Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Frekuensi RTV Digital DVB-T2 Terbaru di Semua Satelit

Daftar Frekuensi RTV Digital DVB-T2 Terbaru di Semua Satelit - Ada banyak sekali saluran televisi yang mengudara di berbagai satelit. Masing-masing dibedakan berdasarkan kode transponder yang terus mengalami update/pembaruan. Begitu juga Rajawali TV yang menyiarkan frekuensi RTV sehingga bisa dinikmati oleh penonton di seluruh Indonesia. Channel RTV digital memang banyak diminati karena setiap programnya memberikan tayangan informatif dan menghibur.

Mulai dari kartun, bulletin, acara berita, sampai drama kolosal menjadi daya tarik tersendiri yang ternyata mampu memikat pemirsa. Daftar frekuensi RTV digital terbaru dapat ditemukan oleh para pengguna TV parabola tanah air di semua satelit FTA, termasuk satelit Kuband dan Cband. Secara garis besar frekuensi RTV DVB-T2 memang harus kita masukan ke receiver terlebi dulu. Terlebih lagi jika receiver TV anda belum didukung oleh blind scan. Nah, apakah kalian sedang mengalami masalah channel RTV digital hilang dari parabola?

RTV memiliki segudang tayangan program unggulan seperti siaran olahraga dan variety show. Inilah alasan mengapa masyarakat semakin menyukai siaran televisi dari rajawalai. Sejak tanggal 1 November 2009, Rajawali Televisi (RTV) mulai mengudara dan berdiri sebagai sebuah stasiun televisi swasta nasional di Jakarta. Pada awalnya memang namanya B-Channel pada permulaan percobaan tahun 2008 disiarkan, hingga akhirnya berubah nama menjadi RTV.

Daftar Frekuensi RTV Digital DVB-T2 Terbaru di Semua Satelit

Bagi anda pengguna TV Parabola pasti sering mengalami perubahan saluran pada setiap channelnya. Hal itu juga berlaku untuk saluran RTV, dimana terkadang hilang sendiri karena mengalami pembaharuan dari pusat. Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengetahui update terbaru dari kode frekuensi transponder RTV DVB-T2.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa stasiun Rajawali Televisi belum ikut terprogram langsung ketika melakukan scan otomatis. Untuk itu kode frekuensi RTV digital sangat dibutuhkan untuk nantinya dapat dimasukkan ke receiver secara manual. Masalah seperti ini memang sering terjadi pada reveiver Matrix yang digunakan saat pemasangan parabola baru dilakukan.


Cara mencari frekuensi Rtv yang bening
Frekuensi RTV terbaru

Saya yakin pasti para pengguna televisi pernah mengalami hilangnya siaran channel TV secara tiba tiba. Di kala itu pasti banyak pengguna TV satelit yang kebingungan serta bertanya tanya mengapa hal ini dapat terjadi. Selain bingung dengan kode frekuensi RTV digital yang baru, namun juga bingung dengan cara memasukkan kode transponder RTV DVB-T2 ke receiver masing masing. Sebenarnya channel RTV hilang merupakan hal biasa karena dampak pembaharuan yang dilakukan oleh pusat.

Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualiatas transfer data gambar video pada siaran tersebut agar lebih jernih dan halus. Untuk mencari frekuensi channel RTV tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan otomatis pada transponder Palapa D. Akan tetapi terkadang beberapa channel TV yang menggunakan cara otomatis tidak dapat dilakukan karena telah usang. Untuk itulah jalan terakhir ialah menggunakan cara manual yaitu memasukkan kode symbol rate, audio PID, frekuensi dan kode lainnya.

Frekuensi RTV Satelit Telkom 4

Satelit telkom 4 menjadi opsi terbaik bagi kalian yang ingin beralih dari tv analog ke digital. Teknologi baru berbasis digital mampu menghadirkan pengalaman menonton televisi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dapat terjadi berkat kualitas gambar serta suara yang tentunya lebih jernih.

Masalahnya tak semua penonton mengetahui berapa kode frekuensi RTV digital satelit telkom 4 karena minimnya informasi. Tak sedikit yang akhirnya membatalkan niat dan memilih untuk menonton dengan kualitas biasa saja. Maka dari itu, saya akan membagikan saluran frekuensi rtv terbaru dan paling jernih pada tabel berikut:

Nama saluranRTV
SatelitTelkom 4
Transponder3949 V 4333
Frekuensi3949 Mhz
Posisi108.0 E
PolaritasVertikal
SID1
Video PID512
Audio PID4112
Symbol rate4333 KS/s

Untuk mengakses saluran di atas kalian perlu televisi yang sudah support teknologi digital. Biasanya televisi keluaran terbaru baik samsung, sharp, panasonic, tcl, ataupun merk lain sudah mendukung fitur ini. Tapi, jika kalian masih memakai tv generasi lama tak ada salahnya memakai kode saluran yang akan saya bagikan pada sesi selanjutnya.

