Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek UBL Xiaomi via CMD, Booting, dan Opsi Pengembang

Cara Cek UBL Xiaomi via CMD, Booting, dan Opsi Pengembang - Unlock Bootloader adalah langkah awal yang wajib kalian lakukan sebelum memulai optimasi perangkat. Misalnya instal ROM versi terbaru, flash HP, dan lain sebagainya.

Setiap merk hp mempunyai versi bootloader berbeda dan mereka mengunci informasi tersebut rapat-rapat. Tujuannya tak lain agar pengguna tidak bisa memodifikasi HP seperti ganti ROM, atau memakai sistem operasi lain.

Cara Cek UBL Xiaomi via CMD, Booting, dan Opsi Pengembang

Tapi tindakan itu tidak menyurutkan niat sejumlah orang untuk mengoptimalkan kinerja ponsel mereka. Akhirnya banyak yang coba membuka kunci bootloader hp xiaomi miliknya dengan sejumlah metode.

Cara Cek UBL Xiaomi via CMD, Booting, dan Opsi Pengembang

Jika sebelumnya kalian sudah melakukan proses unlock tapi masih ragu apakah sudah work atau belum. Maka simaklah cara cek status UBL xiaomi yang akan saya sampaikan. Hingga kini, ada 3 metode yang tersedia yakni via CMD, cek saat hp booting, dan dari opsi pengembang. Ketiganya tentu memiliki langkah langkah yang berbeda, maka dari itu simaklah penjelasan saya sampai selesai.

Cek Status UBL via CMD

Cara mengetahui status unlock bootloader pertama yang akan saya ajarkan mengharuskan kalian memakai perangkan komputer/laptop. Metode satu ini sangat saya anjurkan bagi mereka yang tidak menggunakan ROM MIUI 8.

Cara cek UBL xiaomi via CMD memberikan informasi yang lebih akurat daripada dua metode lainnya. Hanya saja kalian harus insntall aplikasi tambahan terlebih dulu bernama "ADB Fastboot". Beberapa orang juga menyarankan menginstal "Driver v1.4.3" agar sambungan antara PC dan hp berjalan tanpa kendala.

Untuk lebih jelasnya simaklah langkah langkah cek status UBL xiaomi di bawah:

  1. Install ADB Fastboot & Driver.
  2. Masuk ke Mode Fastboot di HP xiaomi kalian dengan cara mematikan perangkat terlebih dulu. Lalu pencet dan tahan tombol power disertai volume bawah.
  3. Sambungkan HP ke perangkat PC dengan kabel USB/Tipe C.
  4. Lalu masuk ke folder isntalasi ADB. Biasanya letaknya di system C:\adb.
  5. Selanjutnya buka file adb.exe dengan cara klik kanan pilih open commmand window here.
  6. Pada jendela CMD ketika: fastboot oem device-info.
  7. Terakhir tap Enter untuk meliuhat status device unlocked.

Setelah menjalankan semua langkah di atas maka akan muncul informasi mulai dari device tampered, hingga display panel. Tapi kalian fokus saja pada informasi "Device Unlocked". Ada dua indikator yang perlu kalian hafalkan antara true dan false.

Apabila bertuliskan true maka status UBL xiaomi kalian sudah terbuka (unlocked). Tapi kalau yang muncul false maka artinya bootloader kalian terkunci (locked).

Cek Status UBL dari Mode Pengembang

Mode pengembang juga dapat memberitau kita apakah status UBL xiaomi sudah unlocked atau belum. Sayangnya fitur ini tidak sepenuhnya ada atau terlihat di menu pengaturan ponsel. Developer mode memang sengaja disembunyikan demi menjaga keamanan serta mencegah tindak penyalahgunaan.

Tapi ada kalanya fitur tersebut dimanfaatkan sejumlah orang demi meningkatkan kinerja ponsel mereka. Salah satu cara cek UBL xiaomi menurut saya relatif lebih mudah karena kita tak perlu repot mengisntal ADB fastboot atau menghubungkan hp ke komputer.

Caranya adalah:

  1. Aktifkan Mode Pengembang di ponsel terlebih dulu. Caranya: Masuk ke Menu Setting/Setelan, pilih About phone, Pada opsi MIUI Version silahkan tap sebanyak 7 kali.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Opsi Pengembang.
  3. Kemudian masuk ke MIUI Unlock Status.
  4. Apabila jendela baru memunculkan tulisan "This device is Unlocked" artinya perangkan kalian sudah unlock.
  5. Apabila jendela baru memunculkan tulisan "This device is Locked" artinya perangkan masih terkunci.

Meski lebih simpel daripada cek UBL via CMD tapi ternyata tidak semua pengguna memberi testimoni positif terhadapnya. Banyak yang mengeluh bahwasanya menu MIUI Unlock Status tidak ada di opsi pengembang. Ternyata penyebab hal demikian karena versi MIUI yang dipakai tidak kompatibel atau belum update.

Kegagalan tersebut biasanya terjadi pada perangkat HP lama keluaran tahun 2018 ke bawah. Oleh karenanya, kalau memang kalian masih memakai MIUI versi 8 lebih baik ikuti cara cek UBL xiaomi via CMD saja.

Cek Status UBL Saat HP Booting

Untuk mengetahui status unlock bootloader xiaomi terakhir dapat kita amati pada saat perangkat sedang booting. Cukup restart perangkat dan perhatikan icon gembok yang muncul ketika hp dalam proses menyala.

cara cek status UBL hp xiaomi
icon gembok pada saat booting

Perhatikanlah gambar di atas:

  1. Jika icon gembok terbuka dan bertuliskan Unlocked maka bootloader xiaomi kalian sudah unlock.
  2. Bila icon gembok terkunci dan tulisan yang muncul Locked artinya HP masih terkunci.

Cukup sekian cara cek UBL xiaomi yang dapat saya ajarkan kepada kalian. Apabila saat mempraktekan 3 metode di atas mengalami kendala maka jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Cara Cek UBL Xiaomi via CMD, Booting, dan Opsi Pengembang"