Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater dan Resikonya

Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater dan Resikonya - Sebagai pengguna ponsel tentu kita sudah sangat familiar dengan shopee. E-commerce satu ini menyediakan semua jenis barang mulai dari baju, alat elektronik, bahkan sampai kendaraan roda empat. Sistem pembayaran paylater juga sangat memudahkan kita untuk checkout pesanan di kala sedang tidak punya uang.

Shopee paylater sendiri merujuk pada sistem pembayaran kredit dengan cicilan bulanan sesuai tenor yang tersedia. Tak heran bila fitur ini menjadi pilihan favorit pengguna untuk membayar barang belanjaan. Tenor cicilan yang ditawarkan bervariasi mulai dari 1 kali, 3 bahkan sampai 6 kali untuk kategori barang di bawah 10 juta.

Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater
telat membayar tagihan shopee pinjam dan paylater

Di balik bayangan pengalaman telat bayar shopee paylater ternyata menyimpang kemudahan. Kalian hanya perlu mendaftar layanan paylater lalu verifikasi dengan upload foto KTP dan selfie. Cara menambah limit shopee paylater yang realtif mudah juga seakan menjadi magnet bagi orang yang gemar belanja.

Tapi bagaimana jika kita telat bayar tagihan shopee paylater? tentu akan ada konsekuensi yang diberikan oleh pihak perusahaan. Sanksi inilah yang terkadang tidak diketahui oleh pelanggan sehingga mereka cenderung menunda kewajibannya. Ketika sudah lewat batas waktu mereka pun akhirnya kaget karena tagihan semakin membengkak akibat denda.

Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater dan Resikonya

Menurut saya pribadi, sistem paylater memang menawarkan kelebihan bila kita bisa memanfaatkanya dengan baik. Selama tagihan perbulan lancar maka kita akan terhindar dari segala kemungkinan buruk. Bahkan pengguna akan memperoleh privilege yakni limit akain naik bahkan sampai belasan juta.

Tapi kalian perlu tau bahwa pihak shopee juga menerapkan bunga serta denda pada layanan paylater miliknya. Jadi hendaknya semua pelanggan harus berhati hati jangan sampai telat membayar tagihan shopee paylater. Jangan sampai cicilan membengkak hanya karena denda yang disematkan oleh pihak penyedia jasa.

Sebenarnya sudah banyak orang berbagi pengalaman telat bayar shopee paylater 1 bulan maupun lebih. Saya rasa kumpulan pengalaman tersebut patut kita ketahui sebagai acuan agar tidak menyepelekan tagihan shopee paylater. Kalau memang sengaja ingin mangkir dari pembayaran maka pikirkanlah kembali tindakan itu. Sebab resiko seperti teror via whatsapp, debt collector datang ke rumah, sampai penyitaan barang terus mengintai.

Meski saya sendiri belum pernah telat bayar tagihan tapi beberapa teman pernah mengalaminya. Dari penuturan rekanan itulah akhirnya yang mendorong saya merangkumnya kembali dalam bentuk artikel. Apakah kalian penasaran? bila iya maka simaklah apa yang akan saya sampaikan berikut.

Pengalaman Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater 1 Bulan

Shopeepay later atau sering disingkat Paylater adalah salah satu fitur dari shopee yang memudahkan pengguna untuk berbelanda walau kekurangan dana yaitu dengan cara cicilan atau kredit. Kali ini saya akan bercerita pengalaman kawan ketika telat membayar paylater agar menjadi pembelajaran buat kalian semua.

Seperti yang sudah saya bahas di awal bahwa paylater juga membebankan bunga kepada pembeli semakin mahal barang yang kalian beli dan semakin lama waktu angsuran maka semakin besar pula bunga yang akan kalian tanggung.

Awal Mula

Dari pengalaman pribadi pernah sekali telat dan beliau tidak ingin kembali mengulangnya. Karena jika telat membayar angsuran secara otomatis nama kita akan tercatat di SLIK OJK. Sehingga membuat pengguna masuk daftar hitam otoritas jasa keuangan yang akhirnya menyebabkan sulit mencari pinjaman uang.

SLIK OJK berisi informasi riwayat pinjaman nasabah selama mengangsur tagihan apakah lancar atau tidak. Informasi itu juga menjadi parameter sekaligus penilaian apakah pengguna layak diberi pinjaman atau tidak.

Alasan Tidak Punya Uang

Dulu beliau membeli barang seharga Rp. 265.500 saya cicil selama 3 bulan jadi yang harus ia bayar setiap bulan adalah Rp. 101.375. Saat masuk angsuran bulan ke 2 karena tidak punya uang ditambah banyak keperluan rekan pun berpikir tak masalah telat bayar shopee paylater 1 bulan ini saja. Ia berencana melunasi setelah gajian sebab jatuh tempo shopeepay later adalah setiap tanggal 5.

Biasanya seminggu sebelum tanggal jatuh tempo shopee akan memberikan pemberitahuan untuk segera membayar cicilan. Bahkan kalian bisa saja di terror pihak perusahaan lewat berbagai media seperti whatsapp, sms, atau telpon sehingga tak ada alasan lupa.

Beberapa orang yang punya pengalaman telat bayar shopee paylater 2 bulan lebih bahkan pernah didatangi oleh debt collector. Pada awalnya mereka hanya memberikan peringatan saja tapi selang beberapa hari akhirnya mulai muncul ancaman secara verbal. Bila permasalahan terdengar tetangga sekitar rumah tentu akan membuat malu.

Denda Telat Bayar Tagihan

Beruntungnya, pada kasus yang dialami rekan saya hanya menyisakan denda saja. Tapi kalau saya tetap menyayangkan karena nominalnya terbilang lumayan besar. Dibawah ini akan saya sajikan beberapa rincian shopee paylater teman:

  1. Awal mula pesanan saya Rp. 265.500
  2. Biaya penangan Rp. 2.794
  3. Cicilan saya perbulan Rp. 101.375 (saya cicil selama 3bulan)
  4. Keterlambatan saya membayar yaitu selama 3hari dan harus saya bayar Rp. 106.443,75 
  5. Denda yang harus saya bayar adalah 5% (5% x 101.37 = 106.443,75)

Karena takut jika denda terus bertambah apalagi sering di terror dari pihak shopee. Lebih tepatnya selang 3 hari setelah jatuh tempo saat sudah gajian ia langsung bayar tagihan paylater.

Resiko Jika Telat Bayar Shopee Paylater

Apakah DC spinjam atau spaylater akan datang ke rumah jika tanggal bayar terlewat hampir 2 bulan? saya pernah mendengar pertanyaan semacam ini. faktanya, pihak Debt collector akan datang ke rumah pengutang dengan membawa surat somasi. Surat itu setidaknya berisi tuntutan kepada pelanggan untuk segera melunasi semua utangnya baik itu kredit paylater maupun Shopee pinjam.

Jika masih telat 1 hari, 3 hari, atau 1 minggu kalian masih bisa bernapas lega. Setidaknya surat somasi dan DC tidak akan datang menyambangi kediaman kalian untuk sementara. Sebelum proses itu berjalan biasanya mereka menerapkan beberapa metode terlebih dulu.

Denda

Sudah bukan rahasia lagi bila dendan menjadi konsekuensi yang harus kalian hadapi ketika telat bayar Shopee pinjam maupun paylater. Apakah terlambat 1 hari atau 3 hari juga ikut terkena denda? tentu saja. Namun nominalnya berbeda dengan mereka yang sengaja menghindari pembayaran selama berminggu minggu.

Berdasar pengalaman telat bayar shopee paylater yang saya jelaskan di atas pihak perusahaan mengenakan denda sebesar 5 persen dari nominal angsuran. Jadi, misalnya punya cicilan perbulan 100 ribu maka nominal dendanya adalah 5 ribu. Memang terlihat sedikit, tapi jika terus menumpuk maka pelanggan akan merasakan dampaknya juga.

Skor Kredit Menurun

Skor kredit menurun menjadi resiko yang biasanya paling ditakuti oleh masyarakat yang gemar memanfaatkan fitur paylater dan Spinjam. Secara garis besar, skor mempengaruhi limit pinjaman serta tenor waktu pengembalian. Tak heran bila pengguna berusaha menjaga skor kredit mereka tetap bagus di mata aplikator.

Bahkan, mayoritas orang pasti akan menjaga skor agar tetap berada di atas demi memperoleh segudang manfaat. Mengapa demikian? sebab kita bisa mencairkan limit shopee paylater ke atm jika memenuhi syarat tertentu.

Meski belum punya pengalaman telat bayar shopee paylater tapi sepertinya kita sudah tau konsepnya. Saran saya, kalau kalian memang aktif memakai fitur di e-commerce satu ini maka bayarlah cicilan tepat waktu. Selain terhindar dari skor kredit turun, kita bisa menaikan limit shopeepay secara natural.

Teror Whatsapp

Teror biasanya diberikan pada pelanggan yang belum membayar tagihan selama lebih dari 1 bulan lamanya. Pihak shopee selaku pemberi pinjaman akan menghubungi lewat whatsapp maupun telepon sebagai bentuk peringatan pertama. Ketika sudah mengalami hal demikian banyak user yang mengabaikan teror tersebut lantaran malas berurusan dengan penagih.

Itulah sedikit pengalaman telat bayar shopee paylater dan Spinjam yang dapat saya sampaikan. teruntuk kalian bijaklah dalam menggunakan Paylater, berbelanjalah sesui dengan kemampuan keuangan kalian. walau bisa angsur berbulan bulan akan tetapi bunga yang akan kalian tanggung akan semakin besar. Semoga sedikit cerita dari saya bisa menjadi pembelajaran untuk kalian pembaca.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater dan Resikonya"