Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Gagal Daftar Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)

7 Cara Mengatasi Gagal Daftar Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil) - Tidak bisa beli paket internet merupakan permasalahan yang dialami segelintir pengguna ponsel. Penyebabnya pun bisa datang dari kesalahan pemakaian, device error, Kode MMI tidak valid, aplikasi myIM3 keluar sendiri, dll. Bahkan kekuatan sinyal yang baik dan stabil pun tidak menjamin kita dapat mendaftar paket internet indosat tanpa kendala.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)
Gagal daftar paket internet indosat

Saya sendiri pernah mengalami gagal mengaktifkan paket internet indosat tahun lalu. Kalau tidak salah notifikasinya berbunyi "masalah sambungan atau kode MMI tidak valid". Meskipun kini saya telah beralih ke operator telkomsel dan smartfren karena sudah merasa tidak cocok dengan Indosat. Tapi saya akan menjabarkan bagaimana cara mengatasi tidak bisa beli paket internet indosat atau gagal memasukan kode voucher kuota.

Belakangan para pelanggan memang sering mengeluh tidak bisa daftar paket internet indosat lewat kode dial ataupun aplikasi. Keluhan seperti ini memang cukup merugikan tidak hanya untuk pelanggan tapi juga pihak operator seluler. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa solusi permasalahan di atas.

Tapi selain penjelasan cara mengatasi tidak bisa daftar paket internet Indosat tersebut. saya juga akan membahas tentang penyebab tidak bisa beli paket internet Indosat seperti kode MMI tidak valid dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

7 Cara Mengatasi Gagal Daftar Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)

Saat anda sedang gabut namun paket data internet habis, tentu ingin rasanya mengisi paket internet Indosat sesegera mungkin. Lazimnya, ada beberapa metode yang bisa dipakai untuk membeli paket internet. Menukar dan memasukan voucher isi ulang kuota menjadi cara paling instan karena kita tidak perlu topup pulsa. Alternatif lain pelanggan bisa daftar paket lewat aplikasi dan kode dial.

Namun bagaimana jika ternyata tidak bisa daftar paket internet indosat freedom dan lain-lain? ada berbagai penyebab kenapa tidak bisa memasukan voucher kuota maupun paket indosat. Misalnya kode MMI tidak valid, pulsa kurang, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui serangkaian penyebab tersebut diharapkan anda dapat menerapkan cara mengatasi tidak bisa beli paket internet Indosat dengan tepat.

Para pengguna Indosat pada dasarnya hampir semuanya kebingungan dalam mengatasi masalah terkait gagalnya pembelian paket internet tersebut. Hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman para pengguna mengenai apa saja penyebab gagal memaketkan pulsa maupun kuota. Tak heran jika cara mengatasi tidak bisa beli paket internet Indosat juga tidak banyak diketahui oleh para pengguna.

Oleh karenanya saya mencoba merangkum beberapa penyebab sekaligus solusi terkait masalah yang sedang anda hadapi. Silahkan simak hingga selesai dan cocokan notifikasi kegagalan yang timbul pada kartu anda.

Kode MMI Tidak Valid

Voucher kuota adalah salah satu pilihan tepat dan cepat untuk mengisi paket data. Voucher dinilai lebih praktis daripada pengguna harus mendaftar paket internet indosat secara manual. Terlebih saat munculnya rumor aplikasi MyIM3 error tidak bisa login seperti tempo hari. Tapi pernahkah kalian mendapat notifikasi "Maaf, kode MMI tidak valid" ketika hendak menukarkan voucher isi ulang?

Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid menjadi kendala umum yang harus dihadapi ketika hendak mengakses kode dial. Penyebab gagal daftar paket internet indosat yang satu ini bisa jadi karena kualitas koneksi yang buruk. Beberapa pelanggan juga mengeluhkan munculnya notifikasi tersebut setelah memasukan kode voucher indosat.

