Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Burn In Xiaomi (HP Shadow)

Cara Mengatasi Layar Burn In Xiaomi (HP Shadow) - Layar shadow jadi salah satu problematika yang harus dihadapi oleh sejumlah pengguna ponsel. Efek bayangan yang tercipta sering kali membuat tak nyaman ketika HP dipakai untuk bermain game, scroll tiktok, nonton film, dan lain sebagainya. Tak heran apabila banyak yang mempertanyakan solusi layar shadow xiaomi.

cara mengatasi burn in xiaomi pasti berhasil
Layar Burn In

Sebenarnya burn in tak hanya terjadi pada layar hp xiaomi saja tapi juga pada semua merk ponsel tanpa terkecuali. Baik itu pengguna hp samsung, vivo, oppo, bahkan Iphone sekalipun berpotensi mengalami selama tak tau penyebabnya.

Cara mengatasi layar burn in Xiaomi memang tidak mudah karena masalah itu sudah menyangkut ke ranah hardware. Tapi bukan berarti HP kalian tidak bisa kembali sediakala dari efek shadow yang timbul. Dalam artikel ini kita akan coba memperbaiki sekaligus menghilangkan bayangan di layar HP gratis tanpa perlu bongkar.

Cara Mengatasi Layar Burn In Xiaomi (HP Shadow)

Burn in adalah masalah pada layar ponsel yang biasanya bersifat permanen. Gejalanya terlihat dari perubahan warna pada bagian tertentu panel layar HP. Meski tidak berdampak pada performa tapi layar shadow xiaomi akan sangat mengganggu aktivitas. Bayangkan saja saat scroll IG video dan foto yang muncul harus tertutup oleh bayangan di layar.

Tidak hanya menyerang HP cina yang memakai layar IPS dan TFT saja tapi juga mampu berdampak pada OLED sampai dynamic AMOLED sekalipun. Menariknya, layar burn in xiaomi biasa terjadi pada HP dengan tingkat kecerahan tinggi.

Burn in sendiri sangat berbeda dengan tompel di layar HP yang mayoritas disebab terlalu banyak dipakai bermain game. Sebelum saya ajarkan cara mengatasi layar burn in Xiaomi alangkah baiknya kalian simak penyebabanya terlebih dulu. Menurut saya pribadi hp china seperti Xiaomi, Vivo, Realme, Poco, ataupun Oppo sangat rentan mengalaminya.

Penyebab Layar Xiaomi Burn In

Secara garis besar penyebab layar shadow xiaomi karena panel atau lebih tepatnya pixel di LCD terbakar. Fenomena itu pun akhirnya meninggalkan efek bayangan yang selamanya akan melekat di LCD xiaomi ataupun hp merk lain.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan layar burn in adalah:

  1. Tingkat kecerahan layar terlalu tinggi.
  2. Jarang mengganti wallpaper.
  3. Layar selalu menampilkan icon statis (tidak berubah ubah).
  4. Pemilihan tema HP yang terlalu terang.
  5. Charger dan aliran listrik yang tidak stabil.

Dari semua faktor penyebab di atas sebenarnya yang paling berpotensi membuat layar shadow xiaomi adalah tingkat kecerahan layar. Apabila kalian mengatur tingkat kecerahan terlalu tinggi apalagi jarang mengganti wallpaper maka sudah pasti akan mengalami LCD burn in.

Jika sudah demikian mau tak mau kita harus mencari cara mengatasi layar burn in Xiaomi agar tidak mengganggu aktivitas. Setelah menelusuri info dari sumber terpercaya saya pun bisa membuat kesimpulan. Bahwa memang ada beberapa cara menghilangkan bayangan di layar hp Xiaomi.

Install Burn In Tool

Berdasarkan penuturan sejumlah sumber merekomendasikan pengguna yang mengalami burn in untuk menginstall aplikasi screen colors. Aplikasi burn in tool bisa diunduh gratis dari playstore untuk ponsel android. Fungsinya tak lain untuk mengatasi layar shadow xiaomi agar tidak semakin parah.

