Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Mode Saku Xiaomi dan Cara Mengaktifkannya

Apa Itu Mode Saku Xiaomi dan Cara Mengaktifkannya - Menaruh HP dalam kantong celana dan tas kadang bisa menimbulkan masalah. Layar aktif karena kena gesekan, terpencet tidak sengaja, hingga resiko hilang karena dicuri orang. Fitur canggih ini hadir sebagai solusi bagi kalian yang gemar bepergian dan sering meletakan ponsel di dalam kantong celana ataupun tas secara sembarangan.

Mode saku xiaomi sebenarnya sudah ada sebagai salah satu fitur bawaan ponsel. Tapi fitur tersebut kurang mendapat sorotan sehingga pengguna pun jarang memakai atau bahkan mengetahuinya. Padahal fungsi mode saku xiaomi sendiri benar-benar bisa membantu kita yang notabenya sering bepergian dan memasukan HP ke dalam kantong celana.

cara mengaktifkan mode saku xiaomi
cara mengaktifkan mode saku xiaomi

Semua yang perlu kalian ketahui tentang mode saku xiaomi akan saya rangkum secara singkat dalam artikel kali ini. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga bagaimana cara men gaktifkannya. Oleh karena itu simaklah apa yang akan saya jelaskan di bawah sampai selesai.

Apa Itu Mode Saku Xiaomi?

Mode saku xiaomi adalah fitur bawaan ponsel yang berfungsi untuk mengaktifkan beberapa fitur khusus secara otomatis saat hp sedang kita simpan di tas pocket, saku celana, dan lain-lain. Ketika mode saku aktif maka ponsel bisa mencari sambungan wifi otomatis, mengontrol kecerahan layar, hingga fitur keamanan. Sehingga kinerja ponsel pun dapat terkontrol yang pada akhirnya akan menghemat konsumsi baterai.

Cara mengaktifkan mode saku xiaomi pun sebenarnya sangat mudah karena kita tak perlu menginstal aplikasi tambahan. Tapi untuk memakainya ponsel harus support OS MIUI 11 dan 12 yang notabenya bisa kita jumpai pada ponsel keluaran merk terbaru.

Bagi saya yang memiliki mobilitas tinggi mode saku xiaomi sangatlah penting karena dapat mencegah hp aktif sendiri secara tidak sengaja. Fitur ini juga menjaga perangkat tetap aman meskipun kita sedang dalam keadaan sibuk seperti rapat, berkendara, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Layar Burn In Xiaomi (HP Shadow)

Sensor mode saku yang tersemat pada HP xiaomi sangat canggih sehingga perangkat bisa mengidentifikasi apakah sedang dalam kantong atau tidak. Jadi kalian bisa terus mengaktifkannya tanpa takut mempengaruhi notifikasi, alarm, dan beberapa fitur krusial lainnya.

Apa Fungsi Mode Saku Xiaomi?

Sebelum saya jelaskan cara mengaktifkan mode saku xiaomi alangkah baiknya kalian mengetahui fungsinya terlebih dulu. Sebab mode saku memiliki perbedaan signifikan dari hanya kita memencet layar kunci biasa.

Sederhananya mode saku xiaomi berfungsi untuk menjaga hp dari sentuhan yang tidak sengaja, atau tidak diinginkan. Menurut saya mode saku memiliki fungsi yang lebih canggih daripada sekedar kalian mengaktifkan layar kunci biasa.

Mencegah HP Aktif Sendiri

Seringkali saat berada dalam tas ataupun saku celana ternyata HP masih dalam keadaan aktif. Hal itu lantas membuat perangkat menjadi cepat panas dan baterainya pun boros hingga menimbulkan rasa tidak nyaman dari sisi pengguna. Setelah mengaktifkan mode saku xiaomi maka kalian akan terhindari dari hal demikian.

Mengatur Kecerahan Layar

Pada dasarnya, memencet tombol kunci pun juga bisa mematikan fungsi layar. Tapi yang membuat mode saku spesial adalah kemampuannya mengatur kecerahan layar secara otomatis. Pasalnya layar yang terlalu terang bisa membuat baterai cepat habis dan device menjadi panas pada saat masuk ke saku maupun tas.

