Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola

Cara Mengembalikan Frekuensi RCTI Hilang di Parabola - Parabola satelit sudah mulai banyak digunakan masyarakat untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih. Di lain sisi, stasiun tv swasta yang tergabung dalam MNC Group pun terus meningkatkan kualitas siaran mereka dengan berbagai cara. Salah satunya adalah RCTI yang notabennya telah menjadi pelopor dalam industri pertelevisian di Indonesia. Namun sedikit banyak peningkatan tersebut bisa mengakibatkan channel frekuensi RCTI hilang dan tidak bisa ditemukan oleh penonton.

Cara Mengatasi Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola Lengkap - Sekarang ini banyak pengguna televisi yang menggunakan TV parabola atau satelit. Namun televisi tersebut belum memperoleh stasium televisi swasta MNC Group seperti RCTI, Global TV, MNCTV dan iNewsTV. Terkadang channel tersebut dapat hilang didalam TV satelit. Salah satunya ialah program RCTI, dari sinilah muncul pertanyaan kenapa RCTI hilang di parabola? Parahnya lagi banyak teman admin yang mengeluhkan susahnya mencari channel frekuensi rcti di telkom 3s pasca hilangnya satelit telkom 1. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut kita harus melakukan sinkronisasi dan mencari frekuensi RCTI terbaru baik di parabola maupun channel telkom 3s.
Cara mengembalikan frekuensi rcti di telkom 4 yang hilang

Jika kode frekuensi tersebut hilang lantas bagaimana? pertama jangan panik karena semua masalah datang satu paket dengan solusi. Cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Secara teori, kita hanya perlu mencari saluran RCTI yang baru dan memasukannya pada transponder. Selain itu untuk beberapa transponder parabola bisa menggunakan fitur blind scan yang notabennya akan memetakan pancaran sinyal secara acak.

Singkatnya, dalam program televisi Parabola telah dipasang transponder terbaru untuk pengguna DSR (Digital Satellite Receiver). Sehingga penonton tidak perlu lagi mencari channel tv secara manual. Meski begitu, dalam beberapa kasus adapula yang mendapat masalah seperti channel frekuensi tidak bisa diakses. Padahal cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang sangatlah mudah.

Cara Mengembalikan Frekuensi RCTI Hilang di Parabola

Permasalahan frekuensi RCTI hilang di parabola sebenarnya sudah dirasakan semenjak satelit telkom 3s tidak merespon beberapa waktu lalu. Dengan menghilangnya satelit pemancar sinyal akhirnya telkom tidak memiliki pilihan selain merubah semua channel dan frekuensi ke telkom 4. Karena mengalami perpindahan tersebut akhirnya tracking yang dilakukan parabola mengalami kendala dalam menemukan channel dan frekuensi RCTI terbaru.

Untuk memperoleh kembali frekuensi RCTI hilang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui Blind Scan ataupun memasukan siaran tersebut dengan cara manual. Untuk cara melalui Blind Scan lebih mudah dibandingkan cara manual karena DSR akan mencari saluran RCTI atau transponder yang dapat dijangkau dengan sendiririnya (otomatis).

Baca juga: Frekuensi Indosiar Terbaru 2023 di Semua Satelit

Meski terkesan mudah tapi faktanya tak semua orang bisa mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang karena berbagai alasan. Banyak yang beranggapan bahwa tutorial serta langkah pengerjaanya terlalu rumit sehingga sulit diikuti. Adapula asumsi bahwa kode frekuensi sudah tak lagi valid karena pada saat penonton memasukan kode ke transponder tetap tidak bisa.

Kenapa RCTI Hilang

Kenapa saluran RCTI hilang dari parabola? inilah yang sering ditanyakan oleh penonton. Beberapa mengeluhkan pula kualitas video dan audio yang semakin menurun tak jelas. Lantas apa penyebabnya?

Secara garis besar ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut. Contohnya pergantian kode frekuensi seperti pada kasus satelit tekom 3s sebelumnya. Karena satelit pemancar sudah tak lagi berada di garis edarnya maka pihak stasiun tv pun memindahkan kode frekuensi RCTI di satelit telkom 4.

Isu pergantian teknologi dari kualitas analog ke tv digital pun juga memberikan pengeruh signifikan di tengah industri penyiaran Indonesia. Dampaknya, kini berbagai stasiun televisi pun mulai melakukan migrasi dan memindahkan kode frekuensi miliknya ke satelit terbaru. Tujuannya tak lain agar channel bisa dinikmati menggunakan resolusi 4K yang notabenya lebih jernih daripada kualitas sebelumnya.

Kasus di atas juga sering menimpa penonton yang baru berganti transponder serta receiver. Ketika kalian mengalaminya maka tak perlu panik karena hal tersebut sudah biasa. Karena data tak tersimpan maka penonton harus mencari sendiri semua kode frekuensi saluran di suatu satelit.

Pada dasarnya cara mengatasi frekuensi RCTI hilang di parabola hapir sama meskipun kalian punya receiver satelit berbeda. Jika kamu pengguna antena parabola baru yang mencari transponder RCTI atau pengguna lama yang ingin melakukan restorasi channel maka simaklah artikel ini sampai selesai.

Saluran RCTI Hilang di TV Analog

Pemberlakuan digitalisasi pada frekuensi televisi sudah berjalan agak lama. Tapi ternyata dampak yang timbul cukup dirasakan oleh penonton terlebih mereka yang masih awam.

