Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka

8 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka - myXL merupakan aplikasi besutan XL axiata yang memiliki segudang manfaat. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan pelanggan bertransaksi entah itu mengaktifkan paket internet, beli pulsa, transfer kuota, hingga hal kecil seperti cek sisa kuota. Sayangnya beberapa pelanggan sering mengeluh aplikasi myXL tidak bisa dibuka di perangkat ponselnya.

Tentunya hal ini sangat menjengkelkan, apalagi ketika kuota habis dan kita ingin memperbaruinya. Namun aplikasi myXL justru tidak bisa dibuka layar blank sampai error. Masalah ini sudah sering dibahas di grup dan forum resminya. Cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka sebenarnya sangat simpel.

cara mengatasi MyXL tidak terbuka
cara mengatasi MyXL tidak terbuka

Kalau kalian ingin bertanya ke customer service mengapa layar blank dan freeze saat masuk aplikasi, lupakan saja. Karena pihak CS tidak akan memberikan jawaban memuaskan terkait masalah aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Respon yang terkesan lama juga menjadi salah satu faktor mengapa saya ingin menyelesaikan problem di atas secara mandiri.

Kenapa aplikasi myXL error tidak terbuka? Baru-baru ini saya sendiri sering mengalami masalah yang sama mengenai aplikasi myXL blank tidak dapat dibuka. Problematika tersebut datang secara tiba-tiba dan setelah saya otak-atik pada akhirnya bisa kembali. Oleh karena itu saya membuat artikel ini sebagai solusi atau panduan untuk kalian yang mengalami masalah serupa.

8 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka

Apakah ponsel kalian tidak bisa membuka aplikasi MyXL seperti sewajarnya? jika iya kalian tak sendiri. Banyak pengguna ponsel belakangan ini mengeluh gagal mengaktifkan paket internet atau cek kuota karena aplikasi blank. Padahal myXL sering dipakai untuk beli paketan, memasukan kode voucher, dan lain sebagainya.

Sebenarnya aplikasi error sangat merugikan kedua belah pihak baik pelanggan maupun pihak operator seluler. Pelanggan akan mengalami kesulitan saat membeli paketan secara manual. Di lain sisi, rating kepuasan selaku provider pun akan menurun karena performa buruk. Maka dari itu perlu adanya tindakan aktif untuk mencari solusi dari masalah di atas.

Aplikasi myXL yang seharusnya mempermudah transaksi layanan justru menjadi penghambat dan membuat kesal saja. Oleh karenanya, kita harus menemukan cara mengatasi aplikasi MyXL tidak bisa dibuka sesegera mungkin. Pertama, kalian wajib mengetahui beberapa faktor penyebab dan apa saja gejala MyXL error yang sering dialami pelanggan.

Kenapa MyXL Tidak Bisa Dibuka

Apa yang harus kita lakukan ketika aplikasi myXL blank layar putih dan tidak bisa dibuka sama sekali? Inilah pertanyaan yang sering diajukan kebanyakan orang. Masalah tersebut tidak hanya dialami oleh satu dua orang saja melainkan banyak pelanggan. Kunci utama untuk menyelesaikannya adalah dengan melakukan problem solving. Setidaknya, inilah beberapa penyebab myXL tidak bisa dibuka dan digunakan untuk membeli paketan:

  1. Cache aplikasi full.
  2. Internal memory penuh.
  3. Versi aplikasi tidak kompatibel.
  4. Server XL down.
  5. Pemakaian RAM penuh.
  6. Settingan ponsel salah.

Beberapa ponsel keluaran terbaru sudah mendukung fitur pemeliharaan perangkat. Jika hpmu merupakan salah satunya, kalian dapat melakukan cek kebugaran perangkat langsung dari menu pengaturan. Disana anda akan disuguhkan statistik performa ponsel mulai dari RAM, kapasitas internal, cache, dan info aplikasi secara spesifik.

Tapi bagaimana dengan ponsel android yang belum mendukung adanya fitur tersebut? tenang saja. Kita tetap bisa memakai cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka secara manual. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial dan penjelasan di bawah ini.

Hapus Cache Aplikasi myXL

Cache merupakan data yang berisikan rekam jejak atau hostori penjelajahan. Cache juga memuat data-data lampau yang masih tersangkut di aplikasi. Data lawas inilah yang akhirnya membuat aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Lebih tepatnya ketika cache aplikasi full maka performa ponsel akan menurun dan kinerja pun menjadi lemot.