Frekuensi RTV Digital DVB-T2

Frekuensi RTV DVB-T2 Jadi buruan para penikmat televisi setelah kebijakan perpindahan sinyal beberapa waktu lalu. Tak ingin kehilangan tayangan berkualitas maka banyak yang berusaha mengembalikan saluran tersebut.

Sebenarnya saat channel RTV hilang kita masih bisa mencarinya secara otomatis melalui fitur blindscan. Bahkan opsi itu juga berlaku untuk pengguna STB (Set top box) yang notabenya masih memakai televisi generasi lama. Tapi ada kalanya penonton memang harus memasukan kode secara manual.

Berdasarkan informasi yang saya himpun ternyata frekuensi RTV digital DVB-T2 berbeda untuk setiap kotanya. Masing-masing harus menyesuaikan kode MHz dan UHF sesuai domisili. Jadi, kalau kamu tinggal di surabaya lalu mengisi kode untuk jakarta maka siaran tak akan efektif.

Adapun frekuensi RTV DVB-T2 terbaru adalah:

KotaUHFDBV-T2
Ambon44 UHF658
Yogyakarta55 UHF746
Jabodetabek26 UHF514
Semarang56 UHF754
Denpasar51 UHF714
Manado60 UHF786
Medan53 UHF730
Surabaya38 UHF610

Saluran RTV di Satelit Palapa D

Di dunia pertelevisian Indonesia memang semakin ramai setelah munculnya frekuensi RTV digital. Rajawali Televisi memiliki tayangan yang lebih menekankan pada soft news sehingga umumnya dapat dinikmati oleh masyarakat di Indonesia. Dengan menggunakan satelit Palapa D, kita dapat siaran serta channel RTV.

Namun pada dasarnya disetiap stasiun memililiki frekuensi yang berbeda beda. RTV memiliki hasil kualitas gambar yang cenderung jernih, walaupun sinyal channel RTV tidak dapat dijangkau oleh semua daerah di Indonesia.

Baca juga: Frekuensi Metro TV SD HD MPEG2 Terbaru di Semua Satelit

Satelit palapa D merupakan sebuah satelit komunikasi geostasioner yang dibangun d bawah naungan MNC dan Indosat. Letak satelit ini ada di 113° Bujur Timur pada orbit geostasioner. Di bawah ini terdapat kode frekuensi RTV yang ada di satelit Palapa  D yaitu sebagai berikut:

  • Nama Channel : RTV atau Rajawali Televisi
  • Satelit : Palapa D
  • Transponer : 03863 H 04330 Msyb
  • Frekuensi : 03863 Mhz
  • Polaritas : Horisontal
  • Posisi : 113 ° E
  • Symbolrate : 04330 Msyb
  • Audio PID : 411
  • PCR PID : 512
  • Video PID : 512
  • Beam : Indonesia, Benua Asia, dan Australia

Frekuensi channel RTV di atas dapat anda tambahkan jika menggunakan jenis satelit Palapa D sehingga secara otomatis dapat terpasang. Tetapi jika televisi yang anda gunakan jenisnya sudah tua, maka untuk melakukan pencarian frekuensi secara otomatis akan lebih sulit. Selain itu adapula frekuensi RTV di satelit telkom 4 melalui UHF seperti di bawah ini:

Kabupaten kota Kode
Ambon 44 UHF
Balikpapan 34 UHF
Bandar Lampung 44 UHF
Bandung 36 UH
Banjarmasin 48 UHF
Banyuasin 52 UHF
Batam 55 UHF
Bengkulu 57 UHF
Cikarang 61 UHF
Cirebon 40 UHF
Denpasar 51 UHF
Garut 36 UHF
Gorontalo 48 UHF
Jakarta 23 UHF
Jambi 54 UHF
Jayapura 44 UHF
Kendari 59 UHF
Kupang 44 UHF
Makassar 59 UHF
Malang 24 UHF
Manado 60 UHF
Mataram 54 UHF
Medan 53 UHF
Padang 61 UHF
Palangkaraya 25 UHF
Palembang 58 UHF
Palu 54 UHF
Pangkal Pinang 48 UHF
Pati 57 UHF
Pekanbaru 48 UHF
Pontianak 50 UHF
Poso 22 UHF
Purwakarta 61 UHF
Purwokerto 24 UHF
Samarinda 23 UHF
Semarang 56 UHF
Sukabumi 22 UHF
Sumedang 53 UHF
Surabaya 38 UHF
Surakarta 55 UHF
Tegal 24 UHF
Yogyakarta 55 UHF

