaitu sebagai berikut:

  • Transponder SCTV : 11024 V 15675
  • Frekuensi : 11024 Mhz
  • Polaritas : Vertikal
  • Simbol Rate : 15675
  • Audio PID : 806
  • Video PID : 706
  • SID : 506

Frekuensi SCTV Terbaru di Semua Satelit

Jika pada tabel diatas telah saya jabarkan transponder SCTV untuk berbagia satelit umum. Maka sekarang saya akan membahas berbagai satelit lain yang bisa dipakai mencari frekuensi ketika channel SCTV hilang dari televisi. Selain frekuensi SCTV di semua satelit di atas, saya juga telah menyediakan beberapa kode untuk satelit lain. Salah satunya ialah frekuensi SCTV digital di satelit Telkom 3s.

Meski fungsi utamanya sudah tergantikan oleh satelit telkom 4 tapi tak ada salahnya kita tau. Adapun kode format frekuensi terbaru SCTV di satelit lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Satelit ABS 2 untuk SMV FreeSat TV memiliki transponder 12287 V 44000
  2. Satelit JCSAT 4B untuk Big TV memiliki transponder 11686 H 6666
  3. Satelit Measat 3a untuk K Vision memiliki transponder 12436 H 31000
  4. Satelit Measat 3b untuk Transvision memiliki transponder SCTV 12643 H 30000
  5. Satelit Palapa D untuk K Vision memiliki transponder 3600 V 31000
  6. Satelit Palapa D untuk Matrix Garuda memiliki transponder 4100 V 29900
  7. Satelit SES 7 untuk NC Vision memiliki transponder 2655 H 22500
  8. Satelit SES 9 untuk Matrix Garuda memiliki transponder SCTV 11101 V 45000
  9. Satelit Thaicom 4 untuk Aora TV memiliki transponder 11686 V 6666
  10. Satelit Telkom 3s untuk Transvision memiliki transponder 12560 H 10000

Apabila sinyal frekuensi terbaru SCTV di semua satelit tetap tidak ada, meskipun data transponder SCTV telah dimasukkan. Maka anda dapat mencari frekuensi tersebut dengan menggunakan blind scan atau scanning otomatis.

Frekuensi SCTV Digital Tidak Ditemukan

Ada kalanya meski sudah blindscan bahkan memasukan manual kode saluran tapi channel SCTV masih tidak muncul.

Kenapa frekuensi SCTV tidak ditemukan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kesalahan teknis ataupun perangkat yang kurang support. Jika dalam prakteknya kalian mengalami masalah apda saat memasukan frekuensi SCTV digital di saluran DVB-T2. Maka simaklah beberapa faktor penyebab di bawah:

Antena Tidak Support

Perkembangan industri pertelevisian memang telah mengalami peningkatan signifikan. Hal itu secara otomatis memaksa penonton harus beradaptasi demi terus menikmati siaran berkualitas. Tapi terkadang pentingnya upgrade antena sering dilupakan oleh masyarakat dan akhirnya proses blindscan pun terganggu.

Satu satunya cara mengatasi tidak bisa memasukan frekuensi SCTV digital DVB-T2 karena masalah antena yakni upgrade. Kalian wajib mengganti antena penangkap sinyal dengan versi terbaru yang notabenya kini sudah mutakhir. Harga jual antena omni untuk tv digital menurut saya juga relatif murah karena berkisar ratusan ribu saja.

STB Rusak

Apabila tak hanya frekuensi SCTV digital hilang melainkan semua saluran DVB-T2 bisa jadi ada masalah dengan STB kalian. Sebagai perantara untuk menangkap sinyal digital kini penonton harus membeli set top box yang notabenya dijual antara 200 sampai 700 ribuan. Alat itu memungkinkan tv analog untuk bertahan dan menampilkan tayangan berfrekuensi digital.

Tapi apa jadinya jika ternyata STB mengalami kerusakan? sudah jelas saluran SCTV pasti akan hilang. Walaupun sudah coba mengembalikan frekuensi SCTV tapi hal itu akan percuma saja. Solusi terbaik yang dapat kita lakukan yakni mengganti STB atau melakukan service apabila masih dalam masa garansi.

Cuaca Buruk atau Belum Tercover Sinyal Digital

Saluran digital memang masih dianggap baru oleh penonton televisi tanah air. Maka tidak heran apabila teknologi pemancarnya masih sangat terbatas sehingga belum menembus seluruh wilayah. Hal ini pun saya buktikan sendiri ketika memasukan frekuensi SCTV digital di tv android. Meski sudah coba berulang kali tapi ternyata saluran SCTV DVB-T2 tidak muncul.

Sekian penjelasan mengenai frekuensi SCTV digital terbaru 2024 di semua satelit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Frekuensi SCTV Digital DVB-T2 Terbaru 2024 di Semua Satelit"