Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Lemot Pasti Berhasil

10 Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Lemot Pasti Berhasil - Indosat tidak ada sinyal, internet lemot, serta sinyal 4G tidak muncul sudah menjadi masalah klasik di kalangan pelanggan. Padahal stabilitas jaringan menjadi faktor krusial dalam membuat pertimbangan baik buruknya performa suatu provider.

cara memperkuat sinyal indosat pasti berhasil
kenapa sinyal jelek hari ini

Meski ada laporan sinyal internet indosat lemot tapi tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk tetap berlangganan. Hal itu berkat murahnya harga paket internet yang ditawarkan IM3 serta bonus yang terus menanti para pelanggan setianya. Untuk mengatasi problematika itu mereka lebih pilih mencari cara memperkuat sinyal indosat.

Apakah kamu salah satunya? jika iya jangan risau sebab saya akan jelaskan cara mengatasi sinyal indosat yang jelek. Selain itu, saya juga telah menyediakan berbagai tips dan trik mempercepat jaringan demi pengalaman pemakaian yang lebih baik.

10 Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Lemot Pasti Berhasil

Sinyal jelek atau internet lemot memang tak hanya dialami oleh indosat saja. Tapi hampir semua provider khususnya yang masih berkembang juga mengalami masalah yang sama. Misalnya saja TRI dan axis yang digadang memiliki harga paket internet murah tapi dengan kualitas jaringan buruk.

Sebelum mulai membahas cara memperkuat sinyal indosat alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dulu faktor penyebabnya. Dari faktor ini pengguna dapat menentukan langkah mana yang harus diambil sebagai jalan penyelesaian. Adapun alasan kenapa sinyal indosat jelek hari ini adalah:

  1. Pengguna ada di luar jangkauan sinyal.
  2. Cuaca buruk atau berada di area tertutup.
  3. Server error dan maintenance.
  4. Pengaturan jaringan ponsel yang salah.
  5. Internal memory penuh.
  6. Perangkat penangkap sinyal rusak.

Sebenarnya masih ada faktor minor lain yang jadi alasan buruknya jaringan indosat. Cara memperkuat sinyal indosat pun akhirnya jadi salah satu trik yang banyak dicari oleh pengguna ponsel.

Ada yang memberikan langkah praktis tapi ada juga metode kompleks tapi bertahan lama. Setelah mengetahui berbagai faktor di atas kini saatnya kita berfokus membahas solusinya.

Ganti Mode Jaringan

Cara memperkuat sinyal indosat pertama yang menurut saya paling ampuh adalah mengganti mode jaringan. Indosat sendiri merupakan operator yang masih berkembang dari segi infrastruktur serta pelayanan. Status itu ternyata membuat persebaran sinyal jadi kurang merata di beberapa daerah. Jadi bukan fenomena aneh apabila sinyal indosat jelek, 4G tidak muncul, atau internet indosat lemot.

Ada kalanya pengaturan jaringan ponsel memaksa untuk menangkap sinyal dengan versi terbaik yakni 4G. Tapi bagaimana jadinya kalau di daerahmu sinyal 4G masih belum stabil? tentu berbagai dampak negatif akan terasa. Lain halnya dengan kekuatan jaringan 3G yang notabenya sudah benar-benar mapan dari segi infrastruktur pasti persebarannya lebih merata.

cara memperkuat sinyal indosat
cara mengganti mode jaringan indosat

Maka dari itu cara memperkuat sinyal indosat yang dapat kalian lakukan yakni memfokuskan tangkapan sinyal hanya pada 3G Only. Adapun langkah langkah untuk mengubah mode jaringan HP adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setelan di hp masing-masing.
  2. Masuk ke menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  3. Pilih Slot SIM Card Indosat.
  4. Pilih Tipe jaringan prioritas.
  5. Selanjutnya, ganti mode jaringan ke 3G only.
  6. Simpan pengaturan.
  7. Selesai.

Beberapa merk ponsel memakai settingan default yang membuatnya menangkap jaringan secara otomatis. Bahkan generasi smartphone jaman sekarang memfokuskan sinyal pada 5G. Maka dari itu, tugas kita adalah mengubahnya ke sinyal 3G only sementara untuk mendapatkan peningkatan kekautan sinyal.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Tidak perlu mencari cara memperkuat sinyal indosat yang rumit karena sebenarnya ada trik sederhana. Mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat di HP ternyata bisa memperbaiki permasalahan jaringan yang kalian alami. Misalnya sinyal indosat jelek atau kecepatan internet lemot seperti penuturan sejumlah pelanggan.

cara memperkuat sinyal indosat yang lemot pasti berhasil
icon mode pesawat

Setiap ponsel pun juga sudah pasti dibekali dengan fitur airplane mode. Letaknya pun juga mudah untuk diakses karena kalian hanya perlu scroll down layar utama saja. Navigasi yang mudah ditemukan membuatnya jadi cara memperkuat sinyal indosat tercepat yang wajib kalian terapkan pertama kali.

Saat mode pesawat hidup maka perangkat penangkap sinyal akan mati seketika. Baik sinyal internet 3G, 4G, atau bahkan milik operator itu sendiri pun tidak akan masuk ke HP. Tapi ketika airplane mode dimatikan maka jaringan pun akan kembali seperti sediakala dengan konfigurasi yang baru.

Singkatnya, cara memperkuat sinyal indosat dengan mode pesawat memiliki prinsip mereset jaringan. Sehingga seluruh kendala baik itu internet lemot, sinyal jelek, dan lain-lain akan hilang. Apabila kamu malas menginstall aplikasi penguat sinyal atau melakukan konfigurasi lain tinggal lakukan saja trik ini secara berulang.

Install Aplikasi Penguat Sinyal Indosat

Aplikasi penguat sinyal indosat digadang mampu mengatasi berbagai permasalahan yang melanda pengguna ponsel. Di lain sisi, sekarang kita bisa menjumpai beragam jenis aplikasi seperti 4G signal booster, Internet booster, pinger, atau HSPA tweaker. Meski berlainan tapi semuanya memiliki konsep serta fungsi sama untuk mengatasi sinyal indosat jelek.

aplikasi penguat sinyal indosat
aplikasi penguat sinyal indosat

Jujur saja, saya memang belum pernah memakai cara memperkuat sinyal indosat satu ini. Tapi setelah menelusuri lebih lanjut ternyata sudah banyak testimoni positif bermunculan di kalangan masyarakat. HSPA tweaker dan 4G booster menjadi dua aplikasi yang memiliki rating terbaik di playstore. Review yang membahas aplikasi penguat sinyal di beberapa situs pun juga tak kalah baik sehingga membuatnya layak dicoba.

Sebenarnya aplikasi penguat sinyal indosat memiliki prinsip kerja yang sederhana. Setelah menginstal dan berjalan, aplikasi itu akan melakukan konfigurasi secara otomatis terhadap perangkat kita. Mulai dari mendeteksi kualitas sinyal terbaik sampai mengubah mode jaringan. Bahkan, beberapa jenis aplikasi mampu mengatur APN sendiri sehingga pengguna terhindar dari sinyal indosat jelek.

Terlepas berhasil atau tidaknya instalasi aplikasi penguat sinyal bersifat relatif. Ada yang menyatakan trik itu work karena memang mereka merasakan peningkatan kecepatan internet setelah menginstall. Tapi ada pula yang memberi testimoni negatif karena merasakan hal sebaliknya.

Pasang Sticker Alumunium

Hanya sedikit orang yang tau cara memperkuat sinyal indosat satu ini. Mayoritas menganggapnya sebagai suatu hal yang mengada-ada dan seolah mustahil. Tapi faktanya lapisan alumunium memang mampu menangkap sinyal elektromagnetik. Inilah alasan mengapa antena penangkap sinyal yang dipakai masyarakat selalu berbahan alumunium.

Internet lemot atau sinyal indosat jelek disebabkan karena frekuensi yang masih lemah di beberapa daerah. Hal itu merupakan imbas dari kurang meratanya pembangunan infrastruktur pihak operator. Fungsi sticker alumunium adalah untuk membantu mengumpulkan sinyal agar terpusat di satu titik.

Sehingga saat alumunium foil atau sticker itu terpasang maka kinerja penangkap sinyal di HP akan meningkat. Jika kalian tidak percaya cara memperkuat sinyal indosat yang jelek maka silahkan coba sendiri. Menurut saya trik alumunium foil jauh lebih efektif karena kemanapun pergi sinyal tidak akan hilang lagi.

Sticker alumunium biasanya dijual di e-commerce seperti shopee dan tokopedia dengan harga murah. Tapi kalau tak mau mengeluarkan biaya akan saya ajarkan bagaimana cara membuatnya sendiri dari bahan alakadarnya. Agar lebih jelas simaklah langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan alumunium foil.
  2. Pasang double tape.
  3. Tempelkan langsung di belakang ponsel secukupnya.

Setting APN Indosat

Sudah bukan rahasia lagi kalau mengganti APN jadi cara memperkuat sinyal indosat yang terbukti ampuh. APN sendiri merupakan salah satu syarat utama yang mampu menghubungkan perangkat ke jaringan. 

Tapi mengatur APN indosat merupakan suatu tindakan yang butuh kehati hatian. Sedikit saja kalian salah memasukan data maka akibatnya akan sangat fatal. Jangkan mengatasi sinyal indosat jelek justru hp tidak akan tersambung ke jaringan. Dampaknya, kamu tak akan mampu mengakses internet, nelpon, atau bahkan berkirim sms.

cara memperkuat sinyal indosat
setting apn indosat

Secara garis besar, kamu bisa membuka pengaturan APN melalui langkah langkah berikut:

  1. Buka menu setelan atau pengaturan di ponsel.
  2. Masuk ke menu Kartu SIM dan Jaringan.
  3. Setelahnya, pilih SIM Card utama yang dipakai untuk internetan.
  4. Pilih APN (Nama akses poin).
  5. Buat APN baru agar lebih aman apabila sewaktu waktu kita ingin merubahnya ke default.
  6. Isikan data APN.
  7. Simpan pengaturan.
  8. Selesai.

Sebenarnya APN tidak berfungsi untuk memperkuat sinyal Indosat yang jelek. Tapi pengaturan APN lebih menekankan pada optimasi jaringan internet yang mulanya lemot jadi lebih cepat. Nah, kalau memang permasalahan kalian pada stabilitas koneksi maka silahkan praktekan metode di atas.

Dalam artikel terpisah saya sudah mengajarkan bagaimana cara setting APN indosat tercepat. Kalau memang berminat dan ingin memakai metode tersebut silahkan menuju ke pembahasan artikel di atas.

Tukar Slot SIM Card

Cara memperkuat sinyal indosat anti gagal yang juga wajib kamu coba adalah memindahkan slot SIM. Seiring perkembangan jaman kini HP sudah support dual SIM sehingga memungkinkan untuk memasang kartu selain indosat. Fakta yang jarang diketahui publik adalah tangkapan sinyal antara SIM 1 dan 2 itu berbeda.

Apabila kamu menempatan kartu IM3 di slot sim 2 maka bisa jadi itu merupakan penyebab kenapa sinyal indosat jelek. Di lain sisi, SIM 1 memiliki kemampuan menangkap sinyal lebih baik karena fokus kinerja tertuju padanya.

Maka dari itu, tidak salah apabila saya tetapkan metode ini sebagai cara memperkuat sinyal indosat yang sederhana tapi efektif. Tidak percaya? kamu bisa mencobanya sendiri lalu sampaikan testimoni di kolom komentar.

Beli Kuota Add-on Untuk Paket Unlimited

Paket internet unlimited termasuk salah satu produk unggulan yang banyak dibeli oleh pelanggan. Bukan tanpa alasan karena memang paket tersebut memberi akses internet tanpa batas selama sebulan penuh.

Meski pelanggan berhak mengakses internet tanpa kuota tapi ternyata paket unlimited tetap memiliki kelemahan. Apabila FUP habis maka kecepatan akan turun drastis dan saya jamin kalian tak akan menyukainya.

Beberapa orang yang tak sadar pasti akan menganggap kalau sinyal indosat lemot atau gangguan. Tapi sebenarnya penyebab kenapa saat streaming, gaming, dan browsing lag karena kuota FUP sudah habis. Bila kondisinya demikian kalian tak perlu mencari cara memperkuat sinyal Indosat seperti yang sudah saya ajarkan.

Salah satu solusi cepat adalah membeli kuota add-on sesuai kebutuhan. Alternatif lain saya sarankan kalian mengaktifkan paket berbasis kuota reguler saja meski harganya sedikit lebih mahal. Atau, jika tak ingin mengeluarkan biaya silahkan ganti APN dan pakai bug indosat untuk terhubung ke internet dengan kecepatan stabil.

Restart Ponsel

Merestart ponsel memiliki banyak sekali manfaat yang jarang disadari oleh para pengguna. Mulai dari internet lemot, sinyal indosat jelek, atau bahkan performa HP menurun bisa selesai berkatnya. Meski sederhana tapi ternyata cara ini sangatlah efektif dan banyak yang sudah mencobanya.

Cara memperkuat sinyal indosat yang ingin saya rekomendasikan selanjutnya ialah merestart ponsel. Mungkin kalian tidak memerlukan panduan khusus terkait langkah langkah menghidupkan ulang HP. Sebab pelanggan hanya perlu menekan tombol power selama kurun waktu 5 detik saja sampai perangkat mati lalu menghidupkannya kembali.

Pada dasarnya, restart ponsel memiliki konsep yang sama layaknya reset jaringan tapi dalam skala yang lebih besar. Saat merestart HP maka seluruh software dan hardware akan terhenti sejenak dan beroperasi kembali dalam keadaan yang lebih prima.

Sehingga bukan cuma kekuatan sinyal indosat saja yang bertambah tapi HP pun pasti juga bekerja lebih cepat dan ringan.

Cari Sumber Sinyal Terbaik

Ada kalanya semua cara memperkuat sinyal indosat di atas tidak work sama sekali dan hanya menyisakan tanda tanya besar. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Jika kalian mengalami kasus demikian boleh jadi faktor penyebabnya murni karena tidak ada frekuensi sinyal operator.

Walaupun mengupayakan segala cara kalau memang di daerahmu tidak tercover jaringan indosat maka semua akan sia-sia. Misalnya saja saat kamu berada di basement apartemen atau mall sudah pasti sinyal indosat jelek karena terhalang oleh beton. Kasus itu juga pernah saya alami saat traveling ke area pegunungan yang sudah pasti tak ada sinyal provider seluler.

Cara mengatasi sinyal indosat jelek faktor tersebut hanya satu yakni berpindah tempat dan pergi ke area terbuka. Apabila kondisi ponsel berada pada kondisi normal harusnya saat sudah mencapai area tertentu kekuatan sinyal akan bertambah sendiri.

Biasanya sinyal internet yang paling kuat ada di daerah terbuka bebas dari halangan. Teori ini pun juga diperkuat oleh fakta bahwa pengguna yang ada dalam gedung dan dikelilingi tembok beton cenderung mendapat sinyal lemah.

Bersihkan Internal Memory

Cara memperkuat sinyal indosat di atas berhasil tapi masih belum merasakan peningkatan kecepatan internet? mungkin bukan jaringannya yang error namun perangkatmu yang lemot. Terkadang perangkat yang terbebani akan menimbulkan efek lemot saat memproses suatu perintah. Jadi ketika pelanggan scroll tiktok, browsing, atau streaming tiba-tiba terhenti karena memang kinerja ponsel melemah.

Salah satu faktor penyebabnya datang dari internal memory yang penuh sehingga memangkas performa HP. Maka dari itu, kalau ingin terhindar dari pengalaman buruk saat memakai internet alangkah baiknya kamu bersihkan ruang penyimpanan secara berkala.

Ponsel jaman sekarang biasanya sudah menyertakan aplikasi bawaan khusus untuk perawatan perangkat. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menganalisis data yang sudah tidak terpakai lalu menghapuskan.

Apps semacam ini bahkan juga mampu membersihkan RAM dengan memangkas kinerja aplikasi yang berjalan di latar belakang. Kalau merasa kurang puas, kalian dapat menginstall aplikasi tambahan seperti clean master atau Ccleaner. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama layaknya software bawaan tapi dengan sedikit tambahan fitur bermanfat lain.

Cek Kondisi Fisik HP

Walaupun sudah mengikuti cara memperkuat sinyal indosat yang lemot tapi masih belum membuahkan hasil? Besar kemungkinan ada masalah pada komponen penangkap sinyal di ponsel kalian. Sejauh pengalaman saya memang ada beberapa merk ponsel keluaran cina yang rawan terkena masalah ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa HP selalu dibekali dengan komponen penangkap sinyal bernama IC Signal. Apabila bagian itu mengalami kerusakan maka sudah pasti kekuatan untuk menangkap sinyal pasti akan melemah.

Memperbaiki ponsel ke konter ataupun gerai sevice jadi solusi utama apabila kalian mengalami hal demikian. Berapa biaya service IC HP? harganya relatif berkisar antara 100 sampai 300 ribuan untuk sekali service.

Sambungkan ke WiFi

cara memperkuat sinyal indosat di kala keadaan genting mau atau tidak kita harus menyambungkan HP ke perangkat lain. Wifi menjadi opsi terbaik kalau memang kamu sedang butuh koneksi internet berkecepatan tinggi.

Untuk mendukung mobilitas yang tinggi kamu dapat memakai perangkat modem, mifi, atau router. Sekarang sudah banyak bertebaran modem portable yang bisa dibawa kemanapun sehingga kualitas sinyal indosat dapat terjaga. Cukup beli lalu pindahkan kartu IM3 kamu ke perangkat pemancar sinyal tersebut.

Mungkin cukup sekian cara mengatasi sinyal indosat jelek yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Baik sinyal 4G tidak muncul, sinyal hilang, atau internet lemot pada dasarnya memiliki penyebab yang beragam. Ada yang datang dari faktor ponsel tapi sebagian juga datang dari buruknya infrastruktur jaringan indosat itu sendiri.

Sebagai pelanggan kita pun kembali dituntut harus maklum dan mencari alternatif untuk mengakali problematika tersebut. Setelah membaca informasi di atas semoga tidak ada yang bertanya bagaimana cara memperkuat sinyal indosat yang jelek lagi.

Posting Komentar untuk "10 Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Lemot Pasti Berhasil"