Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memunculkan Sinyal 4G Telkomsel yang Hilang

Cara Memunculkan Sinyal 4G Telkomsel yang Hilang - Untuk terhubung ke dunia maya kalian membutuhkan jaringan berbasis 3G ataupun 4G. Tapi apa jadinya ketika sinyal internet tidak muncul atau hilang secara tiba-tiba ketika sedang dipakai? Peristiwa ini tentu sangat mengganggu. Belum lagi saat mendapatkan masalah jaringan lain seperti sinyal 4G telkomsel hilang lalu berganti menjadi E (GPRS). Padahal kita tau persis seperti apa lemot dan ngadatnya koneksi Edge.

cara mengatasi sinyal 4G telkomsel hilang dan tidak muncul
Sinyal 4G telkomsel tidak muncul

Ada banyak faktor penyebab kenapa sinyal 4G telkomsel hilang tak kunjung muncul. Salah satunya karena cuaca ekstrim yang terjadi beberapa bulan belakangan. Dampaknya ketika membuka internet maka akan keluar notifikasi "unable to connect to the internet". Maknanya adalah kalian tidak bisa tersambung ke internet karena jaringan 4G tidak muncul.

Lantas bagaimana cara memunculkan sinyal 4G telkomsel yang hilang? Problematika yang ada di HP samsung, oppo, xiaomi, dan vivo sebenarnya tidak hanya menimpa pelanggan telkomsel saja. Melainkan juga terjadi pada pengguna operator lain seperti axis, smartfren, tri, dan indosat. Sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui cara mengatasi sinyal 4G telkomsel hilang.

Cara Memunculkan Sinyal 4G Telkomsel yang Hilang

Hingga saat ini ponsel pintar terus mengalami perkembangan secara signifikan. Mayoritas gadget sekarang telah dibekali chipset receiver dan mampu menangkap jaringan 4G yang merupakan koneksi internet tercepat saat ini. Namun pada kenyataanya persebaran koneksi tersebut belum merata di semua daerah.

Hal ini dibuktikan dengan stabilitas internet yang cenderung sering drop pada setiap operator seluler. Akibatnya pelanggan sering mengalami sinyal 4G telkomsel tidak muncul dan tiba-tiba hilang lalu berganti menjadi H+ atau E (Edge). Maka dari itu dibutuhkan sebuah jalan penyelesaian agar kita bisa menggunakan internet secara lancar.

Beberapa orang beranggapan bahwa penyebabnya dari perangkat ponsel yang sudah tidak mumpuni menangkap sinyal. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena sebagai user pun kita perlu mempertimbangkan segala kemungkinan yang datang dari luar ponsel. Inilah alasan mengapa saya ingin mengajak kalian melihat masalah dari sudut pandang berbeda.

Penyebab Sinyal 4G Hilang

Kenapa sinyal telkomsel hilang? apakah sedang terjadi gangguan? pertanyaan itu sering terbesit di benak pelanggan ketika mengalami internet lemot. Tentunya kita tak boleh langsung menyimpulkannya dengan teori tersebut.

Koneksi yang kurang stabil memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Nah setiap sebab memiliki solusinya masing-masing. Seperti contoh kecepatan internet turun karena FUP sudah habis maka kalian harus beli kuota add on. Lain halnya ketika bar sinyal tidak muncul kita perlu ke tempat tempat terbuka agar bisa tersambung ke jaringan.

Sebelum kita menuju topik pembahasan cara memunculkan sinyal 4G telkomsel yang hilang maka kita wajib mengetahui faktor penyebabnya. Karena dari faktor itu nantinya kita bisa memilih solusi atas permasalahan yang terjadi. Jika berkenan simaklah beberapa faktor di bawah:

  1. Kartu SIM belum diregistrasi.
  2. Daerah belum tercover sinyal 4G.
  3. Salah mengatur jaringan.
  4. System ponsel error.
  5. Maintenance jaringan.
  6. Paket kuota habis.
  7. FUP tercapai.
  8. Belum registrasi kartu.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memunculkan sinyal 4G telkomsel tidak muncul di hp samsung, xiaomi, oppo, dan Vivo. Lantas apa penyebab masalah ini? Silahkan simak dalam penjelasan di bawah.

Setting Sinyal Telkomsel 4G Only

Salah satu penyebab sinyal telkomsel hilang adalah karena jaringan yang tidak stabil. Hal ini sering dirasakan di daerah pedesaan atau pinggiran kota yang notabennya minim koneksi 4G. Maka dari itu kita harus melakukan setting jaringan internet secara manual untuk memunculkan sinyal 4G telkomsel.

cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul pasti berhasil

Pada dasarnya default jaringan internet pada ponsel adalah edge, 3G dan 4G. Namun kita bisa menyeting sinyal internet telkomsel menjadi 4G only agar tetap stabil. Pada intinya ponsel kita hanya akan membaca jaringan 4G telkomsel saja dan mengabaikan jaringan edge dan 3G. Lalu bagaimana cara setting jaringan telkomsel agar menjadi 4G only?

Cara memunculkan sinyal 4G telkomsel yang hilang paling mudah adalah mengubah prioritas jaringan dari menu pengaturan. Konsepnya adalah memaksa perangkat hanya menangkap frekuensi tertentu saja dan mengabaikan tipe jaringan lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah di bawah ini:

  1. Buka menu ponsel.
  2. Masuk ke pengaturan.
  3. Masuk ke pengaturan jaringan.
  4. Pada menu jaringan ponsel pilih 4G only.
  5. Selanjutnya silahkan restart hp anda atau lakukan refresh jaringan agar setting sinyal telkomsel 4G only yang kita lakukan bekerja.

Setiap ponsel memiliki pengaturan jaringan yang berbeda beda. Namun konsep dan prinsipnya adalah sama yakni menjadikan jaringan 4G telkomsel menjadi jaringan prioritas. Langkah di atas saya praktekan di hp samsung seri A6+ dan work untuk hp samsung tipe lain.

Tapi kalau kalian memakai hp cina seperti xiaomi, vivo, oppo, atau realme mungkin pilihan menunya akan berbeda. Tinggal sesuaikan saja letak menu pengaturan jaringan itu dengan jenis handphone masing-masing.

Setting APN Telkomsel

Salah satu penyebab sinyal 4G telkomsel tidak muncul adalah karena pengaturan APN yang salah. Umumnya APN digunakan untuk mempercepat internet pada hp. Sayangnya, pengaturan APN yang salah dapat menyebabkan masalah fatal. Salah satunya adalah membuat sinyal 4G hilang berkepanjangan.

Jadi, selama APN telkomsel belum dikembalikan seperti semula maka sudah bisa dipastikan ponsel tidak akan terhubung ke internet. Mengatur APN bukanlah perkara yang sulit karena panduan lengkapnya tertulis di berbagai forum diskusi online. Bahkan, saya pun pernah membahas Cara Setting APN Telkomsel 4G Unlimited Tercepat pada artikel lain.

Kita pun tak bisa menampik fakta bahwa ada apn 4G kartu as maupun simpati yang sudah tidak work. Maka dari itu, sudah menjadi tugas kita sebagai pelanggan untuk teliti dan hati-hati pada saat mengganti pengaturan tersebut. Kalau kebetulan kalian salah memasukan apn sampai menyebabkan sinyal 4G telkomsel hilang maka tak perlu risau karena saya punya solusinya.

Yakni dengan mereset pengaturan jaringan kembali seperti semula. Cara reset APN 4G telkomsel sangatlah mudah, silahkan simak tutorial di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Setelah berada di pengaturan masuk ke jaringan.
  3. Selanjutnya pilih menu APN (access point name).
  4. tap tombol reset di bagian bawah.

Namun jika kita tetap ingin mempercepat internet telkomsel dengan APN silahkan lakukan pengaturan dengan benar. Usahakan untuk mencari server dan proxy apn yang masih bisa digunakan. Anda bisa menemukan artikel tentang cara setting APN untuk mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul di artikel sebelumnya.

Nyalakan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul paling mudah adalah menyalakan mode pesawat. Dengan demikian jaringan akan reset dan diperbarui secara otomatis. Mode pesawat sendiri sebenarnya adalah fitur untuk mematikan frekuensi sinyal secara total. Jadi setelah kita mengaktifkan mode pesawat maka ponsel tidak akan tersambung ke internet.

Meskipun jaringan 4G telkomsel hilang ketika mengaktifkan mode ini kita tidak perlu khawatir. Pasalnya ketika menonaktifkan mode pesawat maka sinyal akan kembali seperti semula. Maka dari itu kalian bisa mencoba refresh koneksi 4G telkomsel yang tidak muncul melalui mode pesawat.

Fitur mode pesawat bisa kita temukan melalui menu pengaturan. Selanjutnya pilih pengaturan jaringan dan nyalakan mode pesawat setelah itu matikan kembali. Atau kita bisa langsung mengaktifkan mode pesawat melalui panel shortcut di desktop ponsel kita dengan mengusap layar ke bawah.

Beralih ke Tempat Terbuka

Taukah anda salah satu penyebab sinyal telkomsel hilang karena tidak bisa menjangkau daerah tertutup. Hal ini mungkin terdengaar agak aneh, namun faktanya memang demikian. Sinyal internet terkadang tak mampu menembus atau menjangkau daerah  ruangan tertutup. Problematika ini pun sudah bukan rahasia lagi di kalangan pengguna ponsel pintar.

cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul
Cari sumber sinyal terbaik

Oleh karenanya kita dapat merasakan perbedaan kecepatan internet yang mencolok ketika ada di kota dan desa. Terlebih jika kalian masuk ke tempat tertutup yang memiliki penghalang tebal seperti tembok beton atau pepohonan rimbun.

Misalnya saja ketika kita dirumah. obalah membandingkan kualitas koneksi internet di kamar mandi dan di ruang tamu, tentu hasilnya akan berbeda. Cara memunculkan sinyal 4G yang hilang yakni beralih menuju ke tempat terbuka. Selanjutnya tunggulah ponsel memindai jaringan kembali seperti sediakala.

Pastikan Kartu dan Ponsel Sudah Support 4G

Ketika ingin menggunakan jaringan tentu kita harus memiliki perangkat yang sudah support 4G. Akan sangat lucu jika ponsel dan kartu tidak support 4G namun tetap ingin menggunakan jaringan tersebut.

Dalam beberapa kasus penyebab sinyal 4G telkomsel tidak muncul di hp android adalah karena kartu dan ponsel yang belum support. Terkadang orang lupa melakukan cek device apakah device mereka kompatibel atau tidak.

Jika kartu anda masih tergolong kartu telkomsel lama maka lakukan upgrade kartu menjadi 4G. Setelah itu lakukan pendaftaran ulang kartu seperti biasanya. Barulah kita bisa menikmati internet dengan sinyal telkomsel.

Registrasi Nik dan KK Telkomsel

Sinyal 4G telkomsel tidak muncul di kartu baru sudah jadi hal biasa di kalangan pengguna baru. Faktor penyebabnya boleh jadi karena perdana belum sepenuhnya aktif atau kalian lupa mendaftarkan kartu ke 4444.

Pemerintah sendiri memang mewajibkan pelanggan untuk melakukan registrasi NIK dan KK pada kartu perdana baru. Tapi hal itu kadang terabaikan sehingga banyak orang yang bingung saat mendapati perdana mereka bermasalah.

Jadi jangan heran apabila tiba tiba sinyal 4G telkomsel hilang meski pada awalnya kalian sudah terhubung ke internet. Sebab mengacu pada peraturan tersebut pengguna memang diharuskan mendaftarkan NIK miliknya terlebih dulu.

Cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul karena masalah ini cukup sederhana. Kalian hanya perlu mengikuti langkah registrasi yakni ketik no NIK#no KK# kirim ke 4444. Dalam hitungan menit maka pelanggan akan memperoleh SMS balasan bahwa kartu sudah diaktifkan sepenuhnya. Setelahnya silahkan refresh jaringan untuk memunculkan sinyal telkomsel yang hilang.

Pasang Aplikasi Penguat Sinyal

Ternyata aplikasi penguat sinyal bisa jadi cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul. Di era modern seperti sekarang kita bisa menjumpai berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan.

Belakangan ini masyarakat mengelu elukan aplikasi bernama Force LTE Only yang notabenya salah satu apps penguat sinyal. Meski belum pernah menginstall tapi kita bisa membaca ulasan yang diberikan oleh mereka yang sudah pernah mencobanya.

Sudah 10 juta orang lebih menginstalnya dengan 170 ribu testimoni dan mendapat rating 4 lebih. Dari review ini pun kita bisa menyimpulkan kalau force LTE only sangat direkomendasikan oleh pengguna. Apabila sinyal 4G telkomsel hilang secara mendadak maka silahkan coba pasang Force LTE only.

Prinsip kerja aplikasi tersebut sebenarnya hampir sama seperti saat kalian setting mode jaringan. Perbedaanya terletak pada sifatnya yang otomatis serta dibekali fitur peningkatan jaringan yang lebih memadahi daripada metode manual.

Restart HP

Solusi terakhir ketika semua cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul adalah dengan mengaktifkan ulang ponsel kita. Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa kita pakai sebelum melakukan diagnosa kerusakan hardware.

Kita bisa melakukan restart ponsel secara manual seperti biasanya. Jika cara ini tidak bekerja maka lakukan diagnosa kerusakan hardware. Bisa saja sinyal 4G telkomsel hilang disebabkan karena rusaknya perangkat yang berfungsi menangkap sinyal internet.

Itulah beberapa cara memunculkan sinyal 4G telkomsel hilang yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Sebenarnya sinyal 4G hilang bukan hanya dialami oleh pelanggan telkomsel saja. Melainkan bisa dialami oleh semua provider baik itu axis, smartfren, indosat dan XL. Namun secara garis besar solusi ketika sinyal 4G tidak muncul atau hilang tetap sama saja.

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Sinyal 4G Telkomsel yang Hilang"