4 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka

4 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka - myXL merupakan aplikasi besutan XL axiata yang memiliki segudang manfaat. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan pelanggan bertransaksi entah itu beli paket internet xl, beli pulsa, transfer kuota, hingga hal kecil seperti cek sisa kuota. Sayangnya beberapa pelanggan sering mengeluh aplikasi myXL tidak bisa dibuka di perangkat ponselnya.

Tentunya hal ini sangat menjengkelkan, apalagi ketika kuota XL habis dan kita ingin memperbaruinya. Namun aplikasi myXL justru tidak bisa dibuka layar blank sampai error. Masalah ini sudah sering dibahas di grup dan forum provider XL. Cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka sebenarnya sangat simpel.

Kalau kalian ingin bertanya ke customer service mengapa layar blank dan freeze saat masuk aplikasi, lupakan saja. Karena pihak CS tidak akan memberikan jawaban memuaskan terkait masalah aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Respon yang terkesan lama juga menjadi salah satu faktor mengapa saya ingin menyelesaikan problem diatas secara mandiri.

Kenapa aplikasi myXL error tidak bisa dibuka? Baru-baru ini saya sendiri sering mengalami masalah yang sama mengenai aplikasi myXL blank tidak dapat dibuka. Problematika tersebut datang secara tiba-tiba dan setelah saya otak-atik pada akhirnya bisa kembali. Oleh karena itu saya membuat artikel ini sebagai solusi atau panduan bagi sobat yang mengalami masalah serupa.

4 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka

Apakah ponsel kalian tidak bisa membuka aplikasi MyXL seperti sewajarnya? jika iya kalian tidak sendiri. Banyak pengguna ponsel pintar belakangan ini mengeluh tidak bisa beli paket internet atau cek kuota karena aplikasi blank. Padahal myXL sering dipakai untuk beli paketan, memasukan kode voucher, dan lain sebagainya.

Sebenarnya aplikasi error sangat merugikan kedua belah pihak baik pelanggan maupun pihak operator seluler. Pelanggan akan mengalami kesulitan saat membeli paketan secara manual. Di lain sisi, rating kepuasan XL axiata selaku provider pun akan menurun karena performa buruk.

Aplikasi myXL yang seharusnya mempermudah transaksi layanan justru menjadi penghambat dan membuat kesal saja. Oleh karenanya, kita harus menemukan cara mengatasi aplikasi MyXL tidak bisa dibuka sesegera mungkin. Pertama, kalian wajib mengetahui beberapa faktor penyebab dan apa saja gejala MyXL error yang sering dialami pelanggan.

Aplikasi MyXL Tidak Bisa Dibuka

Apa yang harus dilakukan ketika aplikasi myXL blank layar putih dan tidak bisa dibuka sama sekali? pertama kalian jangan panik. Masalah tersebut tidak hanya dialami oleh satu dua orang saja melainkan banyak pelanggan. Setidaknya, inilah beberapa penyebab myXL tidak bisa dibuka dan digunakan untuk membeli paketan:
  1. Cache aplikasi full.
  2. Internal memory penuh.
  3. Versi aplikasi tidak kompatibel.
  4. Server XL down.
  5. Pemakaian RAM penuh.
  6. Settingan ponsel salah.
Beberapa ponsel keluaran terbaru sudah mendukung fitur pemeliharaan perangkat. Jika hpmu merupakan salah satunya, kalian dapat melakukan cek kebugaran perangkat langsung dari menu pengaturan. Disana anda akan disuguhkan statistik performa ponsel mulai dari RAM, kapasitas internal, cache, dan info aplikasi secara spesifik.

Tapi bagaimana dengan ponsel android yang belum mendukung adanya fitur tersebut? tenang saja. Kita tetap bisa memakai cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka secara manual. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial dan penjelasan di bawah ini.

Hapus cache aplikasi myXL

Cache merupakan data yang berisikan rekam jejak atau hostori penjelajahan. Cache juga memuat data-data lampau yang masih tersangkut di aplikasi. Data lawas inilah yang akhirnya membuat aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Lebih tepatnya ketika cache aplikasi full maka performa ponsel akan menurun dan kinerja pun menjadi lemot.

Jadi wajar saja misal kalian tidak bisa membuka MyXL. Meskipun anda dapat membukanya tapi proses loading tidak akan selesai hingga akhirnya blank layar putih. Untuk mengatasinya kita harus melakukan clear cache dengan cara manual.
Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL
Cara hapus cache aplikasi MyXL secara manual:
  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Lalu tap menu "Hapus Cache".
Sedangkan untuk cara cepat, kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master yang dapat di download di Google Play Store, dengan menggunakan aplikasi Clean Master hanya dengan sekali klik kamu dapat menghapus semua cache yang ada di ponsel kamu.

Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Cara hapus cache aplikasi myXL

Faktanya, banyak pengguna ponsel pintar yang mengabaikan aplikasi Clean Master. Padahal aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Selain sangat berguna, aplikasi tersebut juga membantu meningkatkan performa android anda, termasuk untuk menghapus cache memori.

Langkah diatas saya gunakan di smartphone Oppo, bila sobat menggunakan smartphone yang berbeda bisa disesuaikan sendiri dimana letak aplikasi tersebut. Hal ini disebabkan karena pengaturan pada setiap ponsel berbeda beda.

Hapus Data Aplikasi

Dalam beberapa kasus meskipun kita telah menghapus cache aplikasi, namun hasilnya tetap saja sama. Apakah aplikasi myXL error dan tetap tidak bisa dibuka setelah menggunakan cara pertama? Jika demikian anda bisa langsung mempraktekan cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka yang selanjutnya.
Baca juga: Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat
Untuk cara kedua ini bisa dibilang lebih ampuh dari cara pertama, karena kita akan menghapus semua data aplikasi secara keseluruhan dan aplikasi akan terlihat seperti baru di download. Untuk melakukan cara ini langsung saja simak totorial di bawah:
  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Kemudian tap "Paksa Berhenti" atau "Hapus Data".


Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Hapus data aplikasi myXL

Langkah diatas saya gunakan di smartphone Oppo, bila sobat menggunakan smartphone yang berbeda bisa disesuaikan sendiri dimana letak aplikasi tersebut. Prosesnya menurut saya mudah untuk diikuti karena hampir sama dengan cara yang pertama.

Aplikasi MyXL Blank Layar Putih

Kalian bisa membuka dan berhasil login My XL? tapi apakah aplikasi tersebut bisa dipakai seperti semestinya? belum tentu. Ada kalanya seorang pelanggan berhasil membuka sampai muncul logo XL tapi ketika proses login layar justru blank warna putih. Proses loading yang tidak selesai akhirnya menyebabkan pengguna harus stuck (terjebak) di loading tersebut.

Penyebabnya bisa datang dari cache yang jarang dibersihkan seperti penjelasan saya sebelumnya. Ataupun versi aplikasi myXL tidak kompatibel dengan sistem operasi ponsel milik kalian. Kejadian seperti ini sudah sering terjadi khususnya pada HP yang jarang diupgrade versi OS ataupun aplikasinya.

Padahal melakukan pembaruan versi OS dan versi aplikasi sangat penting. Selain mendapatkan update terbaru layanan dari operator pengguna juga akan terhindar dari beragam bug yang sewaktu-waktu dapat muncul akibat versi usang. Maka dari itu, cara mengatasi aplikasi MyXL error tidak bisa dibuka selanjutnya adalah melakukan update.

Update aplikasi dapat dilakukan lewat google playstore secara langsung, biasanya tidak memerlukan kuota besar. Tapi ketika anda ingin update versi OS android ada baiknya menyipkan kuota internet terlebih dahulu.

Restart HP Android

Dalam beberapa kasus, kerap kali ditemukan aplikasi myXL error dan tidak berjalan seperti semestinya. Entah aplikasi myXL tidak bisa dibuka, tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, loading lama dan lain sebagainya. Hal ini bisa disebabkan karena aplikasi yang crash (Engine tidak berjalan). Maka dari itu kita harus melakukan restart engine tersebut untuk mengatasi aplikasi myXL yang error.

Apabila aplikasi myXL tetap error, kamu juga dapat melalukan langkah ke 3 ini dengan me-restart android yang digunakan dan kemudian coba buka kembali aplikasi myXL tersebut dan semoga bisa terbuka kembali.

Pada dasarnya ketika kita melakukan restart ponsel, maka semua aplikasi dan data juga akan ikut ter-reset. Dengan demikian kita seperti menggunakan aplikasi dengan cache dan data yang fresh. Selain itu dengan restart ponsel, maka kita bisa menghilangkan bug ataupun kesalahan sistem yang terjadi pada hp android.

Namun dalam beberapa kasus, sekalipun kita merestart hp tetap saja aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Mengapa demikian? ini disebabkan karena memang aplikasi mengalami crash ataupun tidak support dengan ponsel. jika cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka tetap tidak bekerja, apak yang harus kita lakukan? kita gunakan cara yang terakhir.

Install Ulang Aplikasi MyXL 

My XL masih error? tidak bisa dibuka dan layar blank warna putih? saya masih punya alternatif lain. Metode ke 4 ini merupakan langkah yang paling ekstrim yang dapat kamu lakukan, apabila semua cara mengatasi aplikasi myXL tidak bisa dibuka sebelumnya tetap tidak berfungsi . Coba lakukanlah langkah terakhir ini dan jaminan pasti ampuh.

Dengan melakukan reinstall aplikasi maka secara tidak langsung kita sudah mereset dan memperbarui aplikasi tersebut. Semua settingan dan sebagainya akan kembali ke default bawaan aplikasi. Cara reinstall myXL adalah:
  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Kemudian tap "Hapus Installasi".
  6. Jika aplikasi myXL sudah di Uninstall kemudian download ulang aplikasi myXL di Google Play Store.

Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Install aplikasi myXL ulang

Langkah diatas saya gunakan di smartphone Oppo, namun kita bisa menggunakan ponsel lainnya juga. Untuk cara reinstall aplikasi sama saja menurut saya antara oppo dan ponsel lain.

Dengan mengikuti beberapa tutorial singkat diatas semoga masalah yang sobat alami dapat teratasi. Tutorial yang ada diatas memang tidak dapat menjamin work disemua android namun, saya sendiri sudah mencoba salah satu cara diatas dan berhasil. Tapi jika dari ke 3 cara diatas tidak berhasil coba lakukan langkah ke 4 dijamin ampuh.

Itulah beberapa tutorial singkat cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka yang dapat saya berikan untuk sobat semua. semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau ditambahkan silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Tidak lupa, misal seluruh metode diatas masih gagal mengatasi aplikasi myXL blank layar putih dan error laporkan pada admin.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka"

Posting Komentar

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel