Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah - Ketika kita cek kuota internet tentu pernah menemukan adanya kuota lokal telkomsel. Secara umum kuota lokal memang bisa kalian pakai untuk berselancar di internet, mengakses sosial media, hingga bermain game. Namun faktanya, local data tidak bisa kita gunakan sesuka hati dimana saja layaknya kuota reguler. Inilah akar masalah kenapa kuota lokal tidak bisa dipakai bahkan tidak berkurang ketika kamu sedang liburan ke luar kota.

cara menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah
Cara menggunakan local data telkomsel

Seperti yang kita tau, telkomsel memiliki berbagai kuota yang bisa dibilang variatif. Setiap kuota tersebut memiliki fungsi syarat dan ketentuan yang berbeda beda. Salah satunya adalah kuota lokal telkomsel yang notabennya termasuk dalam kuota pembagian berdasarkan daerah. Di lain sisi, sebagai pelanggan pastinya kalian tetap ingin menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Karena ada kalannya kita ingin bepergian ke luar kota karena kepentingan kantor, kuliah, atau sekedar liburan saja.

Telkomsel memang telah menjadi pelopor paket internet murah yang memberlakukan sistem pembagian kuota. Baik itu kuota lokal telkomsel dan kuota nasional, kuota siang malam, dan lain sebagainya. Namun sayangnya banyak pelanggan yang masih belum paham adanya aturan pembagian kuota tersebut. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas cara menggunaan kuota lokal telkomsel di daerah lain melalui beberapa metode.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Berdasarkan lokasinya, data flash telkomsel dapat dibagi menjadi dua yakni kuota lokal telkomsel dan nasional. Kuota nasional merupakan kuota flash yang bisa kalian pakai di seluruh daerah di Indonesia. Sedangkan kuota lokal telkomsel adalah jenis kuota yang hanya bisa digunakan di dearah tertentu saja. Wilayah pemakaian tersebut dikelompokkan berdasarkan zona kuota lokal telkomsel (biasanya per-kota).

Pada bundling pembelian paket internet tertentu (khususnya paket combo) pelanggan akan memperoleh berbagai macam data. Mulai dari multimedia, gaming, chat, dan tentunya kuota internet murni. Kita akan berfokus pada local data dan reguler yang notabenya merupakan jenis data baku. Lantas apa itu kuota lokal? bagaimana cara menggunakan kuota lokal telkomsel sampai habis?

Normalnya kita hanya bisa memakai kuota lokal di area pendaftaran saja. Tentu aturan ini akan membatasi ruang lingkup serta gerak kita. Karena saat keluar zona telkomsel maka kuota lokal tidak bisa digunakan. Tapi kalian tak perlu risau karena saya memiliki trik khusus untuk mengakali problem di atas.

Dalam artikel singkat kali ini saya akan membahas langkah-langkah cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain seluruh Indonesia. Saya juga akan mengajarkan bagaimana cara cek lokasi kuota lokal telkomsel dengan mudah tanpa harus menghubungi call center. Namun, sebelum menuju intisari pembahasan kita harus paham terlebih dahulu konsep penggunaan local data tersebut.

Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel

Local data bisa dibilang sebagai data internet yang hanya bisa digunakan di suatu daerah tertentu saja. Daerah tersebut sudah diatur dan dikelompokkan berdasar zona kuota lokal telkomsel. Namun biasanya kalian bisa menggunakan kuota lokal telkomsel hanya di kabupaten atau kota dimana kita membeli paket tersebut. Singkatnya kuota lokal adalah kebalikan dari kuota nasional yang bersifat reguler dan bisa digunakan di mana saja.

Umumya local data telkomsel (kuota lokal) memang memberikan volume besar, namun kita harus siap dengan syarat dan ketentuannya. Yakni pelanggan tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di luar daerah zona atau wilayah pendaftaran paket internetnya. Misalkan kalian mendaftar paket di kota solo maka dikota itulah kuota lokal bisa dipakai. Jika kalian liburan ke luar kota, maka kuota lokal tidak bisa dipakai dan akan mengonsumsi data flash/reguler.

