Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Unlock STB Indihome Semua Tipe Full Aplikasi

Cara Unlock STB Indihome Semua Tipe Full Aplikasi - Indihome merupakan layanan PT Telkom yang menyediakan layanan komunikasi, data internet, serta multimedia. Semua produk tersebut dikemas secara rapi dalam varian paket yang berbeda menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Cara unlock STB Indihome semua tipe full aplikasi
Cara install aplikasi di STB Indihome

Apabila memilih paket dualplay maka indihome akan membekali pengguna dengan set top box. STB indihome mampu menghubungkan TV ke wifi sehingga bisa mengakses berbagai saluran. Kita juga dapat menginstall berbagai aplikasi seru dan menarik untuk keperluan multimedia lain. Mulai dari streaming film di netflix, nonton MolaTV, sampai bermain game sekalipun.

Tapi taukah kalian ada cara unlock STB Indihome Full aplikasi pada tipe tertentu? Hal ini dilakukan karena pihak perusahaan memberi batasan akses pada perangkat STB Indihome semua tipe. Tujuannya tentu saja untuk memonopoli market multimedia sehingga pelanggan hanya bisa membuka aplikasi resmi saja.

Cara Unlock STB Indihome Semua Tipe Full Aplikasi

Di era serba digital seperti sekarang set top box sudah menjadi perangkat wajib sebagai pendamping televisi. Baik untuk keperluan menangkap saluran digital ataupun demi privilege lain seperti install aplikasi.

Jika memang belum tertarik upgrade ke tv android maka kita bisa install aplikasi di STB indihome lewat serangkaian trik. Cara unlock STB Indihome semua tipe yang akan saya ajarkan biasa juga disebut sebagai trik root STB. Jadi terserah mau menyebutnya apa tapi mekanismenya kita akan membuka kunci atau batasan agar bisa install aplikasi di STB.

Jujur saja, saya memang belum pernah melakukan cara unlock STB indihome sendiri karena tidak berlangganan tv kabel. Tapi karena permintaan beberapa rekan akhirnya saya tertarik untuk mengulas lebih lanjut seperti apa mekanisme dan cara install aplikasi di STB indihome. Jadi, mari kita bahas lebih lanjut tentang STB Indihome, termasuk cara kerjanya, fitur-fiturnya, dan keunggulan yang ditawarkan oleh penyedia internet rumahan ini.

Apa Itu STB Indihome

Di era modern seperti sekarang kita pasti sudah sering mendengar nama "set top box". Alat tambahan yang biasa dipakai menangkap sinyal tv digital ini pun akhirnya menjamur seiring berjalannya waktu. Terlebih setelah kebijakan pemerintah yang resmi menonaktifkan sinyal analog.

Set top box keluaran indihome merupakan perangkat yang terhubung ke jaringan broadband Telkom Indonesia. Dengan demikian pengguna dapat menikmati siaran televisi lebih baik karena segudang fitur yang ditawarkan. Mulai dari kualitas gambar yang lebih jernih sampai fitur rekaman agar penonton tak ketinggalan acara favorit mereka.

Baca juga: Cara Mencari Saluran TV Digital Manual (STB) dan Otomatis

Lalu kenapa banyak yang mencari cara unlock STB indihome padahal sudah banyak privilege yang diatawarkan? STB Indihome memang menyediakan akses ke konten on-demand, termasuk film, acara televisi, dan konten lainnya. Sehingga pengguna dapat memilih konten lalu menontonnya kapan saja sesuai kehendak masing-masing.

Tapi karena software perangkat terkunci maka pelanggan tak bisa install aplikasi di STB indihome. Maka dari itu, cara root STB indihome hadir sebagai solusi agar televisi kalian terasa lebih interaktif layaknya android tv.

Cara Root STB Indihome Sendiri

Kalian malas beli set top box untuk menonton channel MNC Group? atau ingin merubah tv analog menjadi rasa android? tenang saja. Semua itu bisa terwujud dengan STB indihome yang disertakan dalam paket dual maupun triple play. Apabila tertarik maka simaklah cara root STB indihome yang akan saya terangkan di bawah sampai selesai.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum beranjak ke cara unlock stb indihome zte 4k zxv10 b860h dan tipe lain kalian harus siapkan terlebih dulu alat dan bahannya. Selain set top box kalian perlu mengunduh lalu install beberapa software terlebih dulu.

Pertama adalah USB Burning Tool (minimal versi 2.1) yang berfungsi untuk memasukan firmware baru ke set top box. Setelah mengunduh, kalian bisa menginstallnya di laptop maupun PC masing-masing.