Transponder RTV

Terkadang kode RTV hilang membuat sebagian penontonnya kebingungan. Ketika kalian mengalami masalah tersebut maka seluruh gambar pada televisi juga tidak akan muncul. Hal ini tentunya menimbulkan eberapa pertanyaan yang harus dijawab di tengah pengguna televisi. Sebenarnya lokasi daerah yang anda tinggali juga berpengaruh terhadap kekuatan sinyal itu sendiri.

Jika daerah anda terpencil, maka frekuensi RTV di satelit telkom 4 juga akan sulit ditemukan karena ada batasan sinyal yang disediakan. Biasanya pembaharuan saluran Rajawali Televisi dapat menjadi salah satu penyebab hilangnya transponder RTV tersebut. Pembahauruan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan televisi agar lebih bagus dan lebih jernih, termasuk kualitas audionya sekaligus.

Baca juga: Frekuensi Global TV (GTV) Digital Terbaru 2023 di Semua Satelit

Hasil kualitas gambar pada televisi anda dapat dijernihkan lagi menggunakan bantuan parabola atau antena. Untuk itu frekuensi RTV dapat ditangkap dengan baik oleh beberapa produk parabola dan antena yang bagus seperti parabola tanakan, getmecom, matrix dan sebagainya. Bahkan diera yang serba modern sekarang ini, anda dapat mengakses channel RTV melalui jaringan internet sehingga tidak hanya melalui satelit saja.

Akses jaringan televisi di Internet ini sering dikenal dengan nama televisi online. Maka dari itu sekarang dengan menggunakan smartphone, komputer maupun laptop, kita dapat menyaksikan channel RTV tersebut. Untuk mencari channel RTV hilang memang tidak sulit dan bisa dilakukan sekejap mata. Hal ini dikarenakan akses siaran televisi online tersebut didukung oleh transponder pada masing masing channel TV. Adapun beberapa data transponder RTV terbaru dan terupdate yaitu sebagai berikut:

Satelit Koordinat Sistem Frekuensi dan Symbol Rate Keterangan
Thaicom 4 119.5°E DVB-S2 8PSK MPEG-4 11686 V 6666 FTA
Palapa D 113.0°E DVB-S MPEG-2 3863 V 4333 FTA
SES 9 108.2°E DVB-S2 QPSK MPEG-4 11024 V 15675 FTA
ChinaSat 11 98.0°E DVB-S2 8PSK MPEG-4 12560 V 43200 FTA Ninmedia
Measat 3a 91.4°E DVB-S2 8PSK MPEG-4 12436 H 31000 KVision / Garmedia FTA
Measat 3b 91.5°E DVB-S2 8PSK MPEG-4 12643 V 30000 Transvision
ABS 2 75.0°E DVB-S2 8PSK MPEG-4 12287 V 44000 SMV TV

Cara Memasukkan Frekuensi RTV Secara Manual

Meski saluran RTV tidak berskala global dan tak semua orang familiar dengannya. Tapi rodja tv menjadi salah satu stasiun favorit untuk sebagian penonton lokal. Inilah alasan ketika frekuensi RTV hilang banyak yang mencarinya dan mencoba memasukan ke transponder.

Setelah membahas tentang kode siaran RTV dan transponder RTV di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara memasukkan frekuensi siaran RTV secara manual. Frekuensi pada RTV dapat kalian masukan ke receiver secara manual dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama menentukan target perubahan pada channel televisi.
  2. Kemudian kode symbolrate dan frekuensi terbaru RTV dipersiapkan.
  3. Lalu masuk ke menu Instalasi dan klik TP.
  4. Banyak angka yang akan bermunculan, namun klik ubah dengan menggunakan remot.
  5. Dengan menggunakan remot, kemudian kode frekuensi terbaru RTV dimasukkan dan klik simpan.

Sekian penjelasan mengenai daftar frekuensi RTV terbaru dan terupdate 2023. Selain frekuensi di atas, saya juga menjelaskan tentang beberapa transponder RTV dan cara memasukkan frekuensinya secara manual. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung diblog ini.

Posting Komentar untuk "Daftar Frekuensi RTV Digital DVB-T2 Terbaru di Semua Satelit"