Saat kode voucher Indosat dimasukkan atau kode dial sedang diketik memang terkadang muncul notifikasi sewaktu waktu. Namun anda tidak perlu khawatir karena penyebab masalah seperti ini ialah terkuncinya jaringan pada mode 4G only. Oleh karenanya, kalian perlu mengganti tipe jaringan dari 4G Only menjadi otomatis dari menu pengaturan.

Cara mengatasi tidak bisa daftar paket internet indosat jika ada pesan kode MMI pun juga sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Lebih tepatnya ada beberapa metode yang bisa anda terapkan mulai dari ganti mode jaringan, nyalakan mode pesawat, hingga restart ponsel. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan sebelumnya dengan judul Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP.

Terdaftar di Paket Lain

Apabila anda memperoleh pesan dari operator seperti "Maaf registrasi paket gagal, anda masih terdaftar internet" saat mengaktifkan paket internet Indosat. Maka sudah pasti pembelian paket data ini tidak dapat dilakukan. Hal tersebut bisa terjadi karena anda masih aktif berlangganan dalam program paket lainnya.

Meski tak menutup kemungkinan pengguna bisa registrasi paket lain. Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa tidak semua program mengijinkan pelanggan merangkap dua paket sekaligus. Misalnya kuota add on yang notabenya khusus untuk layanan paket unlimited.

Inilah poin penting mengapa kita harus menonaktifkan status berlangganan ketika memang sudah tidak diperlukan. Jika tidak, akibatnya pengguna tidak bisa daftar paket internet indosat dan harus terus berlangganan layanan sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat merugikan karena membatasi pilihan kita.

Solusi terkait masalah seperti ini ialah memberhentikan paket data internet yang digunakan terlebih dahulu dengan cara kirim SMS ke 363 dengan format UNREG. Namun sebelum itu pastikan paket kuota yang dimiliki tinggal sedikit atau sudah habis. Kalau tidak maka kuota tersebut akan hangus dan hilang begitu saja.

Tidak Bisa Membuka MyIM3

Ketika menyinggung aplikasi MyIM3 error memiliki pembahasan yang cukup relatif. Gejala yang beragam mulai dari tidak bisa login, aplikasi keluar sendiri, layar freeze, hingga tidak bisa mendaftar paket internet indosat dari MyIm3. Ada yang menyimpulkan penyebabnya karena jaringan jelek tapi beberapa pelanggan tetap percaya bahwa akar masalahnya ada pada server pihak operator yang buruk.

Terlepas dari banyaknya sebab MyIM3 tidak bisa dibuka kita akan tetap terkena akibatnya. Yakni gagal mengaktifkan paket internet, cek informasi layanan, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat merugikan karena pelanggan pun jadi tak memiliki pilihan untuk mengisi kuota.

Lantas bagaimana cara mengatasi gagal daftar paket internet indosat karena myIM3 error? Inilah yang menjadi pokok pertanyaan. Secara garis besar kalian bisa mencoba beberapa opsi, diantaranya adalah:

  1. Reset jaringan.
  2. Restart ponsel.
  3. Install ulang aplikasi.

Semua metode tersebut sebenarnya sudah saya bahas dalam artikel lain berjudul Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Error Tidak Bisa Terbuka. Kalian bisa membaca pembahasan dari masalah ini secara mendalam dan menerapkan langkah mana yang paling tepat.

Paket Indosat Hilang dan Tidak Ada

Tidak bisa daftar paket internet tak hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti aplikasi error atau jaringan bermasalah saja. Ada kalanya kalian tidak bisa beli paket indosat karena memang produk yang ingin kalian beli telah dihapus. Jadi saat membuka myIM3 seolah paket indosat hilang padahal memang pihak operator telah menghapusnya.

Di lain sisi, beberapa pelanggan yang mengaku merasa nyaman dengan paket internet yang dibelinya. Tapi rasa puas itu harus terpatahkan saat hendak mengaktifkan ulang ternyata produk sudah tidak ada.

Tak ada cara mengatasi gagal daftar paket indosat apabila sudah menyangkut kebijakan pembelian. Pelanggan hanya memiliki satu opsi tersisa yakni mencari alternatif paket internet murah lainnya. Beruntung, IM3 termasuk kartu perdana yang menyediakan berbagai pilihan kuota murah.

