Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Ulang Pulsa (Simpati, Kartu AS, dan Loop)

Cara Menambah Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Ulang Pulsa (Simpati, Kartu AS, dan Loop) - Memperpanjang masa aktif merupakan salah satu cara agar nomor kita tidak mati dan terblokir. Perdana telkomsel terbagi menjadi beberapa jenis dan varian yakni simpati, loop, halo, dan kartu AS. Meski berbeda tapi cara perpanjang masa aktif telkomsel tersebut sama saja yakni dengan melakukan isi ulang pulsa. Tapi taukah kalau kalian bisa menambah masa aktif nomor tanpa harus membeli pulsa?

Cara Menambah dan Perpanjang Masa Aktif Kartu AS Telkomsel
Trik Tambah Masa Aktif

Jika kartu kita sudah terlanjur masuk masa tenggang dan kita abaikan tentu saja dampaknya akan sangat fatal. Singkatnya nomor akan hangus lalu diblokir oleh pihak telkomsel dan tidak dapat dikembalikan. Maka dari itu kita harus menjaga dan selalu memperpanjang masa aktif telkomsel yang kalian punya. Anda dapat melakukan cara konvensional seperti isi pulsa, membeli masa aktif dengan poin telkomsel, dan lain sebagainya.

Sayangnya masih ada beberapa pengguna yang lupa bahkan mengabaikan masa aktif sehingga nomer masuk ke masa tenggang. Parahnya lagi ditambah dengan ketidaktahuan bagaimana cara perpanjang masa aktif simpati dan prabayar lainnya. Untuk menanggapi masalah tersebut akhirnya saya mencari referensi dari beberapa sumber tentang cara menambah masa aktif tanpa mengisi pulsa pada artikel kali ini.

Cara Menambah Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Ulang Pulsa (Simpati, Kartu AS, dan Loop)

Pada mulanya, pihak operator memang mempunya fitur khusus yang mampu memberikan tambahan masa aktif kepada para pelangganya. Sayangnya, kode rahasia untuk tukar poin menjadi masa aktif telkomsel sudah dihapus. Pengguna pun harus mencari cara baru untuk memperpanjang masa aktif tanpa membeli pulsa.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Maknanya, kita sangat disarankan untuk melakukan isi ulang pulsa bahkan sebelum nomor masuk ke masa tenggang. Hal ini tentunya untuk menghindari hangusnya kartu yang kita pakai. Kalau sudah masuk masa tenggang bagaimana? kita masih bisa perpanjang masa aktif kartu AS tersebut. Namun jika kartu tersebut sudah lewat masa tenggang dan hangus tentunya kita tidak bisa menambah masa aktif telkomsel yang kita miliki.

Lebih parahnya lagi, kalian akan kehilangan seluruh data kontak yang tersimpan dalam kartu perdana ketika pemblokiran dilakukan pihak provider. Kalau sudah hilang lantas bagaimana cara kita mendapatkan kartu itu kembali? untuk menjawab berbagai pertanyaan dan problematika seputar masa aktif kartu AS telkomsel, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Cara Cek Masa Aktif Nomor Telkomsel

Sebelum membahas bagaimana cara menambah masa aktif kartu AS yang kita miliki. Alangkah baiknya kita membahas bagaimana cara cek masa aktif kartu telkomsel secara umum terlebih dahulu. Fungsinya agar kita mengetahui apakah nomor telkomsel masih aktif atau sudah masuk masa tenggang.

Baca juga: 24 Paket Internet Tersembunyi Telkomsel Murah Terbaru

Selain itu melakukan cek masa aktif bisa juga dilakukan secara berkala agar kita selalu ingat dan tetap terpantau dengan baik. Sehingga kalian tidak perlu repot perpanjang masa aktif kartu AS telkomsel. Terdapat dua cara simpel yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengecekan informasi nomor yakni:

  • Menggunakan kode dial *888#
  • Menggunakan aplikasi my telkomsel apps

kedua cara tersebut sebenarnya sama saja, namun sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi mytelkomsel karena penggunaannya sangat simpel. Kita hanya perlu login dan informasi kartu akan muncul dengan sendirinya di dashboard aplikasi.

Beli Masa Aktif

Tidak semua orang tau bagaimana cara menambah masa aktif telkomsel tanpa isi pulsa kerena minimnya informasi. Padahal tersedia beberapa opsi seperti tukar poin, beli masa aktif, transfer pulsa, dan lain sebagainya yang dapat membantu kita terhindar dari kartu terblokir.

Masalahnya tak semua orang mengetahui fitur ini bahkan banyak yang meragukan keberadaanya karena memang tidak bisa dijumpai pada hampir semua kode dial. Secara garis besar paket masa aktif adalah layanan khusus yang jarang hadir untuk pelanggan. Tapi baru-baru ini pihak operator kembali meluncurkannya dalam program paket perpanjangan di Mytelkomsel.


Cara menambah masa aktif telkomsel
Beli Masa Aktif Mytelkomsel

Beli Masa Aktif di Mytelkomsel

Bagaimana cara beli masa aktif telkomsel? inilah pertanyaan yang terbesit di benak beberapa pelanggan kartu AS, simpati, dan loop. Jiks kalian belum mengetahuinya, maka simaklah cara menambah masa aktif telkomsel di bawah:

  1. Login aplikasi Mytelkomsel.
  2. Masuk ke menu belanja (Gambar troli).
  3. Silahkan scroll menu internet sampai menemukan opsi "Paket Masa Aktif".
  4. Setidaknya akan ada 5 pilihan paket, silahkan beli sesuai kebutuhan.
  5. Lakukan pembayaran seperti biasa.
  6. Selamat, paket masa aktif telkomsel kamu sudah bertambah.

Lantas berapa skema dan harga paket masa aktif? secara garis besar kalian akan menjumpai 5 paket dengan harga dan tambahan perpanjangan berbeda. Mulai dari 5 harian yang dipatok 2 ribu rupiah sampai 90 hari seharga 30 ribu. Oleh karenanya, sebelum membeli simaklah terlebih dahulu deskripsi paket pada tabel di bawah:

HargaTambahan Masa Aktif
Rp 2.0005 Hari
Rp 4.00010 Hari
Rp 6.00015 Hari
Rp 12.00030 Hari
Rp 30.00090 Hari

Beli Masa Aktif Telkomsel Lewat Kode Dial

Kode dial menjadi pilihan tepat apabila kamu memang tidak menginstal aplikasi resmi. Sayangnya, cara menambah masa aktif telkomsel satu ini jarang diketahui oleh publik. Padahal metode ini dapat menjadi alternatif apabila mytelkomsel tidak bisa dibuka atau mengalami error.

Cara beli masa aktif telkomsel dari kode dial adalah:

  1. Buka menu dial ponsel.
  2. Dial kode *999*5*6*7*8# lalu panggil.
  3. Selanjutnya, pilih nomor 4 yaitu paket masa aktif.
  4. Maka kalian akan menjumpai berbagai pilihan paket. Pilih sesuai kebutuhan dan sisa pulsa.
  5. Misalnya tambahan masa aktif 90 hari harga 30 ribu.
  6. Kemudia tunggu sampai mendapatkan SMS balasan.
  7. Selesai.

Apakah paket tersebut worth it? menurut saya tergantung dari sudut pandang mana kalian melihatnya. Jika sisa pulsa kalian tinggal sedikit alangkah baiknya melakukan isi ulang pulsa agar tidak merasa dirugikan karena harga paket terkesan mahal. Tapi hal ini tak berlaku untuk pelanggan yang mempunyai pulsa berlebih karena tak ada salahnya membeli tambahan tersebut. 

Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Apa saja cara menambah masa aktif telkomsel yang akan habis? Inilah yang sering ditanyakan pelanggan. Arus globalisasi terus mendorong pengguna ponsel berhemat dalam pemakaian termasuk mengisi pulsa. Padahal pulsa sendiri adalah inti sari yang bisa dibilang seperti mata uang dalam komunikasi.

Kita tak bisa menampik fakta bahwa dengan membeli pulsa atau isi ulang kuota maka bisa memperpanjang masa aktif kartu. Tapi trik tersebut tidak serta merta bersifat mutlak karena masih ada alternatif lain jika kalian sedang ingin berhemat.

Baca juga: Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel 200 Menit Rp 1500

Pada sesi pertama ini akan saya jabarkan secara garis besar bagaimana cara menghindari masa tenggang. Kalian bisa menerapkanya ketika nomor masih aktif dan bisa dipakai untuk bertransaksi. Diantaranya adalah:

  1. Baik itu Simpati, Loop, kartu AS dan halo akan bertambah masa aktifnya secara otomatis jika kita melakukan isi ulang pulsa, adapun durasi tambahan masa aktif kartu AS tersebut disesuaikan dengan nominal pembelian pulsa. Misalkan isi ulang pulsa 5 ribu akan menambah masa aktif 7 hari, 20 ribu untuk 15 hari dan seterusnya.
  2. Cara perpanjang masa aktif selanjutnya adalah dengan melakukan pembelian paket internet atau kuota melalui aplikasi ataupun perantara pihak ketiga.
  3. Kita juga bisa menambah masa aktif dengan cara beli masa aktif kartu AS atapun menukar telkomsel poin dengan paket bundling yang didalamnya memuat masa aktif tertentu.

Satu lagi trik menambah masa aktif telkomsel adalah dengan melakukan transaksi minimal 500 rupiah ketika masa aktif tinggal satu hari akan mendapatkan tambahan masa aktif selama 30 hari. Jadi untuk perpanjang masa aktif kartu AS kita harus melakukan pembelian paket internet, nelpon ataupun SMS minimal 500 rupiah.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel yang Sudah Habis

Cara menambah masa aktif telkomsel khususnya kartu AS yang ada di masa tenggang memiliki perbedaan signifikan. Hal ini disebabkan karena di masa tenggang kita tidak bisa melakukan kegiatan dan transaksi apapun. Pasalnya pihak operator akan membekukan sementara nomor pelanggan sehingga hanya bisa menerima SMS dan telpon saja.

Maka dari itu cara memperpanjang masa aktif tersebut hanya satu yakni melakukan isi ulang pulsa prabayar. Apakah ada trik lain yang bisa kita terapkan? sayangnya tidak ada. Ketika sudah masuk tenggang maka kartu telkomsel milik kalian tak akan bisa dipakai bertransaksi. Inilah alasan mengapa pelanggan harus senantiasa memantau nomornya agar tetap dalam keadaan aktif

Adapun skema nominal pulsa dan tambahan masa aktif tersebut adalah:

Isi PulsaMasa Aktif Tambahan
Rp 5000 s/d Rp 10.0007 Hari
Rp 20.000 s/d Rp 25.00015 Hari
Rp 50.000 s/d Rp 100.00030 Hari

Saran saya ketika kalian enggan melakukan isi ulang karena pulsa masih banyak belilah nominal 5 ribu saja. Fungsinya adalah untuk mengaktifkan kembali fitur transaksi, SMS, Nelpon, dan Internet nomor kalian. Selanjutnya, kalian bisa beli masa aktif simpati dan kartu AS memakai metode sebelumnya sesuai kebutuhan dan sisa pulsa.

Menambah Masa Aktif Kartu yang Sudah Lewat Masa Tenggang

Sebagai pelanggan kita memang punya kewajiban pribadi untuk menjaga nomor tetap aktif. Apabila lalai maka dapat berujung pemblokiran yang menurut saya hal ini sangat merugikan. Apakah cara menambah masa aktif telkomsel kartu AS dan Simpati yang sudah lewat masa tenggang valid? jawabannya adalah tidak bisa. Sudah dikonfirmasi bahwa jika kartu perdana sudah melewati masa tenggang maka kartu tersebut dinyatakan hangus dan tidak dapat digunakan kembali.

Hal tersebut telah saya tanyakan langsung ke grapari dan jawabannya sama persis seperti yang telah saya terangkan di atas. Bahwa kita tidak bisa menambah masa aktif kartu AS yang sudah hangus. Lebih parahnya, kartu yang hangus itu tidak bisa dibackup semua kontak ataupun datanya.

Meskipun berada di masa tenggang, kartu AS dan Simpati memang masih bisa menerima telepon, SMS, dan mengakses kode dial. Namun kita tidak bisa mengirim pesan, melakukan panggilan, dan menggunakan internet. Maka dari itu selagi masih di masa tenggang kita harus segera perpanjang masa aktif telkomsel agar tidak terblokir.

Mengembalikan Nomor yang Sudah Terblokir

Setelah mencerna baik-baik penjelasan dari customer service telkomsel. Dapat saya simpulkan bahwa kita tidak bisa mengembalikan kartu telkomsel yang sudah terblokir karena lewat masa tenggang. Hal ini disebabkan karena kartu kita telah dibaca sistem sebagai kartu tidak terpakai dan akhirnya dibersihkan.

Mekanisme pembersihan tersebut sangat sederhana, ketika kita sudah lewat tenggang dan kita tidak memperpanjang masa aktif telkomsel maka kartu tersebut akan hangus. Ketika sudah hangus kartu tersebut akan masuk kedalam daftar kartu siap diproduksi kembali. Dan akhirnya nomor yang sudah terblokir tadi akan diproduksi kembali dalam kurun waktu 3 hingga 4 bulan mendatang.

Namun terdapat rumor bahwa kita bisa mengembalikan nomor yang sudah terblokir tadi menjadi perdana HALO. Entah rumor tersebut benar atau tidak tapi caranya adalah sebelum 15 hari kartu terblokir kita harus meminta recovery kartu dan migrasi ke kartu Halo di grapari.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa cara menambah masa aktif simpati dan kartu AS yang paling umum adalah dengan melakukan traksaksi pembelian paket internet telkomsel, paket nelpon dan sms, serta paket roaming. Selain itu kita juga bisa melakukan isi ulang pulsa ataupun beli masa aktif kartu AS dengan cara menukarkan poin telkomsel.

Pada dasarnya kita sudah dibantu dengan kebijakan dan sistem telkomsel yang mana setiap mendekati masa tenggang kita akan diberikan notifikasi SMS bahwa kartu akan segera memasuki masa tenggang. Jika mendapat SMS tersebut kita haruslah segera melakukan isi ulang pulsa ataupun melakukan transaksi pembelian paket. Dengan demikian kita tidak perlu repot menambah masa aktif nomor telkomsel.

Sebagai penutup, telkomsel selalu melakukan update sistem dan kebijakannya secara berkala. Jika informasi yang saya muat dalam artikel ini terdapat kekeliruan silahkan tulis komentar dibawah. Sekian penjelasan tentang cara perpanjang masa aktif kartu AS yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Ulang Pulsa (Simpati, Kartu AS, dan Loop)"