6 Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka - Telkomsel merupakan salah satu provider seluler indonesia yang memberikan berbagai layanan dan promo. Semua paket internet murah, paket nelpon, sms, informasi promo telkomsel, dan isi pulsa dapat diakses lewat aplikasi telkomsel. Namun dalam teknis pemakaiannya banyak pelanggan yang mengeluhkan aplikasi mytelkomsel error tidak bisa dibuka ataupun tidak bisa digunakan.

Hal inilah yang akhirnya memaksa pihak telkomsel untuk selalu memperbarui versi dan memperbaiki bug pada aplikasi. Selain itu, pihak operator juga telah merilis cara mengatasi aplikasi myTelkomsel error dan tidak bisa dibuka di hp android. Press release tersebut merupakan bentuk tanggapan operator atas banyaknya keluhan di playstore terkait rating Mytelkomsel. Saya sendiri pun mengalami masalah yang cukup menggelitik karena tidak bisa beli paket internet dari Mytelkomsel.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa hari kebelakang banyak pengguna ponsel yang menyayangkan kinerja telkomsel. Lebih tepatnya keluhan datang dari aplikasi MyTelkomsel tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman kosong saja. Padahal kita sudah membukanya lalu menunggu beberapa menit bahkan sampai blank tetap saja tidak bisa dibuka. Ketika saya merasa kebingungan dan bertanya ke temen-temen ternyata mereka pun juga mengungkapkan hal yang sama bahwa aplikasi MyTelkomsel error ketika digunakan.

6 Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka

Ternyata aplikasi error bukan cuma pada proses login saja. Beberapa mengeluhkan pula tidak bisa membeli paket internet telkomsel karena varian produknya tidak muncul. Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan terlebih jika kita sedang urgent dan membutuhkan kuota.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang penyebab aplikasi my telkomsel error serta bagaimana cara mengatasi aplikasi mytelkomsel error dan tidak bisa dibuka. Namun sebelum menuju langkah memperbaiki aplikasi my telkomsel kalian harus bisa mendiagonisis penyebabnya terlebih dahulu. Pasalnya tidak semua kerusakan bisa diselesaikan hanya dengan satu metode saja melainkan tergantung error yang terjadi.
Baca juga: PROMO Harga Paket Indihome Terbaru Bulan Ini
Biasanya aplikasi my telkomsel yang error tidak akan bisa dibuka atau hanya blank saja. Selain itu, indikasi lainnya adalah aplikasi myTelkomsel tidak bisa dipakai untuk membeli paket internet ataupun transaksi lainnya. Tapi dalam update kali ini akan saya sertakan beberapa error baru yang saya temui ketika mencoba membuka aplikasi telkomsel.
 

Jenis Error Pada Aplikasi Mytelkomsel

Pertanyaannya, kenapa aplikasi bawaan operator bisa error? ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi MyTelkomsel error tidak bisa dibuka. Diantaranya karena cache android, memori ram sudah penuh, gangguan jaringan yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka, ataupun server maintenance.

Permasalahan lain timbul ketika sudah masuk ke menu tapi halaman tidak mau direfresh dan menampilkan layar kosong saja. Error semacam inilah yang membuat aktivitas transaksi beli paket ataupun cek informasi menjadi terkendala.

Silahkan simak beberapa masalah yang sering dialami oleh pelanggan ketika mencoba membuka aplikasi telkomsel:
  • Mytelkomsel tidak mau terbuka.
  • Bisa masuk tapi hanya menampilkan layar putih.
  • Layar blank ketika ingin membeli paket internet.
  • Tidak bisa beli paket internet lewat aplikasi.
  • Menu Paket Internet Tidak Muncul.
Pada dasarnya di menu perawatan ponsel kita bisa mengatur pembersihan cache secara berkala. Hal tersebut dilakukan semata untuk mencegah aplikasi mytelkomsel tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Namun, banyak pengguna android yang mengabaikan fitur bawaan ponsel tersebut. Padahal fitur tersebut sangat berguna dalam meningkatkan performa android anda, termasuk menghapus cache memori.

