Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kuota Edukasi, Cara Daftar, dan Menggunakannya

Apa Itu Kuota Edukasi, Cara Daftar, dan Menggunakannya - Masyarakat terus berusaha keluar dari masa krisis yang melanda akibat pandemi. Kegiatan belajar di rumah sampai pembelajaran jarak jauh (daring) pun sudah sangat familar untuk siswa. Padahal untuk menunjang aktivitas tersebut kita membutuhkan paket data yang cukup besar. Sekedar 10 sampai 20GB pun saya rasa tak akan cukup untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh terlebih jika harus memakai aplikasi berbasis streaming.

Untuk meringankan kebutuhan siswa, maka banyak operator seluler berlomba meluncurkan program baru. Yakni paket kuota pendidikan yang hanya bisa dipakai mengakses beberapa platform saja. Maknanya, kalian tak bisa menggunakan kuota edukasi sesuka hati layaknya paket data reguler. Kelebihan utama paket kuota pendidikan terletak pada harganya yang murah yakni 10 rupiah saja.

Paket Kuota Edukasi Gratis

Apa itu kuota edukasi? Kuota edukasi merupakan paket internet yang berguna untuk membuat proses belajar para siswa menjadi lebih mudah meskipun dilakukan di rumah. Sebagian operator menyediakan paket kuota edukasi dengan kapasitas lumayan besar dan gratis atau diperoleh dengan cuma cuma tanpa biaya apapun. Bahkan kartu ini memiliki masa aktif yang lebih panjang dibandingkan jenis kartu pada umumnya.

Apa Itu Kuota Edukasi, Cara Daftar, dan Menggunakannya

Hadirnya kuota edukasi merupakan salah satu bentuk dukungan berbagai operator telekomunikasi di Indonesia terhadap kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Terlebih lagi kapasitas kuota yang disediakan cukup besar dan dapat diperoleh dengan gratis, baik kuota edukasi Indosat, kuota edukasi Telkomsel dan sebagainya. Masa berlakunya juga cukup panjang untuk ukuran kuota internet pada umumnya.

Apakah anda tahu bagaimana cara mengaktifkan kuota edukasi itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu kuota edukasi beserta fungsi kuota edukasi dan kegunaan kuota edukasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Kuota Edukasi

Pengertian kuota edukasi ialah paket internet yang digunakan untuk melakukan pembelajaran online di rumah dengan mengaksesnya secara gratis melalui platform seperti Zenius, Sekolahmu, Ruangguru, Rumah Belajar, Quipper dan sebagainya. Diharapkan para mahasiswa dan siswa dapat menggunakan layanan ini dengan mudah dan lancar tanpa terkendala tidak stabilnya koneksi internet ketika mengakses aplikasi aplikasi tersebut.

Menurut pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa paket kuota edukasi disediakan oleh beberapa operator seluler seperti Indosat, Tri Indonesia, Telkomsel, Telkom dan XL Axiata. Kuota edukasi yang disediakan oleh masing masing operator seluler tentunya tidak sama.

Baca juga : Cara Daftar Kuota Keluarga Telkomsel Beserta Cara Menggunakannya

Jumlah kuota edukasi yang ditawarkan oleh Indosat dan Telkomsel berlaku selama 30 hari sejumlah 30GB dengan bebas mengakses aplikasi online untuk belajar. Kemudian untuk kuota edukasi yang ditawarkan XL Axiata berlaku per hari dengan jumlah 2GB bebas mengakses aplikasi untuk bekerja dan belajar dirumah.

Dengan paket internet gratis tersebut pastinya para siswa dan mahasiswa sangat terbantu untuk melakukan pembelajaran dirumah. Setelah mengetahui apa itu kuota edukasi, kemudian saya akan menjelaskan fungsi kuota edukasi dan kegunaan kuota edukasi tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kuota Edukasi Untuk Apa

Paket kuota edukasi memiliki fungsi utama yaitu dapat mengakses gratis aplikasi pembelajaran secara online. Selain itu kuota edukasi dari Indosat juga berguna untuk mengakses 60 platform E-Learning atau lebih maupun website universitas Indonesia secara resmi demi mendukung dosen dan mahasiswa melakukan proses perkuliahan dirumah selama pandemi ini berlangsung.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indosat merupakan salah satu operator pendukung terjadinya pelaksanaan pembelajaran melalui via daring tersebut. Bahkan operator ini memberlakukan pengiriman kartu SIM gratis tanpa perlu keluar rumah, baik untuk kartu Indosat pascabayar maupun prabayar. Pengiriman ini berlaku untuk wilayah Bogor, Bekasi dan Jakarta.

Setelah memahami pengertian kuota edukasi, fungsi paket kuota edukasi dan kegunaan paket kuota edukasi tersebut, anda tidak perlu khawatir jika jaringan tidak stabil atau ngelag ketika menggunakan kuota ini. Hal ini telah dijamin oleh berbagai operator seluler di Indonesia bahwa kinerja jaringannya memang cukup handal ketika digunakan.

Baca juga : Paket Internet Indosat Baru 25rb Untuk Sebulan Termurah 

Cara Mengaktifkan Kuota Edukasi

Setelah menjelaskan apa itu kuota edukasi, fungsi kuota edukasi dan kegunaan kuota edukasi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara mengaktifkan paket kuota edukasi. Di bawah ini terdapat beberapa cara membeli kuota edukasi pada Telkomsel dan Indosat yaitu sebagai berikut:

Kuota Edukasi Telkomsel

Telkomsel adalah satu dari sekian operator seluler yang menyediakan kuota edukasi secara gratis untuk para pelanggannya yang masih menyandang status siswa. Melalui program paket ilmupedia dan ruang guru provider ini berusaha mewujudkan dukungannya terhadap sistem pembelajaran berbasis daring.

Pelanggan yang berhasil aktivasi paket ilmupedia dan mendapatkan kuota edukasi bisa mengakses situs pembelajaran tersebut secara gratis. Demikian juga dengan paket ruang guru dengan kuota 30GB. Cara mengaktifkan paket kuota edukasi yang pertama ditujukan untuk jenis operator Telkomsel. Adapun cara mengaktifkan kuota edukasi Telkomsel yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik pada menu Belanja atau Shop dan pilih Internet.
  3. Setelah itu akan tampil beberapa macam paket kuota edukasi bernama paket Ruangguru maupun Ilmupedia.
  4. Pilih paket yang tertera Bebas Akses seharga Rp 0 dengan kuota sebanyak 30GB.
  5. Beli paket tersebut dengan cara klik Beli.
  6. Paket kuota edukasi ini dapat anda gunakan selama satu bulan penuh secara gratis untuk mengakses platform pembelajaran online.

Indosat Melalui Aplikasi MyIM3

Cara mengaktifkan paket kuota edukasi selanjutnya ditujukan untuk jenis operator Indosat. Adapun cara melakukannya yaitu:

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi myIM3 terlebih dahulu.
  2. Setelah itu klik Beli dan akan muncul berbagai penawaran paket internet Indosat yang tersedia.
  3. Pilih pada bagian paket belajar dirumah kuota 30GB gratis.
  4. Klik pada bagian beli dan pilih beli sekarang.
  5. Paket kuota edukasi ini dapat anda gunakan selama satu bulan penuh secara gratis untuk mengakses platform pembelajaran online.

Kode Dial Kuota Pendidikan

Cara mengaktifkan paket kuota edukasi selanjutnya ditujukan untuk jenis operator Indosat. Adapun cara mengaktifkan kuota edukasi Indosat melalui kode dial yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Telepon atau Phone terlebih dahulu.
  2. Kemudian ketik *123*369# dan klik Panggil atau Call.
  3. Lalu akan muncul SMS berisi paket kuota edukasi telah diaktivasi.
  4. Ketikkan angka 1 untuk membalas pesan tersebut dan kirim.
  5. Paket kuota edukasi ini dapat anda gunakan selama satu bulan penuh secara gratis untuk mengakses platform pembelajaran online.
Demikianlah penjelasan mengenai apa itu kuota edukasi beserta fungsi kuota edukasi dan kegunaan kuota edukasi. Pengertian kuota edukasi ialah paket internet yang digunakan untuk melakukan pembelajaran online di rumah dengan mengaksesnya secara gratis melalui platform seperti Zenius, Sekolahmu, Ruangguru, Rumah Belajar, Quipper dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Kuota Edukasi, Cara Daftar, dan Menggunakannya"