Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka - DANA menjadi salah satu platform e-wallet yang populer di tengah masyarakat. Aplikasi DANA memang masih tergolong muda, tapi kiprahnya menyediakan layanan keuangan sudah tak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti dari berbagai layanan unggulan serta promo yang diluncurkan demi menarik minat pengguna ponsel.

Kenapa aplikasi DANA tidak bisa dibuka
Kenapa aplikasi DANA tidak bisa dibuka

Dompet DANA bahkan perlahan mulai menggantikan fungsi bank konvensional. Semua usernya bisa melakukan top up, transfer saldo, sampai beli maupun bayar tagihan digital. Belum lagi segudang promo saldo DANA gratis maupun voucher potongan harga sebagai media promosinya.

Namun semua aktivitas itu kadang harus terkendala masalah aplikasi DANA error seperti loading lama, tidak bisa login, dan lain-lain. Kenapa dana tidak bisa dibuka pun akhirnya menjadi topik bahasan yang sampai sekarang masih hangat diperbincangkan. Maka dari itu, saya akan memberikan cara mengatasi dana error tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka

Secara garis besar, DANA memang menjadi alternatif bagi mereka yang tidak punya rekening bank. Proses pendaftaran yang cepat dan mudah bahkan tanpa perlu deposit saldo menjadi daya tarik utamanya. Untuk membuka semua layanan kalian juga hanya perlu melakukan upgrade DANA premium memakai scan KTP.

Kendati dibekali segudang fitur unggulan tapi sayangnya platform dompet digital ini tak lepas dari beberapa kekurangan. Banyak yang mengeluh sekaligus bertanya kenapa DANA tidak bisa dibuka pada saat tertentu. Berkaca dari kejadian semacam ini tentu akan membuat transaksi cepat yang kita lakukan jadi terganggu.

Cara mengatasi DANA error tidak bisa dibuka sebenarnya cukup sederhana. Pertama, pelanggan harus cek terlebih dulu apa penyebabnya. Baru setelahnya kita bisa menentukan langkah atau penanganan seperti apa yang harus diambil. Kalau kebetulan kalian mengalami kendala tersebut maka simaklah apa yang akan saya jelaskan di bawah sampai selesai.

Kenapa Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Dalam berbagai kesempatan saya sudah membahas betapa bermanfaatnya rekening DANA bagi masyarakat. Selain menyediakan layanan keuangan, promo voucher serta saldo DANA cuma-cuma juga seolah menghipnotis pengguna. Tak heran bila sampai sekarang masih banyak orang mencari cara mendapatkan saldo DANA gratis 100rb.

Namun pada kesempatan ini mari kita soroti isu yang beberapa hari belakangan sedang beredar. Ada beberapa penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka oleh pengguna ponsel. Bisa karena masalah internal perusahaan itu sendiri atau juga karena murni kesalahan yang terjadi pada perangkat milik kita.

Lazimnya, cara mengatasi DANA error tidak bisa dibuka menyesuaikan dengan faktor penyebab maupun gejalanya. Lantas apa yang menyebabkan aplikasi error? di antaranya adalah:

  1. Koneksi internet buruk.
  2. Cookie dan cache aplikasi penuh.
  3. Ruang penyimpanan full sehingga HP lemot.
  4. Aplikasi kadaluarsa (Belum Update).
  5. Server Down.
  6. Database Error.

Setelah mengetahui beberapa faktor di atas barulah kita bisa menarik benang merah dan mencari solusi yang tepat. Beruntungnya, saya sudah persiapkan kumpulan cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka secara singkat. Untuk lebih jelasnya simaklah cara mengatasi DANA Error berikut.

Ganti Mode Jaringan

DANA termasuk platform yang memerlukan koneksi internet pada setiap aktivitasnya. Karena hal inilah terkadang aplikasi DANA tidak bisa dibuka saat koneksi buruk atau internet lemot. Terkadang, saat bepergian ke luar atau pinggiran kota sinyal jadi tidak stabil. Pergantian antara 3G dan 4G terus berlangsung karena settingan all network aktif.

Untuk menciptakan koneksi internet yang stabil maka kita bisa memfokuskan sinyal hanya pada satu mode jaringan saja. Saran saya ubahlah prioritas koneksi dari all network ke 3G only sementara waktu. Mengapa harus 3G? sebab sinyal 3G menurut saya lebih stabil dan merata penyebarannya ketimbang jenis sinyal lainnya.

Cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan mengganti mode jaringan. Sekilas memang terlihat mudah tapi faktanya setiap HP punya settingan berbeda. Bagi yang belum paham cara ganti mode jaringan simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Buka menu pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke menu jaringan.
  3. Pilih kartu SIM yang dipakai untuk internetan.
  4. Pilih ganti mode jaringan.
  5. Ubah opsi menjadi 3G Only.
  6. Simpan pengaturan.
  7. Selesai.
Setelah dirasa kembali normal kalian bisa mengubah mode jaringan ke 4G kembali. Langkah di atas saya pakai hanya ketika aplikasi DANA error atau tidak bisa login DANA saja. Menurut saya metode tersebut sangat efektif untuk mengatasi permasalahan koneksi internet di daerah pedesaan maupun pinggiran kota.

Nyalakan Mode Pesawat

Salah satu cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka karena internet lemot adalah melakukan reset jaringan. Jujur saja, metode ini sering saya pakai dan work di berbagai kondisi. Kendati peningkatan kecepatan yang didapatkan tak bersifat permanen tapi saya rasa sudah cukup kalau hanya untuk membuka DANA.

Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka
Mode Pesawat

Trik reset jaringan paling sederhana yakni menyalakan mode pesawat lalu mematikannya kembali. Harusnya semua jenis ponsel sudah dibekali dengan fitur tersebut dan kalian dapat mengaksesnya lewat slide down menu. Tapi untuk lebih jelasnya simaklah langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke layar utama.
  2. Slide down menu.
  3. Tap icon pesawat untuk mengaktifkan.
  4. Tunggu sampai indikator serta bar sinyal berubah menjadi gambar pesawat.
  5. Tap kembali icon pesawat untuk mematikan mode.
  6. Selesai.
Cara mengatasi DANA error di atas saya terapkan pada ponsel merk samsung. Tapi apabila kalian memakai merk lain seperti xiaomi, vivo, oppo, atau bahkan Iphone mungkin juga akan work. Adapun kalau tidak bekerja maka silahkan lanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Setelah melakukan reset maka secara otomatis IP address HP kalian akan diperbarui dengan traffic data yang lebih cepat. Bila sudah merasa internet stabil maka cobalah membuka aplikasi DANA kembali apakah masih error atau tidak.

Clear Cache Aplikasi

Tanpa sadar ternyata cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab kenapa aplikasi dana tidak bisa dibuka sebagaimana mestinya. Cache sendiri merujuk pada serpihan data sementara yang ada pada suatu aplikasi. Jadi, saat pengguna mengaksesnya di kemudian hari permintaan ini dapat segera diproses dengan cepat.

Sekilas fitur ini memang terdengar bermanfaat tapi cache yang terus menumpuk justru bisa menyebabkan HP lemot. Sebagai dampaknya, beberapa aplikasi pun tidak bisa dipakai karena loading yang lama. Di lain sisi, mayoritas pengguna ponsel pun seolah abai terhadap kebugaran perangkat yang mereka pegang.

Akhirnya banyak orang yang mencari cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka sebab problematika itu. Apakah kalian salah satunya? jika iya maka segera bersihkan cache sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke menu management apps.
  3. Pilih aplikasi DANA.
  4. Langkah terakhir, tap clear cache.
  5. Selesai.

Setelah berhasil membersihkan cache maka silahkan coba login aplikasi DANA kembali. Harusnya DANA sudah bisa dibuka dan dipakai transaksi seperti biasa. Kalau ternyata masih belum berhasil silahkan lanjutkan ke metode selanjutnya.

Bersihkan Internal Memory

Masing-masing ponsel dibekali dengan internal memory yang beragam. Misalnya HP entry level yang biasanya mempunyai penyimpanan internal 8 sampai 32GB. Namun kini vendor ponsel ternama sudah menyematkan penyimpanan bahkan sampai 280gb untuk menunjang aktivitas pengguna.

Langkah itu diambil bukan tanpa alasan karena penyimpanan internal lumayan berpengaruh pada kinerja ponsel. Singkatnya, semakin sedikit sisa ruang maka makin menurun pula performa HP kalian. Inilah yang kadang jadi alasan kenapa aplikasi DANA tidak bisa dibuka pada beberap merk HP.

Bukan karena merk atau tipe HP yang jelek atau ketinggalan jaman. Namun faktor penyebabnya tak lain karena kinerja perangkat menurun sehingga menimbulkan efek lemot. Saat mencapai batas toleransi maksimal maka aplikasi DANA akan force closed terus menerus.

Cara mengatasi DANA error tidak bisa dibuka karena internal memory penuh adalah membersihkannya. Kalian dapat mencopot pemasangan apps yang sudah tidak terpakai, menghapus foto/video lama, lain sebagainya.

Kalau masih kesulitan saya sarankan untuk menginstall aplikasi kebugaran ponsel seperti clean master. Apps ini diluncurkan secara gratis dan terbukti mampu membersihkan semua residu data yang mengendap di ponsel. Hanya sekali tap maka performa ponsel akan meningkat dengan sendirinya.

Update Aplikasi DANA

Taukah kalian ternyata versi yang kadaluarsa juga jadi jawaban kenapa aplikasi DANA tidak bisa dibuka. Kasus ini pernah menimpa saya beberapa bulan belakangan. Ternyata sedari awal install saya belum pernah sekalipun update aplikasi sehingga loading terkesan lama sampai akhirnya gagal login.

Bahkan pihak developer juga menyarankan untuk selalu mengupdate versi setiap kali ada pembaruan. Update versi biasanya dilakukan untuk memperbarui sistem maupun tampilan aplikasi. Selain itu, update juga berfungsi menghilangkan segala pontensi munculnya bug atau gangguan sehingga aplikasi DANA Error dapat terhindarkan.

Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka
Update Apps

Cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka selanjutnya adalah melakukan update dari playstore. Jika belum tau maka simaklah langkah berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke manajemen aplikasi.
  3. Pilih DANA.
  4. Silahkan tap update aplikasi.
  5. Tunggu sampai proses selesai.

Alternatif lain kalian dapat mengupdate langsung dari playstore. Cukup ketik DANA di kolom pencarian, kalau tersedia versi terbaru maka tinggal tap update saja. Mudah bukan? menjaga aplikasi agar tetap up to date termasuk kewajiban kita sebagai user.

Reinstall Aplikasi DANA

Sudah update tapi aplikasi DANA masih error? solusi finalnya kalian harus reinstall. Trik ini menjadi langkah pamungkas ketika aplikasi DANA tidak bisa dibuka. Pada artikel berjudul game penghasil saldo DANA saya bahkan sudah memberi penekanan cara mengatasi segala kendala tersebut.

Karena suatu alasan terkadang aplikasi DANA tidak bisa dibuka meskipun sudah menjalankan berbagai trik seperti di atas. Kalau sudah begini biasanya apps kalian mengalami internal crash. Corrupt itu ditandai dengan beberapa gejala seperti keluar sendiri dari aplikasi, force closed, layar freeze, loading tidak selesai, dan lain-lain.

Cara mengatasi DANA error tidak bisa dibuka karena corrupt yakni dengan menginstal ulang. Pertama, silahkan copot pemasangan lalu bersihkan semua data, cookie, dan cache. Baru setelahnya kalian dapat memasangnya kembali dengan versi yang paling baru.

Saya rasa tak perlu penjelasan panjang lebar bagaimana cara reinstall aplikasi yang baik dan benar. Sebab hampir semua pengguna ponsel harusnya sudah tau langkah-langkahnya. Silahkan menuju pusat management aplikasi atau langsung install ulang manual dari playstore.

Mungkin cukup sekian artikel yang sedikit banyak membahas cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka. Jika kalian masih punya pertanyaan atau problematika lain jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi DANA Error Tidak Bisa Dibuka"