Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)

6 Cara Mengatasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil) - Telkomsel merupakan salah satu provider seluler indonesia yang memberikan berbagai layanan dan promo. Semua paket internet murah, paket nelpon, sms, informasi promo telkomsel, dan isi pulsa dapat diakses lewat aplikasi telkomsel. Namun dalam teknis pemakaiannya banyak pelanggan yang mengeluhkan aplikasi mytelkomsel error tidak bisa dibuka ataupun tidak bisa digunakan.

mytelkomsel tidak terbuka

Hal inilah yang akhirnya memaksa pihak telkomsel untuk selalu memperbarui versi dan memperbaiki bug pada aplikasi. Selain itu, pihak operator juga telah merilis cara mengatasi aplikasi myTelkomsel error dan tidak bisa dibuka di hp android. Press release tersebut merupakan bentuk tanggapan operator atas banyaknya keluhan di playstore terkait rating Mytelkomsel. Saya sendiri pun mengalami masalah yang cukup menggelitik karena tidak bisa beli paket internet dari Mytelkomsel.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa hari kebelakang banyak pengguna ponsel yang menyayangkan kinerja telkomsel. Lebih tepatnya keluhan datang dari aplikasi MyTelkomsel tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman kosong saja. Padahal kita sudah membukanya lalu menunggu beberapa menit bahkan sampai blank tetap saja tidak bisa dibuka. Ketika saya merasa kebingungan dan bertanya ke temen-temen ternyata mereka pun juga mengungkapkan hal yang sama bahwa aplikasi MyTelkomsel error ketika digunakan.

6 Cara Mengatasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)

Ternyata aplikasi error bukan cuma terjadi pada proses login saja. Beberapa mengeluhkan pula tidak bisa membeli paket internet telkomsel karena varian produknya tidak muncul. Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan terlebih jika kita sedang urgent dan membutuhkan kuota. Apakah kalian salah satu pelanggan yang mengalami hal demikian? jika iya maka tak perlu khawatir lagi karena saya telah menyediakan solusinya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang penyebab aplikasi my telkomsel error serta bagaimana cara mengatasi aplikasi mytelkomsel error dan tidak bisa dibuka. Namun sebelum menuju langkah memperbaiki aplikasi my telkomsel kalian harus bisa mendiagonisis penyebabnya terlebih dahulu. Pasalnya tidak semua kerusakan bisa diselesaikan hanya dengan satu metode saja melainkan tergantung error yang terjadi.

Baca juga: PROMO Harga Paket Indihome Terbaru Bulan Ini

Biasanya aplikasi mytelkomsel tidak bisa dibuka atau hanya blank saja karena terjadinya error. Selain itu, indikasi lain adalah tidak bisa beli paket internet di myTelkomsel ataupun transaksi lainnya. Tapi dalam update kali ini akan saya sertakan beberapa faktor baru yang saya temui ketika mencoba membuka aplikasi telkomsel.

Kenapa Aplikasi Mytelkomsel Error

Pertanyaannya, kenapa aplikasi bawaan operator bisa error? ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi MyTelkomsel error tidak bisa dibuka. Diantaranya karena cache android, memori ram sudah penuh, gangguan jaringan yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka, ataupun server maintenance.

Permasalahan lain timbul ketika sudah masuk ke menu tapi halaman tidak mau direfresh dan menampilkan layar kosong saja. Error semacam inilah yang membuat aktivitas transaksi beli paket ataupun cek informasi menjadi terkendala.

Silahkan simak beberapa masalah yang sering dialami oleh pelanggan ketika mencoba membuka aplikasi telkomsel:

  1. Mytelkomsel tidak terbuka.
  2. Bisa masuk tapi hanya menampilkan layar putih.
  3. Layar blank ketika ingin membeli paket internet.
  4. Tidak bisa beli paket internet lewat aplikasi.
  5. Menu Paket Internet Tidak Muncul.
  6. Paket internet telkomsel hilang

Pada dasarnya di menu perawatan ponsel kita bisa mengatur pembersihan cache secara berkala. Hal tersebut dilakukan semata untuk mencegah aplikasi mytelkomsel tidak terbuka serta digunakan sebagaimana mestinya. Namun, banyak pengguna android yang mengabaikan fitur bawaan ponsel mereka. Padahal fitur itu sangat berguna dalam meningkatkan performa android anda, termasuk menghapus cache memori.

