Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome yang Terhubung Dengan Mudah

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome yang Terhubung Dengan Mudah - Indihome menjadi penyedia layanan internet rumahan terbaik di Indonesia dengan segudang kelebihan. Didukung teknologi fiber optic membuat setiap layanannya berjalan secara optimal tanpa ada kendala berarti. Hal ini pun diperkuat berbagai testimoni positif dari pelanggan tentang kecepatan serta stabilitas koneksi yang diperoleh pasca berlangganan.

Meski demikian provider ini tak lepas dari beberapa kekurangan seperti sulitnya navigasi dan pengaturan wifi. Pasalnya indihome tidak membekali layanan maupun device dengan aplikasi all in one yang bisa dikontrol dari ponsel. Jadi untuk mengatur segala sesuatu seperti ganti sandi, ubah ssid, dan mengetahui pengguna wifi indihome harus lewat default IP router.

Sudah bukan rahasia lagi jika wifi gratis menjadi buruan penikmat internet di tengah masyarakat. Untuk mewujudkannya banyak orang mencari cara cek password wifi milik orang lain dan mulai mengakses internet. Kejadian semacam inilah yang harus kita hindari sebagai pelanggan wifi internet rumahan.

Apa yang terjadi jika password wifi diketahui oleh orang? tentu saja beban bandwith akan bertambah dan membuat koneksi menjadi lemot. Inilah alasan kenapa kita harus selalu melihat pengguna wifi indihome yang terhubung secara berkala. Jika ada sejumlah user tanpa otoritas maka pelanggan disarankan untuk langsung mengganti sandi agar tak mengganggu stabilitas internet. Lebih pentingnya lagi, kalian bisa menjaga agar kuota FUP tidak cepat habis karena dicuri oleh orang lain.

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome yang Terhubung Dengan Mudah

Apakah kalian merasakan internet indihome lemot? lazimnya hal ini tak mungkin terjadi karena teknologi fiber optic menjaga kecepatan tetap stabil. Terlebih kita jarang memakai wifi untuk kepentingan berat seperti streaming, download, maupun upload. Besar kemungkinan problematika tersebut disebabkan oleh banyaknya user yang tersambung ke wifi milik kita. Beban yang berlebih akhirnya membuat bandwith terpecah dan menjadi faktor utama kenapa internet indihome lemot.

Di lain sisi, kehadiran penyusup yang diam-diam mencuri dan membajak wifi memang sangat menyebalkan. Solusi paling jitu untuk mengatasi masalah itu tak lan adalah dengan mengganti sandi secara berkala dan tak membagikannya ke publik. Tapi kita harus tetap melihat pengguna wifi indihome yang terhubung lebih dulu sebagai bentuk preventif agar kejadian serupa tak terulang.

Dengan rutin melihat pengguna yang terhubung ke wifi indihome maka juga bisa mengontrol pemakaian kuota. Singkatnya, kalian bisa lebih menghemat FUP dengan memutuskan koneksi yang memang tidak diperlukan dari router. Masalahnya, tak semua orang tau bagaimana cara mngatur atau bahkan login ke perangkat pemancar sinyal tersebut.
Pada dasarnya ada tiga jenis router wifi indihome yang saat ini masih banyak dipakai oleh pelanggan. Diantaranya adalah merk Huawei yang notabenya keluaran pertama, router ZTE, dan fiberhome sebagai device terbaru. Masing-masing tentunya memiliki interface serta detail login berbeda. Maka dari itu dalam kesempatan ini saya ingin membagikan cara mengetahui pengguna wifi indihome yang terhubung dengan mudah.

Indihome Fiberhome

Fiberhome adalah nama router internet rumah terbaru yang diluncurkan oleh indihome. Secara garis besar device pemancar sinyal satu ini memiliki bentuk fisik dan fungsi hampir sama seperti pendahulunya. Perbedaanya terletak pada interface serta spesifikasi yang memang khusus untuk jaringan fiber.
Cara Login Router Fiberhome Indihome
Login Router Fiberhome

Ketika baru pertama kali pasang wifi indihome maka router inilah yang akan kalian peroleh. Dengan kata lain pihak Telkom memang memberikan modem merek Fiberhome ini untuk para pengguna baru. Adapun cara mengetahui pengguna wifi Indihome yang tersambung pertama yaitu:
  1. Langkah pertama yaitu yaitu membuka web browser dan login di 192.168.1.1, maka anda akan dibawa ke halaman login secara otomatis.
  2. Kemudian isi default username dan password. Jika belum tau maka silahkan cek bagian bawah atau belakang router.
  3. Misalnya username: user, password: user1234.
  4. Setelah itu anda akan di bawa ke halaman admin, lalu buka pada menu Status - Wireless Status - Wifi Clients List. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome Fiberhome
Cara melihat pengguna wifi indihome

Pada menu di atas kita dapat melihat pengguna Wifi indihome yang terbuhung pada router. Pelanggan juga bisa mengatur accesspoint lewat dashboard fiberhome seperti mengganti sandi, hide ssid, ganti tipe jaringan, dll. Sayangnya perangkat tersebut tak bisa memblokir atau memutuskan koneksi user secara sepihak. Sehingga saat password wifi bocor maka kalian harus mengganti baru agar tak diketahui orang lain.

Indihome ZTE

ZTE adalah merk router pemancar sinyal wifi generasi kedua yang sampai saat ini masih dipakai oleh beberapa penyedia layanan internet rumahan. Interface yang sederhana membuat pelanggan mudah memahami seluruh konfigurasi di dalamnya. Meski demikian beberapa orang masih tak mengetahui bagaimana cara melihat user wifi indihome karena lagi-lagi pihak telkom tidak membekali router ZTE dengan aplikasi portable.
Cara Login Router ZTE Indihome
Login Router ZTE

Cara mengetahui pengguna wifi Indihome selanjutnya terdapat pada Indihome ZTE. Cara melihat pengguna wifi Indihome ZTE tersebut hampir sama dengan Indihome Fiberhome karena login aksesnya menggunakan alamat yang sama, meskipun dashboard adminnya berbeda. Berikut langkah langkahnya yaitu:
  1. Masuk ke address bar dan ketikkan 192.168.1.1, kemudian anda akan dibawa ke halaman login seperti pada gambar sebelumnya.
  2. Kemudian isi username : admin dan password : admin.
  3. Setelah itu anda akan masuk pada halaman admin dan klik pada menu Network - WLAN - Associated Devices. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
Tampilan Halaman Admin
Cara melihat user yang terhubung ke wifi indihome

Menurut saya pribadi cara mengetahui pengguna wifi indihome di router ZTE memang agak lebih kompleks daripada merk fiberhome. Meski demikian, perangkat pemancar sinyal satu ini menawarkan opsi pengaturan yang cukup menarik pada menu Wifi Restrictions dimana pelanggan bisa memblokir user.

Indihome Huawei

Jika saya tidak salah ingat Huawei adalah merk router generasi pertama indihome yang pada kala itu dipakai untuk speedy. Dari dua jenis sebelumnya internface huawei menurut saya yang paling buruk dan rumit dari segi navigasi, pengaturan, maupun tampilan. Wajar saja jika beberapa pelanggan tak tau bagaimana cara melihat pengguna wifi indihome yang terhubung di perangkat huawei.

Efektivitas pancaran sinyalnya pun juga masih kalah dengan dua penerusnya yang berpotensi membuat internet jadi lemot. Dari problematika inilah akhirnya saya tergelitik untuk menulis tutorial singkatnya. Jika boleh memberi saran tambahan alangkah lebih baik kalian melakukan upgrade layanan dan minta penggantian device. Mintalah merk fiberhome atau setidaknya ZTE daripada harus pusing dengan interface usang.

Cara login router huawei indihome
Login Router Huawei

Secara garis besar cara login ke dashboard pengaturan router satu ini memang berbeda default IPnya juga beda. Bagaimana cara mengetahui pengguna wifi indihome yang terhubung dengan router huawei? mudah saja. Kalian hanya perlu mengakses default IP untuk login terlebih dahulu. Untuk lebih helasnya simaklah pembahasan di bawah:
  1. Langkah pertama yaitu membuka web browser dan ketikkan 192.168.100.1.
  2. Kemudian anda akan masuk ke halaman login secara otomatis.
  3. isi account : telecomadmin dan password : admintelecom.
  4. Setelah itu anda akan masuk pada halaman admin.
  5. kemudian tap pada menu Status - User Device Information. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Tampilan pada Halaman Admin


Kalian bisa cek pengguna wifi indihome yang terhubung dari menu tersebut secara lengkap. Tapi apakah perangkat ini bisa mematikan atau memblokir user? pertanyaan ini belum terjawab. Karena sampai sekarang saya belum berkesempatan untuk mencoba secara langsung router huawi. Jika kalian memiliki info lebih lanjut tentang pengaturan, kelebihan, atau kekurangan access point tersebut maka silahkan berikan komentar.

Cara mengetahui pengguna wifi Indihome tentunya tidak jauh berbeda dengan cara membatasi jumlah pengguna pada wifi Indihome tersebut. Hanya saja menu yang digunakan berbeda, meskipun caranya sama. Melihat pengguna Wifi yang terhubung dengan Indihome kita tentunya memiliki berbagai manfaat seperti menjaga kestabilan kecepatan internet, membuat perangkat menjadi sesuai saat tersambung, mengendalikan kuota internet yang dimiliki dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai cara mengetahui pengguna yang terhubung ke Wifi Indihome dengan mudah. Cara melihat pengguna wifi Indihome yang saya bagikan di atas ditujukan untuk merk Indihome Fiberhome, ZTE dan Huawei. Jika kalian mengalami kesulitan atau kegagalan pada proses login maka silahkan ajukan pertanyaan lewat kolom komentar. Atau misalkan ingin membatasi user silahkan baca artikel sebelumnya karena sudah saya bahas secara lengkap.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome yang Terhubung Dengan Mudah"