Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme - Kamus adalah fitur yang sudah tak asing dijumpai pada hp jaman sekarang. Fitur ini terdiri dari auto correct yang notabenya berfungsi untuk memperbaiki kesalahan penulisan, predikis kata, emoji, dan lain-lain. Sekilas memang fungsional dan bermanfaat karena membantu terhindar dari typo.

cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi
menonaktifkan kamus hp

Tapi fungsinya untuk mempermudah pengguna justru malah jadi bumerang dan menciptakan ketidak nyamanan. Banyak yang mengeluh tidak bisa mengetik menggunakan gaya bahasa singkat karena dituntut harus sesuai EYD. Inilah alasan kenapa banyak orang bertanya cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi dan HP china lain.

HP xiaomi dan brand HP cina lain biasanya memakai keyboard bawaan dari google yang notabenya mengadopsi kamus otomatis sebagai salah satu fiturnya. Masyarakat yang kurang familiar dengan merk hp seperti vivo, realme, dan xiaomi mungkin mengalami kesulitan mengatur ponselnya.

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme

Masing-masing jenis ponsel memiliki mode pengaturan yang berbeda. Tapi sebenarnya cara mematikan kamus di keyboard sama saja hampir di semua hp. Jadi kalian tak perlu bertanya bagaimana cara menonaktifkan fitur autocorrect hp xioami, vivo, oppo secara terpisah. Karena sebenarnya metodenya sama saja mengingat ketiganya termasuk kategori HP china.

Saya sendiri adalah pengguna hp samsung yang baru saja beralih ke xiaomi POCO X5 dan langsung kaget dengan fitur kamus tersebut. Selain kurang nyaman keberadaan kamus autocorrect itu justru malah menganggu pada saat berkirim pesan. Padahal berkirim pesan memakai singkatatan ataupun kata tidak baku antar rekan sejawat sudah jadi kebiasaan masyarakat 

Akhirnya saya coba cari cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi sendiri. Apabila kalian juga merasa terganggu dan ingin mematikan kamus di keyboard xiaomi simaklah langkah langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Setelan / Pengaturan.
  2. Pilih Setelan Tambahan.
  3. Masuk ke Bahasa dan Masukan.
  4. Pada menu Metode Masukan, silahkan pilih Atur Keyboard.
  5. Pilih Gboard.
  6. Maka akan muncul berbagai fitur keyboard HP Xiaomi.
  7. Pilih Koreksi Teks.
  8. Matikan opsi Tampilkan strip saran.
  9. Matikan opsi Koreksi otomatis.
  10. Matikan Periksa ejaan.
  11. Simpan pengaturan.

Xiaomi sendiri sebenarnya masuk dalam kategori HP china favorit yang benar-benar laku di pasaran. Bersama dengan brand merk Oppo, Vivo, Realme, Poco, dan Infinix ia menghadirkan fitur yang hampir serupa. Tak hanya autocorrect saja tapi juga saran kata sampai ejaan otomatis pun juga turun jadi bekal ponsel tersebut.

cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi
Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi

Setelah menghilangkan kamus di keyboard HP cina bisa dipastikan kalau kita akan lebih leluasa pada saat berkirim pesan. Pada dasarnya, kita bisa mengatur semua fitur bantuan itu sesuai kebutuhan dan keinginan. Saya pribadi lebih suka mengaktifkan opsi kapitalisasi otomatis aja. Sehingga setelah memberikan tanda titik atau berganti paragraf maka huruh pertama akan jadi besar sendiri.

Mungkin cukup sekian cara menghilangkan kamus di keyboard Xiaomi yang dapat saya sampaikan. Ingat bahwa Trik di atas tak hanya work untuk HP xiaomi dan Poco saja. Tapi kalian juga bisa menonaktifkan fitur keyboard otomatis itu di hp Vivo, Oppo, dan realme karena brand itu masih termasuk HP cina.

Apabila dalam kontekstualisasinya kalian menjumpai kesulitan maka jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar yang tersedia. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih sudah menyempatkan membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme"