Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap - Sinyal parabola matrix hilang secara tiba-tiba? tidak perlu panik. Secara garis besar kita bisa mengatasi problem itu tanpa perlu membawanya ke tukang servis. Lantas bagaimana cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal? Pertama kalian harus melakukan diagnosa dan mencari tau penyebab masalah tersebut. Baru setelahnya kita bisa menentukan langkah untuk memperbaiki receiver tidak ada sinyal secara tepat.

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap
Receiver Matrix Error

Cara memperbaiki receiver matrix rusak tidak ada sinyal sebenarnya cukup mudah. Namun terbatasnya pengetahuan tentang dunia elektronik kadang jadi hambatan penonton untuk mengatasi problem itu sendirian. Penyebab kenapa sinyal receiver parabola matriks hilang sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, Misalnya karena kabel putus, berkarat, lnb mati, connector kendor, ataupun kerusakan teknis lain.

Bagi seorang teknisi pasti sudah paham apa yang menyebabkan sinyal receiver matrix hilang tidak muncul. Ada beberapa metode serta langkah perbaikan yang bisa kalian ambil. Namun bagaimana jika anda seorang pemula? Bagi orang awam khususnya, pasti pada awalnya kebingungan untuk melakukan langkah apa saja yang perlu dilakukan seperti apa saja yang perlu dicek dan harus memperbaiki komponen mana.

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap

Parabola Matrix pada TV satelit secara umum terdiri dari beberapa frekuensi seperti frekuensi Ku Band dan frekuensi C Band. Keduanya perlu kalian ketahui sebelum menerapkan cara memperbaiki sinyal receiver parabola merk matrik hilang. Biasanya frekuensi C Band digunakan oleh parabola mesh atau jaring yang memiliki 1 sampai 4 lnb dan berdiameter 1,8 M atau 6 Feet.

Kemudian untuk penggunaan frekuensi Ku Band biasanya ada dalam parabola solid mini pada TV berbayar, dimana ukurannya 60 - 80 cm. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki receiver Matrix tidak ada sinyal lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Baca juga: Frekuensi Global TV (GTV) Terbaru 2024 di Semua Satelit

Pada umumnya frekuensi C Band memang rentan dengan gangguan seperti jaringan komunikasi, interferensi dan jaringan internet. Sedangkan untuk gangguan yang dialami oleh frekuensi Ku Band disebabkan oleh faktor cuaca seperti mendung gelap maupun hujan deras. Inilah kedua jenis frekuensi dalam parabola TV Satelit. Untuk menerapkan cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Periksa Indikator Sinyal Pada Layar TV

Indikator sinyal merupakan salah satu fitur penting yang harus kalian perhatikan ketika memutuskan untuk memakai receiver. Lewat indikator inilah penonton bisa terus memantau performa dari alat yang kalian pakai.

Secara garis besar penonton akan mengalami tv no signal atau blank hanya menampilkan layar biru ketika mendapati receiver matrix rusak. Layar TV muncul tulisan no signal menjadi pertanda lebih spesifik tentang problematika tersebut.

Cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal yang pertama ialah memeriksa indikator sinyal pada layar TV. Kita dapat menggunakan tombol info pada remote untuk memeriksa indikator sinyal TV tersebut.

Setelah itu Quality dan Signal akan muncul pada halaman dua garis/bar. Apabila keduanya muncul angka nol (0) ataupun hanya terdapat diantara salah satunya saja. Maka bisa dipastikan receiver parabola itu tidak akan mampu menerima sinyal satelit. Hal inilah yang membuat semua saluran TV tertulis No Signal.

Memeriksa Setting Parameter dan Receiver

Cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa setting parameter dan receiver. Pada tahapan ini, anda hanya cukup memeriksa lampu indikator receiver apakah menyala atau tidak. Caranya yaitu dengan merestart receiver tersebut dengan mencabut colokan listriknya dan tunggu selama 5 menit sebelum dinyalakan lagi.

Cara mengatasi receiver matrix tidak ada sinyal

Selain itu, parameter satelit pada receiver TV juga harus kita periksa lewat menu, klik instalasi, dan pilih satelit. Setelah itu periksa pada settingan transponder, settingan motor, setingan LNB, actuator, serta setingan diseq 1.0 dan diseq 1.1.

Mengidentifikasi kerusakan pada receiver matrix memang tidak semudah kelihatannya. Kalau memang saat memeriksa parameter tidak ada keanehan atau kesalahan setting maka silahkan lanjutkan cek kondisi fisik receiver tersebut.

Memeriksa Sambungan Connector Kabel Coaxial

Ada kalanya indikator tv no signal disebabkan oleh faktor yang datang dari hal sepele, yakni dari segi pengkabelan. Kabel menjadi alat yang menghubungkan antara receiver matrix kalian dengan televisi. Jika ternyata kabel rusak maka sambungan yang penonton dapatkan pun akan mengalami gangguan. Tak sedikit orang yang akhirnya salah mendiagnosa dan menyangka perangkatnya lah yang rusak.

Cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa sambungan kabel coaxial. Pada receiver tersebut terdapat kabel antena yang dapat anda lepas terlebih dahulu. Langkah selanjutnya silahkan periksa connector apakah mengalami kerusakan atau salah pemasangan.

Kemudian periksa pula apakah elemen tembaga tidak mengalami masalah. Misalnya kabel berkarat, terhindar dari konslet dengan serabutnya (ground), lubang connector pada receiver bebas karat, maupun mengencangkan posisi konektor yang longgar.

Setelah semuanya diperiksa maka langkah berikutnya ialah cek sambungan connector pada diseq maupun lnb. Saat lnb anda periksa, pastikan posisi antena parabola tidak berubah sehingga tidak perlu merubah arah dan posisi antena fokusnya.

Memeriksa Fokus Parabola

Dalam penjelasan sebelumnya telah saya katakan bahwa hilangnya sinyal pada receiver matrix dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kabel putus, berkarat, lnb mati, connector kendor dan masih banyak lagi. Jika anda telah memahami penyebab sinyal receiver matrix tersebut, kemudian kalian dapat menerapkan beberapa langkah untuk perbaikan.

Nah, ada kalanya sinyal receiver matrix tidak muncul karena kalibrasi yan tak sesuai dari parabola. Sedikit saja kerusakan fisik maupun fokus perangkat yang bergeser ternyata bisa menyebabkan problem di atas.

Cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa fokus parabola. Untuk kategori patabola C Band harus memperhatikan terlebih dahulu fokus antenanya sebelum memeriksa konektor diseq dan lnb. Misalnya apakah terdapat baut yang kendor, jaringan robek, fokusnya tertutup sesuatu, fokusnya bergeser, penyok, ataupun antenna tertimpa sesuatu.

Selain receiver matrix, hal-hal itu juga berlaku untuk jenis parabola mini KU Band. Selain itu anda juga dapat melihat ini pada bagian belakang antena, lebih tepatnya bagian bekas baut mounting.

Cek Fisik Receiver Matrix

Cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal yang tak kalah penting yakni memeriksa kondisi fisiknya. Ada kalanya receiver matrix rusak karena benturan atau terjatuh pada saat dipindahkan. Hal demikian dapat memicu malfungsi pada beberapa komponen sensitif seperti rakitan dioda atau bahkan perangkat penangkap sinyalnya.

Apabila memang kondisi fisiknya mengalami kerusakan maka langkah paling mudah yakni membawanya ke tukang servis. Biaya service receiver matrix sendiri beragam menyesuaikan kerusakannya.

Memeriksa LNB

Percayakah kalian bahwa posisi LNB yang salah bisa membuat receiver matrix tidak ada sinyal? sebagian orang pasti tak akan menduganya. Tapi faktanya hal ini memang benar bisa terjadi karena beberapa alasan. Meski saya sendiri belum pernah mengalaminya tapi kejadian tersebut pernah terjadi pada penonton di beberapa daerah terpencil.

Cara memperbaiki receiver matrix tidak ada sinyal selanjutnya ialah memeriksa LNB nya. Posisi LNB pada antena C Band harus menghadap ke arah barat, sedangkan posisi LNB pada antena Ku Band harus mengadap ke arah selatan atau utara. Setelah posisi antenanya benar, maka periksa apakah pemasangan LNB sudah kencang dan benar.

Baca juga: Frekuensi TRANS TV 2024 Terbaru di Semua Satelit

Sekian penjelasan mengenai cara memperbaiki receiver Matrix tidak ada sinyal lengkap. Cara memperbaiki receiver tidak ada sinyal tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk itulah anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap"