Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Mengatasi Jaringan TRI Lemot dan Mempercepat Koneksi

14 Cara Mengatasi Jaringan TRI Lemot dan Mempercepat Koneksi - Koneksi internet sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang mulai tak tergantikan. Lewat internet kita bisa saling terhubung dan mengakses informasi untuk menunjang aktivitas sehari hari. Tapi fakta di lapangan mengatakan banyak pelanggan mengeluh jaringan internet TRI lemot.

jaringan tri lemot
Jaringan internet TRI lemot

Padahal semua orang pasti ingin merasakan pengalaman nyaman ketika terhubung ke internet. Sebab sinyal kuat dan stabil menjadi salah satu parameter kenyamanan pemakaian. Semua operator pun akhirnya berlomba lomba mewujudkan harapan pengguna ponsel tersebut. Begitu pula pelanggan kini sibuk mencari cara mempercepat internet TRI yang lemot.

Beberapa hari terakhir saya sering mendegar keluhan muncul dari kalangan pengguna kartu 3. Meski menawarkan paket kuota besar dengan harga jauh lebih murah tapi provider ini tak luput dari kekurangan. Kenapa jaringan tri lemot padahal 4G ada dan sinyal full tapi saat dipakai internet sering terputus? Fenomena itu pun akhirnya menimbulkan tanda tanya besar di tengah pelanggan.

14 Cara Mengatasi Jaringan TRI Lemot dan Mempercepat Koneksi

Kartu 3 termasuk salah satu operator seluler yang masih berkembang di tengah sengitnya persaingan industri telekomunikasi. Berkat usahanya, tri pun berhasil menarik minat masyarakat lewat serangkaian promo yang dihadirkan. Misalnya paket internet 5GB seharga 5 ribu rupiah yang hadir tempo hari.

Bahkan tak jarang pula pihak operator memberi kuota gratis tri tanpa syarat kepada penggunanya. Sehingga saya pun berani merekomendasikannya untuk kalian para generasi milenial yang tinggal di perkotaan. Lalu kenapa banyak orang mencari cara mengatasi jaringan TRI lemot dan cara mempercepat intenet TRI?

Walaupun menawarkan paket murah, tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa mayoritas pelanggan lebih mengutamakan internet cepat dan stabil. Hal tersebut secara otomatis menjadi PR besar bagi provider 3 yang notabenya belum mampu memaksimalkan pembangunan infrasturktur. Inilah alasan kenapa jaringan tri lemot dan sering terputus saat dipakai beraktivitas.

Kenapa Jaringan Tri Lemot

Karena masih termasuk provider yang berkembang maka persebaran jaringan tri pun menurut saya kurang merata. Setidaknya ada empat sampai lima sebab kenapa internet 3 lemot sampai berimbas pada kecepatan internet.

Faktor tersebut bisa berasal dari keadaan cuaca, infrastruktur, atau justru dari user itu sendiri. Oleh karenanya, sebelum belajar cara mengatasi jaringan tri lemot alangkah baiknya kita simak terlebih dulu penyebabnya.

Sinyal TRI Jelek

Kekuatan sinyal yang baik menjadi salah satu indikator agar kita terhindar dari jaringan internet tri lemot dan lelet. Aspek tersebut seolah menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh semua provider tanah air. Masalah itu timbul sebab masih terbatasnya infrastruktur pembangunan operator kartu 3.

Hal itu terbukti dari jumlah tower pemancar yang masih sedikit yang persebarannya belum merata. Tak heran jika mayoritas pertanyaan kenapa jaringan tri lemot berasal dari orang yang tinggal di wilayah pedesaan. Karena pada daerah tersebut masih minim sinyal 4G sehingga kualitas internet pun lambat.

Menariknya, banyak orang percaya cara mengatasi jaringan TRI lemot dapat ditempuh dengan beberapa metode. Mulai dari setting APN, memasang alat penguat sinyal, dan lain sebagainya.

Cuaca Buruk

Indonesia adalah negara tropis yang mempunyai cuaca tak menentu. Ada kalanya saat terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat atau badai mengakibatkan terganggunya pancaran sinyal provider. Apakah kalian merasakan penurunan kualitas jaringan  padahal sinyal 4G full? jika iya maka ada indikasi sinyal terganggu oleh cuaca buruk.

