Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point

Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point - Mengubah modem ZTE menjadi akses poin bukanlah hal yang mudah. Perkembangan teknologi memaksa kita harus beradaptasi dengan keadaan. Dampak baiknya kini masyarakat bisa mengakses internet melalui berbagai cara. Mulai dari beli paket kuota di ponsel sampai tersabung ke jaringan wifi.

Access point merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh sebagian orang. Alat ini mampu memperkuat dan memancarkan sinyal sehingga pengguna lain bisa tersambung ke internet lewat wifi. Lazimnya untuk menggunakan access point kita harus berlangganan paket internet rumahan terlebih dahulu. Tapi kini kita dapat mengubah modem ZTE menjadi access point dan memakainya untuk internetan secara cepat.

Bagaimana cara setting modem ZTE menjadi access point? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna. Modem ZTE sendiri terbagi menjadi beberapa versi dan tidak semuanya bis kita ubah menjadi wifi layaknya akses poin. Faktanya hanya keluaran versi terbaru seperti ZTE ZXHN maupun H108N saja yang kompatibel.

Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point

Modem ZTE merupakan salah satu device Indihome yang dapat kalian pakai sebagai access point. Modem ini termasuk dalam perangkat multifungsi ADSL yang menggabungkan beberapa fungsi di dalamnya seperti sebagai wireless, modem maupun router. Dengan kata lain Modem ZTE ZXHN H108N ini dapat dijadikan sebagai router.

Singkatnya kalian bisa memakai perangkat tersebut sebagai HUB atau Switch jaringan WIFI agar dapat menghubungkan jaringan internet lokal dengan perangkat komputer yang telah didukung oleh fitur wifi di dalamnya. Untuk menjadikan modem ini sebagai access point tentunya harus melakukan beberapa metode di dalamnya. Metode tersebut merupakan cara setting modem ZTE ZXHN H108N jadi access point tersebut.
Baca juga : 8 Cara Cek Tagihan IndiHome Perbulan Terbaru
Kita dapat mencoba menggabungkan modem ZTE dengan modem TP Link TD 8817. Cara ini dapat diaplikasikan pada modem lainnya yang dikonfigurasikan sedemikian rupa asalkan didukung oleh router wifi di dalamnya. Hal ini penting dipelajari sebelum menerapkan cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point. Di bawah ini terdapat cara mengkonfigurasi Modem ADSL TP Link TD 8817 dengan Access Point ZTE ZXHN H108N yaitu sebagai berikut:
  • Kita menyetting modem TP Link TD 8817 untuk dijadikan modem agar dapat disambungkan dengan line telepon atau dikoneksikan dengan internet, dimana modem ADSL TP Link TD 8817 tidak didukung oleh fitur Wifi di dalamnya.
  • Setelah itu kita membuat Modem ZTE ZXHN H108N menggunakan kabel LAN untuk dijadikan Access Point dengan melalui HUB/Switch yang dapat menyambungkannya. Di bawah ini terdapat gambar konfigurasi Access Point dengan modem router ADSL Indihome Speedy seperti berikut:
Konfigurasi Access Point dengan Modem Router ADSL Indihome Speedy

Cara di atas dapat digunakan Modem ADSL untuk semua type dan merk, baik modem Speedy Indihome maupun modem lainnya. Namun modem yang digunakan harus didukung dengan fitur router wireless di dalamnya. Bagaimana jika IP Address yang digunakan oleh Router Wireless, modem, access point dan perangkat lainnya sama?

Contohnya IP address modem ZTE ZXHN H108N sama dengan Modem Huawei HG532e yakni 92.168.1.254 atau IP Address Modem ZTE F609 sama dengan Modem TP Link TD 8817 yaitu 192.168.1.1.  Untuk itu agar tidak terjadi bentrokan atau crash antar perangkat, maka IP Address Access Point ataupun modem harus dirubah. Di bawah ini terdapat cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan HUB/Switch dengan modem ZTE ZXHN H108N.
  • Setelah itu modem dihidupkan dan buka browser. Kemudian IP Address modem (192.168.1.254) diketikkan pada browser tersebut.
  • Lalu masuk ke panel router modem dengan login menggunakan usernase : admin dan password : admin.
  • Langkah berikutnya yaitu mengubah modem ADSL + Wireless menjadi access point dengan melakukan beberapa settingan seperti berikut:
    Klik interface - LAN - Pilih Relay pada DHCP dan masukkan 192.168.1.1 (IP Address Modem TP Link TD 8817) pada DHCP Server IP for Relay Agent. IP yang dimasukkan dapat menggunakan IP Port Mikrotik atau IP Gateway yang termasuk dalam jalur access point pada modem. Lali simpan dengan klik Save.
Baca juga : Harga Pasang Wifi Indihome Murah Terbaru Bulan Ini
Konfigurasi Modem ADSL menjadi Access Point
  • Pengubahan modem ZTE ZXHN H108N dijadikan access point telah selesai dilakukan.
Cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point selanjutnya yaitu membuat laptop, tablet, komputer, smartphone dan semua perangkat lainnya terhubung dengan access point sehingga sinyal Wifi dapat diperoleh. Adapun caranya yaitu meliputi:
  1. Langkah pertama klik pada bagian Interface Setup.
  2. Lalu pilih pada bagian Wireless.
  3. Pilih Actived pada bagian access point.
  4. Kemudian pilih pada bagian mode wifi seperti 802.11b+g+n, 802.11n dan sebagainya.
  5. Setelah itu nama wifi hotspot dimasukkan pada SSID.
  6. Lalu password wifi dimasukkan pada bagian Pre Key Share.
  7. Simpan konfigurasi dengan klik Save.
  8. Cek apakah laptop dan perangkat lainnya telah terkoneksi dengan access point atau belum.
Cara Memperoleh Sinyal dari Access Point

Demikianlah penjelasan mengenai cara setting modem ZTE ZXHN H108N menjadi access point. Cara setting modem ZTE ZXHN H108N jadi access point di atas dapat anda terapkan pada jenis modem lainnya asalkan didukung oleh fitur wifi di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Modem ZTE ZXHN H108N Menjadi Access Point"