Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain

6 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain - Berbagi pulsa merupakan kegiatan yang lazimnya dilakukan antar nomor sesama provider. Misalnya saja kirim pulsa indosat ke sesama im3 dan lain sebagainya. Sangat jarang ditemui kasus transfer pulsa antar operator mengingat setiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Apakah berkirim pulsa antar operator valid? inilah inti pertanyaannya.

Cara transfer pulsa indosat ke operator lain seperti telkosel, XL, Axis, TRi, smartfren
Cara transfer pulsa indosat ke telkomsel dan operator lain

Pulsa jadi komponen yang bisa dibilang esensial untuk menunjang telekomunikasi. Tanpa adanya pulsa kita tidak akan bisa membayar biaya berkirim pesan, nelpon, dan internet. Selain itu pulsa juga bisa kaliam gunakan untuk membeli paket internet serta berbagai jenis kuota lainnya. Jika pulsa habis maka anda bisa melakukan isi ulang lewat konter. Alternatif lain kita bisa minta tolong rekan untuk transfer pulsa indosat ke nomor masing-masing.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah mungkin kita bisa mengirim pulsa antar operator baik itu telkomsel ke indosat, indosat ke tri, indosat ke axis dan lain sebagainya? tentu saja. Hal ini mungkin terjadi mengingat jaman sudah semakin berkembang. Kompetisi antar provider yang sejak dulu berlangsung juga sudah berubah menjadi kerjasama. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa cara transfer pulsa indosat ke operator lain dapat dilakukan.

6 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain

Pada mulanya setiap provider seluler di indonesia memang berkompetisi untuk merajai industri telekomunikasi. Hal ini ditandai dengan berbagai paketan serta aturan yang diberlakukan masing masing provider itu sendiri. Pada masa itu pula transfer pulsa antar operator juga dilarang karena hal tersebut dirasa bisa menurunkan rating dari penyedia pulsa itu sendiri.

Namun teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hingga saat ini pengguna smartphone di indonesia sudah mencapai jutaan orang. masing-masing provider pun harus beradaptasi dengan arus perkembangan jaman yang tidak bisa diprediksi. Munculnya layanan transfer kuota, kirim kuota, kirim pulsa dan lain sebagainya menjadi buah inovasi dari perkembangan itu sendiri.

Baca juga: 12 Kode Rahasia Indosat Gratis Kuota Internet, Nelpon, dan SMS

Cara transfer pulsa indosat ke operator lain pun merupakan buah dari kerjasama yang dijalin antar provider seluler. Adanya kerjasama itu sendiri diwujudkan dengan layanan yang memberikan akses untuk saling mengirim pulsa semua operator. Dengan metode inilah kita akan transfer pulsa indosat ke telkomsel, axis, XL, dan tri. Nah seperti apa tutorialnya? silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama

Awalnya, aktivitas saling berbagi pulsa antar pengguna IM3 dianggap sangat merugikan. Karena pengirim akan kehilangan sejumlah pulsa miliknya ditambah beban biaya yang harus ditanggung. Padahal kedua belah pihak bisa mendapatkan banyak manfaat serta privilege khusus. Seperti menambah masa aktif kartu, mengurangi jumlah saldo berlebih, dan yang utama berbuat baik pada orang lain.

Seiring berjalannya waktu masyarakat pun mulai mencari berapa kode dial transfer pulsa indosat ke sesama IM3. Bukan tanpa alasan, pihak operator memang memanjakan para pelanggan dengan berbagai program promo. Misalnya paket internet murah kuota besar serta bonus kuota gratis setelah melakukan isi ulang. Sehingga pulsa pun kini menumpuk dan akan percuma jika tak dipakai untuk aktivitas.

Cara Transfer Pulsa Indosat Lewat MyIM3

MyIM3 adalah platform aplikasi resmi yang mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Lewat aplikasi ini kita bisa cek sisa kuota, masa aktif, beli paket internet, menukar poin, dan lain-lain. Banyak pelanggan akhirnya bertanya bagaimana cara transfer pulsa lewat MyIM3? jawabannya pun masih simpang siur. Karena setelah cek fitur di aplikasi ternyata tidak ditemukan adanya opsi "transfer pulsa".

cara transfer pulsa indosat lewat MyIM3

Untuk menjawab pertanyaan itu saya pun coba melakukan riset dan menemukan trik untuk mengakalinya. Secara garis besar kita memang tak bisa langsung transfer pulsa ke indosat. Tapi ternyata pelanggan dapat membelikan pulsa ke nomor lain dari aplikasi resmi. Berikut urutan langkah kirim pulsa lewat MyIM3:

  1. Buka MyIM3.
  2. Login dengan nomor masing-masing.
  3. Di halaman dashboard silahkan masuk ke menu pulsa.
  4. Maka akan muncul halaman baru untuk top up pulsa.
  5. Pada kolom "pilih nomor" ganti dengan nomor tujuan.
  6. Pilih nominal pulsa yang akan ditransfer.
  7. Lanjutkan dan ikuti instruksi sampai selesai.

Kode Dial Transfer Pulsa IM3

Kalian tidak familiar dengan cara transfer pulsa indosat ke sesama menggunakan metode SMS? tenang. Saya memiliki solusi yang lebih mudah dan sederhana yakni lewat kode rahasia. Mengapa saya meletakannya setelah metode SMS? karena pada faktanya banyak pelanggan yang gagal mengirim pulsa IM3 lewat kode dial.

Mayoritas kegagalan selalu disertai notifikasi "kode MMI tidak valid" serta beberapa pesan error. Hal tersebut disebabkan oleh jaringan yang kurang stabil mengingat persebaran infrastruktur yang belum merata. Oleh karenanya, sebelum mengakses kode rahasia pastikan koneksi internet kalian sudah stabil.

Berapa kode dial untuk kirim pulsa indosat? pertanyaan ini sering kali terlintas di benak pelanggan. Secara garis besar, semua fitur serta layanan IM3, mentari, dan matrix telah terangkum menjadi satu pada kode *123#. Jika belum paham maka simaklah cara transfer pulsa indosat lewat kode dial berikut:

  1. Buka menu dial di ponsel masing-masing.
  2. Dial kode *123*7*2*3*1#.
  3. Sedangkan untuk pelangggan kartu pasabayar bisa dial ke *123*7*1*6*1#.
  4. Masukan Nomor HP penerima.
  5. Input nominal pulsa yang ingin kalian kirim.
  6. Pilih OK untuk melakukan konfirmasi.

Cara Transfer Pulsa Indosat Lewat SMS

Mengirim pulsa ke sesama IM3 merupakan salah satu fitur umum yang akan kalian jumpai ketika berlangganan indosat. Operator ini memberikan kesempatan pada pelanggan untuk saling berkirim pulsa bahkan mencapai 200 ribu perhari. Tentu saja kalian tetap harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku seperti batas minimal saldo tersedia, nomor masih aktif, dan sebagainya.

Cara transfer pulsa Indosat ke sesama IM3 adalah:

  1. Buka menu pesan singkat/SMS.
  2. Ketik SMS dengan format TP (spasi) no tujuan (spasi) nominal.
  3. Contoh TP 085628994291 50000.
  4. Kirim SMS ke 151.
  5. Selanjutnya tunggu mendapat balasan berupa token.
  6. Lakukan konfirmasi pengiriman.

Berapa biaya transfer pulsa IM3 ke sesama? inilah yang sering kali ditanyakan oleh pelanggan. Memperhitungkan biaya administrasi merupakan hal lumrah yang harus kita lakukan. Pasalnya potongan tak semurah ketika kalian isi ulang pulsa menggunakan voucher ataupun beli dari konter.

Format SMS Transfer Pulsa IM3

Berdasarkan kebijakan, pihak operator akan membebani pengirim dengan biaya 6000 rupiah untuk satu kali transaksi. Jadi setidaknya pengguna ponsel harus menyisakan saldo Rp11.000 terhitung setelah proses selesai. Dengan rincian 5rb sebagai saldo mengendap serta 6rb menjadi biaya admin.

Mengirim ataupun meminta pulsa darurat indosat ke sesama IM3 merupakan hal yang wajar dan sudah biasa di tengah masyarakat. Tapi apa jadinya jika ternyata pelanggan bisa trasfer pulsa IM3 ke operator lain seperti XL, Kartu TRI, axis, bahkan ke telkomsel?

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu provider GSM yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kehandalan telkomsel sudah tidak diragukan lagi karena telah mendapat penghargaan sebagai penyedia layanan telekomunikasi nomor satu. Meskipun demikian telkomsel memiliki tarif dasar dan harga paketan yang mahal dibanding para kompetitornya.

Hal ini tentu menyebabkan penggunanya akan sering kehabisan pulsa secara mendadak. Jika salah satu keluarga, kerabat, teman, bahkan kita mengalami hal demikian maka bisa meminta pulsa darurat IM3. Kode dial untuk mengaksesnya pun masih tetap sama yakni ada di menu *123#.

Cara transfer pulsa indosat ke telkomsel

Cara transfer pulsa indosat ke operator lain khususnya telkomsel menjadi salah satu alternatif jika kalian tak ingin beli pulsa di konter. Meski beberapa orang masih meragukan tapi faktanya pihak provider pun menyediakan fitur berbagi tersebut. Lantas bagaimana cara transfer pulsa IM3 ke telkomsel yang benar? silahkan simak tutorial di bawah:

  1. Dial kode *123*5*8*3*3*1#.
  2. Selanjutnya ikuti prosedur yang ada.
  3. Tulis nomor ponsel tujuan.
  4. Tulis nominal transfer.
  5. Lakukan konfirmasi kirim pulsa ke operator lain.
  6. Tunggulah hingga mendapat notifikasi transfer pulsa ke operator lain berhasil.

Itulah cara kirim pulsa indosat ke telkomsel yang hingga saat ini masih berlaku. Lantas bagaimana jika kita ingin transfer pulsa indosat ke operator lain misalnya XL, axis, dan TRI? caranya sebenarnya sama saja. Namun kita akan melanjutkan pembahasan dengan menggunakan metode selanjutnya. Selain itu kita juga akan membahas peraturan yang harus dipenuhi sebelum bisa melakukan transfer pulsa.

Cara Transfer Pulsa Indosat ke XL, Axis, TRI

Telkomsel dan indosat memang menjadi dua operator kunci yang memegang pelanggan terbanyak di Indonesia. Namun kita juga tidak boleh melupakan axis, XL dan tri yang juga menjadi provider pilihan banyak orang. Banyak paket internet murah serta kuota data murah yang ditawarkan oleh ketiga penyedia layanan telekomunikasi tersebut.

IM3 pun juga menjalin kerjasama dengan ketiganya dengan menyediakan cara transfer pulsa indosat ke XL, axis, dan kartu TRI. Meski terkesan aneh tapi inilah fakta yang terjadi di industri telekomunikasi tanah air.

Baca juga: 6 Trik Internet Gratis Indosat Terbaru

Selain menggunakan kode dial pada sesi sebelumnya kita juga bisa kirim pulsa indosat ke TRI, XL, dan Axis lewat metode SMS. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara yang satu ini karena dianggap terlalu beresiko. Namun pada dasarnya semua sama saja jika implementasi dari metode tersebut tepat dan benar. Lantas seperti apa tutorialnya? silahkan simak di bawah:

  1. Buka SMS ponsel.
  2. Ketik SMS dengan format Transferpulsa (spasi) nomor hp (spasi) Nominal.
  3. Contoh: Transfer pulsa 081388394493 50000.
  4. Kirim ke 151.
  5. Tunggu hingga mendapat SMS notifikasi.

Itulah cara transfer pulsa indosat ke operator lain lewat SMS yang masih work sampai sekarang. Lantas apakah metode kirim pulsa antar operator tersebut gratis? tentu saja tidak. Semua transaksi yang kita lakukan tentunya akan dikenakan biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Inilah poin penting dimana pelanggan harus menghafalkan regulasi yang berlaku pada masing masing provider.

Apakah trik transfer kuota serta pulsa di atas work untuk operator lain? inilah yang menjadi pertanyaan di benak pengguna ponsel. Mungkinkah axis atau kartu TRI juga bisa melakukan hal menakjubkan diatas? saya rasa tidak. Karena sejauh ini hanya kartu IM3 saja yang menyediakan layanan berkirim data antar provider.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa ke Operator Lain

Jika anda hendak kirim pulsa indosat ke operator lain baik itu telkomsel, XL, axis, dan tri maka pahamilah aturannya terlebih dulu. Jangan asal kirim saja karena jika gagal biaya transfer pulsa akan tetap dibebankan pada kita dan pada akhirnya kitalah yang merugi. Lantas apa saja syarat dan ketentuan dari kirim pulsa antar operator ini? mudah saja. Adapun syarat dan ketentuannya meliputi biaya administrasi, sisa pulsa pengirim, wilayah transfer dan batas minimum maksimum transfer itu sendiri.

Dari segi biaya transfer pulsa indosat ke operator lain akan dikenakan sebesar Rp 6000,- dan dibebankan pada pengirim pulsa. Jika si penerima pulsa berada di lain negara maka biaya transfer akan semakin mahal karena dikenakan biaya tambahan. Jika kita kirim pulsa indosat lewat SMS maka biaya dasar pengiriman SMS akan dihitung (tidak gratis).

Jumlah minimum ketika hendak transfer pulsa indosat ke telkomsel, tri, axis, dan XL tidak dibatasi asalkan nominalnya lebih dari nol rupiah. Sedangkan untuk jumlah maksimum yang bisa ditransfer perhari adalah Rp 200.000,- untuk satu kali transfer. Saat mengirim pulsa ke operator lain pun sang pengirim juga harus memiliki sisa setidaknya Rp 5000,-.

Pengirim pulsa juga harus memiliki masa aktif kartu setidaknya 181 hari terhitung dari tanggal pengiriman pulsa. Dengan demikian kita harus menjadi pelanggan loyal terlebih dulu jika ingin kirim pulsa indosat ke operator lain. Jika kita berhasil mengirim pulsa antar operator maka si penerima juga akan mendapatkan tambahan masa aktif disamping tambahan pulsa dari kita.

Rangkuman dan Kumpulan Pertanyaan

Sekilas, saling berkirim pulsa harusnya memang jadi fitur yang wajib ada di semua provider seluler. Karena hadirnya fitur itu menjadi solusi bagi pelanggan yang sedang dalam keadaan terdesak. Pada sesi terakhir ini saya akan coba rangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan pengguna ponsel.

Berapa Biaya Transfer Pulsa Indosat

Biaya layanan akan dibebankan pada pengirim dengan rentan Rp 1.000 untuk pengiriman pulsa di bawah 25 ribu. Sedangkan pengiriman pulsa di bawah 50 ribu akan dibebani biaya admin sebesar Rp 1.500,-. Biaya yang timbul dari layanan tersebut beragam dan menyesuaikan nominal pulsa yang dikirim.

Apakah MyIM3 Bisa Transfer Pulsa

Secara garis besar, cara transfer pulsa lewat IM3 tidak valid karena fitur itu tidak dihadirkan dalam aplikasi. Tapi sebagai alternatif pelanggan bisa saling berbagi pulsa dengan cara top up ke nomor tujuan seperti yang sudah saya bahas.

Apakah Bisa Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel

Dari apa yang saya baca dan simpulkan ternyata pelanggan bisa mengirim pulsa ke nomor operator lain seperti telkomsel, XL, maupun axis. Tentunya kita harus mengikuti langkah langkah dan patuh terhadap syarat ketentuan yang sudah ditetapkan.

Menarik bukan berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika berbagi pulsa indosat dengan operator lain? jika anda berminat maka praktekanlah metode di atas. Itulah artikel yang membahas bagaimana cara transfer pulsa indosat ke sesama IM3 dan operator lain.

Masing-masing provider memang telah menyediakan layanan kirim pulsa baik ke sesama ataupun beda operator. Namun pelanggan tetap harus cerdas dengan menjaga ketersediaan pulsa di nomor kita. Karena biaya trasfer pulsa IM3 tidaklah semurah ketika saat kalian melakukan isi ulang di konter.

Posting Komentar untuk "6 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain"