Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Google Drive Limit Dengan Mudah

Cara Mengatasi Google Drive Limit Dengan Mudah - Google drive merupakan salah satu layanan Google yang banyak sekali peminatnya, dimana berguna untuk media penyimpanan secara online. Google drive ini menyediakan berbagai fitur yang bermanfaat untuk para penggunanya sehingga dapat digunakan dengan mudah. Produk buatan Google ini juga memiliki keunggulannya sendiri yaitu memiliki kapasitas penyimpanan 15GB gratis. Dengan tawaran yang disediakan Google ini membuatnya dapat bersaing dengan para kompetitor. Meski begitu Google Drive juga mempunyai akses limit download yang cukup mengganggu, dibalik berbagai jenis keunggulan yang ditawarkannya. Apakah anda tahu bagaimana cara mengatasi limit google drive itu?

Cara mengatasi google drive limit pada umumnya dapat dilakukan dengan mudah. Batas limit pada Google Drive ini maksudnya ialah batas jumlah download file. Apabila batas jumlah download yang dipaparkan telah dicapai ketika penguploadtan file. Maka file tadi tidak dapat didownload lagi. Untuk itulah anda harus melakukan beberapa cara mengatasi limit google drive tersebut. Google drive merupakan salah satu solusi penyimpanan file berbasis cloud apabila media penyimpanan Harddisk anda telah penuh. Media penyimpanan seperti google drive ini dapat diakses secara gratis dan dimana saja dapat menggunakannya. Untuk itu pembagian file antara satu orang dengan orang lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Google drive memang sangat populer di kalangan masyarakat dari berbagai pilihan penyimpanan file lainnya. Hal ini dikarenakan kecepatan koneksi untuk mengunduh filenya tidak dibatasi sehingga tidak mungkin menjadi lemot.
Google Drive Limit
Kelebihan dari google drive lainnya ialah dapat memberikan pemberitahuan berupa coba lagi di lain waktu apabila file yang tersimpan telah dilihat atau diunduh oleh banyak orang. Hal ini sebabkan oleh adanya limit tertentu yang ditetapkan oleh Google Drive, dimana seberapa seringkah anda dapat mengunduh file tersebut. Kemudian setiap 24 jam, kita dapat mereset google drive ini. Namun tidak sedikit orang yang tidak sabaran untuk menunggu 24 jam agar Google Drive dapat direset. Terlebih lagi belum tentu limit ini akan hilang setelah 24 jam tadi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi google drive limit dengan mudah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Google Drive Limit Dengan Mudah

Cara mengatasi limit google drive dapat diterapkan jika setelah 24 jam anda menunggu tetap tidak hilang ketentuan limit tadi. Pengertian google drive ialah situs dari Google yang digunakan untuk berbagi file. Situs ini sangat populer dikalangan banyak orang. Selain itu kuota upload yang dimiliki oleh Google Drive juga cukup besar dan sangat cepat pula speed downloadnya. Akan tetapi Google Drive mempunyai limit akses di dalamnya. File yang akan didownload tersebut terkadang sudah tidak dapat didownload karena telah mencapai batas tertentu.

Masing masing file yang diunggah pada Google Drive tentunya mempunyai batasan kuota. Apabila pengunduhan file yang dibagikan terlalu banyak dilakukan oleh orang orang, maka akan terjadi pemblokiran file saat batas kuota telah dilewati. Hal ini dilakukan oleh Google untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan file. Terlebih lagi apabila sangat tinggi traffic ke file tersebut. Untuk itu akan terjadi penguncian dile dan selama 24 jam tidak dapat mendownload file tersebut sebelum mereset kuota ini. Periode penguncian file dapat lebih pendek apabila tidak terlalu tinggi penerimaan traffic file yang akan dibagian. Namun apabila traffic yang diterima file tersebut sangat tinggi, maka untuk mengunduh file tersebut dapat dilakukan dengan menunggunya selama berhari hari. Di bawah ini terdapat cara mengatasi google drive limit dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Mengakses halaman preview file.
  • Menekan tombol "Add to My Drive".
  • Membuat File Duplikat.
  • Mengunduh File Duplikat.
Langkah langkah di atas dapat saya jabarkan seperti di bawah ini:

Mengakses Halaman Preview File

Halaman Preview File
Cara mengakses limit google drive yang pertama ialah mengakses halaman preview file terlebih dahulu. Halaman file yang tersimpan pada Google Drive ini dapat diakses apabila anda telah terhubung dengan akun Google yang dimiliki. Apabila anda melakukan pengunduhan file sebelumnya, maka di halaman utama Google Drive akan tersedia file tersebut. Adapun caranya yaitu mengetik link di kolom pencarian browser berupa http://drive.google.com dan klik enter. Lalu file yang akan diunduh dicari dan klik kanan pada bagian file tadi. Setelah itu pilih pada bagian "Get shareable link". Namun apabila terdapat pesan "Link copied to clipboard" yang muncul, maka langkah berikutnya ialah membuka tab baru browser. Setelah itu di bagian kolom pencarian di klik Paste atau CTRL + V dan tekan enter. 

Jika anda akan melakukan pengunduhan file dari situs download tertentu, maka akan dihubungkan dengan halaman preview secara langsung sehingga anda tidak perlu mengklik link tersebut. Namun terkadang link Google Drive juga disediakan oleh beberapa situs. Anda dapat melihat URL pada kolom pencarian untuk mengetahui halaman yang anda buka. Berikut contohnya/;
Dalam gambar di atas terdapat tulisan "uc" yang menunjukkan letak anda yang sedang ada pada halaman download. Setelah itu tulian "uc" tadi diubah menjadi "open" dan bagian tulisan "&export=download" tersebut dihapus. Lalu klik enter. Pengaksesan halaman preview tersebut telah berhasil dlakukan.

Menekan Tombol "Add to My Drive"

Cara mengatasi Google Drive limit selanjutnya ialah menekan tombol Add to My Drive. Jika anda sedang ada di halaman preview, maka terdapat ciri khas di dalamnya yaitu di pojok kanan atas terdapat simbol yang berbentuk segitiga. Simbol ini digunakan sebagai tanda Add to My Drive. Simbol tersebut digunakan untuk membuat file dapat ditambahkan pada halaman Google Drive utama milik anda.
Menekan Tombol Add to My Drive
Cara mengatasi limit google drive selanjutnya yaitu menunggu sampai tulisannya berubah menjadi Added to My Drive, dimana di awal tulisannya Adding to My Drive. Jika hal ini telah terjadi maka gambar simbol segitiga tadi akan berubah menjadi bentuk folder. Simbol tersebut kemudian diklik dan pilih pada menu My Drive. Kemudian anda akan di bawa ke tab baru. Tunggu hingga semua file yang terpampang dapat di select untuk diunduh secara otomatis.

Membuat File Duplikat

Membuat File Duplikat
Cara mengatasi Google Drive limit selanjutnya ialah membuat file duplikat. Kondisi file yang dimiliki tetap dalam kuota yang sama, meskipun telah masuk dalam akun Google Drive. Untuk itu file perlu diduplikasi agar tetap utuh file tersebut, mekipun tergolong baru namun kuota limitnya sama. Jadi seakan akan baru saja mengunggah file tersebut. Lalu file yang akan diunduh  tadi diklik kanan dan pilih pada bagian Make a Copy. Pastikan file baru tersebut dapat ditampung pada sisa storage Google Drive anda. Jika tempat penyimpanan Google Drive anda penuh, maka akan ada pesan muncul berupa "Error creating a copy of ‘abcd". Namun jika tulisan yang muncul berupa "Created copy of ‘abcd", maka menduplikasi file tersebut telah berhasil dilakukan.

Mengunduh File Duplikat

Mengunduh File Duplikat
Cara mengatasi limit google drive selanjutnya ialah mengunduh file duplikat. Setelah pembuatan file duplikat selesai, kemudian file tadi dapat diunduh tanpa adanya masalah. File tersebut memang memiliki nama yang berbeda dengan nama file aslinya. Namun file file tadi tetap sama isinya. Kemudan file tersebut diklik kanan dan pilih pada menu Download. Pada window akan muncul pesan Can’t scan file for viruses, apabila file tersebut memiliki ukuran 100 MB lebih. Langkah berikutnya yaitu menekan Download Anyway dan proses pendownloadtan file akan berlangsung. Proses pengunduhan file pada dasarnya dapat lebih optimal apabila melakukan beberapa metode seperti di bawah ini:
  • Nama file yang termasuk pecahan akan lebihh baik diganti.
  • Setelah itu membuat akun Google yang baru.
  • Menggunakan IDM (Internet Download Manager).
Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi google drive limit dengan mudah. Kegunaan Google Drive ialah untuk menyimpan file secara online dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya yaitu dapat diperoleh secara gratis dan tidak memiliki batas kecepatan yang digunakan. Kemudian untuk kekurangannya yaitu pengunduhan file memiliki batas limit kuota tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Drive Limit Dengan Mudah"