Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Sinyal Internet Kartu Tri Hilang dan Tidak Muncul

8 Cara Mengatasi Sinyal Internet Kartu Tri Hilang dan Tidak Muncul - Mendapatkan pengalaman berkomunikasi tanpa ada gangguan merupakan harapan pengguna ponsel. Tapi sayang kita memiliki ekspektasi yang terlalu berlebihan karena tak semua operator memberikan layanan terbaik. Faktanya, pelanggan harus dihadapkan pada beberapa permasalahan seperti TRI sinyal 4G tidak muncul, bar sinyal hilang, internet TRI lemot, dan lain sebagainya.

Apakah kalian salah satunya? Memilih provider kartu 3 memang ibarat pedang bermata dua. Meski harga paket internet serta layanan yang ditawarkan cukup murah, tapi kita tidak menampik fakta buruknya infrastruktur jaringan dari pihak operator. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya keluhan sinyal internet kartu TRI hilang atau tidak muncul sama sekali.


6 Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Muncul Sinyal Internet
Sinyal internet tri hilang

Cara mengatasi sinyal TRI hilang tidaklah semudah membalik telapak tangan. Pelanggan pun harus berjibaku mencari solusi sembari bertanya "apa penyebab sinyal internet tri tidak muncul?". Sebagai provider yang masih berkembang kartu 3 memang masih jauh dari kata sempurna. Banyak sektor yang masih belum teroptimasi secara optimal khususnya di bidang infrastruktur jaringan.

Ketika perdana telah terpasang dalam handphone maka secara otomatis sinyal internet akan muncul, baik bentuknya 3G, Edge, 4G LTE, ataupun HSDPA. Namun ada beberapa permasalahan yang membuat kartu TRI tidak muncul sinyal Internetnya. Hal ini tentunya membuat sebagian pengguna ponsel kebingungan. Seperti halnya ketika kartu tri tidak ada sinyal 4G sehingga tak tersambung internet.

8 Cara Mengatasi Sinyal Internet Kartu Tri Hilang dan Tidak Muncul

Sinyal 4G kartu TRI tidak muncul sebenarnya bukan masalah baru lagi bagi pelanggan. Pasalnya, kondisi tersebut justru sering terjadi bahkan secara mendadak. Hal ini disebabkan kurang meratanya persebaran jaringan yang mengakibatkan internet menjadi lemot. Wajar saja jika pengguna ponsel akan mengalami bar sinyal hilang ketika berkunjung ke daerah pedesaan, maupun wilayah yang belum tercover infrasktruktur.

Komplain keras pun sering kali dilayangkan oleh pelanggan kepada pihak operator. Alih-alih bisa menikmati akses internet cepat justru kita akan dipusingkan mencari cara mengatasi kartu TRI sinyal 4G hilang. Akibatnya tentu saja kartu 3 tidak bisa terhubung ke internet. Masalah seperti ini memang sering membuat orang jengkel karena dapat mengganggu pekerjaan dan aktivitas harian.

Sebelum membahas cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal 4G alangkah baiknya kalian pelajari dulu beberapa faktor penyebabnya. Mengapa demikian? karena tak semua masalah bisa diselesaikan dengan metode yang sama. Contohnya saja jaringan tri tidak dapat dicover oleh daerah anda, salah melakukan pengaturan APN, sedang dalam maintenance, dan sebagainya.

Cek Fisik Kartu Perdana

Salah satu penyebab kartu TRI tidak muncul sinyal 4G ataupun sinyal ponsel bisa disebabkan karena faktor fisik. Misalnya saja jika plat kuningan pada perdana tri tersebut terkelupas tentu tak bisa digunakan. Ataupun contoh lainnya adalah pemasangan perdana yang kurang benar juga bisa menyebabkan ponsel tidak membaca keberadaan kartu tersebut.

Cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal internet yang pertama ialah mengecek kartu perdananya secara fisik. Biasanya perangkat smartphone tidak bisa membaca kartu tri prime karena pengaksesan kartu ini tidak dapat dilakukan secara normal. Maka dari itu anda dapat melakukan cek fisik pada kartu perdana tri secara langsung dengan cara mengeluarkannya dari ponsel. Apabila hasil pemeriksaan baik baik saja, maka kartu SIM tersebut dapat anda kembalikan lagi ke dalam ponsel.

Baca juga: Paket TRI 2GB 1500 Internet Harian Termurah

Namun jika terjadi kerusakan fisik pada kartu TRI milik kita hendaknya ganti baru saja. Jika kita paksakan yang ada sinyal internet tetap tidak muncul. Untuk menggantinya cukup mudah, tinggal bawa saja kartu yang rusak ke gerai TRI terdekat. Selanjutnya mintalah penggantian kartu perdana pada customer service.

Sejauh ini sangat jarang ada masalah pada fisik kartu perdana karena letaknya berada di dalam ponsel. Kecuali jika kalian sering membongkar pasang serta mencopotnya secara berulang. Ketika mendapati masalah tersebut maka segeralah minta ganti perdana baru.

Ganti Mode Jaringan

Cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal 4G selanjutnya ialah menggantinya mode jaringannya. Koneksi jaringan internet pada setiap ponsel memang berbeda beda seperti 3G, 4G LTE ataupun 2G. Kekuatan yang dimiliki oleh setiap jaringan juga berbeda beda. Misalnya saja kecepatan sinyal pada jaringan 3G yang mencapai 900/1200 MHz.

Tetapi kekuatan sinyal yang dapat dicakup oleh daerah lain hanya mencapai 1900, 1800, ataupun 850 MHz saja. Maka dari itu tidak heran jika ada permasalahan mengenai kartu tri tidak ada sinyal atau tidak terhubung ke jaringan. Kecepatan yang terkesan lemot juga akan menghantui pengguna karena mode jaringan TRI tidak diset secara manual.

Bahkan saya juga pernah mengalaminya yakni sinyal 4G hilang ketika berpindah kota. Ketika sinyal 4G tidak muncul maka ponsel pun secara otomatis dipaksa untuk mengganti jaringan secara otomatis. Penyebabnya tak lain karena persebaran infrastruktur jaringan yang belum merata. Akhirnya tak semua daerah bisa menikmati sinyal 4G kartu TRI. 

Adapun cara mengatasi sinyal tri tidak muncul yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam menu pengaturan.
  2. Setelah itu klik bagian menu Wireless.
  3. Klik jaringan.
  4. Pilih WCDMA atau khusus GSM yang diinginkan. Selain itu anda juga dapat memilih HSDPA atau WCDMA saja.

Prinsip dari ganti mode jaringan ini sebenarnya adalah untuk merefresh jaringan dengan cara menggantinya berkali kali. Selain ganti mode, kita juga bisa mengaktifkan airplane mode untuk reset jaringan. Solusi ini sering kali diterapkan di daerah dengan sinyal 4G tidak stabil. Jadi ketika sinyal internet tri hilang kita tinggal refresh jaringan saja.

Setting APN Tri

APN adalah singkatan dari access point name yang berfungsi sebagai penghubung antara ponsel dengan internet. Jika di suatu server penggunanya penuh dan melebihi bandwith normal maka seluruh pengguna akan lemot. Nah, untuk mengatasinya kita bisa mengubah pengaturan APN dari mulanya default menjadi custom. Cara ini terbukti ampuh mengatasi sinyal 4G kartu tri tidak muncul dan beberapa masalah jaringan lain.

Mengganti APN juga mampu meningkatkan stabilitas koneksi sehingga menciptakan pengalaman pemakaian lebih baik. Inilah alasan kenapa banyak pemain game online serta streamer gemar mengganti APN. Di lain sisi, ada banyak sekali jenis APN TRI yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan performa ponsel.

Baca juga: Cara Setting APN Tri (3) 4G Tercepat Paling Stabil

Dalam beberapa kasus, kartu tri tidak ada sinyal dapat disebabkan oleh pengaturan APN nya yang salah atau belum di atur. Maka dari itu kita harus berhati hati dalam menyeting APN. Usahakan mencari server APN yang masih hidup dengan kecepatan mumpuni. Maka dari itu anda harus mengatur APN baru terlebih dahulu. Adapun cara menyetting peraturan APN yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke bagian menu Pengaturan.
  2. Pilih Nirkabel dan Jaringan.
  3. Klik Jaringan Seluler.
  4. Klik APN atau Nama Titik Akses.
  5. Pilih APN baru.
  6. Setting pengaturan APN kartu tri nya.

Untuk kalian yang masih kebingungan mencari APN tri tercepat maka tidak perlu risau. Mengapa demikian? karena dalam artikel sebelumnya pun saya telah membahas cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal internet dengan mengganti APN. Kalian bisa mencari artikel tersebut langsung dari daftar isi di atas.

Aktifkan Mode Pesawat

Siapa sangka, dengan mengaktifkan mode pesawat bisa mereset segala permasalahan pada ponsel. Ini merupakan cara mengatasi sinyal kartu TRI hilang tidak muncul dan patah-patah yang paling klasik. Tapi faktanya banyak pengguna memberikan testimoni positif karena memang benar-benar berhasil.

Semua smartphone memiliki fitur mode pesawat yang dapat ditemukan pada slide menu di atas layar ponsel. Sayangnya orang jarang memakainya karena tidak tau apa fungsi dari fitur itu sendiri. Nah, jika kalian mengalami sinyal 4G kartu TRI hilang atau internet tidak stabil silahkan ikuti tutorial berikut:

  1. Slide down/geser ke bawah layan ponsel anda.
  2. Cari icon mode pesawat (biasanya bergambar pesawat terbang).
  3. Tap untuk mengaktifkannya.
  4. Tap kembali untuk menonaktifkan.
  5. Tunggu sampai jaringan internet benar-benar diperbarui.

Ada kalanya ketika kita berpindah ke suatu daerah sinyal 4G tidak muncul dan terputus-putus. Pengalaman tersebut pernah saya alami beberapa waktu lalu. Akhirnya saya menggunakan metode serta langkah-langkah di atas untuk memunculkan sinyal internet TRI.

Trik mengatasi internet lemot dan sinyal hilang di atas tak hanya work untuk kartu 3 saja. Tapi kalian juga bisa memakainya untuk operator telkomsel, XL, indosat, dan lain sebagainya. Tapi jika memang semua cara memunculkan sinyal internet diatas tidak berhasil lakukan langkah terakhir di bawah.

Clear Cache

Cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal 4G selanjutnya ialah dengan membersihkan cache. Mengapa saya katakan demikian? karena terkadang cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab ponsel lemot, jaringan internet hilang, tidak muncul sinyal 4G dan lain sebagainya.

Nah, jadi Kartu tri tidak ada sinyal juga dapat disebabkan oleh menumpuknya atau besarnya cache pada ponsel. File cache ialah jenis memori yang bersifat sementara dalam media penyimpanannya dan ukurannya juga kecil. Dalam ponsel sendiri pasti banyak file aplikasi yang jarang dibuka, riwayat cache dan file sampah. Apabila file cache jarang dihapus, maka dapat menyebabkan lambatnya kinerja smartphone maupun membuat sinyal jaringan pada kartu tri hilang.

Secara garis besar pengguna kartu 3 memang harus bersabar menghadapi segala problematika yang ada. Sebagaimana kita tau bahwa operator satu ini statusnya masih berkembang baik dari segi layanan, sistem, maupun infrastruktur. Jadi, menurut saya pribadi masalah sinyal kartu TRI hilang dan tidak muncul adalah hal biasa.

Pergi ke Tempat Terbuka

Mencari lokasi dengan pancaran sinyal terbaik merupakan metode terakhir yang dapat saya rekomendasikan. Cara mengatasi sinyal internet TRI hilang dan tidak muncul satu ini memang terkesan jadul. Tapi faktanya opsi tersebut sangat efektif apalagi dipraktekan oleh mereka yang tinggal di area pedesaan.

Beberapa orang pun juga mengeluh sinyal internet TRI tidak tidak muncul karena terhalang oleh tembok betok di area perkantoran. Fakta ini semakin menguatkan solusi bahwa pergi ke tempat terbuka dan tinggi merupakan opsi terbai untuk memperkuat sinyal TRI.

Tindakan itu dilakukan bukan tanpa alasan mengingat persebaran sinyal tri yang kurang merata di tanah air. Kurangnya pembangunan infrastruktur juga seolah memperparah keadaan sehingga terkadang sinyal internet tri hilang atau sinyal 4G tidak muncul di beberapa merk ponsel.

Langkah ini pernah saya praktekan saat masih berada di desa yang ternyata sinyal 4G tidak muncul di sana. Akhirnya saya putuskan untuk menuju ke pusat kota dengan harapan dapat menjadi solusi permasalahan jaringan tersebut. Benar saja, seiring perjalanan sinyal TRI lemah lambat laun mulai menguat ditandai bar sinyal yang terus bertambah.

Sambungkan ke WiFi

Sinyal TRI hilang dan 4G tidak muncul tiba-tiba menurut saya sangat jarang dijumpai. Tapi sekali mengalami hal demikian pasti akan sangat mengganggu aktvitas karena tanpa sinyal kita tak akan terhubung ke jaringan. Chattingan, streaming, video call, atau bahkan sekedar berkirim pesan SMS pun akan terganggu.

Pelanggan pun harus mencari koneksi lain yang dapat mengakomodir kegiatan serta komunikasi mereka. Jika memang sedang dalam keadaan urgent dan cara mengatasi sinyal internet tri hilang masih belum work. Maka saya sarankan untuk mencari sambungan wifi sejenak demi menyambung komunikasi.

Apabila sudah merasa agak longgar segeralah perbaiki kerusakan yang kemungkinan dapat berasal dari hardware, ataupun kesalahan jaringan pihak operator. 

Lapor ke Gerai Resmi

Sinyal internet TRI hilang dan tidak muncul memang jadi permasalahan yang krusial. Apalagi setelah mencoba semua cara mengatasi sinyal 4G tri tidak muncul di atas belum membuahkan hasil sama sekali.

Cara mengatasi sinyal internet TRI hilang dan tidak muncul yang menurut saya patut dicoba adalah pergi ke gerai resminya. Di sana kalian tinggal menuju pihak customer care dan menanyakan langsung apa penyebabnya.

Gerai resmi jadi tempat terbaik untuk bertanya sekaligus melayangkan keluhan. Banyak yang memberi testimoni positif kalau masalah yang mereka alami ditangani dengan baik di gerai resmi. Lokasinya sendiri juga tersebar di hampir semua kota besar Indonesia sehingga memudahkan akses menuju ke sana.

Biasanya pihak CS akan menanyakan kronologi lalu mengecek fisik kartu kalian. Apabila memang tidak dijumpai kejanggalan tapi sinyal TRI hilang maka CS akan mengarahkan untuk ganti kartu baru. Tapi tenang saja karena semua data serta nomor masih tersimpan dengan aman.

Kesimpulan

Ada bayak sekali cara mengatasi sinyal TRI hilang dan tidak muncul sesuai gejalanya. Dalam sesi ini akan coba saya simpulkan urutan metode yang harus kalian terapkan. Pertama, cobalah clear cache serta membersihkan ruang penyimpanan internal ponsel. Boleh jadi bukan sinyal internet TRI lemot tapi efek tersebut muncul akibat device yang bermasalah.

Untuk menghilangkan semua bug serta memperbarui proses jalannya sistem pelanggan harus merestart ponsel terlebih dulu. Kalau memang tidak work, cobalah untuk menghidupkan lalu mematikan mode pesawat. meski terkesan sederhana, tapi faktanya mode pesawat merupakan cara mengatasi sinyal internet TRI tidak muncul yang sangat efektif.

Apabila ingin mengganti mode jaringan, pastikan untuk beralih ke 3G only saja. Mengapa demikian? sebab mode jaringan itu jadi yang paling stabil daripada 4G yang notabenya masih minim infrastruktur. Nah, cara mengatasi sinyal 4G tri tidak muncul yang terakhir adalah menuju ke daerah perkotaan atau hubungi callcenter untuk minta bantuan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kartu tri tidak muncul sinyal internet lengkap. Apabila kartu tri tidak ada sinyal biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti file cache menumpuk, pengaturan APN salah dan masih banyak lagi.

Maka dari itu untuk mengatasi kartu 3 tidak muncul sinyal internet anda harus mengetahui beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan jaringan sinyal hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Sinyal Internet Kartu Tri Hilang dan Tidak Muncul"