Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya - Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan pengguna tidak bisa menggunakan SPayLater. Gejalanya pun beragam mulai dari limit shopee paylater tidak muncul, saldo berkurang, hingga opsi pembayaran yang tidak ada. Lantas bagaimana cara mengatasi hal demikian?

Kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan

Paylater sendiri kini menjadi salah satu sistem pembayaran yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Proses instan, tanpa perlu top up, dan dibarengi promo menarik jadi daya tarik utamanya. Sama halnya seperti shopee paylater yang notabenya menawarkan sistem cicilan bahkan sampai tenor 12 bulan.

Tapi taukah kalian shopee paylater jika tidak digunakan maka limitnya akan ditangguhkan. Hal itu tentu sangat merugikan khususnya bagi mereka yang gemar check out barang tanpa memikirkan saldo. Tak heran apabila setelah mengalaminya pengguna pun berupaya mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

Berbelanja online kini sudah menjadi trend dan gaya hidup masyarakat. Semua barang bahkan bisa kita peroleh hanya dengan mengusap layar hp saja tanpa perlu keluar rumah. Banyaknya pilihan pembayaran juga seakan mendukung trend tersebut menjadi budaya yang terus melekat hingga jadi kebiasaan.

Digadang sebagai metode pembayaran praktis ternyata tidak membuat SPayLater bebas dari masalah. Fakta menyatakan bahwa ada sejumlah pengguna yang mengeluh tidak bisa menggunakan shopee paylater. Contohnya saat beli pulsa, voucher elektronik, makanan, dan lain sebagainya.

Akhrnya banyak yang terganggu serta kecewa karena merasa SPayLater tidak muncul. Jika sedang mencari cara mengatasi shopee paylater tidak bisa digunakan maka kalian datang ke situs yang tepat. Karena selain memberi solusi, saya juga akan jelaskan penyebab kenapa SPaylater error.

Shopee Paylater Tidak Muncul

Shopee paylater tidak muncul bisa terjadi pada siapa saja baik pengguna baru ataupun lama. Adapun beberapa alasan kenapa kita fitur tersebut hilang karena berbagai hal. Mulai dari akun yang sudah lama tidak aktif, limit kredit kadaluarsa, sampai pengajuan yang ditolak.

Pengguna lama yang biasa mengalami hal demikian biasanya disebabkan oleh akun yang jarang aktif dan limit kredit yang kadaluarsa. Lain halnya mereka yang baru bergabung dengan e-commerce satu ini biasanya mengalami kendala pada saat proses pendaftaran.

Oleh karenanya, simaklah penyebab kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan dan cara solusi berikut:

MasalahSolusi
Belum terdaftar SPayLaterSilahkan menuju ke "Akun Saya", Pada menu dompet saya pilih SPayLater, Tap Perbarui Limit Kredit
Belum memverifikasi identitasUpload KTP dan Foto Selfie
Jarang memakai opsi pembayaran SPayLaterPerbarui limit kredit karena akun paylater sudah kadaluarsa
Pengajuan SpayLater ditolakSilahkan mengajukan ulang lalu lengkapi semua persyaratannya

Baik akun berstatus baru ataupun lama sesuaikanlah solusi dengan gejala yang muncul. Serta aturan yang paling penting jangan panik apabila mengalami kendala seperti pada tabel di atas.

Produk Tidak Memenuhi Syarat SpayLater

Ada banyak penyebab kenapa Shopee Paylater tidak bisa digunakan dan salah satunya karena produk tidak memenuhi persyaratan. Hal itulah yang juga dinyatakan dalam syarat ketentuan pada situs resim E-Commerce tersebut.

Dalam kontekstualisasinya memang ada beberapa produk yang tidak bisa dibayar menggunakan SPayLater. Adapun produk tersebut terdiri dari:

  1. E-Voucher.
  2. Produk non-fisik.
  3. Emas.
  4. Digital money.
  5. Toko pilihan Shopee.

Gagal pada saat memilih pembayaran shopee pun pernah saya alami ketika hendak beli pulsa. Setelah membaca syarat ketentuan ternyata pulsa termasuk kategori e-voucher dan barang non fisik. Sehingga wajar saja bila pengguna tidak bisa menggunakan shopee paylater untuk beli pulsa.

Jika kalian ingin checkout dan memang tidak menjumpai SPayLater maka silahkan ganti metode pembayaran lain saja.

Alasan kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan pada beberapa kategori produk yakni demi menjaga keamanan pengguna. Mencegah penyalahgunaan platform, privasi, serta menghindari tindak penipuan adalah komitmen yang dipegang teguh oleh pihak penyedia layanan.

Terlambat Membayar Tagihan SpayLater

SPayLater bekerja layaknya cicilan kartu kredit. Kalian akan diberikan sejumlah limit sesuai loyalitas masing-masing. Selanjutnya kalian harus membayar tagihan tersebut sebelum jatuh tempo tiap bulannya. Jika tagihan shopee paylater tidak dibayar maka resikonya akan sangat fatal.

Dalam skala kecil, hal itu bisa menjadi alasan kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan karena akun ditangguhkan. Selain itu, tentunya pengguna akan menerima penagihan yang dilayangkan baik dari pesan singkat, sosmed, hingga WA.

Apabila shopee paylater tidak dibayar terus menerus maka slik OJK dari sang pengguna juga memperoleh rapor jelek. Sehingga mereka tak akan bisa meminjam uang lagi di platform manapun.

Cara mengatasi Shopee PayLater tidak bisa digunakan karena keterlambatan pembayaran cukup sederhana. Yakni bayarlah tagihan sesuai nominal yang mencakup biaya layanan serta denda. Setelah melakukannya limit kredit mungkin akan berkurang akibat penalty yang diberikan. Tapi kalian masih bisa menaikkan limit shopee pay dengan sejumlah kiat, misalnya:

  1. Sering beli barang di platform shopee.
  2. Rajin menggunakan SPayLater.
  3. Bayar tagihan tepat waktu.
  4. Lengkapi dokumen verifikasi.

Limit PayLater Sudah Habis

Kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan padahal semua syarat sudah terpenuhi? jawabannya karena limit kalian sudah mencapai batasnya. Jika tidak berhasil membayar pesanan dengan SPaylater maka besar kemungkinan limit sudah habis.

Berbelanja tanpa memikirkan pembayaran terkadang memang membuat lupa diri. Banyak orang yang terbuai akibat mudahnya bertransaksi dengan SPayLater. Akhirnya mereka pun tak menyadari bahwa ada batasan saldo yang harus diperhatikan.

Setiap bulan shopee akan memberikan limit paylater sesuai tingkat loyalitas pengguna. Bagi mereka yang baru mendaftar mungkin hanya akan menerima 600-800 ribu saja. Tapi apabila terus meningkatkan transaksi bukan tidak mungkin limit SPayLater akan bertambah hingga jutaan.

Pengalaman tersebut pernah saya alami bulan lalu ketika beru mengaktifkan ulang akun SPaylater. Hanya dengan 5 kali transaksi selama sebulan ternyata limit yang mulanya hanya 1 jutaan bertambah menjadi 3 juta.

Cara mengatasi shopee paylater tidak bisa digunakan karena limit habis ada 3:

  1. Lunasi pembayaran pada periode sebelumnya.
  2. Tunggu sampai limit SPayLater reset di tanggal 5 tiap bulannya.
  3. Naikkan limit SPayLater.

Saran saya ikutilah 3 langkah tersebut secara simultan agar bisa menggunakan shopee paylater secara maksimal. Sebab selain limit bertambah pengguna juga akan memperoleh berbagai penawaran menarik seperti diskon, cashback, dan lain-lain.

Penjual Tidak Menerima Opsi Pembayaran Shopee Paylater

Secara garis besar, shopee memberi keleluasaan pada penjual untuk menentukan beberapa aturan berbelanja. Meliputi opsi pembayaran, pengiriman, garansi, diskon, serta voucher untuk pelanggan. Menariknya, memang ada sejumlah seller yang tidak menerima shopee paylater sebagai metode bayar.

Itulah alasna kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan pada saat kalian hendak checkout. Padahald dengan membatasi opsi pembayaran sebenarnya penjual dapat mengalami kerugian. Sebab mereka akan kehilangan pelanggan loyal yang memilih menggunakan Shopee Paylater untuk kemudahan bertransaksi.

Saat pengguna menemukan opsi pembayaran SPayLater tidak tersedia mereka cenderung meninggalkan produk dan mencari di toko lain. Hal itu tentu akan memicu penurunan rating toko serta daya saing di paltform e-commerce.

Cara mengatasi shopee paylater tidak bisa digunakan karena kebijakan seller cukup beli produk serupa di toko yang berbeda. Misalnya kalian ingin beli laptop gaming terbaru di toko A tapi ternyata merchant tersebut tak menerima SPayLater. Cukup ketik kembali nama produk lalu cari toko berbeda dengan harga yang serupa. Setalahnya cek toko tersebut apakah masih tidak bisa menggunakan Shopee Paylater atau sudah support.

Cara mengatasi Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Meski diklaim sebagai solusi pembayaran instan tapi faktanya tidak semua pelanggan sukses memakainya. Setelah kalian mengetahui alasan kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan secara keseluruhan. maka kita akan coba merangkum lalu mengatasinya secara universal. Sebab kendala tersebut terkadang datang dari kesalahan teknis yang kurang disadari oleh pengguna ponsel.

Detail kecil seperti update versi aplikasi serta rutin membersihkan cache pun tak luput dari pertimbangan. Oleh karenanya, simaklah beberapa cara mengatasi SPayLater tidak bisa digunakan berikut:

Update Aplikasi Shopee

Shopee selalu memperbarui layanan serta kebijakannya. Hal inilah yang mendorong kita untuk selalu update aplikasi dengan versi terbarunya. Caranya cukup mudah yakni:

  1. Buka google playstore.
  2. Ketik shopee di kolom pencarian.
  3. Silahkan tap Upadate/Perbarui.
  4. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Aplikasi siap dijalankan.

Lunasi Tagihan di Periode Sebelumnya

Cara mengatasi shopee paylater tidak bisa digunakan selanjutnya yakni melunasi tagihan. Lazimnya saat pemesanan dan proses pengiriman memang tagihan belum muncul. Tapi setelah pelanggan mengonfirmasi pesanan diterima maka limit SPayLater kalian akan berkurang. Hal itu menandakan bahwa tagihan telah terbit dan bisa kita bayarkan di awal sebelum jatuh tempo.

Selain dapat menambah limit, pembayaran di awal juga dapat menghindarkan kita dari potensi denda. Untuk melakukannya simaklah langkah langkah berikut:

  1. Buka aplikasi shopee.
  2. Masuk ke menu "Akun Saya".
  3. Pada menu Dompet Saya, pilih SPayLater.
  4. Tap tagihan saya untuk mengetahui total belanjaan.
  5. Bayar tagihan sesuai nominal.
  6. Selesai.

Dengan demikian limit SPayLater akan kembali seperti semula dan siap dipakai kembali untuk berbelanja.

Clear Cache dan Cookie

Opsi terakhir mungkin terdengar klasik tapi sebenarnya sangat berpengaruh. Cache merupakan data sementara yang terus menumpuk ketika aplikasi dibuka. Oleh karenanya kita perlu membersihkan cache dan cookie secara manual dan berkala. Langkah langkahnya adalah:

  1. Masuk ke menu "Saya" di pokok kanan bawah.
  2. Pilih "Pengaturan Akun".
  3. Pilih "Informasi".
  4. Tap "Bersihkan Cache".
  5. Tap "Ya".
  6. Selesai.

Posting Komentar untuk "Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya"