Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)

4 Cara Mengatasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil) - My Indihome adalah aplikasi dasar yang harus diinstall ketika berlangganan paket internet rumah dari PT Telkom. Aplikasi Indihome sangat bermanfaat karena pengguna bisa mengatur segala sesuatu lewat satu sentuhan dari ponsel. Tapi citra baik itu perlahan runtuh setelah MyIndihome tidka bisa dibuka atau gagal login.

Meski seolah memagang kendali dan berperan penting pada layanan yang diberikan. Faktanya ditemui masalah MyIndihome error serta mengalami kerusakan lain. Tak sedikit pengguna mengeluhkan aplikasi MyIndihome tidak bisa dibuka pada perangkat ponsel. Beberapa diantaranya juga melaporkan loading hanya berputar terus atau layar blank putih.


4 Cara Mengatasi Aplikasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka
4 Cara Mengatasi Aplikasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka

Karena tidak bisa login MyIndihome akhirnya banyak pengguna kebingungan mengecek informasi terkait paket langganannya. Aplikasi yang seharusnya mempermudah kita mengatur layanan pun justru seperti tidak berguna ketika sedang error. Tak banyak cara mengatasi MyIndihome tidak bisa dibuka selain beralih ke platform desktop (website resmi) untuk sementara waktu.

Apakah kalian baru-baru ini juga tidak bisa membuka MyIndihome di hp masing-masing? jika iya kita memiliki masalah yang sama. Lalu apa penyebab aplikasi indihome tidak terbuka? Dalam artikel kali ini saya akan coba membahas beberapa solusi error berdasarkan pengalaman pribadi.

4 Cara Mengatasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)

Sesuai dengan judul artikel di atas, saya akan mengulas bagaimana cara mengatasi aplikasi myIndiHome error tidak bisa dibuka. Kenapa aplikasi myIndiHome tidak terbuka? Baru-baru ini memang ada beberapa masalah yang bermunculan bagi para pengguna layanan internet rumah. Salah satu keluhan yang ada yakni aplikasi myIndiHome yang error sehingga tidak dapat terbuka.

Saya sendiri juga merasakan hal yang sama dan merasa heran ketika mencoba login aplikasi myIndiHome tidak tampak apa-apa hanya menampilkan halaman hitam stuck disitu saja. Berdasarkan jawaban di forum-forum kondisi seperti ini disebut dengan freeze screen. Sesuai namanya, layar akan blank tidak bisa menampilkan apapun layaknya mengalami pembekuan sistem.

Karena merasa aneh saya pun mencoba mengatasi masalah tersebut agar bisa dibuka kembali. Saya mulai mengumpulkan beberapa metode di forum dan mencobanya satu persatu. Dalam artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman bagaimana cara mengatasi aplikasi myindihome tidak bisa dibuka karena error. 

Apa Itu Aplikasi MyIndiHome

myIndiHome adalah salah satu aplikasi yang baru saja resmi diluncurkan untuk para pelanggan IndiHome Fiber dan Speedy. Secara garis besar instalasi aplikasi indihome memang memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan. Manfaat paling mencolok yakni mudahny mengakses setiap layanan yang diberikan oleh pihak operator.

Jika dulu semua aktivitas seperti bayar tagihan, cek sisa kuota FUP, dan pengajuan pemasangan harus ke kantornya. Kini sudah tidak perlu lagi menggunakan cara lama cukup dengan mendownload aplikasi myIndiHome di Google Play Store.

Selanjutnya registrasi dan berlangganan sesuai paket yang ingin kamu pilih. Maka secara otomatis teknisi IndiHome akan datang ke rumah untuk memastikan apakah benar kamu ingin berlangganan internet rumahan.

Mempertimbangkan segala mafaat di atas tentu membuatnya menjadi aplikasi wajib yang harus diinstall. Bagi kamu yang memiliki smartphone atau sudah berlangganan paket namun belum memiliki aplikasi IndiHome tidak perlu khawatir. Karena myIndihome bisa kalian unduh secara gratis lewat google play store.

Cara Login Aplikasi MyIndihome

Sebelum saya berikan tutorial cara mengatasi aplikasi MyIndihome tidak bisa dibuka ada baiknya kita tau dasar-dasar pengoperasianya terlebih dulu. Meski terlihat simpel, tapi ternyata masih banyak user yang gagal login maupun daftar aplikasi. Hal sepele semacam ini pun bisa menjadi penyebab MyIndihome error di kemudian hari.

Cara login ke aplikasi myIndiHome otomatis kamu harus registrasi/mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses username dan password. Segera setelah mengantongi informasi tersebut kita baru bisa login ke aplikasi myIndiHome. Kalian bisa pakai username dan password sesuai email pribadi masing-masing.

Jika sudah mendaftar kamu harus memeriksa email karena akan ada informasi penting yang dikirimkan IndiHome ke email berupa kode tertentu. Dan jika sudah mendaftar kamu tinggal membuka aplikasi myIndiHome kembali, lalu klik pada menu masuk tinggal kamu masukan username dan password saat kamu mendaftar.

Secara garis besar myIndiHome dibekali berbagai fitur sempurna untuk menunjang segala atkvitas pengguna. Tak heran apabila banyak yang mencari cara mengatasi MyIndihome tidak bisa dibuka ketika terjadi error. Karena informasi layanan, bayar tagihan, cek FUP, sampai fitur pengaduan gangguan tersedia di aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi MyIndiHome Error

Sudah menjadi hal yang lumrah bila ada aplikasi yang error karena tidak ada sistem yang diciptakan sempurna. Sebaik mungkin aplikasi suatu saat pasti akan mengalami kerusakan yang datang dari berbagai faktor. Misalnya versi sudah usang sehingga perlu diperbarui sampai munculnya bug karena proses update yang kurang sempurna.

Kasus seperti itulah yang terjadi pada aplikasi indihome ketika error. Lantas apa yang harus kita lakukan? umumnya pengguna hanya bisa melakukan komplain. Tapi tak serta merta operator dapat menyelesaikan problematika di atas. Maka dari itu, perlu adanya inisiatif untuk mencari cara mengatasi myindihome tidak bisa dibuka di HP.

Nah, sebelum saya memberikan tutorial perbaikan alangkah baiknya kalian simak terlebih dulu apa saja penyebab masalahnya. Lewat pemahaman ini kita bisa mengantisipasi jika suatu saat aplikasi error kembali. Adapun faktor yang menyebabkan pelanggan tidak bisa login dan membuka Myindihome adalah:

  1. Cache Android.
  2. Memori RAM Penuh.
  3. Gangguan Jaringan.
  4. Server Maintenance.

Nah, itulah beberapa faktor yang biasanya menyebabkan aplikasi myIndiHome error ketika dibuka. Namun kamu tidak perlu khawatir karena cara mengatasi masalah sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus lapor ke customer service.

Hapus Cache HP

Samar-samar pasti kita pernah mendengar yang namanya cache pada dunia perponselan. Cache merujuk pada residu atau sisa data aplikasi yang harusnya dihilangkan. ketika MyIndihome dibuka, secara tidak langsung ponsel akan merekam seluruh aktivitas, data, dan informasi selama pemakaian aplikasi. Cache yang tidak pernah dibersihkan lama kelamaan akan menumpuk dan membuat ponsel menjadi lemot. 


Cara Hapus Cache Aplikasi MyIndihome
Cara Hapus Cache Aplikasi MyIndihome

Bahkan dalam beberapa kasus cache penuh bisa menyebabkan aplikasi hang, crash, maupun blank. Problematika satu ini tidak pandang merk karena bisa terjadi pada HP samsung, Oppo, Xiaomi, dan lainnya. Bahkan bukan cuma aplikasi myIndiHome saja yang tidak dapat dibuka bila smartphone yang anda gunakan penuh dengan cache tanpa dibersihkan aplikasi lain pun juga akan error.

Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi Myindihome tidak bisa dibuka karena cache penuh? mudah saja. Simaklah tutorial di bawah:

  1.  Untuk membersihkan cache masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Masuk ke menu Manajemen Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi myIndiHome.
  5. Kemudian klik pada menu "Hapus Cache".

Sedangkan cara cepat menghapus cache di android kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master. Kalian bisa mendapatkannya secara cuma-cuma di Google Play Store. Hanya dengan sekali klik saja semua cache yang ada di android kamu akan terhapus dengan mudah.

Hapus Data Aplikasi myIndiHome

Selain cache kita juga mengenal pula istilah data pemakaian pada suatu aplikasi. Data sendiri memiliki tingkat kompleksitas lebih tinggi dibanding cache. Jika cache bersifat fleksibel dan bisa berubah-ubah ukuranya. Maka tidak dengan data yang hanya akan terus bertambah dan membuat ponsel menjadi lemot.

Aplikasi myIndiHome Error
Cara hapus data aplikasi MyIndihome

Kalian bisa pakai cara mengatasi aplikasi MyIndihome error satu ini ketika metode pertama gagal. Konsepnya yakni menghentikan kinerja aplikasi secara paksa. Selanjutnya data yang tersimpan permanene di ponsel akan kita hapus dan aplikasi pun bisa menjadi normal kembali. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Buka Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi.
  4. Lanjut pilih myIndiHome
  5. Kemudian klik pada menu "Paksa Berhenti" atau "Hapus Data".

Cara mengatasi Myindihome tidak bisa dibuka tersebut masih belum work? kalau demikian bisa jadi masalahnya terletak pada device kalian. Ada kalanya ponsel kelebihan beban dan akhirnya membuat beberapa aplikasi yang memerlukan kinerja berat menjadi sangat lemot ketika dibuka.

Restart Ponsel

MyIndihome tidak bisa dibuka padahal koneksi internet stabil dan cache aplikasi bersih? bisa jadi ada kegagalan di sistem ponsel kamu. Tapi semua itu bisa kita selesaikan dengan restart hp lalu coba login myIndiome kembali.

Meski terdengar sepele tapi faktanya restart ponsel bisa menjadi cara mengatasi aplikasi myIndihome error tidak terbuka. Banyak yang sudah memberi testimoni positif ketika melaksanakan metode yang satu ini. Merestart ponsel juga mampu mempercepat jaringan dan refresh kinerja ponsel agar lebih segar.

Sebagai pengguna kita pasti bisa mengetahui saat dimana ponsel kelebihan beban. Saran saya, matikanlah sejenak device kalian agar seluruh bug dan cacat sistem hilang. Kemudian coba buka kembali aplikasi myIndiHome tersebut. Pada sebahagian smartphone menggunakan cara ini juga ampuh tapi ada beberapa smartphone yang memang tidak mempan dengan menggunakan cara ini.

Uninstall Aplikasi Indihome

Apabila dari ketiga cara yang ada diatas tidak mempan juga di smartphone kamu dan tetap aplikasi myIndiHome tidak bisa dibuka, kamu bisa mencoba dengan menggunakan cara yang ke 4 ini. Cara yang ke 4 ini bisa dibilang cara yang paling mematikan karena kita akan menguninstall aplikasi myIndiHome dan kemudian mendownload aplikasinya kembali di Google Play Store.

Aplikasi myIndiHome Error
Cara reinstall aplikasi MyIndihome

Jika memang semua cara mengatasi aplikasi myIndihome tidak bisa dibuka dan error diatas benar-benar tidak bisa. Maka cobalah untuk reinstall aplikasi atau melakukan update ke versi terbaru. Ada kalanya versi yang tidak kompatibel membuatnya blank tidak bisa login ke dashboard. Simaklah tutorial berikut sampai selesai:

  1. Masuk menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Lanjutkan ke Manajemen Aplikasi.
  4. Lalu Pilih myIndiHome.
  5. Kemudian klik pada menu "Hapus Installasi".

Saat kalian sudah selesai uninstall myIndome jangan lupa untuk melakukan isntalasi kembali. Cobalah buka dan login aplikasi apakah bisa atau tidak.

Keterangan: Semua langkah-langkah di atas saya praktikkan di smartphone Oppo, bila kamu menggunakan smartphone dengan tipe yang berbeda kamu tinggal menyesuaikan saja dimana letak aplikasi myIndiHome berada.

Cari Sambungan Wifi

Terkadang juga dijumpai MyIndihome error pelanggan tidak bisa login ke aplikasi bukan karena kegagalan sistem. Tapi masalah itu justru datang dari faktor jaringan yang buruk sehingga terjadilah lag atau delay pada saat login.

Ada banyak cara mengatasi myIndhome Tidak bisa dibuka lantaran jaringan yang jelek. Selain mengoptimasi jaringan, kalian juga dapat menyambungkan HP ke perangkat wifi sebagia pertolongan pertama.

Sekarang, wifi dapat kita jumpai dengan mudah di berbagai tempat umum. Mulai dari komplek perkantoran, sekolahan, tempat ibadah, taman kota, ataupun kafe biasanya menyediakan sambungan wifi gratis.

Jika kebetulan kalian tidak bisa login myIndihome tapi sudah waktunya bayar tagihan. Maka saran saya segeralah cari sumber wifi terdekat untuk sementara.

Tidak Bisa Login MyIndihome

Layar blank ataupun loading berhenti pada saat login menjadi masalah yang cukup krusial. Karena gagal masuk dashboard maka pelanggan pun jadi tidak bisa melakukan berbagai aktivitas khususnya transaksi. Misalnya kita hendak cek sisa FUP, cek tagihan, ataupun membayar tagihan bulanan indihome.

Kenapa tidak bisa login myindihome sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Mulai dari device atau versi aplikasi yang sudah tak lagi kompatibel sampai koneksi jaringan jelek. Cara mengatasi tidak bisa login myindihome sebenarnya cukup mudah, silahkan simak beberapa langkah di bawah:

  1. Matikan wifi.
  2. Aktifkan mode pesawat terlebih dulu, fungsinya untuk restart jaringan.
  3. Gunakan paket internet biasa untuk login aplikasi.
  4. Masukan nomor atau detail login dengan benar.
  5. Pastikan email terdaftar layanan Indihome.

Tidak Bisa Membuka Myindihome karena permasalahan autentikasi login menurut saya adalah hal yang mengesalkan. Beberapa waktu lalu saya dikejutkan dengan pernyataan seorang rekan yang mengaku tidak bisa login myIndihome di device yang baru. Ternyata setelah ditelusuri nomor HP miliknya telah terdatar di akun lain dengan device yang berbeda.

Demikianlah tips cara mengatasi aplikasi myIndiHome error tidak bisa dibuka yang dapat kami berikan untu Anda, apabila ada kesalahan dalam penyampaian tutur kata pada artikel ini yang menyinggung Anda kami minta maaf yang sebesar-besasrnya.

Bila masih mengalami kendala atau memang benar-benar tidak bisa login myIndihome maka alangkah baiknya kalian menghubungi pihak CS di gerai resmi. Semoga artikel yang saya sajika di atas dapat bermanfaat untuk semua pelanggan.

2 komentar untuk "4 Cara Mengatasi myIndiHome Error Tidak Bisa Dibuka (Pasti Berhasil)"

  1. Terimakasih artikelnya work aplikasi myIndiHome saya sudah normal kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia pak sama2 jangan lupa mampir kembali akan ada banyak artikel bermanfaat lainnya disini :)

      Hapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.