Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka - Get contact adalah platform aplikasi yang kini sedang trend di tengah masyarakat. Fungsinya untuk mengidentifikasi nomor tidak dikenal benar-benar efektif untuk mencegah tindak penipuan dan spam. Banyak yang memanfaatkan aplikasi cek nomor tersebut agar lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi.

Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka
Getcontact tidak terbuka

Namun, beberapa hari belakangan para pengguna mengeluhkan bahwa getcontact error. Permasalahan tidak bisa login getcontact, getcontact tidak bisa dibuka, sampai tidak bisa verifikasi ponsel pun berkembang menjadi rumor.

Cara mengatasi getcontact tidak bisa dibuka pun akhirnya banyak dicari oleh masyarakat. Sebab memang banyak yang memerlukan atau mungkin tertarik untuk mencoba semua fitur yang ada pada aplikasi itu. Apakah kalian salah satunya? apakah getcontact tidak bisa dibuka? jika iya maka simaklah baik-baik artikel di bawah.

6 Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka

Berkomunikasi jarak jauh kini sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Dalam rutinitas, terkadang kita sering menerima panggilan dari nomor tidak dikenal. Hal semacam inilah yang terkadang menjadi tanda tanya nomor itu milik siapa, dari provider apa, dan lain sebagainya.

Apabila yang menghubungi adalah teman lama maka tidak menjadi masalah, tapi bagaimana kalau ternyata nomor spam? tentu akan timbul rasa tidak nyaman. Getcontact pun hadir untuk mengetahui identitas pemilik nomor apabila ada panggilan misterius. Tak heran apabila getcontact error tidak bisa dibuka bisa membuat usernya merasa insecure.

Ada beberapa cara mengatasi getcontact tidak bisa dibuka ataupun isu lainnya. langkah penanganannya menyesuaikan masalah yang kalian alami. Apakah tidak bisa login getcontact, gagal verifikasi telepon, atau tag get contact hilang.

Dalam artikel kai ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi getcontact error di hp masing-masing. Semoga setelah membaca penjelasan berikut kalian bisa membuka getcontact dengan lancar.

Kenapa Getcontact Tidak Bisa Dibuka

Memahami penyebab kenapa getcontact error tidak terbuka menjadi salah satu kunci utama untuk menyelesaikan probleatika tersebut. Karena dengan identifikasi yang benar maka pengguna bisa menentukan langkah serta metode apa yang harus diambil.

Adapun beberapa faktor kenapa getcontact tidak bisa dibuka adalah:

  1. Cache penuh.
  2. Belum update aplikasi ke versi baru.
  3. Aplikasi corrupt
  4. Koneksi internet jelek.
  5. Device tidak support.
  6. Memory internal penuh.

Itulah sebagian faktor yang menyebabkan getcontact tidak terbuka di ponsel pengguna. Setelah memahami lalu mengidentifikasi faktor di atas maka tibahlah saatnya kita mengambil tindakan nyata. Akan saya ajarkan cara mengatasi getcontact error tidak bisa dibuka step by step.

Nyalakan Mode Pesawat

Ada kalanya getcontact tidak bisa dibuka karena koneksi internet yang lambat. Terlebih kalian berada di daerah dengan cakupan sinyal lemah kurang stabil pasti sering mengalami masalah tersebut. Faktor ini mengacu pada get contact sendiri yang merupakan platform aplikasi berbasis online sehingga memerlukan sambungan internet.

Baca juga: 4 Cara Menghapus Nomor yang Terdaftar di Getcontact Agar Hilang

Cara mengatasi getcontact error tidak bisa dibuka paling mudah yakni mengaktifkan mode pesawat terlebih dulu. Meski terdengar sepele namun sebenarnya opsi mode pesawat sangat efektif sebagai solusi problematika jaringan. 

Mode pesawat adalah fitur pasti ada di semua hp kekinian. Mode pesawat berguna untuk mematikan semua fungsi komunikasi seluler, termasuk sinyal telepon, Wi-Fi, dan paket data. Mode ini dapat menjadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah koneksi internet tidak stabil saat menggunakan aplikasi GetContact. Apabila belum paham, maka simaklah langkah berkut:

  1. Swipe ke bawah halaman utama ponsel untuk mengaktifkan homepage menu.
  2. Cari icon bergambar pesawat.
  3. Tap satu kali untuk mengaktifkannya.
  4. Tunggu sampai sinyal operator hilang dan berganti icon pesawat.
  5. Tap kembali untuk menonaktifkan.
  6. Selesai.

Ganti Mode Jaringan

Karena persebaran infrastruktur jaringan di Indonesia belum merata membuat pengguna sering merasakan gap. Saya pun sering merasakannya karena tinggal di pedesaan yang notabenya masih minim sinyal internet. Meski memakai telkomsel, terkadang indikator 4G sering hilang atau lemot ketika dipakai untuk aktivitas online.

Sering kali kita coba memaksa ponsel untuk menangkap sinyal hanya pada 4G only saja. Padahal jika di wilayah tersebut sulit sinya 4G maka settingan yang kalian pakai tidak akan berguna. Ha ini bisa menyebabkan getcontact error seperti tidak bisa login, aplikasi tidak terbuka, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka dengan ganti mode jaringan
Ganti mode jaringan getcontact

Saya sudah siapkan opsi lain apabila cara mengatasi getcontact tidak bisa dibuka setelah memakai mode pesawat tetap gagal. Kalian harus memprioritaskan tipe jaringan agar internet lebih stabil saat membuka getcontact.

Cara mengganti mode jaringan setiap merk hp berbeda. Saya pribadi memakai hp samsung sehingga langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke menu koneksi atau jaringan.
  3. Pilih jaringan seluler.
  4. Pilih mode jaringan pada SIM Card yang dipakai
  5. Ubah settingan ke 3G Only.
  6. Simpan pengaturan.
  7. Selesai.

Lakukan reset jaringan untuk merasakan perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan metode di atas. Saran saya, saat membuka getcontact usahakan mencari sumber sinyal terbaik agar aplikasi lancar pada saat login.

Clear Cache Aplikasi

Tidak bisa membuka getcontact dengan benar? boleh jadi penyebabnya karena file cache yang menumpuk. Cache sendiri merujuk pada file tidak terpakai yang mengendap sebagai residu. Semakin lama maka makin banyak pula cache yang menumpuk dan membebani kinerja aplikasi.

Hal itu berlaku pula untuk getcontact yang notabenya termasuk aplikasi yang intens dipakai. Cara mengatasi getcontact terror tidak bisa dibuka paling sederhana yakni clear cache terlebih dulu. Apabila belum paham ikutilah langkah langkah berikut:

  1. Buka menu pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke menu pengaturan aplikasi.
  3. Pilih kelola aplikasi.
  4. Scroll dan cari aplikasi getcontact.
  5. Pilih opsi clear cache.
  6. Selesai.

Sebenarnya kita memiliki kewajiban untuk menjaga kinerja ponsel agar tetap prima. Hanya saja tidak semua orang mengetahui cara melakukan hal tersebut. Setelah proses selesai harusnya kalian sudah bisa membuka getcontact tanpa mengalami kendala apapun. Sebab file residu sudah dibersihkan sehingga membuat kinerja aplikasi jadi ringan. Jika memang get contact masih tidak terbuka maka lanjutkan ke metode selanjutnya.

Bersihkan Data Aplikasi

Apabila clear cache sama gagal mengatasi getcontact tidak bisa dibuka ada baiknya kalian bersihkan semua data di aplikasi. Cara ini memang lebih ekstrim karena kita akan menghapus semua informasi yang tersimpan mulai dari detail login, pengaturan, dan lain-lain.

Singkatnya, hapus data bekerja layaknya mereset aplikasi kembali seperti baru. Kalau dalam bahasa awamnya reset pabrikan. Sehingga saat coba membuka getcontact user harus mengulangi proses login dan verifikasi telepon kembali. Langkahnya hampir sama seperti metode sebelumnya, yakni:

  1. Buka menu setting.
  2. Masuk ke menu pengaturan aplikasi.
  3. Tap kelola aplikasi.
  4. Scroll dan tap icon getcontact.
  5. Pilih opsi clear Data.
  6. Selesai.

Perlu saya garisbawahi setiap jenis dan merk hp memiliki pengaturan yang berbeda. Saya sendiri mempraktekan cara di atas pada hp samsung keluaran tahun 2017 2018. Silahkan sesuaikan langkah di atas sesuai merk dan tipe hp karena masing-masing memiliki tata letak serta pengaturan berbeda.

Update Getcontact

Cara mengatasi getcontact tidak bisa dibuka selanjutnya bisa kita lakukan dengan mengupdate versi terbaru aplikasi. Sebab ada beberapa kasus dimana pengguna mengeluh sering mengalami error pada versi tertentu.

Jika getcontact error dan sering keluar sendiri kemungkinan ada bug di aplikasi tersebut. Solusi paling aman yakni melakukan update ke versi terbaru agar segala kegagalan sistem bisa teratasi.

Baca juga: 4 Cara Login Getcontact Tanpa Verifikasi Telepon

Di lain sisi, pihak developer sendiri juga selalu memperbarui versi dan menutup segala celah bug yang ada. Sehingga user pun bisa terus memakai semua fitur get contact tanpa perlu takut mengalami kendala.

Cara update getcontact adalah:

  1. Buka Playstore atau Appstore.
  2. Search getcontact di kolom pencarian.
  3. Tap update untuk mulai mengunduh veris pembaruan.
  4. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Selamat, aplikasi sudah terupdate ke versi terbaru.

Reinstall Getcontact

Menginstall ulang aplikasi menjadi cara mengatasi getcontact error tidak bisa dibuka yang paling ekstrim. Karena dengan mencopot pemasangan semua data tersimpan baik itu cache, pengaturan, dan lain-lain akan hilang.

Versi yang tidak kompatibel dengan device ponsel juga terkadang menjadi penyebab kenapa getcontact tidak bisa dibuka. Maka dari itu, banyak yang melakukan pencopotan pemasangan atau reset pabrikan. Hanya saja metode ini memang sangat jarang dipakai kecuali trik yang saya jelaskan sebelumnya belum work.

Cara reinstall getcontact yakni:

  1. Buka menu aplikasi.
  2. Cari icon get contact.
  3. Tap dan tahan selam 3 detik, maka akan muncul pop up menu baru.
  4. Pilih copot pemasangan.
  5. Tunggu sampai proses uninstall selesai.
  6. Selanjutnya, install getcontact dari playstore untuk kembali menggunakannya.
  7. Selesai.

Mungkin cukup sekian dulu penjelasan yang dapat saya sampaikan. Secara garis besar get contact memang sudah jadi aplikasi yang populer di tengah masyarakat. Fungsinya yang bermanfaat mencegah nomor spam dan tidak dikenal menjadi pertimbangan utama mengapa pengguna menginstalnya.

Tapi kita juga tidak bisa menampik fakta kalau getcontact memang sering error. Mulai dari tidak bisa login, gagal verifikasi telepon, tag hilang, dan lain-lain. Saya harap  cara mengatasi getcontact tidak bisa dibuka pada penjelasan di atas bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Getcontact Error Tidak Bisa Dibuka"