Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebar Terkecil di Opsi Pengembang Semua Merk HP (Recommended)

Lebar Terkecil di Opsi Pengembang Semua Merk HP (Recommended) - Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika pengguna berhasil mengubah resolusi layar HP. Mulai dari menurunkan kinerja ponsel sehingga konsumsi baterainya lebih hemat. Hingga meningkatkan kualitas dan pengalaman di kala bermain game menjadi lebih smooth, lancar, dan akurat.

Apakah mengubah layar HP jadi lebar terkecil harus mengaktifkan mode pengembang? Jawabannya adalah ya. fitur memperbesar ataupun memperkecil ukuran layar HP memang terletak pada developer mode. Setelah mengaktifkanya, barulah kalian bisa mengganti nilai DPI untuk mendapatkan keuntungan seperti yang saya sebutkan.

Lebar Terkecil di Opsi Pengembang Semua Merk HP (Recommended)

Ada beberapa metode yang bisa kita pakai untuk mengubah resolusi layar HP android. Mulai dari root perangkat, non-root, hingga menggunakan perantaran komputer dengan bantuan command prompt. Tapi tindakan semacam ini memiliki resiko kegagalan tinggi yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan ponsel.

Rasa penasaran bermula saat rekan saya bertanya berapa lebar terkecil di opsi pengembang redmi 9 miliknya. Untuk menjawab pertanyaan ini akhirnya saya coba bereksperimen sampai meraih konklusi. Ternyata ada banya manfaat serta resiko yang harus dihadapi ketika kita berurusan dengan opsi pengembang.

berapa DPI untuk mendapatkan lebar terkecil di opsi pengembang

Dalam artikel singkat kali ini saya akan coba memberi jawaban pada kalian yang sedang bingung menentukan berapa DPI yang sesuai untuk layar HP. Mengacu pada standar nilai terkecil layar HP maka dapat disimpulkan bawah:

Tipe HPDPI
HP standar (5 inci)320 dp
HP di atas 5 Inci480 dp
HP 7 Inci600 dp
Tablet 10 Inci700 dp

Nilai di atas diperoleh dari situs stackexchange yang notabenya menjadi forum diskusi khusus optimasi performa HP. Sehingga apa yang saya jabarkan bersumber dari pendapat sekaligus rekomendasi dari sejumlah orang.

Apabila DPI dinaikan dari angka standarnya maka dampak yang timbul adalah tampilan HP yang meliputi icon dan tulisan pun akan mengecil. Hal itu sering dilakukan oleh pengguna yang gemar bermain game online yang menuntut tingkat akurasi, serta kelancaran tinggi. Misalnya free fire, pubg mobile, Mobile legends, dan lain-lain.

Saya pun juga berhasil merangkum ukuran lebar terkecil di opsi pengembang HP vivo, xiaomi, redmi, hingga oppo. Nilai tersebut saya ambil berdasar penuturan pengguna yang memang sudah mencoba menyeting ponsel mereka lalu menyatakan nyaman.

Simaklah beberapa pengaturan DPI pada tabel berikut:

Tipe HPDPI
Xiaomi 6A420
Oppo A3s200
Redmi 7550
Redmi 9520
Redmi 9A600
Redmi 9C500
Redmi 9C (Upgrade MIUI 12.0.8)590
Redmi Note 9580
Vivo Y12i660
Vivo Y20550
Vivo Y20s540
Realme C21y500
Realme Narzo 20800
Realme C3600
Realme C31460
Realme 5600
Realme 6550
POCO M3550
POCO X3621

Banyak pakar hp yang merekomendasikan untuk tidak terlalu tinggi menaikan DPI. Sebab pengaturan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan HP mengalami bootloop. Hal itu pun sering dialami oleh hp kelas entry level yang notabenya tidak memiliki spesifikasi terlalu tinggi.

Sebagian lagi mengeluhkan bahwa mengubah DPI memang bisa memperkecil layar HP. Tapi juga menimbulkan efek samping seperti mengubah tatanan menu, membuat layar hp terpotong, dan masalah lain.

Oleh karenanya sebelum bereksperimen dengan opsi pengembang sebaiknya kita upgrade versi android terlebih dulu. Sebab riset nyatakan bahwa faktor penyebab gagalnya mengeclikan layar disinyalir juga karena versi android yang kurang kompatibel.

Untuk mendapatkan rasio lebar terkecil di opsi pengembang redmi 9 cukup naikan saja DPI sebanyak 200 dari nilai standarnya. Jadi misalnya kalian memakai HP redmi 9 yang notabenya berukuran 6,5 inci dengan 395 ppi. Maka kalian nilai maksimal DPI yang bisa kalian tambah adalah 595, meskipun saya sendiri lebih menyarankan untuk mengubahnya di 520 DPI.

Posting Komentar untuk "Lebar Terkecil di Opsi Pengembang Semua Merk HP (Recommended)"