Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa NIK dan KK

Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa NIK dan KK - Registrasi kartu perdana kini menjadi kewajiban yang harus dipenuhi sebelum mulai menggunakan jaringan operator. Apabila tidak maka ponsel tak akan bisa menangkap sinyal, kirim SMS, internetan, ataupun nelpon. Hal ini sesuai dengan keputusan pemerintah untuk melakukan pendaftaran kartu beberapa tahun lalu.

Demikian pula pengguna smartfren baik lama maupun baru juga memiliki kewajiban yang sama. Kala itu saya pernah coba untuk tidak registrasi dan hasilnya kartu pun terblokir. Lalu bagaimana cara daftar kartu smartfren yang benar? Cara registrasi kartu smartfren tanpa NIK dan KK sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan kita bisa melakukan hal tersebut di rumah sembari rebahan.

Cara Registrasi Kartu Prabayar Smartfren

Seperti yang telah kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir pihak Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), Operator Seluler, dan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewajiban untuk melakukan registrasi pada kartu perdana masing masing.

Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa NIK dan KK

Apakah anda mengetahui bagaimana cara registrasi perdana smartfren? Cara mendaftarkan kartu perdana smartfren ini sesuai dengan ketentuan yang ada. Pada umumnya registrasi ini dapat dilakukan dengan nomor KK (Kartu Keluarga) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Kedua hal ini perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran kartu perdana yang anda gunakan. Anda dapat mendaftarkannya dengan cepat, singkat dan mudah sesuai petunjuknya saja.

Untuk melakukan registrasi kartu prabayar Smartfren memang dapat menggunakan beberapa metode. Seperti pergi langsung ke gerai Smartfren, melalui SMS, melalui situs resmi dan sebagainya. Pendaftaran kartu bersifat wajib dilakukan sesuai dengan peraturan dari pemerintah. Jika anda tetap tidak mendaftarkannya, maka jangan heran apabila nomor tersebut lama kelamaan tidak dapat digunakan atau terblokir secara bertahap.

Tak hanya menyasar pengguna baru saja tapi aturan itu juga berlaku untuk pelanggan lama. Lalu bagaimana jika kartu SIM Card tersebut baru? Nomor pada SIM Card tersebut tidak akan aktif jika belum didaftarkan menggunakan data data seperti di atas. Akibatnya kamu tidak akan bisa tersambung ke jaringan, gagal mengirim sms, ataupun nelpon.

Baca juga : Cara Cek Nomor Smartfren Milik Sendiri Cepat, Mudah, dan Gratis

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mendaftarkan kartu smartfren mudah dan lengkap. Kita juga akan membahas rumor apakah cara registrasi kartu smartfren tanpa NIK dan KK memang benar valid atau tidak.

Cara Registrasi Kartu Smartfren Online

Kita tahu bahwa pelaksanaan registrasi dapat melalui gerai setiap operator, SMS, maupun situs resminya masing masing. Untuk metode cara daftar kartu Smartfren melalui SMS ini hanya perlu mengirimkan pesan dengan isi data Nomor Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan yang sah ke nomor 4444.

Hal ini tentunya dapat anda lakukan sendiri di rumah. Kebijakan terkait kartu prabayar dari Kominfo ini memang memiliki ketentuan berupa data dari KK dan KTP yang dimiliki. Tetapi bagaimana jika anda belum memiliki kartu identitas karena seorang pelajar? maka dari itu metode SMS ke 4444 ini terkadang belum dapat diterapkan oleh beberapa orang.

Cara registrasi kartu prabayar Smartfren yang pertama dapat dilakukan dengan melalui online. Cukup berkunjung ke situs resmi website Smartfren saja. Adapun langkah langkahnya yaitu:

  1. Masuk ke situs resmi Smartfren.
  2. Lalu nomor telepon yang anda gunakan dimasukkan untuk proses registrasi selanjutnya.
  3. Lalu 16 digit nomor KTP dimasukkan atau cukup mengunggah foto E-KTP anda saja.
  4. Pilihlah jenis verifikasi yang akan anda pakai seperti SMS, PUK ataupun Kode Aktivasi.
  5. Kemudian data verifikasi ini dimasukkan sebagai tanda verifikasi pada nomor Smartfren anda.
  6. Setelah itu unggah Kartu Keluarga atau masukkan 16 digit nomor KK yang dimiliki.
  7. Langkah terakhir yaitu memasukkan nomor lainnya pada handphone yang dimiliki.
Baca juga : Cara Menggunakan Kuota Bonus Streaming Smartfren Lengkap

Cara daftar kartu smartfren tanpa NIK dan KK sebenarnya bukanlah hal mustahil. Apabila kalian enggan memakai data diri identitas sudah full dipakai registrasi nomor lain maka saya ada solusi. Silahkan cari gambar ataupun foto kartu keluarga di forum ataupun google yang mencantumkan nomor KK dan NIK.

Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat SMS

Apabila anda seorang pelajar yang belum memiliki KTP, maka tidak perlu bingung dan khawatir untuk melakukan pendaftaran kartu Smartfren yang dimiliki. Anda dapat menerapkan metode secara Online untuk melakukan cara mendaftar kartu Smartfren yang dimiliki ini. Metode Online ini tentunya melalui situs resmi dari Smartfren itu sendiri.

cara registrasi kartu smartfren tanpa NIK dan KK
cara registrasi kartu smartfren tanpa NIK dan KK

Registrasi kartu Smartren tersebut tentunya memiliki manfaat untuk menghindarkan kita dari adanya hal hal yang merugikan dan penyalahgunaan data dari konsumen itu sendiri. Selain itu adapula manfaat lainnya seperti membuat penyedia layanan lebih mudah melakukan transaksi online dengan konsumen telepon seluler.

Cara daftar kartu Smartfren selanjutnya dapat melalui SMS. Pendaftaran kartu prabayar Smartfren melalui SMS ini dapat dilakukan dengan mengirim pesan ke 4444 dengan format NIK#Nomor KK#. Namun jika anda ingin melakukan registrasi Smartfren ulang pada kartu yang digunakan, maka bisa kirim format SMS berupa ULANG#NIK#Nomor KK# dan kirim ke nomor 4444.

Kesimpulan

Registrasi kartu perdana kini sudah jadi kewajiban pengguna baru yang ingin menikmati murahnya layanan smartfren. Tapi karena berbagai alasan pengguna enggan mengisi data KK dan KTP sebagaimana mestinya.

Lupa nomor KK, tidak ingin ribet mencari dokumen, dan takut penyalahgunaan data pun jadi faktor penyebabnya. Tapi dengan cara registrasi kartu smartfren tanpa NIK dan KK di atas kalian bisa mangsung mengaktifkan perdana.

Apakah kartu Smartfren harus registrasi dulu

Semua pelanggan baru wajib melakukan pendaftaran NIK dan KK lewat sms. Semua itu mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang notabenya mengharuskan pengguna ponsel melengkapi dokumen.

Kenapa tidak bisa registrasi kartu Smartfren

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor gagal registrasi smartfren. Diantaranya adalah salah memasukan NIK dan KK, salah format SMS, nomor KTP dan KK kurang lengkap, dll. Maka dari itu pelanggan hendaknya cek dan lebih teliti lagi sebelum mengirim SMS registrasi smartfren.

Sekian penjelasan mengenai cara registrasi kartu Smartfren mudah dan lengkap. Pendaftaran kartu prabayar Smartfren ini dilakukan sesuai dengan sosialisasi pihak Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), Operator Seluler, dan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa NIK dan KK"