Misalkan kalian membeli paket internet dengan kuota lokal di jakarta, maka kita hanya bisa menggunakan kuota lokal tersebut di jakarta saja. Jika kalian pergi ke bandung, aceh, dan medan kuota tersebut tidak akan bisa digunakan. Sebaliknya, kuota reguler atau kuota nasional yang akan terpakai jika anda keluar dari zona kuota lokal telkomsel tersebut.

Baca juga: Paket Internet Telkomsel 30GB 4G Sebulan Unlimited

Lalu apakah ada cara mengakali pembagian kuota telkomsel tersebut? tentu saja ada. Sayangnya tidak semua tau bagaimana cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Maka dari itu kita akan membedah studi kasus tentang local data telkomsel ini.

Kuota Lokal Telkomsel Untuk Apa Saja

Meski sudah membaca pengertiannya tapi tak serta merta membuat orang tau kuota lokal untuk apa saja. Kasus ini pun dibuktikan dengan kebingungan yang terjadi di tengah masyarakat. Banyak yang mengeluh kuota lokal tidak terpakai padahal sudah mengikuti syarat dan ketentuan. Sehingga wajar saja apabila orang berganya apa fungsi, manfaat, dan cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain.

kuota lokal telkomsel untuk apa saja

Kuota lokal telkomsel berfungsi layaknya varian data lain yakni untuk mengakses internet. Perbedaannya terletak pada zona pemakaian berdasarkan aktivitas penggunanya. Jadi kalian tetap bisa mengakses berbagai aplikasi seperti whatsapp, line, facebook, instagram, youtube, bahkan browsing seperti biasa selama masih berada di zona kuota lokal.

Tapi akses itu juga dibatasi oleh zona telkomsel yang notabenya sudah diatur dalam syarat dan ketentuannya. Jadi wajar saja apabila kamu tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Singkatnya, pelanggan dapat menggunakan kuota lokal seperti biasa dengan catatan masih di dalam zona aktivasi.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Local data telkomsel tidak terpakai bahkan tidak berkurang kerap kali dialami oleh traveler yang hobi jalan-jalan ke luar kota. Banyak dari pelanggan tersebut tidak menyadari bahwa kuota lokal telkomsel hanya bisa di pakai di daerah asal pendaftaran saja. Tentunya sudah terbayang betapa kesalnya ketika sedang bepergian menyadari kuota internet yang bisa dipakai sudah habis sedangkan kuota lokal tidak berkurang sama sekali.

Artikel terkait: Cara Cek Lokasi Kuota Lokal dan Aktivasi Paket Telkomsel

Pada dasarnya, ada beberapa trik dan cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Tidak hanya satu daerah tertentu saja, melainkan trik ini bisa kita pakai di semua daerah Indonesia. Pertama, kalian harus tau terlebih dahulu lokasi awal aktivasi paket sebelum mulai trik menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Hal ini sangat penting karena tanpa denah lokasi kota yang tepat trik tersebut tidak akan bisa berjalan.

Cara cek lokasi kuota telkomsel Facebook instant messenger:

  1. Buka facebook.
  2. Cari halaman akun resmi telkomsel.
  3. Hubungi admin lewat chat messenger.
  4. Maka kita akan langsung terhubung dengan bot assistance bernama veronica.
  5. Silahkan tanyakan cek kuota lokal telkomsel ataupun info aktivasi paket.
  6. Kita akan ditanya tentang informasi umum (nomor hp, tipe hp, tanggal pembelian paket).
  7. Setelah mengisi pertanyaan tersebut, tunggulah beberapa saat.
  8. Maka veronica akan mengirimkan informasi lokasi kuota lokal telkomsel milik anda.

Nah, kita sudah berhasil cek lokasi kuota lokal telkomsel dan mengetahui lokasi pendaftaran paket internet ada di mana. Maka, tinggal melanjutkan ke tahap kedua yakni mengubah kuota lokal menjadi reguler ataupun mengganti denah lokasi dengan fake GPS. Untuk tutorial lengkapnya, silahkan simak panduan di sesi berikutnya.

