Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal Aktivasi Voucher)

8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal Aktivasi Voucher) - Apakah kalian pernah mengalami gagal melakukan isi ulang kuota melalui voucher indosat. Masalah voucher Indosat tidak masuk memang membuat beberapa orang kebingungan padahal tidak ada kendala dari segi jaringan dan perangkat. Terlebih lagi jika sampai gagal mengaktifkan voucher tapi pulsa dan kuota sudah terpotong tentu akan sangat merugikan kita sebagai pelanggan. Untuk mengatasi problematika tersebut indosat telah menyediakan beberapa opsi mulai dari penanganan manual hingga menghubungi call center.

Indosat merupakan salah satu operator seluler yang menyediakan layanan isi ulang kuota dan pulsa lewat voucher. Harga kompetitif didukung kuota besar serta jaringan kuat membuat voucher indosat laris manis di pasaran. Meskipun demikian penggunaan voucher kuota indosat tak luput dari kekurangan dan beberapa permasalahan, contohnya voucher indosat tidak masuk ketika diinput. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana cara mengaktifkan voucher kuota indosat?

cara mengatasi voucher indosat tidak masuk
Tidak bisa memasukan voucher indosat

Gagal isi ulang paket internet indosat tentunya menjadi masalah tersendiri bagi penggunanya. Terlebih lagi jika kuota maupun pulsa isi ulang tersebut sangat dibutuhkan pada keadaan yang mendesak. Perasaan panik bercampur kecewa tentu menyelimuti pelanggan yang tidak bisa mengaktifkan voucher IM3 seketika itu juga. Tapi kita tidak boleh pesimis meskipun kuota internet pada voucher indosat tidak masuk walaupun sudah diinput berkali-kali. Contohnya karena masa aktif voucher sudah habis, adanya gangguan pada provider, dan salah input kode voucher.

Cara mengatasi kuota internet indosat tidak masuk bisa diselesaikan dengan beberapa metode. Jadi kalian tak perlu repot komplain ke konter penjual ataupun melakukan pengaduan ke customer service. Karena kita bisa menggunakan voucher tersebut selama langkahnya sudah benar dan sesuai ketentuan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas penyebab kenapa voucher indosat tidak masuk beserta solusi yang harus kita lakukan ketika mendapati masalah demikian.

8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal Aktivasi Voucher)

Teliti sebelum membeli dan memasukan kode voucher indosat merupakan bentuk preventif nyata untuk menghindari segala kemungkinan masalah yang ada. Meskipun sudah berhati-hati namun terkadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Ada pelanggan yang tidak bisa memasukan voucher indosat maupun gagal aktivasi voucher karena suatu alasan.

Bila mengalami masalah demikian ada baiknya anda memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya koneksi yang dipakai apakah sudah stabil atau belum. Pasalnya jaringan yang kurang baik pun bisa menjadi penyebab kuota dalam voucher indosat tidak masuk ke nomor kita.

Di lain sisi, menjaga kondisi fisik voucher pun tak kalah pentingnya agar terhindar dari problematika di atas. Kondisi yang rusak/sobek sehingga kode di balik hologram tak terbaca bukanlah tanggung jawab pihak operator. Komplain ke konter penjual pun tidak akan ada gunanya karena setelah barang dibeli secara otomatis menjadi tanggung jawab pelanggan.

Singkatnya, cara mengatasi voucher indosat tidak masuk adalah dengan menghubungi call center maupun meminta bantuan di tempat pembelian voucher. Namun dalam beberapa kasus adakalanya kita harus menyelesaikan masalah itu secara mandiri. Dengan bermodalkan hipotesis dan kemampuan problem solving akhirnya saya menulis artikel ini.

Kenapa Gagal Mengaktifkan Voucher Indosat

Pernahkah anda mengalami kegagalan ketika memasukan voucher IM3? jika iya maka anda datang ke situs yang tepat. Tidak bisa memasukan voucher indosat hampir sama seperti kita gagal beli paket internet. Meski memiliki metode yang berbeda namun dampak yang dirasakan sama saja yakni kuota tidak masuk dan pengguna tak bisa mengakses internet.

Sebelum mulai membahas cara cara mengatasi voucher indosat tidak masuk dan gagal aktivasi. Pertama kita harus mengetahui terlebih dulu apa yang menyebabkan pelanggan tidak bisa memasukan kode voucher indosat. Setelahnya, baru kita bisa menarik kesimpulan sebagai solusi.

Masa Aktif Voucher Habis

Sama seperti produk fisik lain vocer memiliki masa berlaku yang mengindikasikan validitas pemakaian. Salah satu penyebab tidak bisa menggunakan voucher indosat adalah masa aktif yang sudah habis dan pelanggan baru menggunakannya.

Masalah itu sebenarnya sangat sepele, namun faktanya banyak orang mengalami kuota voucher indosat tidak masuk lantaran pemakaian yang melewati masa aktif itu sendiri. Langkah paling aman yakni meminta penjual mengisikan langsung setelah membelinya. Sehingga kita sebagai pelanggan akan terhindar dari segala resiko.

Tapi bagaimana kalau sudah terlanjur? untuk menyelesaikan masalah ini tentu kita harus pergi ke konter tempat pembelian voucher indosat dan menjelaskan kronologi kejadian. Saran saya, sebelum membeli voucher kuota indosat ada baiknya cek terlebih dahulu masa berlaku apakah masih berjalan lama ataupun tidak.

Kode Voucher Tidak Valid

Kode yang tidak valid menjadi salah satu masalah krusial mengingat voucher kuota memberlakukan enkripsi unik untuk setiap produknya. Dengan kata lain, setiap voucher harusnya memiliki kode yang berbeda antara satu sama lain. Jika kodenya saja tidak valid ada indikasi voucher tersebut telah dipakai di periode sebelumnya.

Tapi ada kalanya kode voucher indosat tidak masuk karena murni sistem yang error. Hal ini sering dialami pada mereka yang memasukan voucher lewat MyIM3. Aplikasi yang error ditambah koneksi yang tidak stabil sering membuat gagal aktivasi voucher. Jika memang telah memastikan internet stabil maka coba periksalah kembali digit kode yang tertera di balik hologram.

Kuota Indosat Tidak Masuk

Inilah masalah utama yang wajib kita waspadai ketika memasukan kode voucher indosat dalam bentuk pulsa maupun kuota. Pasalnya ketika paket data hangus tentu akan memberikan dampak kerugian bagi pelanggan. Untuk mengatasi voucher indosat tidak masuk kuotanya hanya ada satu cara yakni menghubungi call center secara langsung.

Meskipun anda membeli voucher tersebut di konter namun tetap saja pihak penjual tidak akan memberikan respon yang baik untuk kita. Alih-alih memberikan solusi, biasanya pelanggan yang komplain kuota internet indosat tidak masuk setelah input kode voucher hanya akan diarahkan menghubungi customer service secara mandiri.

Syarat dan Ketentuan Isi Voucher Kuota Indosat

Apakah kalian tidak bisa menggunakan voucher indosat dan gagal memasukan kodenya? inilah masalah yang sering dialami pengguna ponsel. Mulai dari kode voucher tidak valid, voucher kadaluarsa, hingga kuota dan pulsa yang masuk terlalu lama karena pending. Memahami syarat ketentuan adalah salah satu faktor penting yang harus kita ketahui sebagai pengguna ponsel khususnya.

Cara mengatasi voucher indosat tidak masuk yang menurut saya cukup logis adalah melakukan tindak preventif. Banyak yang berfokus pada solusi tapi melupakan tindak pencegahan sehingga saat terjadi hal tidak diinginkan mereka pun bingung. Nah, salah satu cara mencegah kemungkinan error atau kuota tidka masuk maka pelanggan harus membaca aturan dasar dari pihak operator.

Gagal mengaktifkan voucher Indosat bisa disebab oleh berbagai faktor salah satunya tidak memperhatikan syarat dan ketentuan. Sebelum mulai memakai voucher isi ulang indosat ada baiknya simaklah beberapa syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Usahakan masa aktif nomor yang akan diisi paket data masih berlaku. Hal ini dikarenakan pengisian paket internet indosat akan gagal jika nomor berada dimasa tenggang.
  2. Lakukan proses UNREG jika nomor yang akan diisi paket data masih berlangganan dengan paket internet lainnya. Adapun caranya yaitu ketik UNREG dan kirim SMS ke nomor 363.
  3. Memiliki pulsa minimal 1.000 rupiah yang terdapat pada nomor milik anda. Hal ini dikarenakan pengisian data gagal dapat disebabkan oleh jumlah pulsa pada nomor yang akan diisi tidak ada sepeserpun alias Rp 0.
  4. Sudah melakukan registrasi ulang sesuai NIK dan KK yang valid ke 4444. Kewajiban registrasi ulang ini memang wajib dilakukan sejak pemerintah menetapkan aturan tersebut. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap gagal tidaknya pengisian paket data indosat.

Jika syarat dan ketentuan di atas telah anda patuhi, maka lakukan perestratan HP dan tunggu selama 15 menit. Setelah itu transaksi pengisian voucher indosat kembali dilakukan lagi. Apabila transaksi pengisian paket internet melalui voucher tidak masuk juga atau tetap gagal. Maka sudah dapat dipastikan bahwa di pusat provider Indosat sedang ada gangguan atau trouble. Untuk pengecekan lebih lanjut dapat menghubungi admin Indosatnya.

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Ketika gagal memasukan kode voucher apa yang harus dilakukan? inilah pertanyaan yang terbesit di benak pelanggan. Ketika mengalami masalah demikian kalian hanya perlu mengikuti syarat ketentuan pada sesi sebelumya. Biasanya, di bawah hologram pun kita akan disuguhkan cara menggunakan voucher sampai berhasil sesuai langkah dan prosedur dari pihak operator

Meski demikian ternyata masih banyak pengguna ponsel yang tak paham bagaimana cara memasukan voucher indosat dengan benar. Di lain sisi, pelanggan pun tidak bisa sepenuhnya disalahkan karena terkadang kode MMI tidak valid serta permasalahan jaringan pun menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk
gagal menukar kode voucher

Apapun jenis paket internet Indosat yang anda gunakan, namun cara yang digunakan juga hampir sama meskipun jenis paketnya berbeda. Adapun beberapa langkah mengatasi tidak masuknya voucher Indosat ketika pengisian paket data yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan pada smartphone anda.
  2. Kemudian pilih menu Jaringan dan klik pengaturan atau settingan.
  3. Ubah jaringan smartphone anda menjadi jaringan 2G atau GSM Only.
  4. Setelah itu lakukan transaksi pengisian paket internet Indosat lagi, setelah sebelumnya gagal dilakukan.

Inilah beberapa cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk yang dapat anda lakukan. Salah satu penyebab tidak masuknya voucher Indosat sendiri dapat dikarenakan jaringan berada di kondisi 4G LTE. Untuk itulah format jaringannya dapat diubah menjadi jaringan 2G atau GSM Only terlebih dahulu. Untuk langkah langkah lebih detailnya dapat menghubungi Call Center Indosat pada nomor 815 dengan biaya Rp 400 per panggilannya.

Kode Voucher yang Rusak

Kode tidak terbaca merupakan salah satu masalah kompleks yang sangat tak mungkin untuk kita selesaikan sendiri. Meski voucher menjadi metode isi ulang kuota maupun pulsa modern dengan segala kemudahan. Tapi tak serta merta membuatnya lepas dari kekurangan yang mengarah pada kegagalan. Hal ini dibuktikan oleh beberapa keluhan pelanggan yang tak bisa menggunakan voucher indosat karena kerusakan fisik.

Karena memiliki bentuk fisik maka vocer sangat rentan terhadap kerusakan maupun hilang. Misalnya terlalu kuat menggosok bagian hologram sehingga kode di baliknya pun menjadi terhapus. Lantas apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah demikian? apakah bisa mengajukan ganti rugi ke pihak konter? Secara garis besar kalian tak bisa melakukannya.

Lantas bagaimana cara mengatasi voucher indosat tidak masuk karena kondisi fisik yang rusak? inilah yang menjadi pertanyaan di benak pengguna. Beberapa orang berasumsi bahwa kita tetap bisa mengetahui kode voucher dari nomor serial number. Terlepas benar atau salah, kalian tetap bisa mengusahakannya dengan menghubungi pihak customer service.

Tapi, syaratnya harus membawa fisik voucher indosat yang rusak dan kalian harus mengetahui status aktivasinya. Beruntungnya, saya telah membahasnya dalam artikel berjudul Cara Mengetahui Kode Voucher Indosat dari Nomor Serial Number.

Maka dari itu, kalian harus berhati-hati ketika hendak memakainya. Jika memang sudah waktunya isi ulang maka segeralah pakai sebelum terjadi hal yang tak diinginkan. Sebaliknya, kalau kalian membeli vocer untuk kebutuhan mendatang maka simpanlah di tempat aman terlebih dahulu. Karena segala kerugian ataupun kerusakan akibat kelalaian menjadi beban dari pengguna.

Cara Memasukan Kode Voucher Indosat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indosat mengeluarkan voucher paket untuk pengisian ulang data internetnya. Hal ini tentu mempermudah para pengguna setia daripada  membeli paket internet Indosat tanpa harus mengganti kartu. Selain itu para pelanggan juga lebih leluasa mengaktifkan paket data untuk nomor Indosat yang digunakan. Sehingga voucher Indosat dapat diaktifkan serta dibawa kapan dan kemana saja.

Cara mengatasi voucher indosat tidak masuk
Serial Number Voucher

Siapapun yang berlangganan layanan prabayar Indosat dapat menggunakan voucher paket tersebut. Paket yang tersedia untuk dapat anda aktifkan melalui voucher Indosat dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperi Paket Yellow Indosat Ooreedoo, Paket Unlimited dan Paket Freedom Combo.

Setelah menjelaskan tentang cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang cara memasukkan kode voucher Indosat isi ulang. Pengisian paket internet Indosat melalui voucher ini pada dasarnya hampir sama dengan metode pengisian ulang pada umumnya. Biasanya dalam kartu voucher tersebut sudah tertera cara memasukan kode pada masing masing jenis paket.

Biasanya pelanggan akan diarahkan untuk memasukan voucher indosat lewat aplikasi MyIM3 dan dial umb. Misalnya anda memilih top up kuota lewat aplikasi tinggal buka dan redeem atau scan code QR yang ada pada voucher tersebut. Tapi saya pribadi lebih nyaman isi ulang kuota lewat dial USSD karena bisa meminimalisir gagal mengaktifkan voucher indosat. Simaklah tutorial berikut:

  1. Langkah pertama ialah menggosok bagian Voucher Indosat yang memuat kode kode di dalamnya. Biasanya akan muncul 14 digit kode pada voucher tersebut.
  2. Setelah itu masuk ke menu Dialpad atau Panggilan dan ketik *556*KodeVoucher#. Lalu klik Call atau Panggil. Contoh kode voucher Indosatnya 98765432101234, maka yang perlu anda ketikkan adalah *556*98765432101234#.
  3. Tunggu sampai ada notifikasi pemberitahuan melalui SMS bahwa pengisian ulang paket data berhasil dilakukan.
  4. Pengisian kuota data melalui voucher Indosat telah selesai.

Usahakan pengisian kode voucher yang anda masukkan benar. Maka kalian akan terhindar dari kemunginan gagal mengisi kuota. Untuk memasukkan paket internet Indosat tidak hanya dapat dilakukan dengan cara cara di atas, namun dapat melalui aplikasi MyIM3 juga.

Jaringan Indosat Error

Ternyata jaringan error bisa menyebabkan pelanggan tidak bisa memasukan voucher indosat. Pesan dari dialog box pun berbunyi Anda Tidak Dapat Menggunakan Layanan Ini Untuk Sementara Waktu. Saat mendapat pesan itu beberapa orang pasti akan kebingungan dan bertanya apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya notifikasi tidak dapat menggunakan layanan sementara waktu adalah permasalahan yang sederhana. Bahkan tanpa perlu melakukan pengaduan apapun kita cukup menunggu sejenak sampai jaringan membaik. Tapi kalau memang keadaan sedang mendesak dan kita butuh kuota maka segera lakukan tindak penanganan.

Dari kasus semacam ini wajar saja bila pelanggan bertanya bagamana cara mengatasi voucher indosat tidak masuk karena layanan error. Solusi dari pesan Anda Tidak Dapat Menggunakan Layanan Ini Untuk Sementara Waktu adalah meningkatkan kualitas jaringan. Adapun beberapa opsi yang bisa kalian pilih yaitu:

  1. Ganti mode jaringan ke 3G only.
  2. Aktifkan mode pesawat.
  3. Tunggu sampai jarigan indosat membaik.
  4. Cari sambungan wifi.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Kita tau bahwa salah satu cara menggunakan voucher paling mudah yakni lewat kode dial. Hanya mengetik *556*kodevoucher# maka kuota secara otomatis akan masuk ke nomor masing-masing. Metode ini tentunya lebih cepat daripada SMS yang notabenya harus menunggu terkirim dan balasan terlebih dulu. Tapi bagaimana jika ternyata kalian gagal mengakses kode *556#?

Kode MMI Tidak valid merupakan salah satu masalah sambungan yang harus dihadapi sebagian pelanggan. Tidak sedikit yang gagal memasukan kode voucher IM3 karena masalah kode MMI tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasi voucher indosat tidak masuk karena kode MMI?

Secara garis besar, kode MMI menghubungkan ponsel ke jaringan lewat serangkaian metode pengkodean khusus. Pelanggan yang mengisi ulang kuota internet langsung dari aplikasi ataupun SMS tidak akan menjumpai masalah tersebut. Mengapa demikian? karena masalah sambungan kode MMI tidak valid hanya menimpa mereka yang membeli paket internet dan menukar voucher indosat lewat kode dial.

Satu-satunya cara mengatasi gagal mengaktifkan voucher indosat karena kode MMI tidak valid hanya mengganti mode jaringan. Mayoritas pengguna ponsel pintar mengatur gawainya untuk menangkap sinyal 4G only. Gantilah jaringan ke mode otomatis untuk menangkap frekuensi sinyal terbaik. Silahkan simak artikel berjudul Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator dan HP.

Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi voucher indosat tidak masuk lengkap. Voucher Indosat ialah salah satu cara melakukan pengisian paket internet Indosat tanpa mengganti kartu prabayarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar untuk "8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal Aktivasi Voucher)"

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.