Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel - Lacal data menawarkan banyak keuntungan bagi pengguna dengan tingkat mobilitas rendah. Tapi, ternyata masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengetahui lokasi kuota lokal telkomsel. Semua ini terjadi karena kebijakan pihak operator yang menerapkan kuota pembagian berdasar zona.

Mengatasi permasalahan kuota lokal telkomsel tidak bisa dipakai
Cara cek lokasi kuota lokal telkomsel

Setiap kali membeli paket internet maka kita akan memperoleh beberapa kuota diantaranya kuota lokal dan nasional (reguler). Keduanya memiliki syarat dan ketentuan berbeda terkait lokasi pemakaiannya. Kalau kuota reguler bisa dipakai dimana saja, lain halnya dengan kuota lokal yang hanya bisa digunakan di tempat asal pendaftaran. Jika pemakaian masih dalam zona pendaftaran, kalian tidak perlu repot cek lokasi kuota lokal telkomsel. Meski demikian, mayoritas pelanggan sering mengabaikan dua jenis data internet tersebut dan menggapnya sama saja.

Berbeda dengan kuota reguler, kalian hanya bisa menggunakan kuota lokal di daerah tempat asal aktivasi paket internet. Misalnya saja kita membelinya di kota solo (jawa tengah) lalu seminggu kemudian pergi ke bogor untuk liburan. Maka kuota lokal telkomsel tidak terpakai karena kalian sudah keluar zona aktivasi paket. Inilah alasanya kita harus cek lokasi kuota lokal telkomsel sebelum mulai memakainya. Karena jika local data tidak aktif bisa-bisa kuota utama tersedot sebagai gantinya.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel

Telkomsel menyandang predikat operator seluler terbaik di Indonesia dengan puluhan juta pelanggan setia. Cakupan sinyal yang luas dan stabil membuat provider ini digemari hampir di seluruh pelosok negeri. Di balik kesuksesannya, setiap paket yang ditawarkan telkomsel memiliki syarat dan ketentuan khusus. Salah satunya adalah pembagian kuota berdasarkan lokasi tempat aktivasi paket internetnya. Mari kita sepakat menyebutnya sebagai zona pendaftaran telkomsel agar lebih singkat.

Kuota lokal telkomsel tidak terpakai memang sudah menjadi polemik tersendiri di tengah pelanggan kartu AS, simpati maupun Loop. Pasalnya tidak semua data internet bisa dimaksimalkan penggunaanya karena adanya pembagian tersebut. Hal ini menyebabkan orang dengan tingkat mobilitas tinggi yang sering ke luar kota dan traveler harus berpikir ekstra agar bisa menggunakan kuota lokal di daerah lain.

Padahal pihak operator pun tak memberi informasi bagaimana cara mengetahui kota asal yang dipakai untuk mendaftar. Akibatnya saat meninggalkan zona paket internet telkomsel maka local data kalian tak akan terpakai.

Dalam artikel singkat kali ini kita akan membahas beberapa trik dan cara cek lokasi kuota lokal telkomsel beserta detail aktivasi paketnya. Selain itu, kita akan belajar bagaimana cara menggunakan local data yang tidak bisa dipakai. Penasaran seperti apa tutorialnya? simaklah penjelasan berikut hingga selesai.

Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Kuota lokal telkomsel tidak terpakai sering dialami oleh beberapa traveler yang memegang kartu AS simpati dan loop. Mengapa saya katakan traveler? karena mayoritas kasus tersebut dialami oleh mereka yang gemar bepergian meninggalkan zona telkomsel yang menjadi kota asal aktivasi paket. Dengan kata lain untuk menggunakan kuota lokal kita harus berada di daerah asal aktivasi paket.

Hal tersebut pernah saya alami sebelumnya saat hendak pulang kampung ke kabupaten pacitan, jawa timur. Saya membeli paket internet telkomsel dengan perbandingan kuota lokal lebih banyak daripada reguler. Lazimnya kuota lokal terlebih dahulu yang akan terpakai dan habis ketika kita berinternetan. Namun sebaliknya, malah local data tidak berkurang sedangkan kuota utama sudah hampir habis.

Kemudian saya cek lokasi kuota lokal telkomsel dengan bertanya langsung pada call center. Dan benar saja ternyata jenis data internet tersebut tidak bisa dipakai setelah berpindah lokasi. Dari pengalaman saya pasti kalian sudah tau kan seperti apa konsep local data telkomsel?

Baca juga: Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai (Penyebab dan Solusinya)

Masalahnya, apa kamu mengetahui cara cek lokasi kuota lokal telkomsel di ponsel? Secara garis besar pihak operator tak menyediakan fitur cek lokasi aktivasi paket lewat kode dial ataupun aplikasi mytelkomsel. Sehingga pelanggan harus mengingat sendiri kapan dan dimana terakhir kali pembelian paket dilakukan.

Meski demikian pengguna ponsel tetap bisa mengetahui lokasi kuota lokal dan zona paket telkomsel lewat bantuan CS. Customer service dapat kita hubungi lewat beberapa platform akun sosial media seperti instagram dan twitter. Sayangnya operator satu ini belum mendukung fitur bot atau layanan khusus untuk cek riwat registrasi paketan.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Misalkan kalian mengalami masalah serupa seperti yang sudah saya terangkan diatas ada baiknya lakukan pengecekan lokasi aktivasi paket internet terlebih dahulu. Jika tidak, kuota flash/utama milik kalian akan terkuras habis sebelum menyadari bahwa kuota lokal tidak terpakai.

Cara cek lokasi kuota lokal telkomsel
Kuota lokal telkomsel tidak terpakai

Pada penjelasan awal sudah saya terangkan bahwa operator telkomsel tidak menyediakan fitur lanjutan untuk mengecek informasi lokasi aktivasi paket. Namun bukan berarti provider ini tidak memiliki data dan riwayat transaksi para pelanggannya. Kita tetap bisa mengetahui detil rincian aktivasi dengan menghubungi customer service telkomsel baik itu lewat call center, twitter, ataupun facebook.

Mengapa harus ke akun resmi di sosial media? sudah jelas karena di telkomsel memberikan respon lebih baik dan lebih cewat lewat sosmed daripada call center. Silahkan smak cara cek lokasi kuota lokal di bawah ini:

  1. Pilih platform sosial media (FB, twitter, IG, dll).
  2. Cari official account telkomsel.
  3. Tulis pertanyaan kepada admin tentang cek lokasi kuota lokal telkomsel dan kirimkan lewat pesan/tweet.
  4. Setelahnya kalian akan diminta mengisi data berupa nomor telepon, tanggal pembelian paket, dan tipe hp yang dipakai.
  5. Tunggulah beberapa saat maka admin akan memberikan detail aktivasi paket terbaru secara lengkap.

Saya sarankan untuk menghubungi CS telkomsel melalui facebook instant messenger saja. Lewat aplikasi tersebut kita akan langsung dihubungkan dengan customer service virtual bernama veronica yang akan membantu dalam proses cek lokasi kuota lokal dan informasi aktivasi paket terakhir.

Dalam beberapa kasus bagi orang yang sudah terlanjur bepergian meskipun mengetahui lokasi kuota lokal telkomsel akan sama saja. Mereka tidak bisa menggunakannya karena di luar daerah aktivasi. Namun ada trik untuk menggunakan kuota lokal telkomsel di luar daerah aktivasi. Bagaimana caranya? simaklah pembahasan sesi terakhir hingga selesai.

Cara Menggunakan Kuota Lokal yang Tidak Terpakai

Sebenarnya cara memakai jenis data internet satu ini sudah dijelaskan ketika kalian hendak mengaktifkan layanan. Tapi ada kalanya pula seorang pengguna harus bepergian ke luar kota meninggalkan zona aktivasi paket. Ketika hal ini terjadi secara otomatis local data pun akan membeku dan tidak bisa digunakan.

Nah, apakah kalian salah satu pelanggan kartu AS simpati dan loop yang mengalami permasalahan kuota lokal tidak bisa dipakai? jika demikian saya ada solusinya. Trik ini cukup ampuh dan tidak memakan banyak waktu untuk menyetting ponsel. Kita akan tinggalkan sejenak pembahasan cara cek lokasi kuota lokal telkomsel dan beranjak pada solusi menggunakan local data yang tidak terpakai.

Setting Anonytun Kuota Lokal

Cara pertama, kita bisa mengubah semua jenis paket data menjadi kuota flash menggunakan aplikasi pihak ketika seperti anonytun. Aplikasi satu ini sudah cukup terkenal karena memiliki segudang manfaat. Tak sedikit yang memakai anonytun untuk mengonversi berbagai jenis kuota agar bisa digunakan secara universal.

Bahkan, jika kalian memilih anonytun maka tak perlu repot lagi cek lokasi kuota lokal telkomsel di atas. Karena cara setting aplikasi ini hanya memerlukan bug serta proxy server yang masih aktif saja. Menurut saya langkah ini cukup praktis dan fleksibel untuk kita terapkan.

Lantas bagaimana konsep atau cara kerjanya? pertanyaan ini pasti muncul di benak pengguna ponsel yang masih awam. Hal ini menurut saya adalah sesuatu yang lumrah mengingat pelangganpasti was-was ketika menginstall aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya mekanisme serta cara kerja anonytun cukup sederhana.

Dengan memalsukan server kita bisa tetap berselancar di dunia maya meskipun berada di luar lokasi aktivasi paket internet telkomsel. Namun, kalian tak bisa sembarangan ketika mengatur anonytun. Kesalahan dalam memilih server justru bisa mengakibatkan ponsel tidak tersambung ke jaringan. Cara settingnya pun juga cukup mudah dan bisa kalian temukan pula pada artikel sebelumnya.

Setting Fake GPS Kuota Lokal

Cara mengatasi kuota lokal tidak bisa dipakai selanjutnya adalah dengan memalsukan lokasi saat ini. Maksudnya, kalian dapat mengelabuhi sistem menggunakan fake GPS seolah sedang berada di lokasi asal pembelian paket telkomsel. Tapi, sebelumnya cek lokasi kuota lokal telkomsel terlebih dahulu untuk memastikan dimana zona pendaftaran paket.

Misalkan teman-teman mengalami masalah kuota lokal tidak bisa dipakai dan ingin menggunakan trik diatas. Ada baiknya kalian membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu karena detail tutorialnya sudah saya bahas di sana.

Itulah cara cek lokasi kuota lokal telkomsel beserta cara mengatasi kuota yang tidak bisa dipakai. Sebagai pelanggan, kita memang harus tetap cermat dalam membeli dan membaca deskripsi paket tersebut. Karena tidak semua kuota yang diberikan bisa dipakai begitu saja melainkan ada beberapa jenis paketan dengan syarat ketentuan khusus.

Sayangnya sampai sekerang pihak operator belum menyediakan opsi atau fitur yang mampu mengakomodasi hal di atas. Satu satunya cara mengetahui lokasi kuota lokal telkomsel yakni pelanggan harus menghubungi bot CS di laman media sosialnya. Tapi berharap saja seiring berjalannya waktu provider telkomsel akan menyertakan fitur demikian pada aplikasi resminya.

Misalkan kalian masih memiliki pertanyaan seputar masalah kuota lokal tidak bisa dipakai ataupun cara cek lokasi pembelian paket silahkan ajukan lewat kolom komentar. Termakasih sudah menyempatkan hadir dan membaca artikel sampai selesai.

1 komentar untuk "Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel"

  1. Artikelnya bagus tapi penyampaiannya bertele-tele sehingga uraiannya jadi sangat panjang. Tksh

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.