Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap - Apakah anda pernah mengalami kehilangan sinyal parabola Matrix secara tiba tiba? Hilangnya sinyal receiver matrix tersebut dapat diperbaiki dengan cara tertentu. Lantas bagaimana cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal? Cara memperbaiki receiver tidak ada sinyal tentunya dapat dilakukan dengan mudah jika anda mengetahui penyebabnya. Ketika anda menonton TV parabola tentunya pernah mengalami TV tiba tiba no signal atau blank. Jika dalam TV tersebut tertera tulisan No Signal, maka sudah dipastikan jika receiver parabola pada TV satelit anda tidak dapat menerima signal.
Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap
Receiver Matrix Error
Seperti yang kita ketahui bahwa cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal harus disesuaikan dengan penyebabnya. Penyebab hilangnya sinyal receiver parabola matrix dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis seperti kabel putus, berkarat, lnb mati, connector kendor dan lain lain. Bagi seorang teknisi pasti sudah paham apa yang menyebabkan hilangnya sinyal receiver matrix tersebut. Selain itu beberapa langkah perbaikan yang perlu dilakukan juga sudah dimengerti. Namun bagaimana jika anda seorang pemula? Bagi pemula pasti pada awalnya kebingungan untuk melakukan langkah apa saja yang perlu dilakukan seperti apa saja yang perlu dicek dan harus memperbaiki apa.

Parabola Matrix pada TV satelit secara umum terdiri dari beberapa frekuensi seperti frekuensi Ku Band dan frekuensi C Band. Kedua frekuensi ini perlu ada ketahui sebelum menerapkan cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal. Biasanya frekuensi C Band digunakan oleh parabola mesh atau jaring yang memiliki 1 – 4 lnb dan berdiameter 1,8 M atau 6 Feet. Kemudian untuk penggunaan frekuensi Ku Band biasanya ada dalam parabola solid mini pada TV berbayar, dimana ukurannya 60 – 80 cm. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memperbaiki receiver Matrix tidak ada sinyal lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap

Pada umumnya frekuensi C Band memang rentan dengan gangguan seperti jaringan komunikasi, interferensi dan jaringan internet. Sedangkan untuk gangguan yang dialami oleh frekuensi Ku Band disebabkan oleh faktor cuaca seperti mendung gelap maupun hujan deras. Inilah kedua jenis frekuensi dalam parabola TV Satelit. Untuk menerapkan cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya.
Baca juga: Frekuensi Global TV (GTV) Terbaru 2020 di Semua Satelit
Dalam penjelasan sebelumnya telah saya katakan bahwa hilangnya sinyal pada receiver matrix dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kabel putus, berkarat, lnb mati, connector kendor dan masih banyak lagi. Jika anda telah memahami penyebab sinyal receiver matrix tersebut, kemudian anda dapat menerapkan beberapa langkah untuk memperbaikinya. Adapun cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal yaitu sebagai berikut:

Periksa Indikator Sinyal Pada Layar TV

Cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal yang pertama ialah memeriksa indikator sinyal pada layar TV. Kita dapat menggunakan tombol info pada remote untuk memeriksa indikator sinyal TV tersebut.  Setelah itu Quality dan Signal akan muncul pada halaman dua garis/bar. Apabila keduanya terdapat angka nol (0) ataupun hanya terdapat diantara salah satunya saja, maka receiver parabola tersebut tidak dapat menerima sinyal satelit. Hal inilah yang membuat semua channel TV tertulis No Signal.

Memeriksa Setting Parameter dan Receiver

Cara memperbaiki receiver parabola matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa setting parameter dan receiver. Pada tahapan ini, anda hanya cukup memeriksa lampu indikator receiver apakah menyala atau tidak. Caranya yaitu dengan merestart receiver tersebut dengan mencabut colokan listriknya dan tunggu selama 5 menit sebelum dinyalakan lagi. Selain itu, parameter satelit pada receiver TV juga harus diperiksa dengan cara masuk ke menu, klik instalasi, dan pilih satelit. Setelah itu periksa pada settingan transponder, settingan motor, setingan LNB, actuator, serta setingan diseq 1.0 dan diseq 1.1.

Memeriksa Sambungan Connector Kabel Coaxcial

Cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa sambungan kabel coaxcial. Pada receiver tersebut terdapat kabel antena yang dapat anda lepas terlebih dahulu. Kemudian connectornya diperiksa apakah sudah benar pemasangannya atau belum. Kemudian periksa pula apakah tembaga tidak berkarat, tembaganya tidak konslet dengan serabutnya (ground), tidak berkarat lubang connector pada receiver, pemasangan connector sudah kencang dan baik atau belum. Setelah semuanya diperiksa, maka langkah berikutnya ialah memeriksa sambungan connector pada diseq maupun lnb. Saat lnb anda periksa, maka pastikan posisi antena parabolanya tidak berubah sehingga tidak perlu merubah arah dan posisi antena fokusnya.

Memeriksa Fokus Parabola

Cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa fokus parabola. Untuk kategori patabola C Band harus memperhatikan terlebih dahulu fokus antenanya sebelum memeriksa konektor diseq dan lnb nya seperti apakah terdapat baut yang kendor, jaringan robek, fokusnya tertutup sesuatu, fokusnya bergeser, penyok, ataupun antenna tertimpa sesuatu. Hal hal yang perlu diperhatikan ini juga berlaku untuk jenis parabola mini Ku Band. Selain itu anda juga dapat melihat ini pada bagian belakang antena, lebih tepatnya bagian bekas baut mounting.

Memeriksa LNB

Cara memperbaiki receiver parabola matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa LNB nya. Posisi LNB pada antena C Band harus menghadap ke arah barat, sedangkan posisi LNB pada antena Ku Band harus mengadap ke arah selatan atau utara. Setelah posisi antenanya benar, maka periksa apakah pemasangan LNB sudah kencang dan benar.
Baca juga: Frekuensi TRANS TV 2020 Terbaru di Semua Satelit
Sekian penjelasan mengenai cara memperbaiki receiver Matrix tidak ada sinyal lengkap. Cara memperbaiki receiver tidak ada sinyal tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk itulah anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Dapatkan artikel terbaru seputar paket internet murah langsung ke email kamu, GRATIS!

0 Response to "Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel