Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Internet ByU Lemot, Tidak Stabil, dan Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi Internet ByU Lemot, Tidak Stabil, dan Tidak Ada Sinyal - Internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern dalam aktivitas sehari-hari. Performa internet lemot memang menjadi problematika tersendiri untuk sebagian pengguna ponsel. Aktivitas seperti streaming dan bersosial media pun akhirnya terganggu. Terlebih jika kalian seorang siswa yang dituntut belajar secara daring atau sedang bekerja dari rumah.

By U termasuk salah satu penyedia layanan paket internet murah yang mampu memberikan pelanggan kuota melimpah. Operator yang bergerak di bawah naungan telkomsel ini harusnya memiliki kualitas jaringan yang tak perlu diragukan lagi. Berkat dukungan infrastruktur dari induk perusahaanya membuat sinyal 4G ByU mampu mencapai seluruh pelosok negeri.

Cara mempercepat internet byU

Sayangnya masih banyak pengguna ponsel mengeluh internet ByU lemot dan kurang stabil ketika dipakai. Beberapa bahkan mengalami masalah icon 4G tidak muncul meskipun bar sinyal menunjukan indikator penuh. Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut? Untuk mengetahuinya simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Cara Mengatasi Internet ByU Lemot, Tidak Stabil, dan Tidak Ada Sinyal

Dalam beberapa kesempatan saya sering menjumpai teman yang mengeluhkan performa kartu By.U yang terus mengalami penurunan. Meski tinggal di daerah perkotaan ternyata tak menjamin pelanggan bisa mendapatkan sinyal yang stabil dan cepat. Terutama saat kalian masuk gedung atau beraktivitas di dalam ruangan.

Untuk membuktikan pernyataan tersebut maka saya mencoba untuk kembali berlangganan ByU. Selama proses pemakaian ternyata memang benar internet ByU lemot pada beberapa kesempatan. Ketika saya gunakan untuk bermain game mobile legends dan PUBG memang terasa lag. Demikian pula saat streaming youtube dan menonton film lewat aplikasi terjadi buffering.

Mengetahui segala masalah di atas tentu sangat disayangkan karena By.U sendiri memakai teknologi milik telkomsel. Jika kalian mengalami hal yang sama yakni internet lemot, sinyal hilang, dan tidak terhubung ke jaringan. Maka simaklah artikel ini karena saya akan memberikan cara mempercepat internet By U menggunakan beberapa trik.

Kenapa Internet ByU Lemot

Secara garis besar koneksi internet byU lemot terjadi bukan tanpa sebab. Meski terkesan sepele tapi masalah ini bisa sangat mengganggu kinerja kita. Terlebih ketika tengah melakukan rutinitas harian yang notabenya memerlukan koneksi internet stabil dan cepat. Beberapa bahkan tak hanya mengeluh lemot tapi juga sinyal ByU hilang sampai indikator 4G tidak muncul.

Pertama, sebelum belajar cara mengatasi internet byU lemot alangkah baiknya kita pahami dulu apa penyebabnya. Dari faktor inilah kita bisa menentukan langkah atau solusi yang tepat nantinya. Adapun beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa ByU lemot adalah:

  1. Cuaca buruk.
  2. Gangguan internal.
  3. Paket Unlimited sudah mencapai FUP.
  4. Salah setting APN.

Tak berhenti disitu, pelanggan juga sesekali mengalami kendala pada saat mengakses website atau aplikasi berbasis online. Saya sendiri, pernah gagal membeli paket kuota lantaran internet byU lemot tidak stabil. Berkaca dari problematika di atas kita perlu menyusun langkah dan mencari cara mengatasi ByU lemot.

Setting APN By U

Cara mengatasi internet ByU lemot yang pertama adalah mengganti pengaturan APN di ponsel. Default APN By.U sebenarnya memang sudah dirancang dan mampu menyambungkan hp ke internet. Tapi faktanya performa yang diperoleh pelanggan tak sesuai ekspektasi. Hal ini terbukti ketika bermain game online seperti Mobile legends dan PUBG terjadi lag dan jaringan drop.

Cara mempercepat internet ByU menggunakan pengaturan APN 4G pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Pertama, kita hanya perlu mencari server APN sesuai kebutuhan pemakaian. Setiap akses poin memiliki kelebihannya masing-masing mulai dari stabilitas untuk streaming, gaming, mempercepat internet saat download, dan lain sebagainya.

APN By UData
NameBy U Tercepat
APNTelkomsel
Username-
Password-
Proxy-
Port-

Sebagai catatan, saya telah melakukan update informasi pada artikel Cara Setting APN By U 4G Tercepat dan Paling Stabil. Bila masih merasa entah kenapa internet ByU lemot pada saat pemakaian maka ada baiknya simaklah penjelasan tersebut.

Jika kalian mengalami problematika sama yakni kecepatan internet By U kurang memuaskan maka gunakan pengaturan di atas. Meski data APN adalah telkomsel kalian tetap bisa menggunakanya karena keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama. Terlebih dua operator di atas menerapkan konsep sharing signal.

Ganti Mode Jaringan

Mengganti mode jaringan juga merupakan salah satu alternatif cara mengatasi ByU lemot karena sinyal 4G tidak muncul. Bahkan metode ini juga tak hanya work untuk By U saja tapi juga operator lain.

Di era modern seperti sekarang masyarakat sudah sangat terbiasa dengan konektivitas 4G. Kecepatan serta stabilitasnya sudah cukup untuk mengimbangi kebutuhan streaming, gaming, atau sekedar browsing. Di lain sisi, pihak operator pun terus memperluas cakupan sinyal 4G untuk mempercepat internet ByU di seluruh indonesia.

Sayang beberapa orang terlalu berjibaku dengannya dan mengatur ponsel hanya untuk menangkap satu jaringan saja. Ketika By.U sinyal 4G tidak muncul maka kalian tak akan bisa terhubung ke jaringan. Solusi dari masalah ini tak lain adalah mengganti mode jaringan dari 4G only ke otomatis atau setidaknya 3G.

Jika kebetulan kalian merasakan internet ByU lemot dan sinyal tidak muncul maka segeralah ikuti tutorial di bawah:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan.
  3. Pilih kartu SIM.
  4. Ubah mode jaringan.
  5. Pilih otomatis atau 2G/3G only.
  6. Langkah terakhir simpan pengaturan.

Setiap ponsel memiliki cara settingnya masing-masing. Tutorial di atas saya praktekan pada hp samsung tipe A6 plus. Tapi secara garis besar intinya tetap sama saja yakni pada pengaturan jaringan.

Aktifkan Mode Pesawat

Hampir semua orang pasti tau apa itu mode pesawat yang ada pada swipe menu bagian atas ponsel. Fitur yang dimiliki hp android ini mampu mematikan fungsi kartu SIM untuk menangkap sinyal operator.

Singkatnya tanpa perlu melakukan reboot atau masuk menu setting kalian sudah bisa restart jaringan. Setelah kita melakukan hal di atas maka ponsel akan mendapatkan alamat IP baru secara otomatis. Berkatnya pengguna bisa mempercepat internet ByU yang awalnya lemot bahkan tidak tersambung.

Cara mengatasi internet ByU lemot selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada pada ponsel kita. Meski jarang orang tau tapi faktanya mode pesawat mampu menolong saat koneksi sedang tidak sehat. Jika kalian masih bingung bagaimana melakukannya maka simaklah tutorial berikut:

  1. Buka layar utama.
  2. Swipe layar kalian dari atas ke bawah.
  3. Tap icon pesawat untuk mengaktifkan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai bar sinyal hilang dan berganti menjadi icon pesawat.
  5. Ulangi langkah pertama sampai ketiga untuk menonaktifkan mode pesawat.

Install Aplikasi Penguat Sinyal

Bingung bagaimana cara mengatasi ByU lemot tidak tersambung ke internet? tidak usah risau. Saya punya solusi jitu bagi kalian yang kurang ahli melakukan konfigurasi ponsel.

Aplikasi penguat sinyal menawarkan kemudahan dalam mengatur jaringan ponsel. Prinsip kerja alat ini adalah mengidentifikasi perangkat lalu mengaturnya ke performa paling prima untuk menangkap jaringan. Dengan pengguna tidak perlu lagi repot mencari cara mempercepat ByU secara manual sebab semua itu sudah ditangani oleh satu aplikasi.

Sayangnya aplikasi ini jarang sekali dimanfaatkan oleh masyarakat. Kurangnya pengetahuan membuat orang sering salah sangka bahwa aplikasi penguat sinyal berbahaya, rawan dibobol, atau harus root HP. Padahal asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada sejumlah developer yang merilis versi legalnya di Playstore.

Cara mengatasi internet ByU lemot yang saya tawarkan yakni menggunakan Connection Stabilizer Booster dan Net Optimizer. Keduanya merupakan aplikasi andalan saya apabila malas mengotak atik APN, proxy, atau pengaturan jaringan lain.

Simaklah langkah langkah berikut:

  1. Buka Playstore di hp masing-masing.
  2. Di kolom pencarian silahkan ketik "aplikasi penguat sinyal ByU".
  3. Pilih Connection stabilizer booster, lalu install.
  4. Setelah proses instalasi selesai silahkan buka aplikasi tersebut.
  5. Centang hijau opsi "Keep Alive".
  6. Centang hijau opsi "Reconnector".
  7. Centang hijau opsi "Mobile Data".
  8. Centang hijau opsi "WiFi".
  9. Selesai.

Sebenarnya aplikasi tersebut juga menawarkan versi Pro dengan penambahan fitur serta perbaikan tampilan. Performanya pun saya rasa lebih baik untuk mengatasi Internet ByU lemot ataupun tidak ada sinyal. Tapi bagi saya yang terlalu sayang dengan budget lebih gemar memakai versi gratisnya.

Beli Paket Kuota

Kartu ByU menawarkan banyak pilihan paket sesuai kebutuhan para pengguna. Harga jualnya pun variatif menyesuaikan volume kuota yang kalian beli. Tapi taukah kalian ternyata berlangganan paket unlimited bisa menjadi sebab kenapa internet ByU lemot tidak stabil. Hal ini mungkin terjadi apabila paket unlimited yang kalian beli sudah mencapai FUP.

FUP sendiri mengacu pada batas wajar pemakaian yang diberlakukan oleh pihak operator. Paket unlimited memang terkesan menguntungkan di awal. Tapi saat FUP habis maka kecepatan akan turun signifikan lalu pelanggan pun dapat merasakan dampaknya. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi internet ByU lemot yakni membeli paket kuota saja.

Harga paket kuota ByU cenderung lebih ramah kantong daripada paket unlimited. Volume kuota yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan mampu membantu lebih hemat dari segi biaya. Pengguna ponsel juga bisa lebih mudah mengontrol penggunaan data sehingga kuota jadi lebih hemat.

Salah satu daya tarik paket kuota ByU adalah dukungan jaringan yang stabil secara konstan setiap saat. Mulai dari awal membeli paket sampai masa aktif habis kita akan mendapatkan kualitas koneksi terbaik. Hal ini tentu tak akan dijumpai pada paket unlimited yang notabenya memiliki FUP.

Kesimpulan

Kenapa By.U internet lemot? inilah pertanyaan yang sering terbesit di benak pelanggan. Meski menggunakan teknologi 4G milik telkomsel tapi kita tak bisa menampik fakta masalah tersebut. Ada kalanya sinyal 4G tidak muncul dan koneksi kurang stabil ketika berada di beberapa kota.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan internet ByU lemot, diantaranya adalah:

  1. Pengaturan APN masih default
  2. Prioritas sinyal kalah dengan telkomsel.
  3. FUP habis.
  4. Daerah tidak tercover sinyal By U.
  5. IC signal pada ponsel rusak.

Menurut saya pribadi faktor utama terletak pada prioritas sinyal yang kalah dengan pengguna kartu AS, simpati, dan loop. Secara garis besar telkomsel memang lebih memprioritaskan tiga perdana utamanya tersebut. Sehingga pelanggan By.U hanya mendapat bandwith kurang dari kartu perdana utama milik telkomsel. Hal ini menjelaskan mengapa internet lemot dan sinyal tidak stabil.

Setting APN By U yang kurang sesuai juga menjadi kendala utama yang harus dihadapi oleh pengguna ponsel. Karena masih tergolong operator baru maka tak semua server akses poin sinkron dengannya. Padahal kita bisa memanfaatkan beberapa pengaturan custom milik telkomsel seperti yang telah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

Sedangkan bagi pengguna paket internet unlimited ByU ada baiknya kamu memperhatikan FUP. Fair usage policy sendiri adalah batas wajar pemakaian yang telah ditetapkan oleh pihak operator. Jika FUP sudah habis secara otomatis internet lemot karena kecepatan menurun ke titik yang telah ditentukan. Cara mengatasi internet byU lemot pada paket unlimited tak lain adalah membeli kuota toping.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Internet ByU Lemot, Tidak Stabil, dan Tidak Ada Sinyal"