Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memperbaiki Modem Bolt No Service (Tidak Ada Layanan)

4 Cara Memperbaiki Modem Bolt No Service (Tidak Ada Layanan) - Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat modern. Selain menyajikan konten informatif penggunanya pun diklaim mampu mempermudah aktivitas sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, kita bisa mengakses internet melalui beragam media mulai dari ponsel, laptop, maupun gawai lainnya. Berkat perkembangan teknologi kita pun bisa mempercepat serta menstabilkannya dengan bantuan perangkat modem serta MiFi.

Sayangnya beberapa pengguna modem bolt sering mengalami msalah ketika perangkat modem tidak connect internet. Padahal kondisi kuota masih penuh dan setting modem bolt sudah benar. Lantas apa yang menyebabkan problem tersebut? Ada berbagai faktor baik itu internal maupun ekstrenal yang menjadi penyebab. Contohnya sinyal internet yang down, kartu belum diregistrasi, sampai cuaca buruk.


Cara mengatasi modem Bolt No Service

Cara memperbaiki modem bolt no service bisa kalian lakukan berdasarkan gejala dan kemungkinan masalah yang terjadi. Hal ini pernah saya alami ketika menggunakan modem bolt orion 4G yang notabenya merupakan mobile wifi dari internux. Meski pihak penyedia layanan memberikan kuota gratis sebesar 8GB tapi nyatanya tidak diimbangi dengan support yang baik.

Dalam buku panduan teknik saya tak menemukan cara memperbaiki modem bolt no service dan tidak bisa bisa connect internet. Nah, modem bolt tidak ada layanan sebenarnya masuk dalam kategori permasalahan jaringan karena sedikit banyaka akan memengaruhi kinerja ketika mengakses internet. Oleh karenanya kita sebagai pengguna harus sigap ketika mengalaminya.

4 Cara Memperbaiki Modem Bolt No Service (Tidak Ada Layanan)

Lantas bagaimana cara mengatasi sinyal modem bolt yang tidak stabil itu? Terkadang sinyal no service pada modem bolt terjadi secara mendadak dalam beberapa menit saja. Bahkan peristiwa seperti ini juga dapat berlangsung sampai beberapa hari. Pada akhirnya banyak penggunanya yang kecewa dengan hal ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memperbaiki modem bolt no service mudah lengkap.

Modem Bolt yang sering No Service dan sinyal yang tidak stabil sering membuat banyak pengguna yang khawatir karena kuotanya yang banyak, namun hampir habis masa aktifnya. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan modem Bolt no service seperti jaringan pada modem sedang dioptimalisasi dan sebagainya. Anda dapat mengetahui penyebab modem bolt no service melalui Service Center dari Bolt itu sendiri. Setelah anda mengetahui penyebab dari sinyal Bolt yang tidak stabil dan no service ini kemudian anda dapat melakukan cara perbaikan terkait penyebab tersebut.
Baca juga : Isi Ulang BOLT 4G via Internet Banking (Mandiri, BCA, BRI) Mei 2020
Cara memperbaiki modem bolt no service dapat dilakukan dengan beberapa metode. Setiap metode pada umumnya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing masing. Untuk itu anda dapat menerapkan satu per satu langkah langkah yang tersedia. Berikut beberapa cara memperbaiki modem Bolt No Service yaitu diantaranya:

Modem Diletakkan pada Ruangan Terbuka

Mifi atau modem bolt pada dasarnya memang termasuk perangkat jaringan yang sudah berumur. Kiprahnya di bidang pemancar sinyal internet bahkan sudah ada sejak bertahun tahun lalu. Jadi tak heran bila terkadang mifi bolt tidak ada layanan karena kesulitan menangkap sinyal operator.

Cara mengatasi sinyal modem Bolt yang tidak stabil pertama dilakukan dengan meletakkan modem pada ruangan terbuka. Salah satu penyebab modem Bolt no service ialah peletakkan modem yang dihalangi oleh sesuatu yang tebal atau berada di ruangan tertutup. Karena hal itulah modem tidak dapat mencapai jaringan internet yang ada. Untuk itu cara memperbaikinya yaitu cukup meletakkan modem pada ruangan terbuka dan sinyal dari modem tersebut dapat anda cek kembali.

Menggunakan Alumunium

Cara memperbaiki modem Bolt no service selanjutnya dapat menggunakan alumunium. Alumunium tersebut dapat membuat jaringan internet menjadi lebih stabil. Alumunium ini banyak anda temukan dalam alat alat rumah tangga. Misalnya saja antena TV, wajan dan sebagainya. Alat alat tersebut dapat anda manfaatkan untuk membuat jaringan internet pada modem Bolt menjadi lebih stabil.

Cara menggunakannya yaitu cukup mendekatkan modem Bolt dengan alat dari alumunium untuk digunakan dalam beberapa waktu. Langkah berikutnya yaitu modem dimatikan dan cabut batere sekaligus kartu di dalamnya. Lalu semua dimasukkan kembali setelah beberapa menit kemudian dan sinyal kembali di cek. Apabila sinyal telah berhasil, kemudian modem dapat anda gunakan seperti biasanya.

Update Software Modem

Cara memperbaiki modem Bolt no service selanjutnya ialah dengan mengupgrade software modemnya. Terkadang penggunaan software yang tidak sesuai dapat menyebabkan modem bolt menjadi no service. Setelah versi software Bolt di upgrade menjadi lebih baru pastinya jaringan internetnya akan lebih stabil dan cepat.

Anda dapat mengunjungi Bolt Upgrade untuk memperoleh software versi terbarunya. Setelah itu lakukan langkah langkah berikutnya sesuai pada halaman tersebut. Pastikan upgrade software disesuaikan dengan tipe modem yang dipakai.

Tidak Mengutak Atik Modem

Dalam beberapa kasus saya sering menjumpai pengguna yang melakukan modifikasi pada perangkatnya. Contohnya melakukan unlock, memberi tambahan ekstensi penangkap sinyal, dan lain sebagainya. Padahal mengutak atik perangkat bisa menyebabkan modem bolt tidak ada layanan karena gagal menangkap sinyal.

Cara memperbaiki sinyal modem Bolt tidak stabil selanjutnya ialah dengan tidak mengutak atik modem itu sendiri. Terkadang penggunaan modem tidak sebagaimana mestinya disebabkan oleh modem itu telah dibuka. Dengan kata lain pemilik modem tersebut telah mengutak atiknya. Untuk itu modem yang anda miliki harus tetap orisinal dan seperti baru sehingga tidak perlu diutak atik.

Restart Bolt

Cara mengatasi modem Bolt no service selanjutnya ialah dengan merestart Bolt tersebut. Kita dapat melakukan restart Bolt ini dengan mudah. Modem yang direstart tersebut pada dasarnya sama dengan melakukan refresh pada jaringan Bolt itu sendiri. Dengan begitu jaringannya akan lebih stabil daripada jaringan sebelum restart Bolt tadi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki modem bolt no service mudah lengkap. Cara cara di atas tidak dapat diterapkan jika pemasangan SIM Card tidak baik, sinyal provider tidak tersedia, SIM Card tidak dapat di baca, modem rusak maupun kuota internet pada modem telah habis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "4 Cara Memperbaiki Modem Bolt No Service (Tidak Ada Layanan)"