Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola

Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola - Penggunaan parabola satelit sudah banyak diterapkan untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih. Di lain sisi, stasiun tv swasta yang tergabung dalam MNC Group pun terus meningkatkan kualitas siaran mereka dengan berabgai cara. Salah satunya adalah RCTI yang notabennya sudah menjadi pelopor dalam industri pertelevisian di Indonesia. Meskipun disebut peningkatan, namun sedikit banyak peningkatan tersebut bisa mengakibatkan channel frekuensi RCTI hilang dan tidak bisa ditemukan oleh penonton.
Cara Mengatasi Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola Lengkap - Sekarang ini banyak pengguna televisi yang menggunakan TV parabola atau satelit. Namun televisi tersebut belum memperoleh stasium televisi swasta MNC Group seperti RCTI, Global TV, MNCTV dan iNewsTV. Terkadang channel tersebut dapat hilang didalam TV satelit. Salah satunya ialah program RCTI, dari sinilah muncul pertanyaan kenapa RCTI hilang di parabola? Parahnya lagi banyak teman admin yang mengeluhkan susahnya mencari channel frekuensi rcti di telkom 3s pasca hilangnya satelit telkom 1. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut kita harus melakukan sinkronisasi dan mencari frekuensi RCTI terbaru baik di parabola maupun channel telkom 3s.
Cara mengembalikan frekuensi rcti di telkom 3s yang hilang
Jika channel tersebut hilang lantas bagaimana? pertama jangan panik karena semua masalah datang satu paket dengan solusi. Cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Secara teori, kita hanya perlu mencari kode frekuensi RCTI yang baru dan memasukannya pada transponder. Selain itu untuk beberapa transponder parabola bisa menggunakan fitur blind scan yang notabennya akan memetakan pancaran sinyal secara acak.

Singkatnya, dalam program televisi Parabola telah dipasang beberapa frekuensi terbaru untuk pengguna DSR (Digital Satellite Receiver). Sehingga penonton pun tidak perlu lagi mencari-cari channel tv secara manual. Meski begitu, dalam beberapa kasus adapula yang mendapat masalah seperti channel frekuensi tidak bisa diakses. Padahal cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang sangatlah mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi frekuensi channel RCTI hilang di parabola lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola

Permasalahan frekuensi RCTI hilang di parabola sebenarnya sudah dirasakan sejak hilangnya satelit telkom 1 beberapa waktu lalu. Dengan hilangnya satelit pemancar sinyal akhirnya telkom tidak memiliki pilihan selain merubah semua channel dan frekuensi dari telkom 1 ke telkom 3s. Karena mengalami perpindahan tersebut akhirnya tracking yang dilakukan parabola mengalami kendala dalam menemukan channel dan frekuensi RCTI terbaru.

Untuk memperoleh kembali frekuensi RCTI hilang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui Blind Scan ataupun memasukan siaran tersebut dengan cara manual. Untuk cara melalui Blind Scan lebih mudah dibandingkan cara manual karena DSR akan mencari saluran RCTI atau transponder yang dapat dijangkau dengan sendiririnya (otomatis). Meskipun setiap menu DSR (Digital Satellite Receiver ) berbeda beda namun cara mengatasi frekuensi channel RCTI hilang di parabola hampir sama. Langkah langkah dibawah ini dapat anda ikuti dengan pilihan yang hampir sama atau mirip.
Baca juga: Frekuensi Indosiar Terbaru 2019 di Semua Satelit

Mengembalikan Frekuensi RCTI yang Hilang Dengan Blind Scan

Blind scan merupakan fitur khusus yang dimiliki transponder parabola terbaru untuk mencari dan memetakan seluruh channel tv yang ada di semua satelit. Dengan fitur inilah penonton bisa selalu mendapatkan update frekuensi RCTI di satelit telkom S3, satelit palapa D, Measat, startvision, dan lain sebagainya.