Dapatkan Firmware STB B860 atau firmware lain menyesuaikan tipe STB indihome kalian. Firmware sendiri adalah perangkat lunak yang berfungsi layaknya sistem operasi. Sehingga saat sudah terpasang kita bisa install aplikasi di STB indihome dengan bebas.

2. Setting USB Burning Tool

Cara unlock STB indihome pertama diawali dengan membuka lalu jalankan aplikasi USB Burning Tool. Pada tahap ini kita harus melakukan konfigurasi sebagai persiapan untuk proses pairing. Secara garis besar panel konfigurasi di dashboard aplikasi cukup sederhana yang terletak di sisi sebelah kanan.

Unlock STB indihome

Faktanya, pada saat root STB indihome pengguna sering bingung apa saja yang perlu diubah. Apabila kalian masih pertama kali unlock STB indihome maka samakanlah pengaturan seperti gambar di atas.

3. Sambungkan STB ke Laptop

Ketika masuk proses pairing kalian akan memerlukan kabel tambahan bertipe USB male to male. Jangan lupa untuk mencolokan adaptor perangkat STB ke sumber listrik untuk menyalakannya. Apabila indikator STB sudah berkedip dan menyala hijau maka proses pairing sudah selesai. Perhatikan pula status pada USB burning tool apakah sudah Connect Success atau belum.

4. Masukan Folder Firmware

Cara unlock STB Indihome selanjutnya adalah dengan membuka command promt (CMD) di laptop. Lalu drag folder yang berisi firmware STB ZTE B860 ke halaman CMD lalu tekan enter untuk mengeksekusi perintah.

5. Masukan Semua Perintah

Setelah proses pairing dan upload firmware maka langkah selanjutnya adalah memasukan perintah instalasi. Kalian perlu memasukan perintah berikut ini satu persatu:

  • update “reset”
  • update scan
  • update bulkcmd “setenv -f EnableSelinux permissive”
  • update bulkcmd “saveenv”.
  • update partition boot boot.img
  • update partition system (folder firmware) contohnya E:\updater\systematv.img

Untuk memudahkan proses input silahkan copy saja perintah di atas lalu paste di CMD. Selanjutnya tinggal tap Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut satu persatu. Proses instalasi pun akan berjalan dan kita hanya perlu tunggu downloading sampai selesai 100%.

6. Cara Root Indihome Selesai

Apabila layar sudah menunjukan tulisan seperti pada gambar di bawah maka proses unlock STB indihome sudah selesai.

cara unlock STB indihome full aplikasi
Root STB Indihome sukses

Selamat, cara unlock STB indihome sendiri yang kalian lakukan sudah berhasil. Sekarang kamu bisa menginstall aplikasi di STB indihome tanpa takut mengalami kegagalan. Setelah selesai copot kabel USB male to male lalu pasanglah set top box ke televisi untuk pengetesan.

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan IndiHome Online Mudah Terbaru

Seharusnya, penonton sudah bisa menikmati siaran dari MNC group dan menginstall aplikasi tambahan. Misalnya playstore, nteflix, dan lain sebagainya untuk menunjang kebutuhan multimedia.

Review Unlock STB Indihome

Kesimpulannya, Set Top Box Indihome adalah perangkat tambahan yang diperoleh ketika berlangganan tv cable. Untuk menjaga pasaran maka pihak perusahaan menguncinya sehingga kita tidak bisa install aplikasi di STB indihome.

Nah, cara unlock STB indihome hadir sebagai solusi atas kebosanan yang kalian alami. Untuk menjalankan trik di atas tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup sediakan kuota internet, laptop, serta uang 10 sampai 20 ribu untuk membeli kabel USB male to male.

Menurut saya pribadi, cara root STB indihome di atas sangat menguntungkan daripada harus repot beli alat baru. Dari segi fungsi tentu set top box keluaran PT telkom tak akan kalah fitur dari para kompetitornya. Built-in quality STB itu sendiri juga sangat berkualitas dan terjamin awetnya.

Jika kalian pengguna internet rumahan yang berlangganan paket dual ataupun triple play. Maka manfaatkanlah perangkat tambahan tersebut untuk menunjang aktivitas multimedia sehari-hari. Mungkin cukup sekian artikel yang sedikit banyak membahas cara unlock STB indihome semua tipe full aplikasi.

Posting Komentar untuk "Cara Unlock STB Indihome Semua Tipe Full Aplikasi"