Jadi wajar saja misal kalian tidak bisa membuka MyXL. Meskipun anda dapat mengaksesnya tapi proses loading tidak akan selesai hingga akhirnya blank layar putih. Untuk mengatasinya kita harus melakukan clear cache dengan cara manual.

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL

Cara hapus cache aplikasi MyXL secara manual:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Lalu tap menu "Hapus Cache".

Sedangkan untuk cara cepat, kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master yang dapat di download di Google Play Store, dengan menggunakan aplikasi Clean Master hanya dengan sekali klik kamu dapat menghapus semua cache yang ada di ponsel kamu.


Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Cara hapus cache aplikasi myXL

Faktanya, banyak pengguna ponsel pintar yang mengabaikan aplikasi Clean Master. Padahal aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Selain sangat berguna, aplikasi tersebut juga membantu meningkatkan performa android anda, termasuk untuk menghapus cache memori.

Masing-masing ponsel memiliki pengaturan berbeda untuk menghapus cache aplikasi. Langkah di atas saya gunakan di smartphone Oppo, jika kalian memakai hp merk lain seperti samsung atau xiaomi cukup tap dan tahan icon aplikasi. Selanjutnya akan muncul pilihan menu shortcut yang mengarah pada info aplikasi seperti pada ilustrasi di atas.

Hapus Data Aplikasi

Dalam beberapa kasus meskipun kita telah menghapus cache, namun hasilnya tetap saja sama. Apakah kalian masih gagal login myXL setelah menggunakan cara pertama? Jika demikian anda bisa langsung mempraktekan cara mengatasi myXL tidak bisa dibuka yang selanjutnya.

Baca juga: Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat

Untuk cara kedua ini bisa dibilang lebih ampuh dari cara pertama, karena kita akan menghapus semua data aplikasi secara keseluruhan dan aplikasi akan terlihat seperti baru di download. Untuk melakukan cara ini langsung saja simak totorial di bawah:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Kemudian tap "Paksa Berhenti" atau "Hapus Data".

Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Hapus data aplikasi myXL

Langkah di atas saya gunakan di smartphone Oppo, bila sobat menggunakan smartphone yang berbeda bisa disesuaikan sendiri dimana letak aplikasi tersebut. Prosesnya menurut saya mudah untuk diikuti karena hampir sama dengan cara yang pertama.

Tapi satu hal yang perlu kalian ingat saat memutuskan hapus data pengguna. Yakni semua riwayat tersemasuk login otomatis, unsername, password, ataupun settingan akan kembali seperti pabrikan. Dengan demikian pengguna kartu XL harus melakukan login ulang kembali untuk dapat menggunakan myXL.

Aplikasi MyXL Blank Layar Putih

Kalian bisa membuka dan berhasil login My XL? tapi apakah aplikasi tersebut bisa dipakai seperti semestinya? belum tentu. Ada kalanya seorang pelanggan berhasil membuka sampai muncul logo XL tapi ketika proses login layar justru blank warna putih. Proses loading yang tidak selesai akhirnya menyebabkan pengguna harus stuck (terjebak) di loading tersebut.

Penyebabnya bisa datang dari cache yang jarang dibersihkan seperti penjelasan saya sebelumnya. Ataupun versi aplikasi myXL tidak kompatibel dengan sistem operasi ponsel milik kalian. Kejadian seperti ini sudah sering terjadi khususnya pada HP yang jarang upgrade OS ataupun aplikasinya.

Padahal melakukan pembaruan versi OS dan versi aplikasi sangat penting. Selain mendapatkan update terbaru layanan dari operator pengguna juga akan terhindar dari beragam bug yang sewaktu-waktu dapat muncul akibat versi usang. Maka dari itu, cara mengatasi aplikasi MyXL error tidak bisa dibuka selanjutnya adalah melakukan update.

Update aplikasi dapat dilakukan lewat google playstore secara langsung, biasanya tidak memerlukan kuota besar. Tapi ketika anda ingin update versi OS android ada baiknya menyipkan kuota internet terlebih dahulu.

Aktifkan Mode Pesawat

Myxl tidak terbuka dan blank pada proses loading juga tak serta merta hanya disebabkan oleh cache penuh saja. Ada kalanya masalah tersebut muncul karenav faktor stabilitas internet yang memburuk. Kecepatan internet yang menurun sendiri biasanya dialami oleh mereka yang mengaktifkan paket internet unlimited karena kuota FUP habis.

Tapi tak jarang pula penyebabnya datang dari faktor eksternal seperti cuaca buruk atau server provider error. Apabila demikian maka tak ada cara selain menunggu kondisi cuaca membaik terlebih dulu. Apabila memiliki sambungan WiFi maka pakailah koneksi tersebut karena lebih stabil daripada sinyal 4G operator.

Karena internet lemot akhirnya membuat loading pada saat login serasa terhenti dan hanya menampilkan layar putih. Mayoritas orang awam akan langsung menyimpulkan aplikasi error ketika mengalami hal demikian. Tapi asumsi tersebut tak sepenuhnya benar karena sebenarnya proses loadingnya saja yang lama.

Cara mengatasi MyXL error karena masalah koneksi kurang stabil sebenarnya cukup sederhana. Cukup aktifkan mode pesawat dengan swipe down menu dan tap icon pesawat lalu matikan kembali. Prinsip kerja dari metode ini sama seperti kalian melakukan reset jaringan sehingga ponsel pun akan mendapat alamat IP baru.

Restart HP Android

Dalam beberapa kasus, kerap kali ditemukan aplikasi myXL error dan tidak berjalan seperti semestinya. Entah aplikasi myXL tidak bisa dibuka, tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, loading lama dan lain sebagainya. Hal ini bisa disebabkan karena aplikasi yang crash (Engine tidak berjalan). Maka dari itu kita harus melakukan restart engine tersebut untuk mengatasi aplikasi myXL yang error.

Apabila aplikasi myXL tetap error, kamu juga dapat melalukan langkah ke 3 ini dengan me-restart android yang digunakan dan kemudian coba buka kembali aplikasi myXL tersebut dan semoga bisa terbuka kembali.

Pada dasarnya ketika kita melakukan restart ponsel, maka semua aplikasi dan data juga akan ikut ter-reset. Dengan demikian kita seperti menggunakan aplikasi dengan cache dan data yang fresh. Selain itu dengan restart ponsel, maka kita bisa menghilangkan bug ataupun kesalahan sistem yang terjadi pada hp android.

Namun dalam beberapa kasus, sekalipun kita merestart hp tetap saja aplikasi myXL tidak bisa dibuka. Mengapa demikian? ini disebabkan karena memang aplikasi mengalami crash ataupun tidak support dengan ponsel. jika cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka tetap tidak bekerja, apak yang harus kita lakukan? kita gunakan cara yang terakhir.

Install Ulang Aplikasi MyXL 

My XL masih error? tidak bisa dibuka dan layar blank warna putih? saya masih punya alternatif lain. Metode ke 4 ini merupakan langkah yang paling ekstrim yang dapat kamu lakukan, apabila semua cara mengatasi aplikasi myXL tidak bisa dibuka sebelumnya tetap tidak berfungsi . Coba lakukanlah langkah terakhir ini dan jaminan pasti ampuh.

Dengan melakukan reinstall aplikasi maka secara tidak langsung kita sudah mereset dan memperbarui aplikasi tersebut. Semua settingan dan sebagainya akan kembali ke default bawaan aplikasi. Cara reinstall myXL adalah:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myXL.
  5. Kemudian tap "Hapus Installasi".
  6. Jika aplikasi myXL sudah di Uninstall kemudian download ulang aplikasi myXL di Google Play Store.

Cara Mengatasi Aplikasi MyXL Error
Install aplikasi myXL ulang

Langkah di atas saya gunakan di smartphone Oppo, namun kita bisa menggunakan merk ponsel lain juga. Untuk cara reinstall aplikasi sama saja menurut saya antara oppo dan ponsel lain.

Bersihkan Memory Internal

Ruang penyimpanan internal yang penuh ternyata juga bisa menjadi penyebab kenapa myXL error. Meski terdengar aneh namun faktanya ruang penyimpanan memberi dampak signifikan terhadap performa ponsel. Internal memory yang penuh biasanya akan membuat ponsel menjadi lemot ketika mengakses suatu aplikasi. Hal inilah yang sebenarnya kalian rasakan ketika mencoba login myXL.