Adapun rekomendasi yang dapat saya berikan adalah paket yellow yang dibanderol seharga seribu perhari. Kamu juga dapat membeli paket unlimited atau bagi yang ingin gratisan, program MGM terbuka lebar untuk kalian.

Nomor Tidak Aktif

Pernahkah anda memperhatikan masa aktif kartu perdana Indosat yang tertancap di ponsel anda. Meski terdengar sepele, tapi salah satu penyebab gagal daftar internet indosat karena nomor yang tidak aktif. Karena status nonaktif tersebut anda tidak bisa mengakses layanan seperti kode dial, mengirim SMS, memasukan voucher kuota dan lain sebagainya.

Kartu yang belum diregistrasi juga bisa membuat anda gagal daftar paket internet indosat maupun memasukan kode voucher. Mengapa demikian? karena pada dasarnya status perdana tersebut masih nonaktif sampai anda menginput NIK dan KK.

Baca juga : Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Matrix dan Mentari)

Cara registrasi nomor ponsel sendiri sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup kirim sms dengan format NIK# KK# kirim ke 4444. Tunggulah hingga mendapatkan balasan berupa SMS notifikasi nomor sudah diregistrasi. Dengan begitu anda akan terhindar dari masalah gagal mengaktifkan paket internet indosat dan tukar voucher kuota.

Alternatif lain jika kalian masih tidak bisa daftar paket indosat bisa jadi karena masa aktif kalian sudah habis. Maka dari itu, belilah pulsa terlebih dulu dan lakukan aktivasi manual dari myIM3. Pulsa tersebut hanya berfungsi sebagai syarat untuk mengembalikan nomor dari masa tenggang.

Transaksi Sedang Diproses Tapi Tidak Dikirim

Beberapa waktu lalu seorang rekan membeli paket freedom internet dan melakukan pembayaran dengan metode card (debit/kredit). Tapi setelah ditunggu agak lama ternyata paket internet tidak masuk meskipun sudah berganti jam.

Akhirnya laporan ke CS via chat whatsapp pun dibuat pada hari yang sama dengan komplain sedemikian rupa. Customer care menjelaskan fenomena tidak bisa daftar paket internet indosat memang jarang dialami oleh pelanggan. Kemudian ia menyarankan untuk menunggu setidaknya 3 hari apabila status paket masih diproses tapi tidak dikirim maka akan dihubungi kembali.

Singkatnya, setelah seminggu pihak CS mengarahkan untuk menghubungi Bank untuk mengonfirmasi pemotongan saldo. Betul saja, ternyata meski gagal daftar paket internet indosat tapi saldo terpotong dan tidak dikembalikan. Hal ini tentu memicu perdebatan yang akhirnya mencuat ke media sosial.

Dari penuturan seorang rekan di atas dapat saya simpulkan kalau paket internet indosat sedang diproses tapi tidak dikirim mengindikasikan kegagalan. Fenomena tidak bisa beli paket internet indosat satu ini masih jadi tanda tanya besar apa penyababnya.

Ada yang berasumsi faktor penyebabnya dari kegagalan sistem dalam membacara metode pembayaran. Kalau kebetulan mengalami transaksi sedang diproses tapi tidak dikirim kirim maka cara mengatasinya adalah:

  1. Hubungi customer care Indosat via whatsapp.
  2. Ceritakan kronologi masalah secara rinci.
  3. Lampirkan bukti transaksi gagal.
  4. Tunggu sampai mendapat follow up.

Paket internet indosat tidak masuk padahal saldo terpotong memang sangat mengesalkan. Solusi terbaik yang dapat kita tempuh apabila mengalami hal demikian mau atau tidak tetap harus menghubungi customer care. Harusnya setelah melampirkan bukti maka dana atau saldo akan dikembalikan ke rekening.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membeli Paket Internet Indosat

Indosat merupakan salah satu provider yang menyediakan beragam layanan paket internet murah kuota besar. Meski demikian, nama besar tersebut tidak diimbangi dengan kualitas jaringan yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya keluhan gagal isi ulang voucher kuota dan daftar paket internet.

Alasan paling logis tak lain karena kualitas jaringan ponsel yang buruk. Oleh karenanya kita perlu refresh jaringan agar ponsel mendapatkan alamat IP yang baru. Mengubah mode jaringan dari 4G only ke otomatis juga mengambil peran penting dalam kasus ini.

Masih tidak bisa beli paket internet indosat bahkan setelah saya jabarkan penyebab di atas? tenang saja. Dalam sesi terakhir kita akan membahas beberapa solusi dari masalah tidak bisa mendaftar paket internet indosat lewat kode dial dan aplikasi. Adapun langkah langkah penyelesaiannya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu pengaturan atau setelan terlebih dahulu. Lalu klik pada bagian kartu SIM dan jaringan seluler.
  2. Setelah itu klik pada jaringan Indosat Ooredoo dan pilih tipe prioritas jaringan yang digunakan.
    Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)
    Setting Tipe Jaringan Prioritasnya

  3. Kemudian jaringan prioritas LTE atau 4G digantii menjadi prioritas 3G atau 2G. Lalu lakukan pembelian paket internet Indosat lagi.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)
Mengganti Tipe Jaringan Prioritas

Trik mengganti mode jaringan di atas sangat efektif untuk pelanggan yang tinggal di pedesaan atau pinggiran kota. Sinyal 4G yang belum merata dan mencakup penjuru wilayah menjadi penyebab utama kenapa koneksi tidak stabil. Gejalanya tak lain sinyal 4G hilang atau bahkan signal bar tidak muncul sama sekali. Sehingga yang perlu kita lakukan hanyalah mengatur jaringan ke mode otomatis.

Itulah cara mengatasi tidak bisa beli paket internet indosat yang bisa saya sampaikan. Berdasarkan pengalaman pribadi, gagal daftar paket internet biasa disebabkan karena koneksi yang buruk. Maka dari itu, mengubah mode jaringan bisa menjadi solusi ampuh untuk masalah anda. Alternatif lainnya kalian dapat mengaktifkan mode pesawat lalu menonaktifkannya kembali untuk refresh jaringan.

Voucher Indosat Tidak Masuk

Membeli paket internet indosat tak serta merta harus dilakukan lewat kode dial maupun aplikasi MyIM3. Di jaman modern seperti sekarang pelanggan lebih suka hal-hal yang serba instan. Mengisi kuota lewat voucher pun menjadi salah satu pilihan utama karena kemudahan yang ditawarkannya.

Di lain sisi keberadaan voucher paket internet pun seperti terobosan baru dengan berbagai varian kuotanya. Seolah menjadi cara mengatasi tidak bisa daftar paket internet indosat voucher hadir sebagai solusi. Pelanggan hanya perlu menggosok hologram dan menukar kode didalamnya untuk mendapatkan kuota.

Sayangnya beberapa pengguna ponsel pintar sering mengalami kendala sampai tidak bisa beli paket indosat lewat voucher. Lantas apa yang menjadi penyebabnya? masalah ini pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Mulai dari kode voucher salah, voucher kadaluarsa, hingga berbagai isu lain yang notabenya merugikan pengguna.

Bila kalian mengalami hal demikian maka ada beberapa langkah yang dapat ditempuh. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan berikut:

  • Cek masa aktif voucher.
  • Pastikan kondisi voucher masih tersegel.
  • Masukan kode dengan benar.
  • Tukarkan kode di daerah yang memiliki sinyal bagus.

Silahkan baca artikel berjudul Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal Aktivasi Voucher). Tapi kalau memang semua metode masih belum membuahkan hasil maka kita hanya perlu menukarkan ke tempat pembelian.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi tidak bisa beli paket internet Indosat yang dapat saya sampaikan. Penyebab gagal beli paket internet Indosat tersebut dapat berupa kode MMI tidak valid, masih terdaftar dalam paket internet lain dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

6 komentar untuk "7 Cara Mengatasi Gagal Daftar Paket Internet Indosat (Pasti Berhasil)"

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.