Nah, untuk cara memperbaiki kerusakan tersebut ada banyak. Lebih tepatnya ada 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi MyTelkomsel error. Ataupun aplikasi Mytelkomsel tidak bisa dibuka dan dipakai untuk membeli pulsa dan paketan. Jika kebetulan kalian mengalami masalah demikian maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Paket Internet Tidak Muncul dan Tak Lengkap

Jika kalian berhasil membuka aplikasi telkomsel dan sukses login sampai ke dashboard jangan senang dulu. Karena bug tidak serta merta terjadi pada saat login saja. Sebelumnya saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang cukup penting terkait problematika tersebut. Yakni masalah tidak bisa beli paket internet telkomsel lewat app tsel karena produk yang tidak muncul di menu pembelian.

Salah satu masalah yang saya alami sepanjang tahun ini adalah ketika membuka Mytelkomsel dan menuju halaman pembelian ternyata paket tidak ada. Ya, pilihan kuota yang biasanya variatif secara literal benar-benar menghilang dan hanya menyisakan paket roaming, internet malam, dan TAU saja. Tentunya hal ini membuat saya bingung karena kejadian aplikasi Mytelkomsel error seperti ini belum pernah saya alami sebelumnya.

paket di mytelkomsel tidak lengkap

Jadi sampai di sini kalian pasti sudah paham problemnya bukan karena aplikasi tidak bisa dibuka tapi produk yang tak lengkap. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Saya sendiri pun tidak tau pastinya. Berbagai metode mulai dari clear cache, uninstall, bahkan sampai restart hp pun pernah saya lakukan tapi hasilnya nihil.

Setelah melakukan trial error pun saya memperoleh data yang cukup aneh. Seluruh pilihan paket internet muncul di aplikasi hanya jika diakses di rumah saja. Oleh karenanya jika kalian mengalami hal diatas ada baiknya simak cara mengatasi tidak bisa beli paket internet telkomsel di bawah:

  1. Lakukan pendaftaran di tempat berbeda. Misalnya rumah, perkotaan, lain kecamatan, dan sebagainya.
  2. Daftar di lain hari karena bisa saja servernya error.
  3. Cobalah reinstall atau relogin aplikasi.
  4. Mendaftar memakai device ponsel lain (ini paling saya rekomendasikan).

Paket Internet Hilang

Katakan cara mengatasi mytelkomsel tidak bisa dibuka sukses dan kita berhasil login. Tapi setelah masuk menu belanja ternyata layanan yang kalian cari sudah tidak ada lagi. Lantas apa yang menjadi faktor penyebabnya? pilihan paket internet hilang dari menu sudah menjadi fenomena bisa di tengah pengguna nomor telkomsel.

Jadi, saat mengalami kendala demikian maka jangan langsung menyimpulkan bahwa mytelkomsel error. Karena pihak operatorlah yang menghapus produk tersebut dari menu pembelian. Biasanya paket hilang terjadi pada nomor sakti yang notabenya selalu mendapat promo kuota murah setiap beberapa periode. Misalnya paket combo OMG, internet surprise deal, paket unlimited no FUP, combo sakti 15GB, dan lain sebagainya.

Karena bukan kesalahan sistem maupun mytelkomsel error maka kalian tak perlu repot memperbaikinya. Jika memang ingin mengaktifkan paket cukup beli seperti biasanya dari menu belanja. Alternatif lain bila ingin harga paket telkomsel murah maka beli lewat kode dial atau voucher saja.

Kalau memang kalian mendambakan kuota murah maka saya sudah sering membahasnya. Ada banyak produk menguntungkan yang menunggu kalian dengan masa aktif yang beragam. Misalnya saja paket internet simpati bulanan di bawah 50 ribuan tanpa syarat.

Hapus Cache Aplikasi MyTelkomsel

Cache memiliki peran penting dalam mengatur history pemakaian aplikasi. Bisa dibilang cache merupakan bentuk residu atau sisa-sisa data yang tertinggal ketika aplikasi ditutup. Maka dari itu ponsel yang cachenya tidak pernah dibersihkan sering mengalami masalah mytelkomsel error. Bug yang akhirnya menyebabkan Mytelkomsel tidak bisa dibuka terjadi karena terjadi tabrakan data.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Menghapus cache MyTelkomsel yang Error

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki aplikasi MyTelkomsel error rusak dan tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus cache aplikasi MyTelkomsel. Cara menual menghapus cache di android dapat kamu lakukan adalah:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pergi ke Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi.
  4. Cari aplikasi MyTelkomsel.
  5. Langkah terakhir tap menu "Hapus Cache".

Sedangkan untuk cara cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master yang dapat kamu download di Google Play Store. Aplikasi ini mampu memberi kalian kemudahan lewat sekali klik untuk menghapus semua cache yang ada di ponsel. Beberapa ponsel gerenasi terbaru bahkan sudah membekali perangkatnya dengan aplikasi pemeliharaan sistem sendiri.

Keterangan: Langkah-langkah di atas saya praktekkan pada smartphone Oppo, apabila sobat menggunakan smartphone dengan tipe yang berbeda bisa disesuaikan sendiri letak aplikasinya.

Reset Jaringan

Ada kalanya aplikasi mytelkomsel tidak terbuka bukan karena faktor internal memory penuh, cache menumpuk, atau versi kadaluarsa. Tapi penyebab kenapa mytelkomsel error boleh jadi datang dari sektor jaringan yang lemot.

Meski faktor satu ini terdengar sepele tapi faktanya jaringan yang tidak stabil bisa menyebabkan aplikasi mytelkomsel tidak bisa dibuka. Hal ini umumnya dialami oleh pelanggan yang sering bepergian maupun mereka yang tinggal di wilayah terpencil. Susahnya mendapat sinyal pasti menjadi salah satu alasan utama kenapa saat loading aplikasi sering terhenti begitu saja.

Karena internet lemot akhirnya membuat proses loading terasa lama dan berujung pada layar blank (freeze). Nah, ketika berbicara masalah stabilitas kecepatan internet maka penyababnya pun cukup beragam. Bisa karena kalian salah mengatur APN ponsel, cuaca buruk, gangguan server, dan lain sebagainya. Tapi tak perlu risau karena saya memiliki solusi ampuh untuk membantu kalian login aplikasi mytelkomsel.

Airplane Mode

Cara mengatasi mytelkomsel error karena sinyal internet tak stabil sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu mengaktifkan mode pesawat di ponsel lalu mematikannya. Setelah melakukan hal tersebut maka alamat IP ponsel kalian pun akan diperbarui dan kecepatan bisa kembali seperti sedia kala.

Saya rasa hampir semua orang mengetahui bagaimana cara menggunakan airplane mode karena opsi tersebut ada di swipe menu. Kita hanya perlu mengusap layar ke arah bawah dan tap icon bergambar pesawat sampai aktif lalu mematikannya. Selang beberapa saat cobalah untuk mengaktifkan paket internet telkomsel kembali dari aplikasi resminya.

Ubah Mode Jaringan

Tak semua orang menyadari betapa bermanfaatnya mengatur jaringan secara manual. Settingan tersebut membantu ponsel untuk menstabilkan internet agar tak beralih dari 3G ke 4G maupun sebaliknya secara mendadak. Perubahan frekuensi sangat mengganggu stabilitas internet yang akhirnya membuat aplikasi mytelkomsel tidak bisa dibuka.

Saya pribadi lebih suka mengubah mode jaringan menjadi 2G/3G atau 4G only karena tangkapan sinyal lebih maksimal. Jika kalian mengaturnya ke mode otomatis maka perangkat pun akan mengidentifikasi koneksi internet secara acak. Tentunya hal ini akan sangat menggangu jika ternyata di daerah kalian pancaran sinyal tak begitu stabil.

Cara mengganti mode jaringan sendiri cukup sederhana karena bisa kalian lakukan di menu pengaturan. Untuk lebih jelasnya, simaklah tutorial di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan.
  3. Pilih kartu SIM yang dipakai untuk internetan.
  4. Pilih ubah mode jaringan.
  5. Set ke 3G atau 4G only (hindari settingan otomatis).
  6. Simpan pengaturan.

Cari Sambungan WiFi

Cara mengatasi Mytelkomsel tidak bisa dibuka karena sinyal jelek yang paling ampuh yakni menyambungkan ponsel ke WiFi. Ada kalanya meski telah berusaha reset jaringan ataupun mempercepatnya internet masih tidak stabil. Hal itu akhirnya menyebabkan seolah MyTelkomsel Error padahal sebenarnya permasalahan ada pada koneksi internet.

Kini wifi sudah banyak tersedia dan beberapa memiliki akses gratis kepada publik. Kalian harus mencari wifi di tempat umum seperti cafe, perkantoran, ataupun tempat perbelanjaan seperti mall. Lakukanlah pembelian paket atau transaksi apapun sesuai keperluan di aplikasi resmi.

Paksa Berhenti Aplikasi

MyTelkomsel tidak bisa dibuka lalu mendadak hang sering dirasakan oleh pelanggan. Pada saat mengalami hang sebenarnya kinerja aplikasi terhambat entah karena cache menumpuk, ram habis, dan lain-lain. Masalah ini pun kadang juga berpotensi merambat ke performa ponsel sehingga saat ingin keluar dari aplikasi justru layar HP malah jadi blank.

Fenomena tersebut akhirnya menambah daftar penyebab kenapa mytelkomsel error tidak bisa dibuka. Menunggu untuk dipecahkan, saya coba mencari solusi dengan membaca berbagai situs serta menganalisa tiap keluhan konsumen. Sampai akhirnya muncul gagasan untuk reset aplikasi tanpa merestart ponsel.

cara mengatasi mytelkomsel error hang
force closed mytelkomsel

Cara mengatasi mytelkomsel tidak bisa dibuka selanjutnya yang tak kalah penting untuk dicoba yakni menghentikan paksa kinerja aplikasi. Banyak orang yang kurang menyadari atau bahkan takut mencoba trik itu. Sederhananya, karena Mytelkomsel error pada saat login yang menyebabkan hang (layar freeze) pengguna hanya perlu menghentikan prosesnya.

Memang metode paksa berhenti sama sekali tak menggaransi bahwa aplikasi akan berjalan normal setelahnya. Tapi cara mengatasi Mytelkomsel tidak bisa dibuka lantaran hang satu ini layak untuk dicoba. Adapun langkah langkahnya yakni: 

  1. Tap icon mytelkomsel selama 3 detik.
  2. Lalu pilih opsi info aplikasi.
  3. Selanjutnya, kalian akan diarahkan menuju pengaturan aplikasi.
  4. Pilih opsi paksa berhenti (tanda silang).
  5. Tunggu beberapa saat lalu buka kembali MyTelkomsel.

Hapus Data My Telkomsel

Taukah anda selain menyimpan cache ternyata setiap aplikasi memiliki data masing-masing. Ada kalanya data tersebut terlalu berlebihan dan akhirnya memakan kapasitas RAM ketika dibuka. Kinerja ponsel yang terbebani dan berujung membuat Mytelkomsel tidak bisa dibuka seperti semestinya. Hal itu pernah pula saya lihat pada aplikasi sejenis di hampir semua ponsel pintar.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel yang hang

Lain halnya dengan cache yang merupakan bentuk residu dari data sementara. Cara mengatasi myTelkomsel error dan tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus data aplikasi itu sendiri. Data yang menumpuk akan menjadi sampah aplikasi dan mampu mempengaruhi kinerja aplikasi.

Cara ini diklaim lebih ampuh daripada metode pertama karena kita seolah akan mereset aplikasi. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

  1. Langsung saja masuk ke menu Pengaturan.
  2. Dilanjutkan dengan pergi ke Pengaturan Tambahan.
  3. Lanjut ke Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih Aplikasi MyTelkomsel.
  5. Kemudian klik "Hapus Data".

Menurut saya, langkah di atas memang ampuh apabila MyTelkomsel tidak bisa dibuka atau loading lama. Tapi ketahuilah bahwa menghapus data aplikasi akan berdampak pada akun yang sudah login. Sehingga setelah data terhapus maka pelanggan wajib melakukan login ulang dengan memasukan nomor HP lalu melakukan verifikasi.

Keterangan: Langkah-langkah di atas saya praktekkan di smartphone Oppo, apabila sobat menggunakan smartphone dengan tipe yang berbeda bisa disesuaikan sendiri letak aplikasinya.

Kosongkan Memory Internal Ponsel

Perkahkah kalian merasa performa hp menurun? bila iya maka bisa jadi ada indikasi ruang penyimpanan habis. Siapa sangka, ternyata memory internal penuh bisa menjadi sebab kenapa mytelkomsel tidak bisa dibuka. Tapi beberapa orang justru sering mengartikannya sebagai error lalu menyalahkan pihak operator.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penyimpanan internal yang penuh mampu menghambat kinerja ponsel. Sehingga memunculkan kesan lelet atau lag saat login mytelkomsel. Pengalaman ini sering saya alami ketika memakai ponsel samsung hampir semua tipe. Meskipun dibekali internal lebih dari 16gb tapi faktanya system memakan terlalu banyak ruang.

Jadi, selain menghapus foto dan video yang sudah tidak terpakai. Maka kalian juga wajib membersihkan database beberapa aplikasi perpesanan seperti whatsapp, messenger, dan lain-lain. Kalian tak perlu risau karena file tersebut tidaklah terlalu penting. Secara garis besar menghapus residu tak bersifat membahayakan.

Cara mengatasi mytelkomsel tidak bisa dibuka selanjutnya adalah mengosongkan penyimpanan internal. Bila masih belum paham maka simaklah langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu folder saya.
  2. Pilih penyimpanan internal.
  3. Buka folder android.
  4. Masuk ke folder media.
  5. Pilih whatsapp
  6. Lalu pilih folder database.
  7. Hapus semua file di sana.

Setelah menghapus file tidak terpakai maka memory internal pun akan meningkat dan tidak lagi penuh. Dampaknya pun kalian bisa membuka mytelkomsel lebih cepat tanpa lag seperti sebelumnya. Dalam beberapa kasus metode itu juga mampu menyelesaikan problematika tidak bisa login atau layar freeze.

Restart HP

Beberapa teori mengatakan dengan memuat ulang ponsel pintar maka kita telah menghapus semua bug dan error yang ada di dalamnya. Terkait anggapan tersebut benar atau salah kita harus tetap mencobanya. Apabila cara yang ada di atas terasa ribet, kamu dapat menggunakan cara yang lebih mudah yakni dengan me-restart android yang kamu gunakan. Coba restart android yang kamu gunakan dan kemudian buka kembali aplikasi MyTelkomsel.

Terkadang dengan merestart hp android bisa mengatasi berbagai masalah seperti aplikasi myTelkomsel error ataupun MyTelkomsel tidak bisa dibuka dan digunakan. Hal ini disebabkan karena pada saat kita mematikan ponsel otomatis semua kinerja akan ikut mati dan ketika kita menghidupkan kembali aplikasi tersebut akan mengalami refresh sehingga bisa digunakan lebih optimal.

Alternatif lain kalian bisa memakai aplikasi pihak ketiga yakni cleanmaster atau lakukan pemeliharaan perangkat secara internal. Setidaknya langkah tersebut akan membuat kinerja ponsel lebih ringan dan mengantisipasi aplikasi tsel tidak bisa dibuka.

Update MyTelkomsel

Pembaruan aplikasi tidak hanya semata menghadirkan fitur-fitur baru yang bermanfaat. Tetapi juga memperbaiki bug dan kesalahan yang telah teridentifikasi pada versi sebelumnya. Bug itulah yang berpotensi menyebabkan MyTelkomsel Error atau bahkan crash saat dibuka. Maka dari itu, tanpa sadar sebenarnya mengupdate versi aplikasi akan membantu kita terhindar dari masalah teknis tersebut.

Di lain sisi, pihak operator pun juga mewajibkan untuk terus mengikuti update sebagai bagian dari syarat ketentuan pelanggan. Ada kalanya kalau kalian nekat memakai versi lama maka mytelkomsel tidak bisa dibuka dan mendapat pesan teguran. Isi pesannya pun sudah bisa ditebak yakni himbauan untuk update versi aplikasi sebelum mulai menggunakannya kembali.

Jika sudah mendapat teguran demikian pelanggan akan kesulitan untuk mengakses setiap paket yang ada di aplikasi. Mau atau tidak kita pun harus memperbaruinya sesegera mungkin. Cara update MyTelkomsel cukup mudah, apabila belum paham simaklah langkah langkah berikut:

  1. Buka Playstore atau Appstore.
  2. Di kolom pencarian ketik MyTelkomsel.
  3. Tap icon Mytelkomsel lalu pilih Update.
  4. Tunggu proses sampai selesai.

Update aplikasi biasanya mencakup optimalisasi kinerja demi tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pihak operator berkomitmen terus memperbaiki performa agar terhindar dari MyTelkomsel error tidak terbuka, meminimalisir lag, dan berbagai isu lain. 

Reinstall Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi telkomsel error benar-benar tak bisa diperbaiki memakai semua metode diatas? tenang karena saya punya cara ampuh lain. Tapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua problematika dapat diselesaikan dengan cara install ulang. Contohnya seperti pengalaman saya dimana paket internet telkomsel tidak muncul bahkan setelah saya reinstall mytelkomsel.

Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error
Reinstall aplikasi My telkomsel

Solusi terakhir merupakan cara paling ekstrim yang bisa kamu lakukan, namun alangkah baiknya sebelum kamu mencobanya. Pastikan kalian gunakan terlebih dahulu metode pertama, kedua dan ketiga. Apabila dari ketiga cara diatas tetap tidak bisa baru kamu gunakan opsti terakhir ini.

Dalam beberapa kasus aplikasi telkomsel error bisa disebabkan karena adanya bug pada sistem. Contohnya sistem yang sudah tak lagi kompatibel dengan perangkat ponsel. Cara mengatasi mytelkomsel error terakhir adalah melakukan reinstall aplikasi. Biasanya trik ini cukup ampuh dan membuat proses di dalamnya menjadi normal kembali. Silahkan simak tutorial berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Silahkan menuju Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih MyTelkomsel.
  5. Kemudian klik "Hapus Installasi" selesai.
  6. Jika proses uninstall sudah selesai kemudian download kembali aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store.
Keterangan: Secara garis besar trik di atas bisa kita terapkan di semua jenis hp lintas merk. Baik itu hp oppo, samsung, xiaomi, maupun vivo kalian hany perlu mencari letak settingnya saja.

Demikianlah beberapa tips singkat bagaimana cara mengatasi aplikasi MyTelkomsel error tidak bisa dibuka yang dapat saya berikan untuk sobat semua. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, apabila ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini yang membuat sobat tersinggung mohon dimaafkan.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi MyTelkomsel Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)"