Mode saku xiaomi juga mampu mengatur aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga aktivitas multimedia dan komunikasi tidak terganggu. Seperti saat kalian sedang mengangkat panggilan telepon atau mendengarkan musik maka layar akan tetap redup tanpa mematikan fungsinya.

Menghemat Konsumsi Baterai

Mode saku juga berfungsi untuk mematikan beberapa fitur yang disinyalir selalu berjalan di latar belakang. Sehingga efisiensi penggunaan daya ponsel pun akan menghemat baterai yang pengguna bisa memakai ponsel lebih lama.

Fitur ini sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang asal memasukan HP ke saku tanpa menutup aplikasi yang berjalan terlebih dulu. Menariknya, pocket mode sama sekali tidak mengganggu notifikasi masuk seperti dari whatsapp, line, messenger, dan lain-lain. Jadi pengguna tetap akan memperoleh notifikasi pesan secara realtime.

Sambungan WiFi Otomatis

Setelah mengaktifkan mode saku xiaomi dan memasukan ponsel ke kantong maka pencarian wifi akan berjalan otomatis. Meski kalian terus berjalan dan berpindah lokasi sistem akan terus memindai jaringan wifi yang tersedia. Jadi saat menghidupkan ponsel pengguna tak perlu repot mencari koneksi secara manual.

Membuat Ponsel Lebih Aman

Fungsi keamanan pun juga tersemat pada fitur tersebut yang memungkinkan kita mengetahui kondisi ponsel lewat sensor gerakan tiba-tiba. Saat terjadi gerakan dan sentuhan tak biasa maka alarm ponsel akan aktif. Jujur saja hal inilah yang membuat saya tertarik untuk mengaktifkan mode saku xiaomi. Fitur itu mampu meminimalisir hp hilang, dicuri, ataupun terjatuh secara tak sengaja saat berada di dalam saku maupun tas.

Cara Mengaktifkan Mode Saku Xiaomi

Dari penjelasan di atas saya anggap kalian sudah mengetahui apa pengertian dan fungsi mode saku secara menyeluruh. Nah tibalah kita pada inti pembahasan dimana saya akan ajarkan bagaimana memanfaatkan fitur tersebut untuk menunjang aktivitas harian.

Cara mengaktifkan mode saku xiaomi adalah:

  1. Buka menu setelan di ponsel kalian.
  2. Scroll ke bawah dan masuk ke menu "Sistem dan perangkat".
  3. Selanjutnya pilih "Kunci Layar dan Sandi".
  4. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan pilihan "Mode Saku".
  5. Selanjutnya aktifkan mode saku tersebut.

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas maka ponsel akan memberi notifikasi bahwa perangkat sedang berada dalam mode saku. Hingga saat ini, tak semua hp xiaomi mampu mengaktifkan mode saku lantaran batasan OS minimal adalah MIUI 11.

Tapi pengguna HP keluaran lama masih bisa menikmati fitur tersebut. Cukup lakukan pembaruan sistem sehingga ponsel dapat menginstall fitur mode saku.

Kesimpulan

Secara garis besar mode saku xiaomi termasuk fitur bermanfaat yang wajib kita aktifkan. Selain memberi rasa nyaman pada saat memasukan hp ke kantong, fitur ini juga dapat mencegah perangkat aktif secara tak sengaja. Mode saku juga dapat membantu kalian menjaga performa HP sehingga saat dikeluarkan dari saku baterai masih terisi penuh dan siap dipakai.

Langkah langkah yang mudah harusnya juga tidak menjadi hambatan bagi pengguna mengaktifkan mode saku xiaomi. Sebab kalian hanya butuh 5 menit untuk masuk ke menu pengaturan di hp masing-masing.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel di atas mampu menjawab pertanyaan apa itu mode saku xiaomi dan beragam fungsinya. Apabila masih memiliki pertanyaan maka jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Mode Saku Xiaomi dan Cara Mengaktifkannya"