Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Tersedot, Hilang, dan Berkurang Sendiri

Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Tersedot, Hilang, dan Berkurang Sendiri - Layanan konten SMS berbayar memang sangat meresahkan pengguna ponsel. Meski tak pernah mendaftar tapi faktanya banyak pelanggan yang komplain pulsa miliknya hilang secara tiba-tiba. Kerugian pun tak bisa dielakan lagi karena biasanya pulsa kalian akan terus berkurang secara berkala.

Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Tersedot dan Penyebabnya
Cara Menghentikan Penyedotan Pulsa Smartfren

Meski jarang terjadi kasus pulsa smartfren tersedot dan berkurang sendiri. Tapi bukan berarti tak ada yang mengalaminya. Kasus ini pernah saya alami beberapa bulan lalu setelah saya mengisi pulsa. Lantas apa yang menjadi penyebabnya? setelah saya cek ternyata pulsa smartfren hilang karena saya lupa kalau paketan sudah habis.

Di lain sisi, beberapa pelanggan justru mengeluh ketika lupa mematikan fitur berlangganan otomatis. Sehingga paket internet miliknya diperpanjang secara otomatis tiap bulannya tanpa ada pemberitahuan. Inilah yang terkadang menjadi bumerang sendiri untuk kita ketika teledor dalam menggunakan suatu layanan.

Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Tersedot, Hilang, dan Berkurang Sendiri

Dalam beberapa kasus pulsa berkurang sendiri juga bisa disebabkan karena konten berbayar yang didapat dari iklan pada website. Akibatnya, meski tak melakukan aktivasi atau pendaftaran secara resmi nomor kita akan tetap mendapatkan SMS berbayar tersebut. Konten semacam inilah yang selanjutnya akan kita sebut sebagai layanan penyedot pulsa ilegal.

Lantas bagaimana cara mengatasi pulsa smartfren tersedot dan berkurang sendiri? tak ada pilihan selain melakukan unreg. Padahal cara menghentikan layanan penyedot pulsa smartfren tidaklah semudah membalik telapak tangan. Karena kita harus tau terlebih dulu format SMS nonaktif baru bisa mengirimnya.

Alternatif lain kalian bisa ganti kartu perdana yang otomatis akan memperbaruai seluruh data kontak di ponsel masing-masing. Tapi, jika kalian tak ingin melakukanya maka simaklah artikel di bawah sampai selesai. Saya akan membahas lebih dalam cara mengatasi pulsa smartfren hilang karena tersedot program SMS berbayar.

Kenapa Pulsa Smartfren Tersedot

Sebelum membagikan cara menghentikan layanan penyedot pulsa smartfren tersebut. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai faktor penyebab kenapa pulsa smartfren berkurang sendiri. Adapun beberapa faktor penyebab pulsa smartfren terpotong secara terus menerus meliputi:

Berlangganan Paket Tertentu

Berlangganan paket bisa menjadi penyebab kenapa pulsa smarfren berkurang sendiri setiap bulan. Ketika memutuskan berlangganan maka sistem akan rutin memotong pulsa setiap periode untuk memperpanjang status layanan. Maka dari itu, cara mengatasi pulsa smartfren tersedot adalah dengan membatalkan status langganan paket.

Kalian juga dapat menonaktifkan fitur perpanjang otomatis pada paket internet smartfren yang sedang aktif sekarang. Sebab terkadang pelanggan salah, alih-alih memilih opsi sekali beli tapi banyak yang terkecoh lalu memilih berlangganan.

Paket Data Habis

Kuota yang habis juga bisa menjadi sebab kenapa pulsa smartfren berkurang sendiri. Seperti yang kita ketahui saat paket data habis maka pelanggan akan dibebani tarif dasar pemakaian. Makanya, untuk membayar sambungan pulsa smartfren akan tersedot sendiri sampai habis. Bagaimana cara menghentikan penyedotan pulsa itu? Tanpa perlu saya ajari pun kalian pasti juga sudah tau.

Cara mengatasi pulsa smartfren tersedot dan berkurang sendiri karena paket data habis cukup mudah. Tinggal beli saja paket internet baru sehingga saat megnakses internet kuota lah yang akan terpakai sebagai bayaran.

Berlangganan RBT

RBT pada dasarnya memang membutuhkan biaya tertentu untuk perpanjangan. Maka dari itu jika pulsa smartfren terpotong secara tiba tiba maka bisa saja RBT yang anda aktifkan telah diperpanjang. Nah, ketika berurusan dengan yang namanya RBTmaka proses unregnya lumayan ribet. Kalian harus tau terlebih dulu jenis program serta format stop yang benar.

Baca juga : Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren GSM 4G

Lalu bagaimana cara menghentikan layanan penyedot pulsa smartfren yang tepat? inilah pertanyaan utamanya. Jika tanpa sengaja mendaftar konten berbayar maka kita bisa langsung melakukan unreg. Tapi masalah lain timbul ketika pengguna tak tau harus mengirim sms unreg ke mana dan dengan format seperti apa.

Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Berkurang Sendiri

Singkatnya kalian bisa menghentikan penyedotan pulsa jika tau terdaftar di program apa. Tapi bagaimana jika pelanggan tak tau? tenang saja karena saya punya solusi. Beruntungnya, pihak operator menyediakan layanan customer service interaktif yang mampu menyediakan informasi kartu. CS tersebut bisa memberitau nomor terdaftar layanan penyedot pulsa mana.

Setelah menjelaskan tentang penyebab pulsa smartfren tersedot di atas. Setidaknya kita tau bahwa pelanggan bertanggung jawab atas kelalaian sendiri. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara menghentikan penyedotan pulsa smartfren seperti di bawah ini:

  1. Hentikan paket yang bersangkutan jika penyebabnya berlangganan paket tertentu dimana secara otomatis harus diperpanjang.
  2. Mematikan data seluler pada smartphone anda jika paket internet yang dimiliki sudah habis. Untuk itu pulsa smartfren yang dimiliki tidak akan terpotong.
  3. UNREG layanan RBT yang telah diaktifkan pada kartu smartfren anda. Caranya mudah yaitu kirim SMS dengan format UNREG dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk mnghentikan layanan penyedot tadi.
  4. Hubungi CS Smartfren yang tersedia jika cara cara yang dilakukan tidak berhasil. Akun resmi dari CS Smartfren ini dapat melalui Twitter ataupun Facebook.

Cara Agar Pulsa Smartfren Tidak Tersedot

Ada banyak sekali cara mengatasi pulsa smartfren tersedot dan hilang. Tapi kalau kita bisa mencegah masalah itu sebelum terjadi maka akan jauh lebih baik. Oleh karenanya, dalam sesi ini saya akan coba berbagi pengalaman agar pulsa smartfren tidak berkurang sendiri saat menyalakan data. Adapun kiat kiat yang bisa kalian terapkan adalah:

  • Sambungkan ke Wifi saat ingin beli paketan.
  • Beli paket internet lewat kode dial.
  • Jangan asal tap link apabila mendapat broadcast SMS.
  • Matikan fitur berlangganan / perpanjang otomatis.
  • Hindari top up pulsa dan beralih ke pengisian via voucher.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi pulsa smartfren tersedot dan penyebab pulsa smartfren tersedot. Tersedotnya pulsa smartfren dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti berlangganan RBT, mengklik layanan SMS penyedot pulsa dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Pulsa Smartfren Tersedot, Hilang, dan Berkurang Sendiri"

  1. dulu saya sewaktu menggunakan aplikasi mysf, saya juga sering mengalami pulsa kesedot, tapi setelah saya uninstall aplikasi mysf, pulsa saya sudah TIDAK pernah lagi tersedot.

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.