Screen colors sendiri bekerja dengan mengkalibrasikan warna lalu memperbaiki layar shadow secara bertahap. Meski belum pernah mencoba secara langsung tapi dari banyaknya testimoni positif harusnya burn in tool dapat bekerja sebagaimana mestinya.

screen color burn in tool xioami
Aplikasi penghilang shadow

Cara mengatasi layar burn in Xiaomi dengan aplikasi adalah:

  1. Install screen colors (burn-in tool).
  2. Buka aplikasi, lalu pilih Test Screen.
  3. Setelah diagnosa selesai tap Repair.
  4. Pada kolom yang tersedia isikan estimasi waktu selama 1 sampai 2 menit.
  5. Tap bigin untuk memulai proses.
  6. Tunggu sampai proses restorasi selesai.

Dalam beberapa kasus memang ada pengguna ponsel yang berhasil menghilangkan shadow di layar HP xiaomi miliknya. Tapi tak sedikit juga yang berkeluh bahwa metode di atas tidak work dan layar burn in Xiaomi masih berlanjut. Sehingga bisa saya simpulkan tingkat keberhasilan cara memperbaiki layar muncul bayangan di atas tergantung tingkat kerusakan masing-masing.

LCD Burn In Wiper

Kita akan coba menghilangkan layar burn in Xiaomi menggunakan aplikasi lain yang tak kalah menarik. Aplikasi ini bekerja layaknya screen colors pada sesi sebelumnya yakni melakukan stress test dalam kurun waktu yang sudah kita tentukan.

Saat kita menjalankannya maka layar HP xiaomi akan berubah menyesuaikan kalibrasi dan pengetesan. Apabila bayang belum membekas ke layar maka burn in akan kembali pulih secara perlahan. Lalu bagaimana cara mengatasi layar shadow xiaomi dengan LCD burn in wiper? berikut langkah-langkahnya:

  1. Install LCD Burn-in Wiper.
  2. Pada mode select pilih Color Rotation.
  3. Pada timer set pilih 15min.
  4. Pada auto shutdown pilih ON.
  5. Lalu tap start untuk memulai.
  6. Tunggu sampai proses selesai.

Saya sendiri memang belum pernah coba menggunakan aplikasi tersebut. Tapi berdasarkan testimoni yang tertera di playstore ternyata LCD burn in wiper mendapat rating lumayan bagus.

Atur Kecerahan Layar

Cara mengatasi layar burn in Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Perlu kita ingat bahwa munculnya efek bayangan di layar disebabkan oleh brightness yang terlalu terang. Panel yang bekerja menciptakan cahaya itu akhirnya malah membakar pixel layar hingga berbekas.

Maka dari itu, kontrol pengguna benar-benar sangat diperlukan sebagai tindak pencegahan sekaligus mengurangi layar shadow. Kalian dapat menurunkan tingkat kecerahan serendah mungkin untuk mengamankan ponsel.

Memilih theme maupun wallpaper bertema gelap juga jadi kunci utama mengatasi layar burn in xiaomi maupun merk hp china lain. Warna gelap mampu meringankan kinerja LED sehingga produksi cahaya pun tidak terlalu over. Secara tak langsung kalian sudah menjaga komponen layar sehingga bisa lebih awet.

Ganti Layar LCD

Alternatif terakhir apabila semua cara mengatasi burn in Xiaomi di atas tidak work adalah mengganti LCD. Shadow sendiri membekas pada komponen LCD dan tidak mempengaruhi performa ponsel dari segi apapun. Ia tak akan membuat lemot, tiba-tiba mati, dan lain sebagainya tapi memang sifatnya mengganggu pemandangan.

Solusi menghilangkan shadow di layar Xiaomi yang terakhir adalah melakukan penggantian komponen LCD. Tak perlu repot ke gerai resmi, cukup pergi ke konter langganan lalu tanyakan berapa harga ganti layar secara keseluruhan. Harusnya harga LCD xiaomi hanya berkisar antara ratusan ribu saja sudah dengan jasa pasangnya.

Xiaomi sendiri termasuk Hp china yang dijual dengan harga ramah kantong. Sehingga kalau memang sudah merasa tak nyaman tinggal jual lalu beli hp baru saja jika ternyata harga ganti LCD terlalu mahal.

Cukup sekian penjelasan saya yang membahas tentang penyebab sekaligus solusi efek bayangan tidak hilang di layar. Apabila kalian memiliki pertanyaan, saran, masukan, atau bahkan cara mengatasi layar burn in xiaomi maka jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Burn In Xiaomi (HP Shadow)"