Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengganti Password WiFi Indihome Rumah dan Kantor

4 Cara Mengganti Password WiFi Indihome Rumah dan Kantor - Indihome merupakan layanan wifi rumah dan perkantoran yang sangat umum kita jumpai. Indihome menawarkan berbagai pilihan internet dengan kecepatan tinggi. Harga pemasangannya pun relatif cukup murah dan terjangkau untuk kalangan menengah keatas.

cara mengganti password wifi dan administrator indihome untuk meningkatkan keamanan
cara ganti password wifi indihome

Sebagai pelanggan indihome, kita diharuskan untuk mengetahui beberapa pengetahuan teknis seperti cara mengaktifkan wifi, cara login wifi indihome, cara login modem indihome, dan cara mengganti password wifi indihome. Namun sayangnya beberapa dari kita tidak memperdulikan teknis penggunaan wifi indihome ini.

Padahal dengan mengetahui teknis cara setting modem indihome yang diberikan, setidaknya kita bisa ganti password wifi indiohome atau mengatasi permasalahan lain tanpa harus memanggil petugas ISP telkomsel.

4 Cara Mengganti Password WiFi Indihome Rumah dan Kantor

Apakah anda sering mengganti password wifi indihome di rumah atau di kantor? jika anda tidak sering mengganti password indihome, maka ketahuilah bahwa dengan mengganti password wifi secara berkala akan meningkatkan tingkat keamanan wifi indihome itu sendiri, misalnya saja untuk menghindari user tidak diundang yang selalu menumpang wifi di rumah atau kantor kita, mencegah peretasan data melalui jaringan wifi, dan lain sebagainya.

Baca juga: PROMO Harga Paket Indihome Terbaru Bulan Ini

Dilain sisi, petugas juga terkadang lupa atau bahkan sama sekali tidak memberitahukan cara mengganti password wifi indihome atau teknis setting modem indihome yang diberikan dalam paket pemasangan. Terkadang hal inilah yang membuat kita menjadi kebingungan jika ada orang tidak diundang yang menumpang wifi di rumah kita.

Berdasarkan faktor faktor di atas, dapat disimpulkan adalah mengganti password indihome secara berkala sangat penting untuk dilakukan. Terlepas untuk menghindari orang tidak diundang yang menumpang wifi, kita juga bisa mencegah peretasan data data melalui wifi. Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara ganti password wifi indihome rumah dan kantor.

Kenali merk dan tipe modem router

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mulai mengganti password indihome adalah mengetahui tipe dan merk modem yang kita gunakan. Hal ini disebabkan karena halaman login dan user login setiap modem router berbeda beda, tidak terkecuali modem indihome. Umumnya, di awal pemasangan kita akan diberikan sebuah router lengkap dengan dus dan manual booknya.

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan IndiHome Secara Online Terbaru

Kita bisa mengetahui tipe dan merk modem indihome dengan melihat dusnya. Jika ingin lebih lengkap lagi, kita bisa melihat manual book yang umumnya berisi teknis setting modem indihome termasuk cara mengganti password wifi indihome.

Masuk ke jaringan wifi

Jika sudah mengetahui tipe modem yang digunakan, maka masuklah ke jaringan indihome seperti biasa. Saya sendiri memakai laptop dan komputer untuk tersambung ke jaringan Wifi Indihome. Tapi kalian juga dapat memakai perangkat ponsel seperti biasa.

Masuk ke login area

Untuk masu ke login area router kita hanya perlu mengakses gateway routernya. karena umumnya tipe router dari indihome adalah ZTE F660, maka default gateway router itu adalah 192.168.1.1. Namun tidak sedikit pula router yang melakukan set gateway secara custom, artinya ip untuk mengakses gateway router tersebut bisa berbeda beda.

Login area untuk setting modem indihome ZTE F660

Jika anda gagal masuk ke login area, maka periksalah gateway modem anda, biasanya pada dusbook, manual book atau di bagian belakang router akan tertera informasi terkait login access, login user, dan login password.

Masuk ke dashboard administrator

Cara mengganti password wifi indihome selanjutnya adalah dengan masuk ke dashboard administrator dimana kita bisa mengatur jumlah user pada jaringan, melakukan reset ip, memblokir ip user, dan ganti password wifi.

Pada halaman login akan tertera username dan password, isikan login data tersebut sesuai dengan yang tertera pada dusbook, manual book ataupun stiker di belakang router. Jika anda merasa kesulitan menemukannya, berikut ini adalah default username dan password router ZTE F660.

Username: admin
Password: Qc!80ebor3#to#b

Setelah anda berhasil masuk ke dashboard administrator, silahkan masuk ke bagian network untuk mengganti password wifi indihome. Pada menu network silahkan pilih menu security, dan perhatikan WPApassphrase.

Cara mengganti password wifi indihome
ganti password wifi

Anda bisa menginput sandi baru untuk ganti password wifi indihome anda. Pada keterangan tertera anda diharuskan untuk memasukan lebih dari 8 angka ataupun huruf alfabet. Langka terakhir adalah submit, maka kita sudah selesai mengganti password wifi kita.

Tingkatkan Keamanan

Untuk keamanan ekstra, kita juga perlu mengganti username dan password administrator modem kita. Hal ini disebabkan karena username dan password administrator modem indihome kita sangat mudah ditebak dan tersebar luas di internet. Dengan mengganti default username dan password maka kita bisa mencegah orang orang yang ingin mengakses administrator modem kita.

mengganti default username dan password administrator akan meningkatkan keamanan
cara setting modem indihome

Untuk mengganti password indihome kita bisa masuk ke menu administrator. disana kita akan disuguhi pengaturan untuk merubah username, password lama, password baru, dan konfirmasi password baru. Perhatikan gambar setting modem indihome diatas, kita bisa setting modem indihome dan melakukan penggantian password sesuai yang kita inginkan.

Baca juga: Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel 200 Menit Rp 1500

Itulah cara mengganti password wifi indihome serta mencegah orang orang tidak bertanggungjawab masuk dan melakukan setting modem indihome tanpa sepengetahuan kita. Tidak hanya melakukan ganti password wifi indihome saja, melainkan kita juga harus mengganti password administrator modemnya juga agar terhindar dari tindakan peretasan dan masuk tanpa ijin.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengganti Password WiFi Indihome Rumah dan Kantor"