Nah, untuk cara memperbaiki kerusakan tersebut ada banyak. Lebih tepatnya ada 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi MyTelkomsel Error. Ataupun aplikasi My telkomsel tidak bisa dibuka dan digunakan untuk membeli pulsa dan paketan. Jika kebetulan kalian mengalami masalah demikian maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Paket Internet Tidak Muncul dan Tak Lengkap

Jika kalian berhasil membuka aplikasi telkomsel dan sukses login sampai ke dashboard jangan senang dulu. Karena bug tidak serta merta terjadi pada proses login saja. Sebelumnya saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang cukup penting. Yakni masalah tidak bisa beli paket internet telkomsel lewat app tsel karena produk yang tidak muncul di menu pembelian.

Salah satu masalah yang saya alami sepanjang tahun ini adalah ketika membuka Mytelkomsel dan menuju halaman pembelian ternyata paket tidak ada. Ya, pilihan kuota yang biasanya variatif secara literal benar-benar menghilang dan hanya menyisakan paket roaming, internet malam, dan TAU saja. Tentunya hal ini membuat saya bingung karena kejadian aplikasi Mytelkomsel error seperti ini belum pernah saya alami sebelumnya.

Jadi sampai di sini kalian pasti sudah paham problemnya bukan karena aplikasi tidak bisa dibuka tapi produk yang tak lengkap. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Saya sendiri pun tidak tau pastinya. Berbagai metode mulai dari clear cache, uninstall, bahkan sampai restart hp pun pernah saya lakukan tapi hasilnya nihil.
Setelah melakukan trial error pun saya memperoleh data yang cukup aneh. Seluruh pilihan paket internet muncul di aplikasi hanya jika diakses di rumah saja. Oleh karenanya jika kalian mengalami hal diatas ada baiknya simak cara mengatasi tidak bisa beli paket internet telkomsel di bawah:
  1. Lakukan pendaftaran di tempat berbeda. Misalnya rumah, perkotaan, lain kecamatan, dan sebagainya.
  2. Daftar di lain hari karena bisa saja servernya error.
  3. Cobalah reinstall atau relogin aplikasi.
  4. Mendaftar memakai device ponsel lain (ini paling saya rekomendasikan).

Hapus Cache Aplikasi MyTelkomsel

Cache memiliki peran penting dalam mengatur history pemakaian aplikasi. Bisa dibilang cache merupakan bentuk residu atau sisa-sisa data yang tertinggal ketika aplikasi ditutup. Maka dari itu ponsel yang cachenya tidak pernah dibersihkan sering mengalami masalah mytelkomsel error. Bug yang akhirnya menyebabkan Mytelkomsel tidak bisa dibuka terjadi karena terjadi tabrakan data.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Menghapus cache MyTelkomsel yang Error

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki aplikasi MyTelkomsel error rusak dan tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus cache aplikasi MyTelkomsel. Cara menual menghapus cache di android dapat kamu lakukan adalah:
  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pergi ke Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi.
  4. Cari aplikasi MyTelkomsel.
  5. Langkah terakhir tap menu "Hapus Cache".
Sedangkan untuk cara cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master yang dapat kamu download di Google Play Store. Aplikasi ini mampu memberi kalian kemudahan lewat sekali klik untuk menghapus semua cache yang ada di ponsel. Beberapa ponsel gerenasi terbaru bahkan sudah membekali perangkatnya dengan aplikasi pemeliharaan sistem sendiri.
Keterangan: Langkah-langkah diatas saya praktekkan di smartphone Oppo, apabila sobat menggunakan smartphone dengan tipe yang berbeda bisa disesuaikan sendiri letak aplikasinya.

 

Hapus Data Aplikasi My Telkomsel

Taukah anda selain menyimpan cache ternyata setiap aplikasi memiliki data masing-masing. Ada kalanya data tersebut terlalu berlebihan dan akhirnya memakan kapasitas RAM ketika dibuka. Kinerja ponsel yang terbebani dan berujung membuat Mytelkomsel tidak bisa dibuka seperti semestinya. Hal tersebut pernah pula saya lihat pada aplikasi sejenis di hampir semua ponsel pintar.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel yang hang

Lain halnya dengan cache yang merupakan bentuk residu dari data sementara. Cara mengatasi aplikasi myTelkomsel error dan tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus data aplikasi MyTelkomsel itu sendiri. Data yang menumpuk akan menjadi sampah aplikasi dan mampu mempengaruhi kinerja aplikasi, Dengan menggunakan cara ini bisa dibilang lebih ampuh dibandingkan dengan cara pertama karena kita akan memaksa aplikasi berhenti.
  1. Langsung saja masuk ke menu Pengaturan.
  2. Dilanjutkan dengan pergi ke Pengaturan Tambahan.
  3. Lanjut ke Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih Aplikasi MyTelkomsel.
  5. Kemudian klik "Paksa Berhenti" atau "Hapus Data".

Keterangan: Langkah-langkah diatas sayapraktekkan di smartphone Oppo, apabila sobat menggunakan smartphone dengan tipe yang berbeda bisa disesuaikan sendiri letak aplikasinya.

Restart Android Anda

Beberapa teori mengatakan dengan memuat ulang ponsel pintar maka kita telah menghapus semua bug dan error yang ada di dalamnya. Terkait anggapan tersebut benar atau salah kita harus tetap mencobanya.  Apabila cara yang ada diatas tersebut terasa ribet, kamu dapat menggunakan cara yang lebih mudah yakni dengan me-restart android yang kamu gunakan. Coba restart android yang kamu gunakan dan kemudian buka kembali aplikasi MyTelkomsel tersebut dan semoga bisa terbuka kembali.
Terkadang dengan merestart hp android bisa mengatasi berbagai masalah seperti aplikasi myTelkomsel error ataupun MyTelkomsel tidak bisa dibuka dan digunakan. Hal ini disebabkan karena pada saat kita mematikan ponsel otomatis semua kinerja akan ikut mati dan ketika kita menghidupkan kembali aplikasi tersebut akan mengalami refresh sehingga bisa digunakan lebih optimal.

Alternatif lain kalian bisa memakai aplikasi pihak ketiga yakni cleanmaster atau lakukan pemeliharaan perangkat secara internal. Setidaknya langkah tersebut akan membuat kinerja ponsel lebih ringan dan mengantisipasi aplikasi tsel tidak bisa dibuka.

Reinstall Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi telkomsel error benar-benar tak bisa diperbaiki memakai semua metode diatas? tenang karena saya punya cara ampuh lain. Tapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua problematika dapat diselesaikan dengan cara install ulang. Contohnya seperti pengalaman saya dimana paket internet telkomsel tidak muncul bahkan setelah saya reinstall mytelkomsel.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Reinstall aplikasi My telkomsel

Solusi terakhir merupakan cara paling ekstrim yang bisa kamu lakukan, namun alangkah baiknya sebelum kamu mencobanya. Pastikan kalian gunakan terlebih dahulu metode pertama, kedua dan ketiga. Apabila dari ketiga cara diatas tetap tidak bisa baru kamu gunakan opsti terakhir ini.

Dalam beberapa kasus aplikasi telkomsel error bisa disebabkan karena adanya bug pada sistem. Contohnya sistem yang sudah tak lagi kompatibel dengan perangkat ponsel. Cara mengatasi mytelkomsel error terakhir adalah melakukan reinstall aplikasi. Biasanya trik ini cukup ampuh dan membuat proses di dalamnya menjadi normal kembali. Silahkan simak tutorial berikut:
  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Silahkan menuju Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih MyTelkomsel.
  5. Kemudian klik "Hapus Installasi" selesai.
  6. Jika proses uninstall sudah selesai kemudian download kembali aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store.
Keterangan: Secara garis besar trik di atas bisa kita terapkan di semua jenis hp lintas merk. Baik itu hp oppo, samsung, xiaomi, maupun vivo kalian hany perlu mencari letak settingnya saja.
Demikianlah beberapa tips singkat bagaimana cara mengatasi aplikasi MyTelkomsel error tidak bisa dibuka yang dapat saya berikan untuk sobat semua. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, apabila ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini yang membuat sobat tersinggung mohon dimaafkan.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel