Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan VoLTE Smartfren yang Tidak Muncul

Cara Mengaktifkan VoLTE Smartfren yang Tidak Muncul - Smartfren VoLTE merupakan layanan yang tercipta dari keterbatasan jaringan 4G LTE. Melalui Volte pelanggan bisa saling berkirim pesan maupun nelpon ketika memakai koneksi 4G LTE only tanpa mengalami penurunan kualitas. Masalahnya, tak semua pelanggan tau apa itu VoLTE dan bagaimana konsep dari layanan smartfren satu ini.

Lazimnya, ketika melakukan ataupun menerima panggilan ponsel kita dipaksa untuk menurunkan kualitas jaringan karena pembagian jalur pemakaian sinyal yang berbeda. Ya, perlu kita ketahui bahwa nelpon konvensional dan internet memiliki jalur koneksi yang berbeda satu sama lain. Maka dari itu tidak heran ketika kita sedang bermain game dan tiba-tiba ada yang menelpon jaringan akan langsung drop begitu saja.

Apa itu smart volte dan cara menggunakan volte smartfren
Apa itu smart VoLTE dan cara mengaktifkan VoLTE smartfren

Untuk menstabilkan sinyal ketika 4G LTE aktif, maka digunakanlah layanan smart VoLTE yang notabennya bisa mengirim dan membuat panggilan tanpa harus merubah kualitas sinyal awal. Apakah layanan ini bermanfaat? tentu iya karena pelanggan tetap bisa menikmati pemakaian internet secara normal sekalipun sedang dalam panggilan.

Lebih uniknya lagi, meskipun memakai jalur 4G tapi aplikasi VoLTE tidak memerlukan data internet karena seluruh biaya panggilan sepenuhnya dibebankan pada pulsa. Apakah anda salah satu pengguna yang ingin beranjak ke layanan VoLTE smartfren? jika iya maka simaklah artikel ini hingga selesai. Karena saya akan memberikan penjelasan terkait bagaimana cara menggunakan smart volte besutan operator smartfren.

Cara Mengaktifkan VoLTE Smartfren yang Tidak Muncul

VoLTE merupakan akronim dari Voice over LTE yang bisa juga disebut nelpon lewat jaringan 4G LTE. Sama seperti namanya, layanan smartfren ini memerlukan syarat utama 4G LTE dan perangkat yang memadai agar bisa berjalan lancar. Fakta menarik terkait VoLTE adalah anda tidak akan menemukannya pada operator seluler lain karena di Indonesia baru smartfren saja yang menyediakannya.

Di lain sisi, kita juga tidak bisa begitu saja menyebut VoLTE sebagai manifestasi dari voice call pada aplikasi seperti whatsapp yang menggunakan data internet. Namun, malah lebih merujuk pada sistem komunikasi konvensional yang memakai pulsa sebagai biayanya.

VoLTE smartfren juga tidak sepenuhnya menumpang jaringan 4G untuk bisa tetap memperkuat pemakaian sinyal walaupun dalam panggilan. Melainkan layanan ini memanfaatkan IP Multimedia Subsystem yang mana merupakan sebuah jalur khusus tanpa memakai data sedikitpun.

Karena memiliki dua jalur yang berbeda, akhirnya aktivitas yang berhubungan dengan data tetap bisa berjalan lancar meskipun kita melakukan panggilan suara ataupun video. Penjelasan ini sekaligus menjawab beberapa pertanyaan kenapa sinyal 4G sangat tidak stabil ketika menerima panggilan ataupun sedang nelpon.

Apa itu Smartfren VoLTE

Dalam artikel kali ini sedikit banyak kita akan membahas apa itu smart volte yang dikeluarkan oleh smartfren. Apa saja manfaat serta kelebihannya jika dibandingkan layanan nelpon konvensional. Kita juga akan mempelajari bagaimana cara mengaktifkan volte smartfren dengan benar.

Pengertian VoLTE adalah bentuk migrasi sekaligus perluasan dari layanan 4G yang dikembangkan oleh provider smartfren. Kita pun harus ingat kembali bahwa smartfren memiliki latar belakang berbeda dengan operator seluler lainnya. Meskipun provider ini sedang berada dalam perjalanan migrasi dari kartu CDMA ke GSM namun smartfren tetap ingin mempertahankan kelebihan mereka dalam hal komunikasi suara.

Sebelum saya memberikan tutorial cara mengaktifkan VoLTE Smartfren untuk nelpon ke operator lain dan sesama. Ada baiknya anda simak pengertiannya terlebih dahulu agar lebih memiliki. Dari rangkuman singkat dan pengantar itu kita bisa menyimpulkan apa itu volte smartfren, Pengertiannya ialah:

Smart VoLTE adalah layanan komunikasi suara berbasis jaringan 4G. Jadi pelanggan tidak perlu menurunkan kualitas jaringan menjadi 3g atau 2g ketika nelpon ataupun berkirim pesan. Dengan demikian aktivitas internet dan multitasking lainnya tetap berjalan lancar.

Fungsi VoLTE Smartfren

Dari deskripsi singkat tentang apa itu VoLTE smartfren di atas tentu kita sudah memiliki sedikit gambaran. Namun apa sebenarnya kelebihan dan fungsi VoLTE pada smartfren dibanding layanan sejenis lainnya? berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan VoLTE smartfren yang bisa anda dapatkan:

  1. Karena memakai fitur HD Voice, pelanggan bisa menikmati panggilan dengan suara jernih.
  2. Lebih menghemat konsumsi baterai ponsel.
  3. Durasi calltime yang lebih lama 1.5 jam daripada aplikasi sejenis.
  4. Set up call layanan smartfren VoLTE hanya memakan waktu 1-2 detik saja. Tentunya lebih cepat daripada nelpon konvensional yakni butuh waktu lebih dari 5 detik untuk menghubungkan.
  5. Support video call.
  6. Bisa dipakai multitasking (browsing, download, nelpon) di waktu bersamaan.
  7. Hanya memakai 1 aplikasi saja, jadi pelanggan tidak merasa ribet.
  8. Tidak memakan paket data.

Saat pertama kali registrasi perdana smartfren pasti akan muncul icon LTE di bar sinyal masing-masing yang menandakan bahwa fitur berjalan sebagaimana mestinya. Tapi ada juga yang berkeluh kalau VoLTE smartfren tidak muncul bahkan saat pertama kali kartu dimasukan.

Belum lagi, asumsi sejumlah orang bahwa layanan VoLTE smartfren akan menghabiskan kuota internet karena konsepnya yang memakai jaringan 4G. Seketika terbayang biaya nelpon akan dibebankan pada paket data internet layaknya aplikasi instant messaging lain seperti line, whatsapp, telegram dan sebagainya.

Namun anggapan tersebut ditepis oleh operator smartfren yang menyebutkan kalau tarif VoLTE sama persis seperti nelpon konvensional. VoLTE smartfren tidak muncul akhirnya jadi permasalahan yang harus diselesaikan karena berpotensi mengganggu komunikasi antar pengguna.

Cara Mengaktifkan VoLTE Smartfren

Hingga saat ini hanya provider smartfren saja yang menawarkan layanan VoLTE di Indonesia. Tentunya hal ini merupakan sebuah kemajuan tersendiri meskipun operator yang satu ini dicap memiliki kualitas jaringan yang buruk. Namun seiring berjalannya waktu smartfren terus berinovasi melakukan pembaruan dan perawatan jaringan hingga berbuah manis melahirkan layanan smart volte.

Syarat utama untuk menikmati layanan nelpon tanpa gangguan, delay, dan tetap bisa multi tasking jelas kita harus menggunakan perdana smartfren 4G. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutorial berikut:

  1. Beli dan aktifkan terlebih dahulu nomor smartfren 4G milik anda.
  2. Aktifkan layanan smartfren VoLTE melalui panggilan 888 atau datag ke gerai smartfren terdekat.
  3. Install aplikasi Smart VoLTE yang bisa didapatkan lewat playstore.
  4. Buka dan lakukan pengaturan dasar pada aplikasi.

Seperti yang sudah saya tegaskan sebelumnya bahwa VoLTE smartfren memiliki konsep yang hampir sama dengan komunikasi suara konvensional. Dengan kata lain, biaya panggilan akan dibebankan pada tarif pulsa sesuai dengan kebijakan operator tersebut.

Smartfren mematok tarif 5 rupiah per detik atau setidaknya 240 rupiah untuk tiga menit pertama khusus panggilan ke sesama. Namun jika kalian ingin memakai layanan VoLTE ke operator lain smartfren mengenakan tarif yang agak mahal yakni 18 rupiah per detik atau 900 rupiah untuk 3 menit pertama.

Menurut saya, harga itu termasuk murah mengingat fasilitas dan kelebihan yang didapatkan pelanggan jauh diatas rata-rata paket nelpon murah ke sesama ataupun semua operator. Bila tertarik, maka praktekan cara mengaktfikan volte smartfren di atas.

VoLTE Smartfren Tidak Muncul

Dalam beberapa kasus langka ada pelanggan yang mengeluhkan smart volte apk tidak muncul dan error melenceng dari fungsinya. Misalnya tidak bisa membuat panggilan, aplikasi error tidak bisa dibuka, hingga proses inisialisasi yang tidak kunjung selesai. Beragam masalah tersebut tentu membuat pengguna berpikir dua kali dan menyimpulkan bahwa aplikasi VoLTE smartfren sangat ribet.

Cara mengatasi volte smartfren tidak muncul sebenarnya cukup sederhana. Pelanggan hanya perlu melihat kembali syarat dan ketentuan instalasi sebelum mulai memakai aplikasi tersebut. Pasalnya, VoLTE smartfren memerlukan beberapa kondisi dan syarat tertentu agar bisa dipakai sepenuhnya. Contohnya, versi OS yang sesuai hingga mengarah pada device 4G suatu ponsel.

Singkatnya, kita harus melakukan upgrade firmware terlebih dahulu karena aplikasi smartf VoLTE menuntut resource pemakaian yang tinggi. Untuk melakukan upgrade native volte kita hanya perlu menuju ke pengaturan lalu pilih versi OS dan tunggu hingga proses pembaruan android selesai.

VoLTE smartfren tidak muncul di menu pengaturan terkadang juga membuat bingung pengguna ponsel. Tapi ada kalanya masalah itu disebabkan oleh jaringan yang memang sedang error. Sehingga satu satunya solusi adalah menunggu serta melakukan cek secara berkala.

Kualitas Suara VoLTE Buruk

Setelah saya jelaskan cara mengaktifkan VoLTE smartfren yang tidak muncul maka saatnya kita bahas beragam kendala saat menggunakan fitur ini. Salah satunya yakni kualitas suara VoLTE buruk padahal digadang memiliki frekuensi panggilan High Deviation.

Namun ada kalanya saat nelpon suaranya jadi kurang jernih atau bahkan putus-putus. Penyebabnya tak lain karena memang faktor jaringan yang kurang mumpuni. Sebagai operator yang masih berkembang jaringan smartfren masih belum tersebar secara merata.

Jujur saja, saya memang pernah mengalami VoLTE smartfren tidak muncul tapi belum pernah sekalipun mendapati kualitasnya buruk. Maka dari itu apabila kalian memang sedang mempunyai masalah kualitas suara VoLTE buruk segeralah mengajukan pertanyaan ke customer care smartfren.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara mengaktifkan aplikasi Volte Smartfren untuk melakukan panggilan ke sesama dan operator lain. Jika terdapat pertanyaan ataupun saran silahkan ajukan melalui kolom komentar untuk selanjutnya diberi tanggapan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan VoLTE Smartfren yang Tidak Muncul"