Akibatnya banyak yang merasakan saluran RCTI hilang di parabola. Hal ini terjadi karena migrasi frekuensi tv dari analog ke digital beberapa waktu lalu. Keluhan pun datang dari masyarakat menengah ke bawah yang notabenya masih memakai teknologi tv analog.

Cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang akibat proses migrasi itu tak lain adalah dengan membeli perangkat baru. Kalian bisa beli tv digital yang kini dijual mulai dari 2 jutaan menyesuaikan spesifikasi dan fitur. Atau bila ingin lebih hemat maka silahkan beli set top box (STB) saja dengan rentan harga 100 sampai 300 ribu.

Kendati sudah memiliki perangkatnya, tapi kalian tetap wajib melakukan pencarian ulang untuk menemukan setiap channel. Saran saya, jangan berharap terlalu tinggi karena terkadang tidak semua saluran digital dapat terbaca. Tapi untuk lebih jelasnya simaklah artikel berjudul Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis.

Mengembalikan Frekuensi RCTI yang Hilang Dengan Blind Scan

Blind scan merupakan fitur khusus yang dimiliki transponder parabola terbaru untuk mencari dan memetakan seluruh channel tv yang ada di semua satelit. Dengan fitur inilah penonton bisa selalu mendapatkan update saluran RCTI di satelit telkom 4, satelit palapa D, Measat, startvision, dan lain sebagainya.

Cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang satu ini sangat ampuh jika anda membenci hal-hal ribet. Blind scan . Prinsipnya, kita hanya perlu menunggu DSR mencari siaran televisi yang bisa dijangkau oleh parabola. Selanjutnya, DSR akan memetakan dan menyimpan frekuensi tersebut secara otomatis agar bisa diakses oleh penonton.

Jika anda ingin mengembalikan frekuensi RCTI hilang silahkan ikuti tutorial berikut:

  1. Pilih tombol menu pada remot DSR.
  2. Setelah itu cari Pengaturan Satelit atau Pencarian Satelit Tunggal. Selain itu anda dapat mencarinya dengan menggeser kekanan atau melalui tombol nomor dua.
  3. Pilih Blind Scan atau Mencari Otomatis.
  4. Usahakan satelit milik anda tertulis Palapa D atau Palapa C2. Pada menu Cari, pilih Bebas agar memperoleh siaran FTA (Free To Air) saja. Secara otomatis semua siaran yang dapat dijangkau DSR akan masuk dan tersimpan.
  5. Masih pada menu Cari. Lalu klik Ok pada remot dan proses pencarian DSR akan memproses dengan sendirinya.
  6. Setelah pencarian otomatis selesai, kemudian klik Ok dan Exit. Dengan sendirinya frekuensi channel RCTI akan masuk dan tersimpan dalam program parabola.

Untuk alasan tertentu, saya tidak terlalu suka mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang dengan blind scan. Mengapa demikian? fitur ini memang terkesan praktis dan instan jika dilihat dari pengoperasiannya.

Namun karena blind scan akan mencari dan memetakan seluruh frekuensi di semua satelit membuatnya menjadi sangat lama. Selain itu, channel yang ditangkap pun juga akan sangat banyak sehingga membuat penonton harus memilih dan memilah mana saluran RCTI dengan kualitas terbailk.

Cara Memasukkan Kode Frekuensi RCTI

Tidak semua parabola mendukung fitur blind scan. Faktanya, hanya parabola versi terbaru saja yang mendukung fitur pencarian otomatis tersebut. Dengan kata lain beberapa orang harus memasukan kode channel secara manual ketika channel RCTI hilang.

Dalam beberapa kasus, blind scan juga bisa mengalami kegagalan dalam menemukan channel dan frekuensi rcti terbaru di parabola. Entah disebabkan frekuensi yang kabur maupun jangkauan yang tidak mencukupi sehingga membuat blind scan gagal. Namun kita masih bisa mencari cara lain  untuk mengembalikan frekuensi RCTi di telkom 3s.

Cara mengatasi frekuensi channel RCTI hilang di parabola selanjutnya melalui proses pencarian manual. Adapun langkah langkah pelaksanaannya yaitu:

  1. Klik menu dan pilih Pengaktifan Saluran atau Pengaturan Saluran. Setelah itu pilih Daftar transponder atau Buat Saluran.
  2. Usahakan satelit milik anda tertulis Palapa D atau Palapa C2. Pilih menu Add TP atau Tambah TP dengan cara menekan remot kebawah atau dapat melalui tombol hijau pada remot.
  3. Isilah Simbol Nilai atau Symbol Rate dengan angka 8800, bagian ferkuensi dengan angka 4186 (jika jumlah digitnya lima maka dapat menjadi 04186, 004186 untuk enam digit dan begitu pula selanjutnya), serta isi juga bagian Polaritas atau Polarity. Setelah itu pilih menu Cari dengan menggeser remot kebawah dan tekan OK. Tetapi untuk DSR yang berbeda dapat menekan tombol OK sebanyak dua kali.
  4. Tunggu sampai proses pencarian selesai. Setelah selesai lalu klik Exit.

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa penyebab frekuensi RCTI hilang adalah karena perpindahan channel dari satelit telkom 1 ke telkom 3s. Dan untuk mencari frekuensi RCTI di telkom 3s bisa melalui blind search maupun input manual.

Sekian penjelasan mengenai cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang di parabola lengkap. APabila masih memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk mengajukan komentar pada kolom yang tersedia. Semoga tidak ada yang kebingungan lagi saat mendapati frekuensi RCTI hilang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola"