Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi AXISnet Error Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi AXISnet Error Tidak Bisa Dibuka - Tidak bisa membuka Axisnet menurut saya adalah masalah serius. Setiap operator seluler memiliki aplikasi resmi yang memberikan banyak manfaat untuk pelanggannya. Lewat aplikasi tersebut kita bisa melakukan berbagai transaksi mulai dari cek sisa kuota, daftar paket internet, dan lain lain.

Cara Mengatasi Aplikasi AXISnet Tidak Bisa Terbuka

Lazimnya, aplikasi axis mampu mempermudah kita untuk mengakses setiap layanan lewat satu sentuhan layar. Tapi ada kalanya aplikasi resmi mengalami kendala sehingga melenceng dari segi fungsi. Hal ini dibuktikan dengan masuknya keluhan axisnet tidak bisa dibuka maupun blank hanya menampilkan layar putih.

Beberapa pengguna ponsel bahkan tidak bisa login axisnet dan gagal daftar paket internet meski pulsa sudah mencukupi. Lantas apa yang menyebabkan masalah tersebut? secara garis besar ada beberapa faktor kenapa axisnet error. Mulai dari versi aplikasi sudah tidak sinkron sampai kesalahan pada sistem dari pihak operator. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi Axisnet tidak terbuka di hp?

6 Cara Mengatasi AXISnet Error Tidak Bisa Dibuka

Axisnet adalah aplikasi resmi yang disediakan oleh operator seluler tersebut untuk mempermudah segala aktivitas pengguna. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kalian dapat mengetahui informasi dan layanan seputar Axis tanpa ribet. Interface yang sederhana juga membuatnya mudah untuk dipahami bahkan pemula sekalipun.

Konsep serta fungsi aplikasi axis sama saja seperti milik operator lain. Yakni untuk mempermudah transaksi cek status kartu, beli paket internet, daftar layanan, dan lain sebagainya. Kalian bisa mengunduhnya secara langsung dari playstore maupun appstore.

Namun, apa jadinya kalau aplikasi Axisnet tidak bisa dibuka atau error ketika dipakai? tentu hal ini sangat mengesalkan. Terlebih saat kita ingin membeli paket internet maupun menukar kode voucher isi ulang. Alih-alih memperoleh pelayanan prima justru pelanggan sangat dirugikan saat Axisnet tidak terbuka.

Dalam artikel kali ini kita akan belajar cara mengatasi axisnet error tidak bisa dibuka. Tapi sebelum menuju pembahasan pelanggan harus tau apa faktor penyebabnya.

Kenapa Aplikasi Axisnet Tidak Terbuka

Mengapa aplikasi axis error tidak bisa dibuka dan digunakan untuk membeli paketan? inilah pertanyaan sebenarnya. Walaupun sudah didownload oleh ratusan ribu pengguna tapi faktanya Axisnet masih menyimpan segudang kelemahan. Paket internet tidak muncul, gagal memasukan kode voucher, dan layar blank putih turut menguatkan argumen tersebut.

Tak banyak yang tau apa penyebab problem tersebut dan akhirnya hanya menyisakan tanda tanya besar. Bagaimana cara mengatasi aplikasi Axisnet error tidak terbuka di hp android serta Iphone? setelah membaca beberapa forum akhirnya saya bisa menarik kesimpulan. Oleh karenanya dalam artikel kali ini mari kita bahas berbagai masalah serta solusi yang ada pada aplikasi axis mobile.

Penyebab Axisnet tidak bisa dibuka adalah:

  1. Cache aplikasi full.
  2. Internal memory ponsel penuh.
  3. Versi aplikasi tidak sinkron dengan ponsel.
  4. Versi Axisnet kadaluarsa dan harus update.
  5. Sinyal internet jelek.

Itulah beragam penyebab kenapa Axisnet tidak terbuka sebagaimana mestinya. Sedangkan untuk pelanggan yang tidak bisa login axisnet biasanya disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya salah memasukan nomor hp saat login maupun kode verifikasinya. Sekarang mari kita simak cara mengatasi problematika di atas.

Baca juga : Paket Internet Axis Unlimited Bulanan Rp 40000

Ganti Mode Jaringan

Ada kalanya aplikasi axisnet error tidak bisa dibuka secara sempurna karena masalah jaringan yang jelek. Hal ini sering terjadi di wilayah pedesaan maupun daerah terpencil yang notabenya tak terjamah siyal 4G. Karena sinyal tidak stabil akhirnya mode jaringan pun sering berganti dari 4G ke 3G begitu juga sebaliknya. Kita harus menghentikan aktivitas demikian dan memilih satu preferensi sinyal saja.

Cara mengatasi axisnet error tidak bisa dibuka karena sinyal jelek tak lain adalah ganti mode jaringan. Pengguna harus melakukan setting secara manual dari menu pengaturan. Saya sarankan untuk memilih 3G saja karena tak semua wilayah tercover sinyal 4G. Simaklah langkah langkah di bawah:

  1. Masuk menu pengaturan jaringan.
  2. Silahkan pilih kartu SIM yang dipakai internet.
  3. Pilih connection preffered.
  4. Ganti ke GPRS/3G Only.
  5. Simpan pengaturan.

Sejauh ini, mengganti mode jaringan menjadi cara mengatasi axisnet tidak bisa dibuka yang paling efektif. Apabila kalian tinggal di wilayah pedesaan yang memang belum tercover sinyal 4G maka segera ganti mode jaringan ke 3G saja.

Secara garis besar jaringan 3G axis sudah sangat merata dan lebih stabil daripada penerusnya. Sehingga akan memperkecil kemungkinan loading lama, layar blank, atau paket internet hilang.

Tidak Bisa Login Axisnet

Tidak bisa login atau masuk ke aplikasi axis menjadi hal tak terduga yang menjengkelkan. Aplikasi yang seharusnya memberi pengalaman nyaman dalam bertransaksi justru menjadi bumerang untuk kita. Tak sedikit pelanggan yang mengeluh gagal membeli paket internet maupun memasukan kode voucher karena tidak bisa masuk ke dashboard aplikasi.

cara mengatasi axisnet error tidak terbuka
axisnet tidak bisa login

Secara garis besar, ada beberapa faktor yang menyebabkan kita tidak bisa login axisnet. Mulai dari cache yang menumpuk, internal memory penuh sehingga hp lemot, sampai bug pada aplikasi. Semua hal tersebut akhirnya memunculkan kesan bahwa axisnet error tidak terbuka di hp android.

Cara mengatasi tidak bisa login axisnet yang paling mudah yakni menghapus semua cache serta data pada aplikasi. Karena terkadang sekumpulan temporary data masih tersimpan dan menumpuk sampai menyebabkan berbagai masalah di atas.

Meski terkesan mudah tapi faktanya tak semua orang tau bagaimana cara clear cache dengan baik dan benar. Oleh karenanya, jika setelah mengganti mode jaringan ternyata axis net masih tidak bisa dibuka maka silahkan praktekan beberapa metode di bawah.

Hapus Cache Aplikasi

Cache bisa diibaratkan sebagai media penyimpanan data sementara pada ponsel yang akan aktif setiap kali aplikasi berjalan. Maknanya, tiap aplikasi memiliki cache masing-masing yang kapan saja bisa penuh jika tak dibersihkan. Inilah alasan mengapa terkadang kalian tidak bisa membuka aplikasi Axisnet padahal ponsel dalam keadaan normal.

Membersihkan data tidak terpakai secara berkala memang sangatlah penting untuk menjaga kebugaran hp kita. Oleh karenanya, cara mengatasi aplikasi axisnet error tidak terbuka yang saya rekomendasikan adalah coba hapus cache. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk menu pengaturan ponsel.
  2. Pilih pengaturan aplikasi.
  3. Cari logo/nama axisnet.
  4. Setelahnya akan muncul halaman info aplikasi.
  5. Tap clear cache.

Setelahnya saya sarankan untuk merefresh jaringan ponsel terlebih dahulu. Lalu cobalah untuk membuka Axisnet apakah trik diatas berhasil atau tidak. Misalkan gagal kalian harus lanjut membaca tutorial selanjutnya.

Paksa Berhenti Axisnet

Apakah kalian masih tidak bisa membuka axisnet meskipun sudah clear cache? beberapa pelanggan ternyata masih stuck pada masalah tersebut. Biasanya layar blank saat atau tidak bisa login axisnet terjadi karena konsumsi ram berlebih sehingga menurunkan performa ponsel. Tugas kita sebagai user adalah menonaktfikan beban tersebut, tapi bagaimana jika ternyata aplikasi hang?

Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki pontensi hang yang akhirnya memberatkan kinerja sistem ponsel. Oleh karenanya diciptakanlah fitur "paksa berhenti" sebagai bentuk preventif terhadap masalah tersebut. Nah, kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengatasi aplikasi axisnet tidak terbuka di hp.

Masing-masing ponsel mungkin memiliki metode berbeda untuk menghentikan paksa aplikasi yang terinsall. Tapi saya akan mengambil hp xiaomi dan samsung sebagai contoh karena keduanya bersifat general. Simaklah tutorial cara mengatasi tidak bisa login axisnet error di bawah:

  1. Masuk ke menu utama.
  2. Tap axisnet selama beberapa detik sampai muncul pop up baru.
  3. Pilih informasi apl.
  4. Langkah terakhir silahkan pilih opsi paksa berhenti.

Setelah kalian berhasil maka coba buka kembali aplikasi axis masing-masing apakah masih terjadi kendala. Biasanya metode di atas cukup ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan mulai dari tidak bisa login sampai axisnet error layar blank.

Update Aplikasi Axisnet

Pernahkah terbesit di benak kalian bahwa pihak operator selalu melakukan pembaruan berkala pada aplikasinya. Tujuan dari tindakan tersebut tak lain sebagai bentuk peningkatan performa layanan semata. Sayang beberapa pelanggan justru terkesan acuh dan enggan melakukan update aplikasi dengan berbagai alasan.

Cara mengatasi axisnet error tidak bisa dibuka
Aplikasi kadaluarsa

Padahal ada kalanya aplikasi axisnet tidak terbuka muncul akibat versi yang tidak sinkron atau sudah kadaluarsa. Iniah pentingnya mengapa kalian harus memperhatikan pembaruan yang ada pada ponsel. Cara mengatasi axisnet error tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan layar blank paling mudah adalah melakukan update. Simaklah panduan di bawah:

  1. Buka google play store.
  2. Ketik Axisnet di kolom pencarian.
  3. Tap update untuk melakukan pembaruan.
  4. Tunggu sampai proses selesai.

Dalam beberapa kasus meski telah menginstall aplikasi terbaru tapi masalah masih saja terjadi. Lantas apa penyebabnya? menurut diagnosa paling mendekati karena proses instalasi yang tidak sempurna. Kegagala sistem dalam memproses pun turut serta menjadi kemungkinan tertinggi.

Sambungkan ke WiFi

Axisnet termasuk aplikasi layanan berbasis online yang menuntut stabilitas jaringan pada saat pengguna memakainya. Tak heran apabila saat tidak ada koneksi internet axisnet tidak terbuka sebagaimana mestinya. Hal ini tentu sangat mengganggu apalagi saat kita benar-benar ingin beli paket data lewat aplikasi axis.

Salah satu faktor kenapa axisnet error bisa jadi karena koneksi jaringan yang kurang kuat. Meski sudah mengganti mode jaringan terkadang gejala tersebut tidak segera menghilang. Pelanggan masih mengalami aplikasi lemot, loading tidak selesai, paket internet tidak muncul, sampai layar freeze.

Cara mengatasi axisnet tidak bisa dibuka karena masalah jaringan yang paling ampuh adalah mencari sambungan wifi. WiFi sendiri merupakan sambungan nirkabel yang notabenya lebih cepat dan stabil daripada sinyal operator. Dengan memanfaatkan wifi kita bisa membuka axisnet tanpa takut terjadi kendala.

WiFi sendiri kini tersedia hampir di semua tempat umum seperti komplek perkantoran, tempat rekreasi, kafe, bahkan tempat ibadah sekalipun. Banyak masyarakat yang juga memasang wifi di rumah karena segudang manfaat yang mereka peroleh. Apabila malas bepergian, kalian hanya tinggal menumpang wifi ke tetangga saat hendak beli paket internet axis di aplikasi.

Restart Ponsel

Cara mengatasi aplikasi AXISnet tidak bisa terbuka yang pertama dapat dilakukan dengan merestart hp anda terlebih dahulu. Opsi ini tentunya langkah awal untuk mengatasi aplikasi AXIS yang error sebelum menuju tahap selanjutnya. Restart di HP Android sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk merefresh sistem dan menghilangkan kemungkinan bug.

Ketika sudah sepenuhnya diaktifkan ulang maka performa perangkat menjadi maksimal. Oleh karena itu ketika kalian tidak bisa membuka aplikasi AXISnet error maka silahkan restart HP anda lebih dahulu. Di lain sisi, semua pengguna pasti sudah tau cara mengaktifkan ulang ponsel mereka masing-masing. Cupuk tekan tombol power selama beberapa detik lalu tap pilihan restart.

Baca juga : Paket Internet Axis Murah 8GB 25 Ribu 3G 4G

Langkah berikutnya ialah menunggu proses restart HP anda sampai selesai dan akhirnya dapat menyala kembali. Apabila HP anda telah kembali menyala, maka bukalah aplikasi AXISnet lagi untuk mengecek apakah masih error ataupun tidak. Cara ini cukup mudah untuk anda lakukan sendiri tanpa perlu service di konter ataupun membawa ponsel ke gerai axis.

Reinstall Axisnet

Tidak bisa beli paket internet karena aplikasi axis blank juga termasuk pengalaman yang tidak menyenangkan. Axisnet yang harusnya memberikan pengalaman baik dalam hal transaksi justru menjadi tak berguna. Mayoritas penyebabnya karena terdapat bug pada aplikasi sehingga axisnet error saat dibuka oleh pelanggan.

Cara mengatasi AXISnet tidak bisa terbuka selanjutnya ialah dengan reinstall aplikasi tersebut. Langkah ini diambil apabila langkah langkah sebelumnya gagal mengatasi errornya aplikasi AXISnet ini. Anda dapat menginstall ulang aplikasi dengan cara menghapusnya dari HP terlebih dahulu. Kemudian download kembali pada Google Play Store atau App Store dan install lagi seperti biasanya.

Di lain sisi, pengguna ponsel bisa membantu pihak operator dengan melaporkan terjadinya bug seperti di atas. Misalnya saja ketika gagal login, tidak bisa membeli paket internet, maupun aplikasi hanya menampilkan layar putih. Tujuanya tak lain agar pihak developer mampu memperbaiki serta meningkatkan layanannya.

Device Tidak Kompatibel

Dalam beberapa kasus pengguna ponsel sering menjumpai masalah axisnet blank atau hanya menampilkan layar putih saja. Setelah ditunggu lama apliksi justru malah mengalami crash dan meminta untuk ditutup secara paksa. Kejadian seperti ini biasanya menimpa perangkat ponsel keluaran lama yang notabenya sudah tak lagi kompatibel dengan versi aplikasi.

Cara mengatasi axis net error seperti di atas tak lain kita harus melakukan downgrade ke versi sebelumnya. Sayangnya, versi tersebut tak akan kalian temukan di appstore atau playstore. Maka dari itu pelanggan harus mencarinya sendiri di internet.

Kalau boleh memberi saran alangkah baiknya belilah HP keluaran terbaru saja daripada mempertahankan versi lama. Mengapa demikian? sebab kini harga smartphone sudah tergolong murah untuk spek yang mumpuni. Terlebih, perkembangan teknologi yang terus maju perlahan akan memaksa kita mengikuti upgrade tersebut.

Sekian penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi aplikasi AXISnet error tidak bisa terbuka. AXISnet merupakan jenis aplikasi kartu Axis yang diberikan oleh provider seluler tersebut untuk para penggunanya sebagai media dalam mengecek kuota internet, mengecek pulsa, membeli paket internet dan sebagainya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. Setelah membaca artikel di atas saya harap tak ada lagi yang bertanya bagaimana cara mengatasi axisnet tidak bisa dibuka.

2 komentar untuk "6 Cara Mengatasi AXISnet Error Tidak Bisa Dibuka"

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.