Jadi, bukan karena aplikasi myXL tidak terbuka tapi hanya saja loadingnya yang lama. Jadi cara mengatasi myXL tidak bisa dibuka karena problematika ini cukup sederhana. Silahkan kalian bersihkan file-file yang sudah tidak terpakai agar tak membebani kinerja HP.

Dengan mengikuti beberapa tutorial singkat di atas semoga masalah yang sobat alami dapat teratasi. Tutorial yang ada di atas memang tidak dapat menjamin work untuk semua versi hp. Tapi, saya sendiri sudah mencoba salah satu metode itu dan berhasil. Tapi jika dari ke 3 cara sebelumnya tidak work coba lakukan langkah ke 4 dijamin ampuh.

Paket Internet XL Hilang di Aplikasi

Meski berhasil mengatasi myXL tidak bisa dibuka tapi ternyata kita masih harus menghadapi problem lain. Tidak bisa beli paket XL menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pelanggan.

Akhirnya banyak yang bertanya kenapa XL error hari ini? apakah sedang terjadi maintenance server? jawabannya tidak. Ada kalanya myXL error ditandai dengan produk yang sudah tak lagi ada sehingga membuat pengguna ponsel merasa bingung. 

Sebenarnya bukan masalah aplikasi yang gagal memuat paket tapi memang produk tersebut sudah dihapus oleh pihak operator. Seperti yang kita tau, XL selalu memperbarui paket internet di myXL secara berkala. Perubahan itu tentu menyesuaikan kebutuhan serta tingkat persaingan di industri telekomunikasi.

Apabila sudah demikian maka tak ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan paket internet XL yang hilang. Pelanggan hanya bisa pasrah mencari alternatif produk baru yang lebih menguntungkan. Tapi dibalik penghapusan paket biasanya pihak XL akan memunculkan promo baru yang tak kalah menarik.

Maka dari itu, kalau memang sudah bisa mengatasi myXL tidak bisa dibuka tapi mendapati error sedemikian rupa tak perlu panik. Tunggu saja beberapa hari atau silahkan cari alternatif paket kuota yang lebih murah.

Kesimpulan

MyXL tidak terbuka memang jadi masalah serius yang harus dialami sejumlah pengguna. Potensi gagal login, paket tidak muncul, sampai loading lama terus jadi pertanyaan di tengah masyarakat. Oleh karenanya dalam sesi ini saya akan coba menjawab segala kerisauan tersebut.

Kenapa MyXL error hari ini

Ada banyak sekali penyebab kenapa MyXL error hari ini sehingga pelanggan tidak bisa membeli paket internet. Dari apa yang sudah saya jelaskan di atas sebenarnya kita bisa tarik kesimpulan bahwa faktornya bisa berasal dari internal maupun eksternal. Aplikasi belum update, ruang penyimpanan penuh, koneksi jelek, dan server XL down menjadi penyebab utamanya.

Berapa lama perbaikan MyXL hari ini

Sudah melakukan cara mengatasi MyXL tidak bisa dibuka tapi masih gagal? bisa jadi penyebabnya karena server down. Dalam beberapa kesempatan pihak operator akan melakukan pemeliharaan sekaligus perbaikan sistem secara berkala. Proses maintenance ini berpotensi menyebabkan MyXL error hari ini. Adapun berapa lama perbaikan myXL berkisar antara 4 jam lamanya.

Kenapa tidak bisa beli paket di MyXL

Sebagian pelanggan sudah berhasil mengatasi myXL tidak terbuka. Mereka yang sukses login myXL pun ternyata harus menelan kenyataan tidak bisa daftar paket internet. Lantas apa yang menyebabkan hal demikian terjadi? sebelum membeli pastikan kamu memiliki koneksi yang baik. Ada kalanya koneksi buruk sering membuat paket tidak muncul hingga menggagalkan transaksi.

Itulah beberapa tutorial singkat cara mengatasi aplikasi myXL error tidak bisa dibuka yang dapat saya berikan. semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau ditambahkan silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Tidak lupa, misal seluruh metode di atas masih gagal mengatasi aplikasi myXL blank layar putih dan error laporkan pada admin.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Aplikasi myXL Error Tidak Bisa Dibuka"