Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Error Tidak Bisa Terbuka

6 Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Error Tidak Bisa Terbuka - Setiap operator seluler miliki aplikasi resmi untuk membantu pelanggan bertransaksi. Segala kemudahan daftar paket internet, cek pulsa, sisa kuota, masa aktif sampai beragam promo harusnya bisa dilakukan lewat aplikasi. Begitu juga indosat yang hadir bersama MyIM3 sebagai bentuk sinergitas di bidang pelayanan. Tapi bagaimana jadinya jika aplikasi MyIM3 tidak bisa dibuka?

Indosat sendiri termasuk provider yang memiliki banyak pelanggan aktif di Indonesia. Lewat harga paket kuota murah serta jaringan prima akhirnya berhasil menarik minat pengguna ponsel pintar. Sampai sekarang pun operator satu ini masih mampu bersaing secara kompetitif dengan telkomsel, XL, dan Smartfren.

Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Tidak Bisa Dibuka

Beberapa pelanggan sering mengeluh tidak bisa membuka MyIM3 padahal semua aplikasi lain bisa terbuka secara normal. Mayoritas gagal pada saat login karena layar hanya menampilkan layar putih. Lantas apa yang menyebabkan masalah tersebut? berdasarkan pengamatan saya aplikasi MyIM3 error dapat dipicu kinerja ponsel yang buruk. Beberapa spekulasi yang mencuat juga menjelasan bahwa versi aplikasi indosat yang sudah tidak sinkron/kompatibel membuatnya hang.

Server down pun turut serta menjadi kendala kenapa MyIM3 tidak bisa terbuka. Inilah alasan mengapa aplikasi tersebut kurang maksimal jika dilihat dari segi fungsi. Meski pihak operator terus memperbarui versi serta melakukan update secara berkala. Tapi tidak menutup kemungkinan munculnya bug baru yang membuat My IM3 error. Padahal aplikasi yang dapat kalian download lewat google play store serta App store untuk iphone tersebut memegang peran penting. Misal anda mengalani problem diatas tidak perlu khawatir. Karena ada cara mengatasi MyIM3 tidak bisa terbuka.

6 Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Error Tidak Bisa Dibuka

Hampir setiap orang pasti menyukai metode transaksi cepat dan mudah.daripada berbelit. Itulah harapan yang coba diwujudkan oleh operator indosat lewat layanan aplikasi resminya. Sayang, dalam beberapa kasus pengguna ponsel justru menemukan kendala seperti aplikasi indosat blank dan hanya muncul layar putih. Ada pula pelanggan mengeluh gagal login My IM3 sampai tidak bisa beli paket internet.

Aplikasi MyIM3 adalah aplikasi resmi untuk mempermudah pelanggan mengakses setiap produk digital yang dijual oleh indosat. Untuk dapat masuk ke aplikasi MyIM3 biasanya menggunakan nomor atau email pengguna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara mengatasi aplikasi MyIM3 error tidak bisa terbuka.

Dalam aplikasi MyIM3 pada dasarnya terdapat beberapa fitur di dalamnya. Misalnya saja fitur untuk cek kuota internet maupun sisa pulsa yang dimiliki. Selain fitur tersebut ternyata masih banyak lagi yang ditawarkan. Namun bagaimana jika aplikasi MyIM3 tidak bisa dibuka? Apabila hal ini terjadi, maka anda dapat menerapkan cara mengatasi aplikasi MyIM3 tidak bisa terbuka yang akan saya jelaskan.

Kenapa Aplikasi Indosat Error

Pengalaman berupa aplikasi indosat error pernah saya alami ketika masih berlangganan produk paket yellow. Ketika hendak cek kuota dan perpanjang paket justru MyIM3 tidak bisa dibuka bahkan hanya mucul layar putih saja. Setelah mencari jawaban saya justru menemukan berbagai kendala terkait pengunaan My IM3.

Secara garis besar ada beberapa penyebab kenapa aplikasi MyIM3 error dan tidak terbuka di hp . Faktor tersebut bisa datang dari kegagalan sistem ponsel sampai karena murni kesalahan dari server pihak operator. Nah, sebelum mulai membahas cara mengatasi MyIM3 tidak bisa dibuka ada baiknya simaklah beberapa masalah berikut:

  1. Cache aplikasi penuh.
  2. Versi tidak sinkron/support lagi dengan ponsel.
  3. Internal error.
  4. Layar blank warna putih.
  5. Tidak bisa terbuka.
  6. Penyimpanan penuh sehingga HP lemot.
  7. Koneksi internet jelek.
  8. Server operator down.

Mengetahui berbagai masalah di atas tentu kita akan bertanya bagaimana cara mengatasinya. Kalian tak perlu membawa ponsel ke konter ataupun berkonsultasi ke gerai indosat. Karena problematika tersebut bisa kita selesaikan sendiri di rumah.

Ganti Mode Jaringan

Aplikasi myIM3 error tidak terbuka bisa disebabkan karena jaringan internet yang lemot sehingga menggangu proses login. Sebenarnya masalah ini cukup sepele tapi banyak pengguna yang tak menyadarinya. Jadi, sebelum mulai mengutak atik pengaturan ponsel alangkah baiknya kalian restart jaringan atau setidaknya mengganti mode dari 4G only ke 3G terlebih dahulu.

Sinyal 3G memang menawarkan kualitas kecepatan internet di bawah penerusnya yakni 4G. Meski demikian, mode jaringan 3G memiliki kelebihan tersendiri dari segi stabilitas karena infrastrukturnya sudah dibangun sejak lama. Saya pun pernah mengalami masalah demikian ketika bepergian ke daerah luar kota yang notabenya masih belum tercover sinyal 4G dengan baik.

cara mengatasi MyIM3 tidak terbuka dengan ganti mode jaringan

Ketika mencoba memperbarui paket internet ternyata saya tidak bisa login MyIm3 sebagaimana mestinya. Lantas bagaimana cara mengatasi Myim3 error seperti itu? mudah saja karena saya hanya mengganti tipe jaringan ke 3G only. Cara mengganti mode jaringan semua tipe hp sebenarnya sama saja. Fitur ini bisa kalian temukan pada menu pengaturan ponsel. Untuk lebih jelasnya simaklah tutorial di bawah:

  1. Masuk ke menu pengaturan ponsel.
  2. Pilih pengaturan jaringan.
  3. Pilih kartu SIM.
  4. Selanjutnya ganti mode jaringan dari 4G ke 3G.
  5. Simpan settingan.
  6. Silahkah kembali login aplikasi indosat.

Jika kalian sudah mempraktekan trik pertama di atas dan ternyata aplikasi indosat masih tidak bisa terbuka maka lanjutkan ke tahap berikutnya. Pada sesi selanjutnya saya akan mengajarkan cara mengatasi tidak bisa membuka Myim3 lewat serangkaian metode.

Lakukan Reset Jaringan

MyIM3 tidak bisa dibuka berpotensi datang dari aspek jaringan yang drop secara tiba-tiba. Hal ini menurut saya juga sangat wajar mengingat sinyal indosat yang masih kurang stabil di beberapa daerah. Sehingga menyebabkan loading aplikasi tak kunjung selesai, layar blank, atau bahkan MyIM3 keluar sendiri.

Meskipun kini beredar aplikasi yang diklaim mampu menstabilkan internet, tapi saya lebih suka metode konvensional. Cara reset jaringan paling mudah dan aman menurut saya yakni dengan memanfaatkan Mode Pesawat. Airplane mode pastinya hadir di semua jenis smartphone masa kini sebagai fitur bawaan. Tanpa sadar 

Trik ini pernah saya pakai untuk memperoleh stabilitas jaringan internet sehingga saat membuka aplikasi berbasis online bisa lancar. Tanpa perlu diajarkan harusnya semua pengguna sudah bisa mengaktifkan mode pesawat di ponsel masing-masing. Tapi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan maka saya akan merangkum langkah langkahnya.

Adapun cara mereset jaringan untuk mengatasi MyIM3 error adalah:

  1. Posisikan ponsel di halaman utama.
  2. Usap layar ke bawah untuk memunculkan top menu.
  3. Tap icon bergambar pesawat.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Lalu tap kembali icon tersebut untuk mematikan fiturnya.
  6. Maka jaringan akan diperbarui dan siap digunakan kembali.

Secara garis besar mode pesawat dapat mematikan seluruh fungsi hardware penangkap sinyal. Hal ini tentu akan menghentikan segala kinerja jaringan secara total. Lalu saat kalian mematikan fitur itu maka HP akan menangkap sinyal kembali dengan IP baru yang notabenya lebih cepat. Nah, internet yang cepat akan membantu kita terhindar dari aplikasi error.

Hapus Cache My IM3

Apa yang dimaksud cache? Cache adalah memory sementara yang tersimpan pada suatu aplikasi. Terkadang cache yang terus menumpuk tanpa dibersihkan bisa membuat aplikasi error dan tidak terbuka sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kalian tidak bisa login My IM3 di hp masing-masing.

Cara mengatasi MyIm3 error tidak bisa dibuka yang pertama bisa kalian lakukan dengan membersihkan cache. Karena bukan file inti ataupun system android maka membuatnya sangat aman untuk dihapus. Masalah utamanya tak semua pengguna ponsel tau bagaimana cara menghapus cache yang baik dan benar. 

Padahal caranya cukup sederhana, simaklah tutorial berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Aplikasi dan cari aplikasi MyIM3.
  3. Setelah itu tap clear cache.
  4. Ulangi Login MyIM3 untuk mengetahui apakah trik work atau tidak.

Untuk menghapus cache ini juga dapat menggunakan aplikasi pendukung seperti Clean Master. Namun aplikasi ini nantinya akan menghapus file cache di berbagai aplikasi yang tersedia di Handphone anda sehingga tidak hanya cache MyIM3 saja yang terhapus. Clean Master pada dasarnya memang berfungsi untuk menghapus cache dan berbagai data dalam aplikasi.

Paksa Berhenti dan Hapus Data

Ada kalanya aplikasi error karena performa ponsel yang mengalami penurunan entah pada faktor jaringan atau internal. Hal ini terkadang membuat pelanggan tidak bisa login MyIm3 dan membuatnya stuck di proses loading. Apa yang harus dilakukan ketika terjadi error sedemikian rupa? kita bisa menghentikan paksa proses dari aplikasi.

Cara mengatasi MyIM3 tidak bisa dibuka selanjutnya dapat dilakukan dengan memaksa aplikasi berhenti dan menghapus datanya. Terkadang proses loading yang terlalu lama pada aplikasi akan membuat aplikasi tersebut sulit untuk terbuka. Mayoritas justru mengalami freeze dimana layar blank hanya ada tampilan putih abu saja.

Hal ini tentunya banyak dialami oleh para pengguna Smartphone. Adapun cara memperbaiki yaitu menghapus data dalam aplikasi untuk membuat aplikasi tersebut seperti awal ketika diinstal. Namun jika hal ini dilakukan maka tentunya semua data yang tersimpan dalam aplikasi indosat akan terhapus semuanya.

Anda tidak perlu khawatir ketika data dihapus karena aplikasi tersebut akan tetap ada dan tidak akan terhapus meski datanya sudah dihilangkan. Adapun cara menghapus data pada aplikasi MyIM3 yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan dan pilih bagian Aplikasi. Setelah itu cari aplikasi MyIM3 dan klik pada bagian "Paksa Berhenti". Jika sudah lalu klik lagi bagian "Hapus Data". Maka dari itu aplikasi akan seperti awal kembali saat diinstall pertama kali dan data data di dalamnya akan terhapus.

Ada kalanya perangkat ponsel kita tak kompatibel lagi dengan versi terbaru di playstore. Inilah akhirnya yang menyebabkan serangkaian masalah seperti aplikasi indosat error, gagal dimuat, tidak bisa login, dan lain sebagainya. Di lain sisi, pihak operator pun juga terus menghimbau pelanggan untuk terus melakukan pembaruan secara berkala untuk menghindari problematika di atas.

Cara mengatasi aplikasi MyIM3 tidak bisa terbuka selanjutnya dapat dilakukan dengan memperbarui aplikasi tersebut. Memperbarui atau mengupdate aplikasi memang cukup penting dilakukan. Hal ini dikarenakan update aplikasi dapat membuatnya lebih sempurna dan mencegah terjadinya error, bug dan sebagainya.

Maka dari itu pastikan jika MyIM3 ini telah diperbarui. Untuk mengecek apakah aplikasi tersebut telah diperbarui atau belum, maka dapat melalui Google Play Store pada Android anda. Adapun cara melakukannya yaitu dengan masuk ke Google Play Store terlebih dahulu. Kemudian pilih Menu dan klik Aplikasi dan Game saya.

Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang digunakan. Carilah aplikasi MyIM3 dan klik, maka akan muncul tampilan aplikasi tersebut. Jika dalam aplikasi terdapat tulisan Update, maka aplikasi tersebut perlu diperbarui. Namun jika tidak maka tidak perlu diperbarui.

Instal Ulang Aplikasi

Cara mengatasi MyIM3 tidak terbuka selanjutnya dapat dilakukan dengan menginstal ulang aplikasi tersebut. Cara ini diterapkan jika semua metode sebelumnya gagal memperbaiki aplikasi error. Jika anda menginstall ulang aplikasi MyIM3 tersebut, maka sistem HP akan mengganggap aplikasi ini baru dan semua data yang terdapat di dalamnya semua kembali ke awal lagi.

Konsepnya sama seperti kita menginstall ulang komputer dimana seluruh kesalahan sistem akan direset. Pertama kalian harus uninstall terlebih dahulu aplikasi indosat tersebut. Saya rasa tidak perlu menjelaskan bagaimana langkahnya karena setiap pengguna ponsel pasti sudah tau caranya. Setelah itu download lagi aplikasi MyIM3 dari Google Play Store atau App Store.

cara mengatasi myIM3 error tidak terbuka dengan reinstall aplikasi

Tunggu proses pengunduhan serta pemasangan selesai. Silahkan kalian login My IM3 kembali memakai nomor indosat masing-masing. Jika ternyata kalian masih mendapati masalah MyIM3 error tidak bisa dibuka maka lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Tapi kalian perlu tau resiko dari install ulang yakni seluruh data pengguna akan hilang. Tapi pelanggan tak perlu khawatir karena paket yang telah dibeli tak akan terhapus dan melekat pada nomor. Maka dari itu, setelah melakukannya pastikan login kembali menggunakan nomor indosat masing-masing. Lalu aktifkan fitur autologin agar kamu bisa langsung masuk saat membuka myIM3.

Hubungi Customer Care

Cara mengatasi MyIM3 tidak bisa dibuka selanjutnya yakni menghubungi customer care indosat di nomor 185. Selain itu, kita juga bisa tersambung dengan agen lewat sosmed resminya baik itu twitter, IG, maupun facebook. Walaupun terkesan merepotkan tapi sebenarnya CS bisa jadi solusi terakhir apabila aplikasi MyIM3 error dan tak kunjung normal.

Apabila ternyata ada gerai indosat di dekat rumah atau kota kalian maka saya sarankan untuk ke sana saja. Ceritakan kronologi masalah saat tidak bisa login lalu mintalah solusi terbaik dari pihak CS. Dalam hal pelayanan secara langsung Indosat termasuk tanggap serta solutif terhadap keluhan para konsumennya. Maka dari itu, jangan sungkan untuk mengutarakan segala permasalahan yang dialami saat memakai MyIM3.

Tidak Bisa Login MyIm3

Seiring berjalannya waktu ternyata banyak pelanggan yang mengeluh tidak bisa login MyIM3. Meski sudah memasukan nomor ponsel dengan benar tapi faktanya layar hp hanya muncul tampilan putih. Bahkan ada pula yang sampai berspekulasi bahwa nomor indosat terblokir sehingga tak bisa digunakan untuk masuk. Lantas apa yang menyebabkan masalah demikian?

Ketika kalian gagal login My IM3 maka seluruh aktivitas seperti cek sisa kuota, masa aktif, dan beli paket hanya bisa dilakukan secara manual. Yakni lewat kode dial yang tentunya sangat menyita waktu serta kurang praktis.

Tidak bisa login aplikasi myim3 bisa disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Selain apa yang telah saya sebutkan di atas ternyata konektivitas pun juga memberikan pengaruh signifikan. Jika kalian mencoba login saat jaringan internet jelek maka kemungkinan besar akan gagal.

Maka dari itu, cara mengatasi tidak bisa login MyIM3 paling ampuh adalah merefresh jaringan terlebih dulu. Lalu cobalah untuk mencari sumber sinyal terdekat dan coba masuklah kembali memakai nomor yang sama.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi aplikasi MyIM3 error tidak bisa terbuka. Apabila langkah langkah di atas tetap tidak dapat membuat aplikasi terbuka, maka bisa jadi Smartphone anda yang mengalami masalah dan bukan aplikasinya yang bermasalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar untuk "6 Cara Mengatasi Aplikasi MyIM3 Error Tidak Bisa Terbuka"

  1. Aplikasi myim3 aku tidak bisa dibuka setelah aku kasih ulasan bintang

    BalasHapus

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.