Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Menerima Panggilan

Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Menerima Panggilan - Nelpon secara konvensional memang memberikan pengalaman tersendiri dalam berkomunikasi. Sinyal yang kuat serta stabil membuat kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih daripada saat kalian memakai whatsapp/mesenger. Harga paket nelpon murah simpati, kartu AS, dan loop yang ditawarkan pun cukup murah bahkan menggiurkan.

Meski memiliki segudang kelebihan tapi operator satu ini tak luput pula dari kekurangan. Misalnya berbagai kesalahan sistem serta regulasi yang. Beberapa pelanggan pun mengeluhkan nomor telkomsel tidak bisa menerima panggilan telpon dan SMS. Lantas apa yang menyebabkan masalah tersebut?

Hp tidak bisa menerima panggilan sebenarnya bisa menimpa siapa saja, seperti pada pengguna kartu AS maupun simpati. Problematika itu terkadang terasa sangat mengganggu terlebih jika kita aktif berinteraksi lewat ponsel. Akhirnya kita terpaksa berjibaku mencari penyebab sekaligus solusinya. Meski demikian segala upaya serta tindakan juga belum tentu mampu mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Menerima Panggilan

Telkomsel menjadi salah satu penyedia layanan telekomunikasi yang menawarkan kualitas jaringan terbaik. Lewat harga paket murah serta stabilitasnya berhasil menciptakan pengalaman menyenangkan pada saat nelpon, SMS, dan internet.

Sayangnya, beberapa pelanggan masih kurang puas dengan kualitas yang didapatkannya. Tak sedikit yang akhirnya mengubah pengaturan untuk memperoleh performa sesuai keinginan. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja asalkan kalian mengerti settingannya. Tapi apa jadinya jika kita asal-asalan dalam mengubah data di dalam ponsel?


Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Menerima Panggilan
HP tidak bisa menerima panggilan

Alih-alih mendapatkan sinyal kuat ataupun kualitas suara stabil. Beberapa pelanggan justru mengalami kendala ketika hendak mengangkat telpon dari nomor lain. Maka dari itu perlu tindakan cepat jika tak ingin jalur komunikasi terganggu. Jika kebetulan ponselmu sedang mengalami hal serupa maka simaklah artikel di bawah sampai selesai. karena saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi telkomsel tidak bisa menerima panggilan telpon.

Kenapa HP Tidak Bisa Menerima Telepon

Ada kalanya seorang pelanggan kebingungan kenapa tidak bisa mengangkat telpon dari nomor lain. Berbagai spekulasi pun berkembang di tengah masyarakat untuk mencari kebenaran dari masalah tersebut. Di lain sisi, mencari sumber yang menjadi penyebab pun tak kalah penting agar problematika di atas tak terluang kembali.

Lantas kenapa telkomsel tidak bisa menerima telepon? inilah pertanyaan yang banyak diajukan pelanggan. Beberapa pengguna berasumsi provider mengalami error tapi hal ini belum tentu benar. Karena dalam beberapa kasus cara setting jaringan hp serta pengaturan mode panggilan pun juga menjadi faktor penyebabnya.

Dalam sesi ini mari kita simak faktor-faktor yang mungkin menyebabkan hp tidak bisa mengangkat telepon. Diantaranya adalah:

  • Setting panggilan telepon salah.
  • Sinyal jelek.
  • Kartu terblokir.
  • Nomor belum registrasi.
  • Kartu berada di masa tenggang.

Kita sudah mengetahui beberapa kemungkinan serta faktor penyebab hp tak bisa mengangkat telpon dari faktor karu perdananya. Lantas bagaimana cara megnatasi nomor telkomsel tidak bisa menerima panggilan?

Matikan Fitur Jangan Ganggu

Mode jangan ganggu biasanya diaktifkan oleh pengguna ponsel yang doyan bermain game. Untuk menghindari segala kemungkinan buruk saat aktivitas gaming akhirnya pemilik hp pun membatasi panggilan masuk. Ketika hal ini terjadi maka hp tidak akan muncul notifikasi apapun baik itu chat whatsapp, telpon, bahkan SMS.

Sayangnya sebagian pelanggan telkomsel sering lupa mematikanya dan terbawa menjadi kebiasaan. Sehingga munculah masalah nomor telkomsel tidak bisa menerima panggilan dari nomor lain. Bukan berarti kita tidak bisa pencet tombol terima tapi lebih karena notifikasi tak muncul.

Cara mengatasi telkomsel tidak bisa mengangkat telpon karena fitur jangan ganggu sebenarnya cukup mudah. Pelanggan hanya harus mematikannya dari slide menu di layar depan. Untuk lebih jelasnya simaklah tutorial di bawah:

  1. Masuk layar utama.
  2. Slide ke bawah untuk memunculkan menu cepat.
  3. Matikan mode jangan ganggu.

Cek Pengaturan Panggilan

Cara mengatasi telkomsel tidak bisa menerima panggilan telepon pertama bisa kamu mulai dari cek pengaturan di ponsel. Beberapa pelanggan sering mengganti-ganti pengaturan ponselnya untuk memperoleh performa terbaik. Tapi dalam prosesnya terkadang sering menimbulkan dampak negatif pada beberapa pengaturan.

Taukah kalian pada beberapa merk hp seperti xiaomi, vivo, atua oppo memiliki settingan yang agak unik. Di dalamnya kalian akan menjumpai fitur "panggilan dialihkan". Lantas apa fungsinya? fitur tersebut memungkinkan kita untuk mengalihkan telfon dari nomor lain layaknya mode jangan ganggu.

Jika kita mengaktifkan mode ini maka panggilan dari nomor lain akan langsung dialihkan. Lantas bagaimana cara mengatas telkomsel tidak bisa menerima panggilan telpon karena dialihkan? inilah yang menjadi pertanyaan utama. Kalian bisa reset pengaturan panggilan dengan cara:

  1. Masuk ke menu setting di ponsel.
  2. Lanjut ke pengaturan panggilan.
  3. Silahkan pilih reset settingan panggilan.
  4. Selesai

Setting Manual Mode Jaringan

Mode jaringan juga bisa menjadi penyebab segala masalah panggilan serta SMS yang kalian alami. Fitur satu ini ada di semua merk ponsel dan bertanggung jawab untuk menangkap frekuensi sinyal operator.

Mode jaringan yang diatur otomatis menangkap dan memverifikasi sinyal kadang justru menjadi bumerang tersendiri. Alih-alih mendapat performa terbaik justru pengaturan ponsela kan salah. Inilah alasan mengapa nomor telkomsel tidak bisa menerima panggilan telkomsel.

Hal tersebut juga pernah saya alami ketika berada di daerah pedesaan yang notabenya minim sinyal operator. Ketika saya cek jaringan ternyata otomatis memakai pengaturan operator axis padahal posisi perdana saya adalah telkomsel. Nah, jika kalian tidak familiar dengan menu pengaturan maka simaklah tutorial di bawah:

  1. Masuk ke menu setting.
  2. Pilih setelan jaringan seluler.
  3. Masuk setelan kartu SIM.
  4. Pilih jaringan seluler.
  5. Setting manual sesuai operator yang kalian pakai.
  6. Langkah terakhir save.

Cara mengubah sinyal ke mode manual tersebut saya terapkan pada hp merk xiaomi poco X3 nfc. Tapi secara garis besar langkah-langkah di atas bersifat universal. Maknanya merk ponsel lain tak akan jauh berbeda dari apa yang telah saya jabarkan.

Buka Blokir No Telkomsel

Semua HP pastinya memiliki fitur pemblokiran untuk menghindari nomor yang tak diinginkan. Tapi terkadang fitur tersebut justru jadi penyebab kenapa no telkomsel tidak bisa menerima panggilan telepon. Ada kalanya secara sengaja atau tidak kita telah memblokir nomor kontak milik rekan sehingga notif tidak muncul.

Mungkin kesalahan tersebut terdengar sepele tapi faktanya sering terjadi khususnya pada mereka yang kurang teliti. Saya pun pernah mengalami ketika seorang rekan tidak bisa nelpon karena panggilan dialihkan secara terus menerus. Ternyata letak kesalahan terletak pada user yang teledor pada saat memfilter panggilan masuk.

Cara mengatasi telkomsel tidak bisa menerima panggilan yang satu ini hanya berfungsi untuk nomor spesifik. Apabila pernah merasa memblokir nomor tapi ternyata salah maka kalian dapat membukanya dengan langkah langkah.

  1. Buka menu Kontak.
  2. Masuk ke Pengaturan Kontak.
  3. Pilih opsi Daftar Blokir.
  4. Silahkan buka blokir nomor yang dirasa perlu.
  5. Simpan pengaturan.

Mengembalikan Nomor Terblokir

Nomor terblokir adalah keadaan dimana kartu perdana sudah tak bisa lagi kita pakai untuk menjalani aktivitas. Misalnya berkomunikasi dua arah baik menerima telpon, kirim SMS, mengakses internet, dan sebagainya. Bahkan jika nomor tersebut sudah hangus maka sudah tidak akan mampu menangkap pancaran sinyal operator.

Kasus nomor terblokir juga sering terjadi ketika pelanggan gagal memasukan pin dengan benar. Akhirnya munculah masalah kartu telkomsel tidak isa menerima panggilan telpon karena nomor terkunci. Hal ini menjadi sebab kenapa telkomsel tidak bisa menerima panggilan telpon ataupun whatsapp.

Pernahkah kamu mendengar istilah PIN dan PUK? Keduanya merupakan metode pengaman ponsel yang cukup merepotkan. PIN adalah digit kode yang berfungsi untuk memverivikasi kartu serta ponsel. Sedangkan PUK adalah nomor identifikasi untuk membuka PIN jika kalian lupa berapa kodenya.

Jika nomor terblokir secara otomatis kalian tidak bisa menerima panggilan telpon dari nomor lain. Jika kalian hafal nomor PIN dan kode PUK telkomsel hal ini tidak menjadi masalah besar. Tapi bagaimana jika ternyata kamu lupa? Bukan cuma terkendala dalam hal komunikasi tapi nomor pun juga akan hangus. Maka dari itu kita harus mencari alternatif serta solusi.

Cara mengatasi telkomsel tidak bisa menerima panggilan karena nomor terblokir tidak bisa kalian lakukan sendiri. Pelanggan harus pergi ke grapari dan meminta customer service untuk membuka blokir tersebut. Nah, adapun syarat yang harus disiapkan diantaranya adalah:

  • Kartu perdana yang terblokir.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy KK.

Poin penting yang harus kalian ketahui yakni ingat nomor terakhir yang sering diajak berkomunikasi. Pasalnya customer service akan mengajukan pertanyaan demikian untuk memverifikasi kepemilikan kartu.

Restart Ponsel

Memuat ulang ponsel menjadi opsi paling mudah jika kalian bingung dan tak tau apa yang harus dilakukan. Meski sudah menggunakan tiga cara di atas tapi beberapa pelanggan masih mengalami kendala yang sama. Jika sudah seperti ini maka permasalahan kemungkinan datang dari bug atau system error. Entah itu berasal dari ponsel maupun operator itu sendiri.

Tanpa perlu saya jelaskan seharusnya kalian sudah tau bagaimana cara restart ponsel. Yakni dengan pencet tombol power selama 3 detik lalu pilih matikan. Alangkah baiknya kalian tunggu 15 detik terlebih dahulu sebelum mulai mengaktifkannya kembali.

Mengapa demikian? tujuannya agar seluruh bug di dalam ponsel hilang sepenuhnya. Selain itu, waktu 15 detik cukup untuk mendinginkan perangkat agar nantinya hp bisa running maksimal.

Saya rasa cukup sekian artikel yang sedikit banyak membahas cara mengatasi telkomsel tidak bisa menerima panggilan telepon dari sesama maupun operator lain. Pada dasarnya, semua kendala pasti ada sebab akibat yang saling terhubung. Tugas kita sebagia pengguna adalah mengurai masalah tersebut lalu mencari solusi terbaiknya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Bisa Menerima Panggilan"