Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Cek Voucher Smartfren (Status Aktivasi dan Masa Aktifnya)

4 Cara Cek Voucher Smartfren (Status Aktivasi dan Masa Aktifnya) - Sebagian orang mungkin belum tau bagaimana cara mengetahui voucher smartfren sudah terpakai atau belum. Padahal trik itu sedikit banyak bisa membantu kita terhindar dari berbagai kendala saat membeli voucher paket internet. Mak dari itu, semua pengguna ponsel wajib waspada dan tau bagaimana cara cek voucher smartfren.

Cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum
cara cek voucher sudah terpakai atau belum

Kuota kini menjadi suatu hal yang tak akan pernah bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Fungsinya yang praktis membuatnya cocok untuk mendukung aktivitas harian. Ada banyak sekali metode yang bisa dipakai pelanggan untuk pendapatkan paket internet sesuai kebutuhan, salah satunya yakni voucher.

Cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum memang tak tercantum di panduan saat membeli. Tapi berkat kemajuan teknologi kini pengguna ponsel bisa mencari trik dan langkah langkah praktisnya di internet.

4 Cara Cek Voucher Smartfren (Status Aktivasi dan Masa Aktifnya)

Voucher memang menawarkan kemudahan dalam mengisi ulang paket internet dan kuota. Tapi di balik fleksiksibilitas itu voucher menyisakan beberapa problematika cukup serius. Hal ini terbukti dari munculnya isu kuota tidak sesuai isinya, kuota belum masuk, voucher kadaluarsa, dan lain-lain. Lalu apa pentingnya cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum?

Belajar cara mengetahui voucher smartfren sudah terpakai menjadi penting sebagai tindak preventif. Ini akan menghindarkan kalian dari segala kemungkinan buruk voucher smartfren tidak bisa digunakan karena berbagai alasan di atas. Sayangnya masih sedikit pelanggan yang paham tentang edukasi pentingnya mengetahui status aktivasi dari voucher sebelum membeli.

Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini saya akan coba ajarkan cara cek voucher smartfren secara tuntas. Adapun pokok bahasan yakni tentang status voucher smartfren sudah terpakai atau belum. Lalu yang kedua adalah cek masa aktif voucher smartfren apakah sudah kadaluarsa atau belum.

Cek Menggunakan Aplikasi

Cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum pertama yang akan saya ajarkan yakni memakai aplikasi. SRIS merujuk pada aplikasi khusus yang dipakai untuk berbagai kegiatan transaksi mobile. Kita bisa menggunakan SRIS untuk mengetahui voucher smartfren beserta data di dalamnya.

Sayangnya, SRIS bukanlah aplikasi yang dapat dipakai sembarangan orang. Hanya mereka yang mengantongi chip dari pihak operator saja yang berhak menginstalnya. Singkatnya, SRIS hanya bisa dipakai oleh pemilik konter maupun seller kartu smartfren saja.

Kalau memang kalian tak memiliki otoritas demikian maka urungkan saja niat dan pakai metode lain. Karena sekalipun memiliki aplikasinya, pelanggan tetap harus login memakai kode akses tertentu.

Cara cek voucher smartfren menggunakan SRIS adalah:

  1. Install SRIS.
  2. Login memakai kode akses kalian.
  3. Masuk ke menu Penjualan.
  4. Pilih menu Cek Status Voucher Data.
  5. Masukan nomor serial number voucher.
  6. Maka akan muncul semua informasi terkait voucher. Baik itu nama program, total kuota, status pemakaian, dan masa aktif.

Tidak bisa menemukan SRIS di playstore? ini hal biasa karena aplikasi tersebut hanya bisa diperoleh dari sales smartfren saja. Kalau kalian atau kerabat memiliki usaha konter silahkan menuju gerai resmi atau menyambangi sales untuk meminta SRIS.

Cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum via SRIS memang terkesan praktis. Tapi minusnya tak sembarang orang dapat melakukan hal tersebut karena sifat aplikasinya yang tidak komersil. Oleh karenanya, saya sudah siapkan alternatif lain apabila kalian tetap bersikeras ingin mengetahui status voucher smartfren.

Cek Voucher dari MySmartfren

Mysmartfren merupakan aplikasi wajib yang harus kalian install di ponsel masing-masing. Semua fitur yang ada di dalamnya memberi banyak manfaat seperti isi pulsa, beli paket internet, dan memasukan kode voucher.

Cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum dari mysmartfren tak menawarkan informasi selengkap SRIS. Kendati demikian lebih baik daripada kita harus bertanya maupun menduga duga sesuatu yang tak pasti.

Cara cek voucher smartfren sudah dipakai atau belum
Cek voucher dari aplikasi Mysmartfren

Jika tak memiliki akses ke SRIS kalian tak perlu risau sebab masih bisa instal mysmartfren. Cara mengetahui voucher smartfren sudah terpakai atau belum lewat aplikasi resmi yakni:

  1. Install Mysmartfren.
  2. Login menggunakan nomor masing-masing.
  3. Masuk ke Menu Akun Saya (pengguna).
  4. Masuk ke Menu Voucher.
  5. Pilih Cek Voucher.
  6. Masukan 16 digit kode voucher.
  7. Tap Cek.
  8. Maka akan muncul status pemakaian dan masa aktif voucher.

Menurut saya, cara cek masa aktif voucher smartfren paling efektif yakni lewat aplikasi secara langsung. Mengapa demikian? Sebab MySmartfren termasuk aplikasi yang andal serta ringan apalagi hanya untuk scan kode voucher semata.

Cek Voucher via SMS

Sering kali mysmartfren error tidak bisa dibuka saat pelanggan memakainya. Hal ini akhirnya malah menimbulkan polemik yang menjadi kendala baru bagi pengguna ponsel. Aplikasi yang harusnya bisa menjembatani seluruh kebutuhan kita justru malah error. Hal itu akhirnya membuat proses transaksi dan cek smartfren jadi terhambat.

Maka dari itu saya pun coba mencari info cara cek voucher smartfren sudah terpakai atau belum dari berbagai sumber lain. Mayoritas pun memberi testimoni positif pada aplikasi SRIS tapi ternyata ada yang menyarankan lewat SMS pun bisa. Adapun cara mengetahui info voucher smartfren dari SMS adalah:

  1. Buka menu SMS di ponsel.
  2. Tulis SMS dengan format "Info (spasi) kode voucher".
  3. Contoh: Info 8374441283378.
  4. Kirim ke 123
  5. Tunggu sampai mendapat SMS balasan.

Langkah tersebut saya rangkum dari situs editoronline yang notabenya berisikan kumpulan informasi teknologi. Jujur saja, saya sudah tak lagi memakai kartu smartfren untuk berlangganan paket internet. Sehingga saya pun tidak mampu mengonfirmasi apakah cara cek voucher smartfren di atas work atau tidak. Oleh karenanya, gagal atau berhasilnya trik di atas saya mohon berikan testimoni lewat kolom komentar.

Cara Mengetahui Voucher Sudah Terpakai Atau Belum Dari Hologram

Cara cek voucher smartfren sudah dipakai atau belum yang terakhir sangatlah sederhana. Tanpa perlu repot install aplikasi, kirim sms, atau bahkan membuka HP kita bisa melakukannya. Cukup melihat kondisi fisiknya saja pelanggan dapat mengetahui status pemakaian voucher kuota.

Kita tau bahwa kode voucher terdiri dari 16 digit angka acak yang tertutup oleh hologram. Kalau voucher belum terpakai maka hologram tidak akan hilang dan masih ada tanpa goresan sama sekali. Hal ini tentu berbeda dengan voucher smartfren yang sudah digosok sehingga meninggalkan bekas nyata.

Tapi ada kalanya hologram tersebut memang sudah tergores dari konter karena faktor tidak sengaja. Maka dari itu, alangkah baiknya kita tetap harus cek voucher baik dari segi masa aktif serta status pemakaiannya.

Melakukan isi ulang paket internet dengan voucher memang terkesan praktis dan mudah. Tapi dibalik kelebihan itu tentu tak lepas dari apa yang namanya kekurangan. Salah satunya adalah trust issue pelanggan yang berpikir bahwa voucher smartfren sudah terpakai dan tidak ada sinya.

Mungkin cukup sekian penjelasan sayang dapat saya sampaikan dalam artikel singkat kali ini. Jika masih mengalami kendala tak perlu sungkan untuk mengajukan pertanyaan. Terimakasih sudah membaca cara cek voucher smartfren sudah dipakai atau belum di atas.

Posting Komentar untuk "4 Cara Cek Voucher Smartfren (Status Aktivasi dan Masa Aktifnya)"