Tidak ada cara mengatasi jaringan TRI lemot ataupun cara mempercepat internet TRI yang berfungsi apabila sudah berhadapan dengan cuaca buruk. Solusi terbaik yakni menunggu serta berharap pihak operator lekas memperbaiki kualitas infrastruktur mereka.

Jadi saran saya, jangan bertanya kenapa jaringan tri jelek hari ini karena cuaca yang buruk sekarang tidak bisa diprediksi. Sebagai imbasnya, pelanggan akan sering mengalami internet lemot, tidak stabil, bahkan bar sinyal hilang begitu saja.

Masalah IP Address

Masing-masing ponsel memang memiliki alamat ip berbeda untuk terhubung ke internet. Tapi secara garis besar gateway serta network id yang dipakai tak sepenuhnya berbeda karena melewati jalur yang sama. Faktor inilah yang terkadang bisa menjadi penyebab kenapa jaringan 3 lemot.

Masalah ini ditandai dengan gejala jaringan tri lemot padahal 4G muncul dan indikator sinyal full. Karena network id menampung terlalu banyak host akhirnya terjadilah rebutan bandwith yang menyebabkan internet lemot.

Sebenarnya saya sudah pernah menjelaskan cara mempercepat internet tri dalam artikel sebelumnya. Namun sepertinya pembahasan saya kurang spesifik untuk masalah yang dialami sebagian pelanggan. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan berikan cara mengatasi jaringan tri lemot lewat beberapa metode.

Setting APN TRI

Mengganti default apn adalah salah satu cara mengatasi jaringan TRI lemot yang menurut saya cukup ampuh. Metode ini telah terbukti mampu mempercepat internet TRI yang lelet pada perangkat ponsel, tablet, pc, bahkan modem sekalipun.

Pada dasarnya ada banyak sekali server apn 3 yang dapat kita pakai sesuai kebutuhan. Misalnya untuk akvitas streaming, mengakses facebook, instagram, download, hingga untuk game online. Masing-masing memiliki pengaturan berbeda.

Tapi dalam artikel kali ini saya akan berikan beberapa APN TRI tercepat yang menjadi andalan saya. Setelah menyamakan pengaturan saya harap tak ada lagi yang bertanya kenapa jaringan TRI lemot hari ini.

Cara setting apn 3:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Masuk ke pengaturan jaringan (koneksi).
  3. Pilih menu jaringan seluler.
  4. Pilih Nama Akses Poin.
  5. Samakan pengaturan seperti pada tabel di bawah.

DataKeterangan
NamaAPN Tri Tercepat
APNLTE
Proxy-
Port-
Username rate-
Pass-
ServerNot Set

Itulah cara mengatasi jaringan TRI lemot dengan mengatur APN. Sebenarnya masih ada banyak sekali format setting apn tri yang ingin saya sampaikan. Tapi akan lebih baik kalau saya membahasnya dalam artikel selanjutnya saja.

Ganti Mode Jaringan

Mengubah mode jaringan dari 4g ke 3g maupun sebaliknya ternyata juga bisa jadi jawaban kenapa jaringan tri lemot dan lelet. Trik ini cukup ampuh diterapkan ketika kalian bepergian ke luar kota yang notabenya masih minim sinyal 4G. Karena infrastruktur yang belum stabil maka sangat disarankan untuk memprioritaskan jaringan ke 3G only saja.

Cara mengatasi jaringan TRI lemot satu ini tak banyak diketahui oleh publik karena teknisnya lebih ke pengaturan ponsel. Kalian tak perlu mencari data APN, install aplikasi, ataupun membeli perangkat tambahan.

Cara ganti mode jaringan sebenarnya cukup mudah karena pelanggan tak perlu menginstall aplikasi ataupun memasukan data seperti pada trik sebelumnya. Jika kalian tertarik maka simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Masuk ke menu koneksi.
  3. Pilih jaringan seluler.
  4. Pilih kartu sim.
  5. Setting prioritas jaringan ke 3G only.
  6. Simpan pengaturan.

Walau terdengar aneh namun banyak orang yang memberi testimoni positif di berbagai media. Cara mengatasi internet TRI lemot satu ini lebih memfokuskan kinerja ponsel daripada mengotak atik settingan jaringan. Ketika kita pilih mode jaringan 3G maka ponsel hanya akan menangkap pancaran sinyal itu saja dan mengabaikan 2 mode lainnya.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi jaringan tri lemot selanjutnya yakni dengan memanfaatkan airplane mode. Mode pesawat adalah fitur yang harusnya ada di semua merk hp berbasis android maupun IOS. Secara garis besar fitur ini berfungsi untuk memutus koneksi baik sinyal operator hingga internet sekalipun.

Jadi, ketika pelanggan mengaktifkan mode pesawat maka ponsel miliknya tak akan terhubung ke jaringan manapun. Meski demikian kalian jangan salah menilai karena sebenarnya kita bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mempercepat internet 3.

Cara reset jaringan dengan mode pesawat adalah:

  1. Swipe ke bawah pada halaman utama ponsel.
  2. Tap icon pesawat sampai fitur aktif.
  3. Tunggu sampai sinyal 3 hilang dan bar indikator berubah jadi silang.
  4. Tap kembali icon pesawat untuk mematikan airplane mode.

Meski terdengar sepele tapi faktanya cara mengatasi jaringan TRI lemot di atas memang terbukti ampuh di beberapa perangkat. Semua itu bisa terjadi karena pengguna mendapatkan ip address baru sehingga koneksi pun lebih fresh dan terasa cepat. Jika dalam pemakaiannya kalian mengalami masalah internet tri lemot lagi maka ulangi kembali langkah di atas.

Pasang Aplikasi Penguat Sinyal

Aplikasi penguat sinyal kini jadi salah satu software yang cukup populer di tengah masyarakat. Banyak yang memberikan testimoni positif setelah menginstalnya pada ponsel. Kendati demikian tak sedikit pula yang masih meragukan mekanisme serta prinsip kerjanya. Boleh jadi memasang aplikasi tersebut menjadi jawaban kenapa jaringan TRI lemot di beberapa waktu.

Sejujurnya saya belum pernah mencoba cara mengatasi jaringan TRI lemot menggunakan aplikasi penguat sinyal. Sebab saya sendiri sudah cukup puas dengan beberapa metode sebelumnya yang lebih aman dan natural.

Tapi, kalau memang kalian mau memakai opsi satu ini maka saran saya install aplikasi resmi yang terdaftar di playstore. Hindari pula pemakaian yang mengharuskan pengguna root HP terlebih dulu karena kurang aman.

Cara mempercepat internet TRI satu ini saya dapatkan atas saran seorang rekanan yang mengisntall aplikasi sejenis. Kedepannya akan saya kupas tuntas tentang aplikasi penguat sinyal apa yang paling recommended dan aman.

Cek Sisa Kuota

Kartu 3 menawarkan berbagai produk paket internet sesuai kebutuhan masyarakat. Mulai dari paket berjangka mingguan, bulanan, hingga unlimited dijual dengan harga cukup murah. Nah, ada kalanya pelanggan terlena dengan paket unlimited sehingga lupa bahwa layanan tersebut memiliki syarat dan ketentuan.

Ternyata kuota FUP yang habis bisa menjadi penyebab kenapa jaringan tri lemot padahal 4G ada dan sinyal full. Kita tau bahwa FUP (fair usage policy) mengatur batas wajar pemakaian. Ketika pelanggan sudah mencapai FUP maka secara otomatis kecepatan internet pun akan menurun drastis.

Itulah mengapa kalian merasakan performa serta kinerja jaringan ponsel kalian menurun. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? mudah saja, pelanggan hanya perlu mengisi ulang kuota atau beli paket add on. Saya pun pernah membahas cara beli kuota add on paket unlimited tri di artiksel sebelumnya.

Secara garis besar masing-masing operator mempunyai kekurangan serta kelebihan tersendiri. Hal ini juga berlaku untuk provider kartu 3 yang diklaim sebagai perdana khusus anak muda. Paket internetnya memang terkesan murah tapi sebagai pelanggan kita harus selalu siap dengan kemungkinan sinyal yang kurang stabil.

Kembali lagi saya ingatkan bahwasanya kartu 3 memang kurang memiliki infrastruktur jaringan yang memadahi. Sehingga kita sebagai pelanggan pun juga harus maklum terhadap segala kendala yang ada. Itulah artikel singkat tentang cara mengatasi jaringan tri lemot yang dapat saya sampaikan. Jika kalian mempunyai pertanyaan lain atau kendala silahkan ajukan lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "14 Cara Mengatasi Jaringan TRI Lemot dan Mempercepat Koneksi"