Fake GPS Kuota Lokal Telkomsel

Cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain yang menurut saya cukup efektif adalah merubah lokasi ponsel. Trik ini mungkin sudah sering kita jumpai beredar di internet dan tidak semua berhasil.

cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain dengan fake GPS

Aplikasi pengganti lokasi GPS sebenarnya sudah ada sejak lama dan memiliki segudang fungsi. Kita bisa memanfaatkan aplikasi pengganti GPS untuk menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Banyak sekali aplikasi pindah lokasi GPS yang bisa kita unduh melalui playstore. Pilih saja salah satu aplikasi yang akan anda gunakan.

Baca juga: Cara Mengembalikan Paket Combo Telkomsel yang Hilang

Dengan aplikasi ini kalian dapat mengakali dan mengganti lokasi hp seolah sedang ada di dalam zona kuota lokal telkomsel. Tidak banyak yang mengetahui trik ini karena dianggap berbahaya dan harus melakukan root device. Namun pada dasarnya hal tersebut tidak benar, kita masih bisa menggunakan aplikasi pengganti lokasi GPS tanpa root sekalipun.

Setting GPS kuota lokal telkomsel:

  1. Install aplikasi dari playstore.
  2. Izinkan ponsel mengakses lokasi palsu atau mock location.
  3. Buka location spoofer.
  4. Selanjutnya kita arahkan dan set lokasi dimana zona kuota lokal telkomsel berada.
  5. Tap dua kali penunjuk GPS dan tap play button di bagian bawah kanan.
  6. Selanjutnya masuk ke home dan lihatlah hasilnya.

Itulah cara mengakali zona kuota lokal memakai aplikasi pengganti lokasi GPS. Jika masih terdapat keraguan adakah cara menggunakan kuota lokal yang lainnya? tentu saja ada. Kita bisa menggunakan aplikasi pengganti proxy dan server.

Dalam beberapa kasus, penggunaan aplikasi fake GPS bahkan bisa mengakali pembagian data berdasarkan jam. Jadi, saat kalian mengaktifkan paket dengan kuota siang malam maka pakailah trik di atas untuk mengubahnya menjadi reguler.

Berdasarkan laporan dari beberapa rekan ternyata tak semua aplikasi mampu mengganti lokasi kuota lokal telkomsel milik kita. Meski sudah mengikuti panduan bahkan melakukan root hp tapi ternyata sistem dari pihak operator tetap membaca nomor berada di luar zona. Oleh karenanya, saya telah mempersiapkan alternatif lain.

Cara Setting Anonytun Kuota Lokal Telkomsel

Anonytun merupakan aplikasi yang cara kerjanya hampir sama seperti pshiphon. Anonytun mampu mengganti proxy dan server dari suatu jaringan dengan memanfaatkan bug yang terdapat pada suatu provider.

Konsepnya berbeda dengan cara menggunakan kuota lokal telkomsel di dearah lain dengan fake GPS. Anonytun sendiri dirancang untuk mengganti status local data menjadi kuota reguler. Dengan kata lain, kita akan mengubah kuota lokal menjadi nasional agar bisa dipakai internetan di mana saja.

Pembahasan trik anonytun telkomsel sebenarnya dapat kita temukan dengan mudahnya. Banyak sumber yang telah mengulas serta memberikan tutorial secara lengkap. Install dan settinglah aplikasi anonytun agar kompatibel dengan kartu telkomsel yang kuta pakai terlebih dahulu. Silahkan simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Unduh anonytun.
  2. Setting anonytun melalui menu stealth.
  3. Masuk ke menu advanced dan lakukan pengaturan kembali.
  4. Tap connect.

Sedangkan untuk pengaturan anonytun untuk mengakali zona kuota lokal telkomsel adalah:

  • Stealh tunnel: ON
  • Protocol: SSL
  • Port: 443
  • Advanced SSL: ON

Lakukan setting advanced SSL sesuai dengan settingan di bawah:

  • True SSL (anti DPI): centang
  • Spoof host: centang
  • Spoof host: telkomsel.com
  • Spoof port: 443

Selain untuk mengubah zona kuota lokal telkomsel, anonytun juga bisa kita pakai untuk merubah kuota malam ke siang dan kuota lainnya. Seluruh tutorial tentang penggunaan anonytun juga sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Dengan menggunakan dua trik di atas kita tetap bisa menggunakan kuota lokal di semua daerah tanpa harus root HP.

Berdasar pengalaman saya memang masih sedikit orang yang tau cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain dengan anonytun. Mayoritas dari mereka tak memiliki keberanian untuk mencoba lantaran takut harus root hp, jailbreak, dan lain-lain. Padahal asumsi tersebut salah karena anonytun hanya memerlukan aktivasi fitur pengembang saja.

Cara Mendapatkan Kuota Lokal Telkomsel

Local data menjadi pilihan yang bisa memberikan dampak positif serta negatif secara bersamaan untuk pelanggan. Mengapa demikian? karena disamping volume yang besar, kalian bisa membelinya dengan harga murah. Kelebihan ini otomatis menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen daripada harus mengaktifkan paket internet kuota reguler yang notabenya lebih mahal.

cara mendapatkan kuota lokal telkomsel
Local Data Tsel

Tapi kalian juga tak boleh melupakan kekurangannya yakni tidak bisa dipakai di daerah lain. Tentunya hal ini sangat merugikan terlebih jika kalian gemar bepergian ke kota lain untuk suatu alasan. Terlepas dari baik buruknya local data di atas, apakah kalian ingin membelinya?

Jika iya maka pelajarilah cara menggunakan kuota lokal di semua daerah lebih dulu. Karena fakta mengatakan bahwa tak semua pengguna ponsel mengetahui caranya. Beberapa bahkan terkesan acuh sehingga kuota lokal tidak terpakai dan akhirnya hanya terbuang percuma menunggu hangus.

Kalau merasa sudah mengerti konsepnya maka silahkan simak cara registrasi paket internet yang menyertakan jenis kuota tersebut:

  1. Login aplikasi Mytelkomsel.
  2. Masuk menu Belanja.
  3. Pilih Paket.
  4. Lihat deskripsi untuk mengetahui volume kuota lokal.
  5. Lakukan pembayaran dan tunggu sampai aktivasi selesai.

Misal kita seorang traveler dan kebetulan lupa zona kuota lokal telkomsel ada di mana apa yang harus dilakukan? kalian tak perlu cemas. Karena semua pelanggan bisa mengetahui segala informasi saat mendaftar paket atau layanan dengan menghubungi customer service. Cara cek lokasi kuota lokal telkomsel tersebut bahkan telah saya bahas pada artikel sebelumnya dengan judul sama.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Ada kalanya seorang pelanggan harus pergi meninggalkan kota yang menjadi zona telkomsel karena suatu alasan. Ketika melakukanya maka secara otomatis lokasi ponsel pun akan ikut berubah menyesuaikan kemana kita pergi. Dengan demikian pengguna tak akan bisa memakai local data karena sudah keluar zona aktivasi.

Sebenarnya cara menggunakan kuota lokal telkomsel sampai habis sudah dijelaskan ketika proses aktivasi paket. Hanya saja pelanggan terlalu malas untuk membaca syarat dan ketentuan dari pihak operator. Akhirnya ketika kalian keluar dari zona kuota lokal telkomsel, data tersebut tidak bisa dipakai.

Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian paket usahakan untuk memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Jika anda tidak berencana untuk bepergian jauh dengan waktu yang lama tidak masalah membeli paket internet dengan kuota lokal telkomsel di dalamnya. Namun jika anda adalah seorang pebisnis atuapun traveler ada baiknya membeli paket kuota reguler saja.

Sebagai catatan, saya akan terus memperbarui artikel cara menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah secara berkala. Tujuannya tidak lain untuk menjaga informasi yang saya sampaikan tetap valid dan bermanfaat. Ketika memang keadaan sedang mendesak kita bisa mempraktekan cara memakai local data telkomsel di atas. Dengan demikian kalian bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan.

Kuota Lokal Telkomsel Tidak Ada

Seiring berjalannya waktu muncul masalah baru pada penggunaan local data pada paket internet telkomsel. Meski belum terlalu signifikan tapi dampaknya sudah mulai dirasakan oleh sebagian pihak.

Misalnya saya yang biasa beli paket internet 50GB dengan pembagian kuota lokal 30GB kini sudah tak menjumpainya. Besar kemungkinan paket kuota lokal itu sudah dipindahkan atau malah diganti dengan program yang baru.

Bagaimana cara menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah apabila volumenya saja tidak ada. Inilah pokok pertanyaan yang sekarang sedang mencuat di tengah masyarakat. Padahal saat membeli paket tertentu biasanya pihak operator akan menyertakan varian kuota tersebut.

Apabila menjumpai varian local data telkomsel tidak ada di dashboard aplikasi maka jangan risau. Bisa saja ada perubahan skema kuota pada paket yang kalian beli. Hal ini pun sering terjadi dan mengacu kembali pada peraturan telkomsel yang selalu memperbarui produk sesuai kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan

Penjelasan di atas harusnya sudah sangat lengkap dan mampu menjawab semua pertanyaan kalian. Mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, dan cara pakai, bahkan cara mengubah kuota lokal pun sudah saya jabarkan. Maka dari itu, pada sesi terakhir ini akan saya rangkum kembali seluruh informasi agar kalian lebih mudah memahaminya.

Apa perbedaan kuota lokal dan internet biasa

Perbedaan kuota lokal dan internet biasa terletak pada zona penggunannya. Internet biasa tidak terikat syarat apapun sehingga bisa kita pakai di semua kota dan daerah. Hal itu berbeda dengan local data yang notabenya hanya akan aktif di zona aktivasi paket saja.

Kuota lokal telkomsel bisa dipakai di mana saja

Mengacu pada syarat dan ketentuan layanan, pelanggan hanya bisa memakai local data di dalam zona saja. Misalnya, saya daftar paket internet di zona 4 yakni jawa barat maka saat keluar daerah paket internet lokal tidak akan berfungsi.

Itulah artikel yang berjudul cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain seluruh indonesia yang dapat saya sampaikan. Terimakasih telah membaca, jika terdapat keluhan dan kesulitan silahkan cantumkan melalui kolom komentar.

Satu poin yang ingin saya garisbawahi adalah selalu perhatikan pemakaian kuota internet ketika sedang bepergian. Karena bisa saja kuota lokal telkomsel tidak berkurang dan justru menguras pulsa/kuota reguler.

7 komentar untuk "Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah"

  1. Gan, berarti kuota lokal itu berdasarkan pembelian paket ya?, bukan registrasi nomor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kuota lokal didasarkan pada lokasi pembelian paket. bukan registrasi nomor. kalau agan registrasi di kota A dan beli paket di kota B itu tidak masalah. Selama agan tidak berpindah ke kota lain dan tetep stay di kota B untuk memakai kuota lokal

      Hapus
  2. Gan, kok saya tetap nggk bisa kepakai kouta lokalnya. Padahal udh pakai anonytune dan ikutin langkah" diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba pakai fake GPS aja bang kalo tau lokasi awal pendaftaran paket. Aktifkan fitur mock location ke daerah awal pendaftaran.

      Hapus
  3. Ini pake fake GPS gpp kan? Gak mempengaruhi sama sistem hp, solaanya jadi takut buat nyoba. Kan saya beli paket di Subang nah sy mau jalan2 ke Garut trs pke apk fake GPS EMG bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tinggal setting aja lokasi fake GPS ke lokasi awal pendaftaran paket

      Hapus
  4. Saya sudah melakukan kedua cara tetapi tetap tidak bisa karena sayang sekali kuota lokalnya 23GB

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.