Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren Cepat, Mudah, dan Gratis

Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren GSM 4G - Lupa nomor sediri adalah hal wajar yang sering dialami oleh beberapa pengguna ponsel. Digit nomer yang banyak dan terkesan acak membuatnya sulit untuk dihafalkan secara cepat. Tak heran jika pelanggan harus bolak-balik bertanya pada teman yang sudah menyimpan kontak kita di hp mereka. Nah pihak operator sendiri sebenarnya sudah menyediakan cara mengetahui nomor smartfren sendiri.

Fitur cek nomor smartfren sendiri sebenarnya termasuk dalam layanan informasi yang bisa kalian akses secara mandiri. Salah satunya lewat aplikasi MySmartfren yang notabennya memang memberikan informasi seputar data pribadi (nomor hp, nama, alamat, dll). Jika nomor sudah tertaut dengan aplikasi maka anda bisa melihatnya di menu dashboard. Tapi bagaimana jika ternyata nomor belum tertaut?

Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren 4G GSM
Cara cek nomor smartfren 4g GSM

pelanggan masih bisa menggunakan alternatif lain untuk mengecek nomor smartfren sendiri melalui kode dial. Tentunya siapa saja pernah mengalami masalah lupa nomor HP sendiri. Seperti halnya para pengguna Smartfren yang terkadang mengabaikan nomor HP miliknya. Untuk mengatasi masalah ini tentunya anda membutuhkan cara mengetahui nomor Smartfren sendiri dengan cepat, bukan?

Bagi pengguna ponsel yang lupa dengan nomor sendiri dapat melakukan beberapa langkah yang dianjurkan oleh pihak operator. Kalian dapat memilih salah satu saja cara mengetahui nomor Smartfren tersebut. Pilihlah cara cepat yang dapat anda gunakan sehingga sewaktu waktu membutuhkan nomor kartu Smartfren dalam kondisi darurat, maka anda dapat dengan mudah memperolehnya.

Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren GSM 4G

Apakah anda baru membeli kartu 4G GSM dari Smartfren namun lupa mencatat nomornya? Masalah seperti ini tentunya sering dialami oleh banyak orang. Oleh karenanya kalian dapat menggunakan beberapa metode cara cek nomor Smartfren sendiri gratis tanpa harus ke gerai resmi. Meski terdengar sepele tapi faktanya tak sedikit pengguna ponsel yang tak ingat berapa nomor hp yang mereka pakai. 
Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat
Apalagi jika kalian baru saja mengaktifkan kartu prabayar satu ini dan kebetulan mendapat nomer acak. Jika nomor tersebut lupa dicatat dalam handphone maka akan menimbulkan masalah kedepannya. Salah satunya ketika anda ingin mengisi ulang pulsa nomor Smartfren tersebut.

Namun anda tidak perlu khawatir karena Smartfren memberikan kemudahan dalam melakukan cek nomor. Cara mengetahui nomor Smartfren tersebut dapat dilakukan melalui Dial Up atau USSD, SMS, Aplikasi MySmartfren, menelpon Operator, maupun SMS atau Miscall ke nomor lain. Berikut penjelasan masing masing cara cek nomor Smartfren 4G GSM nya yaitu:

Cek Nomor Melalui Kode Dial

Kode USSD sangat populer digunakan sebagai kode perintah untuk melakukan transaksi. Adapun perintah yang bisa kita akses melalui kode ini meliputi beli paket internet, cek sisa pulsa, cek masa aktif, cen nomor smartfren GSM CDMA dan masih banyak lagi. Faktanya banyak pelanggan yang menggunakan kode dial ini dalam kesehariannya meskipun tidak bisa dipungkiri juga sudah ada pelanggan yang beralih menggunakan aplikasi.
Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan
Cara mengetahui nomor Smartfren 4G GSM yang pertama dapat melalui Dial Up atau USSD. Kode USSD yang dapat anda masukan terdiri dari kode angka, pagar, dan bintang. Adapun langkah langkah cara cek nomor Smartfren melalui Dial Up yaitu meliputi:
  1. Buka menu panggilan pada Handphone.
  2. Kemudian ketik *995# dan tekan OK atau Call.
  3. Muncul tampilan pop up baru dan Pilih pada menu INFO. Lalu klik OK.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan nomor Smartfren anda dan jangan lupa untuk mencatatnya.

cek nomor smartfren
Cek nomor smartfren lewat ussd

Cara cek nomor smartfren lewat dial up merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan. Tidak hanya pengguna smartfren saja yang gemar cek nomor lewat dial up, namun pengguna telkomsel, indosat dan xl pun juga sama. Selain cara mengetahui nomor smartfren lewat dial up masih ada lagi beberapa cara cek nomor smartfren. Salah satunya dengan menggunakan layanan SMS, silahkan simak di bawah.

Cek Nomor Smartfren Melalui SMS

Tidak banyak orang yang tau bahwa SMS juga bisa digunakan sebagai "command promt" layaknya kode dial. Sebenarnya melalui SMS kita bisa melakukan segala transaksi asalkan kita tau format SMS yang benar. Salah satunya adalah cek nomor smartfren sendiri dan berbagai transaksi lainnya. Namun metode transaksi dengan SMS dirasa kurang efektif dan terlalu beresiko. Disamping itu kita juga harus menghafal berbagai format SMS jika ingin melakukan transaksi. Inilah yang membuat metode SMS jarang dipakai untuk cek nomor smartfren atau transaksi lainnya.
Baca juga: Trik Internet Gratis Smartfren 4G Unlimited Terbaru
Namun sebagai pengetahuan saja, kita akan membahas cara mengetahui nomor Smartfren GSM yang bisa dilakukan lewat SMS Customer Service. Cara yang kedua ini dapat anda lakukan dengan gratis atau tanpa mengeluarkan biaya apapun.  Adapun langkah langkah cara cek nomor Smartfren melalui SMS Customer Service yaitu meliputi:
  1. Buka Aplikasi SMS pada handphone.
  2. Setelah itu buat pesan baru dan ketik INFO.
  3. Kirimkan pesan tersebut ke 995.
  4. Tunggu sampai memperoleh pesan balasan dari Operator. SMS balasan tersebut berisi informasi nomor Smartfren yang anda gunakan.
Cara cek nomor smartfren melalui SMS memang sedikit berbeda dengan lewat ussd. Masih terdapat polemik diantara pelanggan setia smartfren tentang cek nomor melalui sms. Hal ini disebabkan karena isu biaya pengecekan yang menggelitik. Jika anda tidak ingin mengambil resiko maka bisa melakukan cek nomor smartfren sendiri melalui aplikasi ataupun kode USSD saja.

Cara Mengetahui Nomor Lewat Operator

Cara mengetahui nomor Smartfren 4G GSM selanjutnya dapat melalui Operator. Langkah ini memanfaatnya Call Center dari Smartfren seperti halnya pada provider seluler lainnya. Call Center Smartfren tersebut dapat digunakan untuk semua keperluan seperti mengetahui nomor, pengaduan masalah dan sebagainya.
cek nomor smartfren
Cara cek nomor smartfren lewat operator
Maka dari itu kita dapat memperoleh informasi terkait nomor yang digunakan dengan cara menghubungi Operator Smartfren tersebut. Adapun langkah langkah cara cek nomor Smartfren GSM dengan menghubungi Operator yaitu meliputi:
  1. Buka menu panggilan pada handphone dan tekan 995. Lalu klik Call atau panggil.
  2. Tunggu sampai panggilan ke Call Center dapat terhubung.
  3. Tanyakan informasi yang anda butuhkan terkait kartu Smartfren tersebut.
  4. Catat nomor Smartfren anda yang telah disebutkan oleh Operator.
  5. Nomor operator lain yang dapat anda hubungi ialah 500, selain nomor 995 tadi.
Cara cek nomor smartfren lainnya selain menggunakan metode diatas adalah melalui aplikasi. Sama seperti provider lainnya, smartfen juga memiliki aplikasi pendukung yang berfungsi untuk memudahkan pelangganya. Jika anda kebetulan lupa nomor smartfren sendiri dan ingin mengecek ada baiknya lewat aplikasi mysmartfren saja.

Cek Nomor di Aplikasi MySmartfren

Munculnya aplikasi mysmartfren memang sangat membantu pelanggan dalam segala hal. Aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk mempermudah transaksi baik beli paket internet, paket nelpon, top up pulsa hingga cek nomor smartfren sendiri sekalipun. Dengan demikian pelanggan tidak perlu direpotkan dengan regulasi yang berbelit belit karena seluruh kendali kartu berada pada satu aplikasi tersebut.
cek nomor smartfren
Cek nomor smartfren lewat aplikasi
Faktanya banyak juga pelanggan yang telah menginstall dan menikmati manfaat dari aplikasi mysmartfren tersebut. Banyak yang memberikan komentar positif seperti tidak perlu lagi cek nomor smartfren GSM melalui kode dial. Karena dengan membuka aplikasi maka nomor smartfren akan langsung muncul pada dashboard beserta dengan masa aktif, jumlah kuota, dan sisa pulsa.

Cara mengetahui nomor Smartfren 4G GSM selanjutnya dapat melalui aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh pihak Smartfren sendiri. Didalam aplikasi MySmartfren terdapat beberapa fitur yang tersedia seperti pembelian paket, info nomor, promo paket terbaru, dan sebagainya. Adapun langkah langkah cara cek nomor Smartfren dengan menghubungi Operator yaitu meliputi:
  1. Download aplikasi MySmartfren yang terdapat di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Setelah itu install dan buka aplikasi tersebut. Kemudian daftar atau login menggunakan alamat email anda.
  3. Ikuti langkah langkah dengan benar dalam proses pendaftarannya. Dengan begitu anda akan memperoleh SMS verifikasi nomor yang digunakan.
  4. Setelah langkah langkah berhasil maka anda akan muncul di halaman utama secara otomatis. Pada halaman utama tersebut anda dapat melihat nomor Smartfren yang digunakan.
Jika anda pelanggan setia smartfren, silahkan pasang aplikasy mysmartfren ini. Anda bisa mengunduhnya melalui google playstore ataupun appstore. Aplikasi ini mempermudah kita dalam berbagai hal tidak terkecuali cek nomor smartfren sendiri. Jadi untuk anda yang belum melakukan instalasi maka segeralah gunakan aplikasi ini untuk menunjang keseharian serta kebutuhan telekomunikasi kita.

Trik Cek Nomor Smartfren 4G GSM

Cara mengetahui nomor Smartfren GSM selanjutnya dapat melalui SMS atau Miscall ke nomor lain. Cara yang terakhir ini cukup mudah dilakukan karena anda hanya cukup mengirim SMS atau melakukan panggilan ke nomor teman atau saudara anda. Meski caranya cukup mudah namun anda perlu memiliki pulsa terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Hal ini dikarenakan SMS atau melakukan panggilan ke nomor lain akan membutuhkan biaya tertentu.  Adapun langkah langkah cara cek nomor Smartfren melalui SMS atau Miscall ke nomor lain meliputi:
  1. Persiapkan HP yang akan di SMS atau ditelepon.
  2. Setelah itu kirim SMS atau lakukan panggilan ke nomor HP tersebut.
  3. Jika SMS atau panggilan telah masuk, kemudian catat nomor Smartfren yang tertera dalam HP teman atau saudara anda tadi.
Sebagai seorang pengguna ponsel pintar sudah sewajarkan kita mengetahui nomor smartfren sendiri karena nomor hp adalah segalanya. Melalui nomor hp lah pelanggan bisa mengisi pulsa, beli voucher, melakukan transaksi, dan berkomunikasi. Sayangnya masih banyak orang yang sering lupa nomor smartfren sehingga mereka harus repot cek nomor ketika harus menyebutkan informasi terkait kartu perdana.

Cara Agar Tidak Lupa Nomor Smartfren Sendiri

Seperti yang sudah saya terangkan diatas bahwa nomor ponsel ibaran indentitas diri sendiri yang harus diingat oleh setiap pelanggan. Melalui nomor ponsel inilah kita bisa saling terhubung, berkomunikasi, dan berkirim pesan. Selain itu nomor hp juga berguna untuk mendaftar jejaringan komunikasi lintas platform seperti messenger facebook dan whatsapp.

Menghafal nomor sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit mengingat perdana operator smartfren hanya terdiri dari beberapa nomor saja. Dalam sesi terakhir saya akan memberikan beberapa tips dan trik untuk anda yang sering lupa nomor smartfren sehingga tidak perlu cek nomor smartfren secara manual.

Selipkan nomor perdana di belakang ponsel

Meski terdengar sepele namun trik yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi masalah lupa nomor smartfren milik sendiri. Dengan membawa catatan berupa nomor hp di belakang ponsel kita bisa mengantisipasi beragam masalah diatas. Alternatif lainnya anda bisa menyelipkan secarik kertas berisi nomor smartfren dalam softcase ponsel milik masing-masing.

Pilih nomor yang mudah dihafal

Salah satu fitur unik milik smartfren adalah layanan ganti nomor perdana gratis yang bisa diakses melalui aplikasi. Dengan memakai fitur inilah pelanggan bisa menyesuaikan nomor agar mudah dihafalkan. Jika sudah hafal maka kita tidak perlu lagi repot cek nomor smartfren GSM menggunakan beragam cara di atas.

Inilah beberapa cara cek nomor Smartfren 4G GSM sendiri yang dapat saya bagikan. Cara mengetahui nomor Smartfren di atas cukup mudah, bukan? Anda dapat melakukan cek nomor pada kartu Smartfren sendiri dengan melalui Dial atau USSD, Operator, SMS, aplikasi MySmartfren, maupun SMS atau Miscall ke nomor lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar untuk "Lupa Nomor? Begini Cara Cek Nomor Smartfren Cepat, Mudah, dan Gratis"

  1. Bagus bang Artikel nya, sangat membantu, tp jika sy boleh req, mohon buat artikel untuk root hp bg, khusus nya Lenovo S5 pro, terimakasih bg,

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.