Cara mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang satu ini sangat ampuh jika anda membenci hal-hal ribet. Blind scan . Prinsipnya, kita hanya perlu menunggu DSR mencari siaran televisi yang bisa dijangkau oleh parabola. Selanjutnya, DSR akan memetakan dan menyimpan frekuensi tersebut secara otomatis agar bisa diakses oleh penonton. Jika anda ingin mengembalikan frekuensi RCTI hilang silahkan ikuti tutorial berikut:
  1. Pilih tombol menu pada remot DSR.
  2. Setelah itu cari Pengaturan Satelit atau Pencarian Satelit Tunggal. Selain itu anda dapat mencarinya dengan menggeser kekanan atau melalui tombol nomor dua.
  3. Pilih Blind Scan atau Mencari Otomatis.
  4. Usahakan satelit milik anda tertulis Palapa D atau Palapa C2. Pada menu Cari, pilih Bebas agar memperoleh siaran FTA (Free To Air) saja. Secara otomatis semua siaran yang dapat dijangkau DSR akan masuk dan tersimpan.
  5. Masih pada menu Cari. Lalu klik Ok pada remot dan proses pencarian DSR akan memproses dengan sendirinya.
  6. Setelah pencarian otomatis selesai, kemudian klik Ok dan Exit. Dengan sendirinya frekuensi channel RCTI akan masuk dan tersimpan dalam program parabola.
Untuk alasan tertentu, saya tidak terlalu suka mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang dengan blind scan. Mengapa demikian? fitur ini memang terkesan praktis dan instan jika dilihat dari pengoperasiannya. Namun karena blind scan akan mencari dan memetakan seluruh frekuensi di semua satelit membuatnya menjadi sangat lama. Selain itu, channel yang ditangkap pun juga akan sangat banyak sehingga membuat penonton harus memilih dan memilah mana frekuensi RCTI dengan kualitas terbailk.

Memasukkan Kode Channel RCTI Secara Manual

Tidak semua parabola mendukung fitur blind scan. Faktanya, hanya parabola versi terbaru saja yang mendukung fitur pencarian otomatis tersebut. Dengan kata lain beberapa orang harus memasukan kode channel secara manual ketika Frekuensi RCTI hilang.

Dalam beberapa kasus, blind scan juga bisa mengalami kegagalan dalam menemukan channel dan frekuensi rcti terbaru di parabola. Entah disebabkan frekuensi yang kabur maupun jangkauan yang tidak mencukupi sehingga membuat blind scan gagal. Namun kita masih bisa mencari cara lain  untuk mengembalikan frekuensi RCTi di telkom 3s.Cara mengatasi frekuensi channel RCTI hilang di parabola selanjutnya melalui proses pencarian manual. Adapun langkah langkah pelaksanaannya yaitu:
  1. Klik menu dan pilih Pengaktifan Saluran atau Pengaturan Saluran. Setelah itu pilih Daftar transponder atau Buat Saluran.
  2. Usahakan satelit milik anda tertulis Palapa D atau Palapa C2. Pilih menu Add TP atau Tambah TP dengan cara menekan remot kebawah atau dapat melalui tombol hijau pada remot.
  3. Isilah Simbol Nilai atau Symbol Rate dengan angka 8800, bagian ferkuensi dengan angka 4186 (jika jumlah digitnya lima maka dapat menjadi 04186, 004186 untuk enam digit dan begitu pula selanjutnya), serta isi juga bagian Polaritas atau Polarity. Setelah itu pilih menu Cari dengan menggeser remot kebawah dan tekan OK. Tetapi untuk DSR yang berbeda dapat menekan tombol OK sebanyak dua kali.
  4. Tunggu sampai proses pencarian selesai. Setelah selesai lalu klik Exit.
Dari artikel diatas dapat kita simpulkan bahwa penyebab frekuensi RCTI hilang adalah karena perpindahan channel dari satelit telkom 1 ke telkom 3s. Dan untuk mencari frekuensi RCTI di telkom 3s bisa melalui blind search maupun input manual. Sekian penjelasan mengenai cara mengembalikan frekuensi channel RCTI hilang di parabola lengkap.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Frekuensi Channel RCTI Hilang di Parabola"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel