Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL

4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL - Agar kuota internet tidak hangus, kita perlu menambah masa aktif paket tersebut ketika mendekati kadaluarsa. Sayangnya menambah masa aktif kuota XL tidak sama seperti perpanjang masa berlaku kartu perdana. Mengapa demikian? karena masa aktif paket internet dan kartu perdana memiliki konsep yang berbeda.

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Untuk bisa mengaksesnya pengguna ponsel harus beli paket berisi kuota internet. Jika masa aktif kuota XL habis maka secara otomatis pulsa akan tersedot.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL
Cara menambah masa aktif paket internet XL

Lebih tepatnya pelanggan akan dikenakan tarif normal pemakaian ketika kuota internet XL tidak bisa digunakan. Lantas bagaimana jika paket internet masih banyak tapi masa aktif sudah habis? cara memperpanjang masa aktif kuota XL hadir sebagai solusi.

Berdasarkan syarat dan ketentuan ketika masa aktif paket internet habis maka seluruh paket data didalamnya akan hangus. Tentunya ini menjadi masalah terlebih lagi jika kuota paket internet XL kita masih banyak. Untuk mengakalinya pelanggan perlu menambah masa aktif kuota XL sebelum paket internet tersebut kadaluarsa. Lantas bagaimana cara perpanjang masa aktif tersebut?

4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL

Setiap orang pasti pernah mengalami masa aktif paket internet habis namun masih menyisakan kuota XL yang sangat banyak. XL merupakan provider yang menyediakan berbagai kebutuhan telekomunakasi khususnya internet. Tarif paket internet XL juga tergolong murah untuk ukuran kuota internet besar. Tidak heran jika banyak pelanggan yang lebih dulu kehabisan masa aktif daripada paket data.

Untuk menambah masa aktif paket internet XL memang sedikit kompleks dan berbeda dari cara perpanjang kartu perdana pada umumnya. Selain itu, hanyak sedikit orang yang peduli dan tau bagaimana cara memperpanjang masa aktif kuota XL. Mayoritas pelanggan akan membiarkan kuota pada paket internet XL hangus begitu saja ketika sudah habis masa aktifnya. Hal ini juga didukung oleh minimnya informasi dari pihak operator tentang bagaimana cara perpanjang masa aktif paket internet XL.

Baca juga: Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat

Pertanyaan besarnya adalah apakah kita bisa beli masa aktif kuota? jika bisa bagaimana caranya. Lazimnya, orang hanya tau cara memperpanjang masa aktif kuota XL dengan melakukan isi ulang paket. Tentunya hal ini akan memberikan kalian tambahan secara instan tapi memerlukan cost yang tak sedikit, sehingga menurut saya sangat kurang efektif.

Tapi kalian bisa memanfaatkan beberapa event maupun layanan khusus dari pihak operator sebagai solusinya. Misalnya membeli ataupun menukarkan sejumlah poin loyalitas sehingga kalian akan terhindar dari masa tenggang. Meski ada banyak sekali cara menambah masa aktif kuota XL tapi tak semua pengguna mengetahuinya. Sebelum kita menuju pokok pembahasan ada baiknya anda mengetahui beberapa syarat dan ketentuan di bawah agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Kuota XL Tidak Bisa Ditumpuk

Beberapa waktu lalu ada yang menyatakan cara memperpanjang masa aktif kuota XL dengan beli paket yang sama. Apakah bisa menumpuk paket internet XL dengan layanan lain? pertanyaan ini sering kali muncul di benak pelanggan. Misalnya Xtra combo lite yang sudah mendekati masa tenggang lalu kita menumpuknya dengan paket lain.

Pada umumnya ketika masa aktif kartu habis dan masih menyisakan sejumlah pulsa, maka kita bisa mengisi ulang kartu tersebut. Dengan demikian secara otomatis kita telah memperpanjang masa aktif kartu dan sisa pulsa sebelumnya akan terakumulasi. Namun hal ini berbeda dengan paket internet XL ataupun paket data pada provider lainnya.

Jika anda berpikir membeli paket yang sama menjadi cara memperpanjang masa aktif kuota XL maka lupakanlah. Karena trik tersebut tidak akan berhasil walau anda mengulanginya hingga berkali-kali. Meskipun memiliki konsep yang mirip tapi kita tidak boleh menyamakan antara masa aktif paket internet dan kartu perdana.

Hal ini disebabkan konsep kerja paket kuota berbeda dengan pulsa. Jika masa aktif paket internet habis tapi kuota XL masih banyak, kuota tersebut akan hangus dan tidak akan terakumulasi dalam pembelian paket internet XL selanjutnya. Dengan kata lain kalian tak bisa menumpuk bundling lama dengan paket internet yang baru. Dari sini saya anggap kalian sudah paham konsep perbedaan pulsa dan kuota.

Masalahnya, apakah kalian tau bagaimana cara menambah masa aktif kuota xl? tak semua orang tau. Pasalnya trik tersebut sama sekali tak pernah dibahas oleh pihak operator. Nah, jika kalian tertarik maka simaklah cara memperpanjang masa aktif kuota XL yang akan saya paparkan di sesi berikutnya.

Perpanjang Masa Aktif Paket Internet XL

Apakah kita bisa menambah masa aktif paket internet XL yang hampir habis? pertanyaan ini sudah sering saya dengar. Mayoritas pelanggan hanya akan membiarkan paket data miliknya hangus ketika sudah kadaluarsa. Di lain sisi, operator XL juga tidak menyebutkan adanya fasilitas tambah masa aktif yang bisa digunakan oleh penggunanya.

Kode rahasia XL untuk tambah masa aktif
Cara memperpanjang masa aktif kuota XL lewat kode rahasia

Untuk bisa mengakali permasalahan tersebut diperlukan sebuah trik khusus. Kita harus menambah masa aktif paket internet sebelum kadaluarsa karena jika sudah terlambat maka sisa data akan hangus. Jadi misalkan kuota XL pada paketan akan habis pada tanggal 20, maka sebelum jatuh tanggal kita harus memperpanjangnya. Lantas bagaimana caranya?

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif XL Terbaru Bulan Ini

Hanya sedikit yang mengetahui cara memperpanjang masa aktif kuota XL dengan benar. Namun dengan adanya internet yang membuka akses informasi, semua bisa menjadi mungkin. Setelah saya membaca forum dan artikel akhirnya saya berani membuat kesimpulan bahwa kita bisa menambah masa aktif paket internet XL dengan 2 cara.

Kalian harus mengakses kode rahasia ataupun mengirimkan SMS memakai format khusus. Masalah utamanya, kode ataupun format SMS tersebut tak sepenuhnya tercantum dalam situs resmi XL axiata. Pengguna ponsel juga tak akan menjumpainya pada bentuk fisik voucher serta kartu perdana. Oleh karenanya kita perlu mencarinya sendiri dari sumber lain seperti internet, facebook, maupun forum internet gratisan.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL

Dua cara perpanjang masa aktif paket internet XL dapat dilakukan melalui SMS dan kode dial rahasia. Konsepnya sama seperti memperpanjang kartu prabayar dimana kita harus membayar sejumlah pulsa. Bagaimana, apakah kalian tertarik? jika iya maka simaklah langkah-langkah di bawah.

Cara perpanjang paket internet XL lewat SMS:
  1. Buat sms baru.
  2. Ketik sms dengan format SXMA (spasi) 100 (spasi) nomor XL (spasi) kode pin XL.
  3. Selanjutnya kirim SMS ke 115.
  4. Silahkan tunggu hingga mendapatkan SMS balasan.
  5. Langkah terakhir adalah cek paket internet anda apakah ada tambahan masa aktif atau tidak.
Cara perpanjang kuota XL lewat kode dial:
  1. Buka dial pada ponsel.
  2. Dial kode *123*7*1*2*1#.
  3. Ikuti semua langkahnya dan tunggulah hingga mendapat SMS baru.
  4. Silahkan cek masa aktif kuota XL anda.

Kesimpulan

XL memang termasuk salah satu operator yang menawarkan produk termurah pada pengguna ponsel. Murahnya harga kuota itu akhirnya membuat paket internet jadi sangat awet. Sehingga saat masa aktif paket internet habis ternyata masih menyisakan kuota dengan jumlah besar.

Dari problematika itulah pelanggan bertanya bagaimana cara memperpanjang masa aktif kuota XL. Meski sudah membaca artikel di atas ternyata masih ada beberapa orang yang bertanya dan kebingungan. Maka dari itu, dalam sesi terakhir ini mari kita jawab semua pertanyaan tersebut.

Apakah bisa memperpanjang masa aktif kuota XL

Tentu saja bisa selama paket internet kalian belum masuk ke masa tenggang. Jadi sebelum jatuh tempo pengguna harus membeli masa aktif tambahan lewat kode dial ataupun memperpanjang layanan sebelumnya.

Apakah bisa beli masa aktif kuota di MyXL

Apakah pelanggan bisa memperpanjang kuota internet XL lewat aplikasi MyXL yang tersedia di playstore? tidak. Setau saya aplikasi tersebut tidak memiliki fitur atau menu lanjutan yang mendukung layanan beli masa aktif. Inilah salah satu kekurangan pihak operator yang mana belum bisa memaksimalkan fungsi aplikasinya sendiri.

Faktanya, MyXL hanya bisa dipakai untuk kegiatan transaksi isi ulang pulsa, cek informasi, dan beli paketan saja. Jadi, cara memperpanjang masa aktif kuota XL yang masih valid hingga tahun 2020 saat ini hanya lewat SMS dan kode rahasia saja. Jika anda menemukan metode lain atau mendapati trik di atas sudah tidak bisa digunakan silahkan hubungi admin.

Itulah beberapa cara tambah masa aktif paketan yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada intinya, untuk memperpanjang masa aktif kuota XL kita harus melakukan perpanjangan sebelum paket internet tersebut kadaluarsa. Selain itu pastikan anda memiliki cukup pulsa untuk menambah masa aktif XL.

1 komentar untuk "4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL"

  1. Sms gak bisa, tidak terkirim ke no 115
    Pake dial gada pilihan utk perpanjang masa aktif.

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.